Desa Wisata Kasongan : Wisata Kerajinan

Share
Desa Wisata Kasongan
Aneka Kerajinan dari Desa Wisata Kasongan. Foto Ig  : @t4tz

Wisata Kerajinan di Desa Wisata Kasongan.

Desa Wisata Kasongan adalah salah satu tujuan wisata di Yogyakarta yang diminati oleh wisatawan baik lokal maupun manca negara. Desa wisata Kasongan menawarkan barang-barang kerajinan yang terbuat dari gerabah serta dari bahan lainnya dalam bentuk Guci, Pot Bunga, Meja, Kursi, Piring, Teko, Tempat Pensil, Patung, serta  souvenir lainnya yang menarik untuk sekedar dipajang di rumah atau dijadikan oleh-oleh seperti misalnya miniatur alat transportasi atau souvenir pernikahan (kabar baik tentunya buat para jombloers, bisa nyicil milih souvenir duluan.. ye kan?).

Mengunjungi Desa ini bagi sebagian orang akan terasa membingungkan. Karena apa? Mereka bingung karena begitu banyak pilihan tempat yang menyajikan beragam cinderamata. Hampir dari mulai masuk sampai ke tengah desa, semua berjajar cinderamata, souvenir, kerajinan dan produk-produk yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Di sini Kamu bisa bikin gerabah sendiri

Letak Desa Wisata kasongan tak jauh dari kota Jogja, dengan akses jalan yang lebar dan mudah dijangkau oleh wisatawan. Tepatnya pada arah menuju kota Bantul. Disana banyak berdiri galeri-galeri kerajinan baik untuk pasar lokal maupun internasional. Bahkan ketika anda sedang berbelanja, mungkin anda akan menemui truk kontainer yang sedang loading untuk mengirim barang export ke luar negeri.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang proses pembuatan kerajinan gerabah tersebut, Anda bisa melihat proses pembuatan gerabah langsung di beberapa rumah produksi kerajinan. Coba lah sekali-kali belajar membuat gerabah di kasongan lalu praktekan bersama pasangan di rumah, tirulah adegan Demi Moore dan Patrick Swayze dalam film Ghost (1990) diiringi lagu Unchained Melody, Aw..aw romantisnyaa… Romantisme Jadul!.

Desa Wisata Kasongan
Berlatih Membuat Gerabah di Desa Wisata Kasongan. Foto Ig : @pelatihangerabahkasongan

Patung Loro Blonyo

Menurut sebagian orang, Membeli patung yang namanya Loro Blonyo dari Kasongan dipercaya mendatangkan banyak rejeki apabila dipasang di dalam rumah. Bagi yang percaya / tidak percaya silahkan saja. Tapi pada intinya belilah Patung loro blonyo itu untuk souvenir dan pastikan anda tetap bekerja/berusaha seperti biasa, niscaya rejeki akan datang. Akan tetapi apabila cuman beli patungnya doang, trus nggak kerja… simpulkan sendiri yah. Berbagai souvenir dalam bentuk patung gerabah tersedia disana. Patung Buddha Julai, Stupa Candi Borobudur, Karakter Wayang, dapat ditemukan di Kasongan ini.
Karena berbentuk Desa, Lokasi Desa Wisata Kasongan tidak berbentuk seperti umumnya tempat wisata. Tidak ada pintu / gate pembayaran retribusi dan tempat parkir khusus wisata. Situasinya sama seperti anda mengunjungi sebuah desa pada umumnya. Namun bedanya adalah: Di sini, Anda akan dimanjakan oleh unit-unit usaha baik kecil maupun menengah yang menawarkan ragam pilihan souvenir dan gerabah.
Desa Wisata Kasongan
Patung Loro Blonyo. Foto Ig  : @slamet_ceramic

Untuk mencapai Desa Wisata Kasongan, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika malas nyetir karena terlalu dekat, kamu bisa googling untuk cari sewa mobil di jogja yang berlimpah dan berharga murah meskipun ada yang abal-abal. Tour wisata kerajinan di jogja, terutama di Kasongan ini tidak akan membuatmu merana.

Siapkan bagasi yang lapang untuk tempat gerabah yang kamu borong. Jika kamu belanja untuk souvenir pernikahan, tentu akan makan banyak tempat. Apalagi jika souveir pernikahanmu itu adalah seperangkat meja kursi keramik. Seperti terlihat di foto sebagai alas-nya patung Loro Blonyo. Jika mobilmu tidak muat, sebaiknya kamu ga usah ikut mobil, mendingan jalan-jalan ke Rumah Budaya Tembi atau ke Padepokan Seni Bagong Kussudiarja. Itu akan menambah wawasan mu tentang kebudayaan sembari berwisata. Mantap kan?

Informasi pendukung di Desa Wisata Kasongan

Jenis LokasiDesa Wisata
WahanaGaleri, Produksi Gerabah/keramik
FasilitasKafe, Toilet, ATM, Masjid
PenginapanAda banyak
Tarif MasukFree
Area ParkirLuas
Jam buka08.00-19.00
Jarak tempuh+/- 0,5 jam
Buat balitaOK

Peta Lokasi :

Berikan Penilaian untuk artikel ini!

Klik pada bintang untuk menilai!

Nilai Rata-rata / 5. Jumlah Penilai :

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *