Wisata Kuliner Sate Klatak Pak Pong di Jogja

Wisata Kuliner Sate Klatak Pak Pong Jogja

Sate Klatak Pak Pong > Jogja memang memberikan segudang pengalaman yang asik buatmu. Wisata nya banyak, budaya-nya kental, Orangnya asik, juga kulinernya yang bermacam-macam. Wisata kuliner jogja menyajikan makanan khas yang tidak ada ditempat lain. Salah satunya Sate Klathak Pak Pong. Warung yang menyajikan olahan daging kambing dengan citarasa khas jogja. Salah satu menu andalanya adalah Sate Klathak, Sate Kambing bumbu minimalis dengan menggunakan tusuk berupa jeruji sepeda.

 

sate klathak pak pong

Warung Sate Klatak Pak Pong. Foto Ig @anjelamelani02

Wisata Kuliner Sate dengan Tusuk dari Jeruji Sepeda.

Sate yang berbahan dasar daging kambing dengan bumbu yang sangat minimalis, dengan penyajian unik menggunakan jeruji sepeda dan hanya ada disekitaran Jalan Imogiri Bantul (walaupun sekarang sudah bertebaran di kota Jogja, Sleman hingga Jakarta). Namun nggak asik rasanya kalo menikmati kuliner sate klatak tidak langsung di lokasi awal kemunculannya yaitu di daerah Jejeran Bantul.

Dengan tusuk menggunakan jeruji yang terbuat dari bahan besi, dimungkinkan daging tebal yang ditusuk kemudian dibakar, bisa mendapatkan penghantaran panas dari jeruji sehingga matangnya bisa sempurna. Hmmm sangat fisika banget sih.

 

sate klathak pak pong

Tusuk sate menggunakan jeruji. ig @big.portions

Lokasi Warung Sate Klatak Pak Pong.

Di daerah Sekitaran pasar Jejeran Bantul, banyak orang jual Sate kambing, bahkan menurut info yang kita dapatkan, hampir semua penjual sate klatak di daerah ini masih bersaudara. Nah, kali ini kita akan bahas Sate Klatak yang dijual oleh Pak Pong. Letaknya di Jl. Sultan Agung Jejeran kec. Pleret Kab. Bantul.

Warung kuliner ini eksis sebelum jaman reformasi, kurang lebih tahun 1997 dan seperti warung sate yang lainnya, resep Sate Klatak merupakan warisan turunan dari kakeknya yang dulu berjualan di daerah Pasar Jejeran Wonokromo.

Bagi yang belum tahu, Warungnya yang pertama ada di Jalan Imogiri timur, Wonokromo. Sebelum lampu merah Pasar Jejeran. Sampai sekarang warung itu juga masih buka namun lahan parkirnya kurang luas. Untuk itulah Pak Pong membuka cabang dan hanya satu-satunya cabang yaitu di Jl. Sultan Agung diatas. Rasanya sama, karyawannya juga sama, rolling kesana kemari. Jadi ngga perlu takut beda rasa.

Suasana di Warung Sate Klathak Pak Pong.

Seperti umumnya warung sate, bau asap pembakaran sate menyengat ketika kita memasuki halaman Warung Sate Klathak Pak Pong. Parkirannya luas dan muat banyak kendaraan, Warung Sate Klatak Pak Pong mampu menambung 100 orang. Namun satu hal yang musti kita antisipasi adalah antrian di warung ini yang tak terhindarkan pada saat liburan.

 

WArung Lama

Sate Pak Pong Jl. Imogiri TimurĀ  @Travelistojogja

Warung Sate Pak Pong mempunyai pelanggan yang cukup banyak, sehingga kamu pengen makan disini, kamu harus rela menunggu antrian. Di Warung yang jalan imogiri timur, relatif lebih longgar dan antrian tidak terlalu lama. Ini menurut pengalaman kami sendiri, bukan sekedar copas atau scrape website lain. Kami mencoba menu Sate, Tongseng, dan juga nasi gorengnya. Tetap sama enaknya dengan warung yang baru.

Menu di Warung Sate Klatak Pak Pong.

Sajian apa saja yang bisa kamu nikmati di Warung Sate Klathak Pak Pong? Menu di tempatnya Pak Pong diantaranya :

  • Sate Klatak
  • Sate Bumbu/Biasa
  • Gulai (Daging / Jeroan)
  • Tongseng (Daging / Campur / Jeroan / Kepala)
  • Tengkleng
  • Nasi Goreng Kambing
  • Kicik Balung / Kepala.

Sate Klatak adalah sate kambing dengan bumbu minimalis, sedangkan Sate Bumbu adalah sate kambing dengan bumbu seperti pada umumnya. Menu ini disediakan untuk kamu-kamu yang kaget gak terbiasa dengan Sate Klatak berbumbu minimalis yang cenderung asin.

 

Proses Pembuatan Sate klatak

Sate dengan Jeruji Sepeda sebagai tusuknya. Foto Ig @foodirectory

Harga Sate Klathak Pak Pong.

Harga terakhir yang kami peroleh adalah sebagai berikut, kalo udah naik jangan salahin kita ya.

  • Sate KlathakĀ  : 22.000 (Seporsi Isi Dua Tusuk)
  • Sate Bumbu : 22.000
  • Tongseng : 22.000
  • Gulai : 15.000
  • Tengkleng : 27.000
  • Kicik balung : 22.000
  • Nasi Goreng Kambing : 20.000
  • Nasi Putih : 4.000
  • Minuman : 4.000an

Nah, harganya masih masuk akal kan? Apalagi cocok dengan rasanya. Untuk menilai apakah menu yang disajikan di Warung Sate Pak Pong itu enak atau enggak, Yha Kamu harus laper dulu ketika mau makan disana. Jangan pas kenyang, pasti bilang gak enak. Dan jangan lupa, makan sate itu kalo sendirian ga enak, maka dari itu jika kamu pengen merasakan sensasi makan di Warung Sate Klathak Pak Pong, ajak temen atau keluargamu, cari waktu yang tepat dan cuss ke sana.

 

Proses Pembuatan Tengkleng

Seorang pegawai sedang memproses menu tengkleng. Foto Ig : @yusufhy_

Layanan Pemesanan.

Warung Sate Klatak Pak Pong juga kini menyediakan layanan antar melalui aplikasi online. Jadi kalo kamu yang malas keluar kamar kos, bisa pesen via online tapi jangan asal ngebatalin order kalo prosesnya lama. Kasihan driver ojegnya. Buat yang nggak males dan suka jalan-jalan kulineran, Kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor keluaran terbaru atau mobil keluaran terakhir.

Bila butuh pemesanan jumlah banyak, misalnya untuk pesta pernikahan atau ulang tahun, Kamu hubungi nomer ini : 0811-2645-251. Nomor layanan center tersebut juga bisa untuk reservasi. Tapi please mohon nomor itu jangan dipakai untuk iseng atau prank.

Jika kamu sedang malas gowes karena takut kalo nyampe rumah laper lagi terus kemudian merasa bingung sendirian gak ada yang nemenin. Kamu bisa hubungi kami untuk menjemputmu dari Stasiun atau Hotel, lalu mengantarmu menikmati kuliner disitu. Tour wisata kuliner di daerah deket Stadion Sultan Agung Bantul ini akan membuatmu kenyang, melupakan diet dan ber-sendawa.

Galeri Sate Klathak Pak Pong.

Klik di Galeri Sate Klathak Pak Pong untuk melihat lebih jauh gambaran mengenai situasi di warungnya, supaya kamu makin mantap datang kesini. Trus jangan lupa bikin daftar orang-orang yang mau kamu traktir, semisal anggota keluarga atau anggota geng-mu. Suasana yang paling enak datang kesini adalah bebarengan rame-rame. Ada juga beberapa menu-menu yang musti kamu lihat dulu sebelum kamu mencobanya, semoga kamu nggak ngiler aja.

Informasi pendukung di Sate Klatak Pak Pong

Jenis Lokasi Warung Makan / Restaurant
Wahana/Menu Sate Klathak, Tongseng, Kicik, Gulai, Tengkleng
Fasilitas Toilet, Mushola, Parkir, Outdoor
Penginapan Terdekat Ada tapi agak jauh
Tarif Masuk Free
Harga Makanan Tertulis Diatas
Area Parkir Luas
Tarif Parkir 2K Motor, 3-5K mobil. 10-15K bus
Jam buka 10.00-24.00
Jarak Tempuh +/- 45 menit
Buat Balita OK
Peta Lokasi / Map -7.8712464,110.3874707

Info Tambahan :

Biasanya orang datang kesini memang ingin makan disini setelah beraktifitas baik pekerjaan atau pun wisata. Nah jika kamu itu sedang dalam rangka berwisata. Beberapa obyek wisata di dekat warung ini misalnya :

Atau kamu bisa mengalihkan kunjungan ke XT Square yang mempunyai 5 obyek wisata. Jadi, sekali datang dapet lima obyek sekaligus.

Beri Komentarmu mengenai Sate Klatak Pak Pong.

Review Overview
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan
SUMMARY

Untuk anda penikmat olahan daging, Sate klatak Pak Pong adalah salah satu tempat yang harus anda datangi. Kenikmatan kuliner khas jogja ini wajib anda nikmati.

4.3

You may also like...

2 Responses

  1. fredi says:

    enak coy

  2. Adiah says:

    Resep sate klatak ini begitu disukai oleh banyak orang terutama saya Saya telah membuktikan bahwa sate ini sangatlah nikmat sekali.

Leave a Reply