Sate Klatak Pak Pong : Wisata Kuliner Jogja

Share

Sate Klatak Pak Pong Jogja

Kuliner dengan Jeruji Sepeda khas Jogja

Jogja memang memberikan segudang pengalaman yang asik buatmu. Wisata nya banyak, budaya-nya kental, Orangnya asik, juga kulinernya yang bermacam-macam. Wisata kuliner jogja menyajikan makanan khas yang tidak ada ditempat lain. Salah satunya Sate Klatak Pak Pong.
sate klatak pak pong

Warung Sate Klatak Pak Pong. Foto Ig @anjelamelani02

Sate yang berbahan dasar daging kambing dengan bumbu yang sangat minimalis, dengan penyajian unik menggunakan jeruji sepeda dan hanya ada disekitaran jalan imogiri Bantul (walaupun sekarang sudah bertebaran di kota Jogja, Sleman hingga Jakarta). Namun nggak asik rasanya kalo menikmati sate klatak tidak langsung di lokasi awal kemunculannya yaitu di daerah Jejeran Bantul.

Dimana sih lokasi warung sate klatak Pak Pong?

Di daerah Sekitaran pasar Jejeran Bantul, banyak orang jual Sate Klatak, bahkan menurut info yang kita dapatkan, semua penjual sate klatak di daerah masih bersaudara. Nah, kali ini kita akan bahas Sate Klatak yang dijual oleh Pak Pong. Letaknya di Jl. Sultan Agung Jejeran kec. Pleret Kab. Bantul. (bukan kec Imogiri seperti ulasan di website lain).

Halaman Depan sate klathak pak pong

Warung Sate Klathak Pak Pong. Jalan Sultan Agung Bantul. IG @emylaelasari

Warung ini eksis sebelum jaman reformasi, kurang lebih tahun 1997 dan seperti warung sate yang lainnya, resep Sate Klatak merupakan warisan turunan dari kakeknya yang dulu berjualan di daerah Pasar Jejeran.

Bagi yang belum tahu, Warungnya yang pertama ada di jalan imogiri timur, wonokromo. Sebelum lampu merah Pasar Jejeran. Sampai sekarang warung itu juga masih buka namun lahan parkirnya kurang luas. Untuk itulah Pak Pong membuka cabang dan hanya satu-satunya cabang yaitu di Jl. Sultan Agung diatas. Rasanya sama, karyawannya juga sama, rolling kesana kemari. Jadi ngga perlu takut beda rasa.

Warung Sate Klatak pak pong Jejeran

Warung Sate Klatak Pak Pong Jl. Imogiri Timur. Jejeran. @Travelistojogja

Gimana rasanya berada di warung sate klatak Pak Pong?

Seperti umumnya warung sate, bau asap pembakaran sate menyengat ketika kita memasuki Warung Sate Klathak Pak Pong. Parkirannya luas dan muat banyak kendaraan, Warung Sate Klatak Pak Pong mampu menambung 100 orang. Namun satu hal yang musti kita antisipasi adalah antrian di warung ini yang tak terhindarkan.

Cabang Sate Klatak Pak Pong

Cabangnya hanya dua. @travelistojogja

Sate Klathak Pak Pong mempunyai pelanggan yang cukup banyak, sehingga kamu pengen makan disini, kamu harus rela menunggu antrian. Di Warung yang jalan imogiri timur, relatif lebih longgar dan antrian tidak terlalu lama. Ini menurut pengalaman kami sendiri, bukan sekedar copas atau scrape website lain. Kami mencoba menu Sate Klatak, Tongseng, dan juga nasi gorengnya. Tetap sama enaknya dengan warung yang baru.

Menu dan Harga di Warung Sate Klatak Pak Pong

Sajian apa saja yang bisa kamu nikmati di Warung Sate Klathak Pak Pong? Menu di tempatnya Pak Pong diantaranya : Sate Klatak, Sate Bumbu/Biasa, Gulai, Tongseng, Tengkleng, Nasi Goreng Kambing dan Kicik. Sate Klatak adalah sate kambing dengan bumbu minimalis, sedangkan Sate Bumbu adalah sate kambing dengan bumbu seperti pada umumnya. Menu ini disediakan untuk kamu-kamu yang kaget gak terbiasa dengan Sate Klatak berbumbu minimalis yang cenderung asin.

Sate Klatak Pak Pong
Sate dengan Jeruji Sepeda sebagai tusuknya. Foto Ig @foodirectory

Harga Sate Klatak Pak Pong

Harga terakhir yang kami peroleh (pertengahan 2018) adalah sebagai berikut, kalo udah naik jangan salahin kita ya.

  • Sate KlathakĀ  : 22.000 (Seporsi Isi Dua Tusuk)
  • Sate Bumbu : 22.000
  • Tongseng : 22.000
  • Gulai : 15.000
  • Tengkleng : 27.000
  • Kicik balung : 22.000
  • Nasi Goreng Kambing : 20.000
  • Nasi Putih : 4.000
  • Minuman : 4.000an
Nah, harganya masih masuk akal kan? Apalagi cocok dengan rasanya. Untuk menilai apakah menu yang disajikan di Warung Sate Pak Pong itu enak atau enggak, Yha kamu harus laper dulu ketika mau makan disana. Jangan pas kenyang, pasti bilang gak enak. Dan jangan lupa, makan sate itu kalo sendirian ga enak, maka dari itu jika kamu pengen merasakan sensasi makan di Warung Sate Klathak Pak Pong, ajak temen atau keluargamu, cari waktu yang tepat dan cuss ke sana. Kalo kamu mau pesan untuk acara atau reservasi bisa hubungi nomer ini : 0811-2645-251

 

Proses Pembuatan Tengkleng
Seorang pegawai sedang memproses menu tengkleng. Foto Ig : @yusufhy_
Warung Sate Klathak Pak Pong juga kini menyediakan layanan antar via aplikasi online. Jadi kalo kamu yang malas keluar kamar kos, bisa pesen via online tapi jangan asal ngebatalin order kalo prosesnya lama. Kasihan driver ojegnya. Buat yang nggak males dan suka jalan-jalan kulineran, Kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil.
Jika kamu sedang malas gowes karena takut kalo nyampe rumah laper lagi, kamu bisa hubungi kami untuk menjemputmu dari stasiun atau hotel lalu mengantarmu menikmati kuliner disitu. Tour wisata kuliner di daerah deket Stadion Sultan Agung ini akan membuatmu kenyang, melupakan diet dan glegeken (sendawa).

Galery Sate Klathak Pak Pong.

Berikut gambar yang dikoleksi dari instagram, geser untuk melihat-lihat

 

Informasi pendukung di Sate Klatak Pak Pong

Jenis LokasiWarung Makan / Restaurant
Wahana/MenuSate Klathak, Tongseng, Kicik, Gulai, Tengkleng
FasilitasToilet, Mushola, Parkir, Outdoor
Penginapan TerdekatAda tapi agak jauh
Tarif MasukFree
Harga MakananTertulis Diatas
Area ParkirLuas
Tarif Parkir2K Motor, 3-5K mobil. 10-15K bus
Jam buka10.00-24.00
Jarak Tempuh+/- 45 menit
Buat BalitaOK

Peta Lokasi :

Berikan Penilaian untuk artikel ini!

Klik pada bintang untuk menilai!

Nilai Rata-rata / 5. Jumlah Penilai :

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *