Puncak Sosok Jogja : Destinasi Wisata Milenial

Share

Puncak Sosok Bawuran Pleret Bantul

Puncak Sosok Jogja merupakan destinasi wisata pemandangan yang berada di dusun Jambon, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Keberadaannya baru eksis di tahun 2017. Yang bisa dilakukan disini adalah menikmati keindahan alam sembari menikmati sajian kuliner yang khas Jogja. Dalam momentum yang tepat, Puncak Sosok akan membuatmu bisa menyapu pandangan sejauh mungkin lanskap kota Jogja dan disaat bersamaan, tenggelamnya matahari akan membawamu dalam suasana yang eksotis.

 

puncak sosok bawuran

Inilah Puncak Sosok. Foto ig @susidarto

5 Aktifitas yang bisa dilakukan di Puncak Sosok Jogja

Bagi kamu para milenial, tempat ini akan lumayan keren untuk dijadikan sasana dan sarana untuk mengaktualisasikan hobi selfie. Dijamin kamu nggak akan gabut atau bete. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan disini.

1. Selfie di Puncak Sosok Pleret.

Menurut kami, selfie atau welfie adalah hal terpenting yang bisa dilakukan disini disamping hal lainnya. Karena apa, Puncak Sosok memang dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan para milenial yang haus akan destinasi kekinian yang instagram-able. Puncak Sosok bukanlah Kolam renang atau Kebun binatang atau sebuah tempat yang mempunyai tourist attraction atau heritage spot. Puncak Sosok hanyalah semacam tempat untuk eksis para milenial dalam kegiatannya meramaikan timeline. Kami emang begini ini, jujur apa adanya.

Kegiatan utama yang paling lumrah dilakukan disini tentu saja mengambil gambar, foto, selfie, welfie dan perbuatan sejenisnya. Tentu saja Puncak Sosok sangat pas untuk kegiatan tersebut karena struktur lokasi dan rancangan pada awalnya memang dibuat demikian. Tempat wisata ini terinspirasi oleh destinasi wisata seperti Puncak Becici, Jurang Tembelan, Watu Goyang atau Bukit Lintang Sewu. Hal ini memang benar adanya dan diakui oleh Ketua Pokdarwis Jambon dalam wawancaranya dengan sebuah surat kabar terkemuka.

 

Sunset di jogja

Sunset keren ini menunggumu. ig @ayunqee

2. Menjemput Sunset di Puncak Sosok Bawuran Pleret.

Hal kedua yang paling menjadi daya tarik di sini adalah proses memerahnya langit pada saat matahari terbenam atau yang sering kita istilahkan Sunset. Momentum Sunset di Puncak Sosok banyak menjadi alasan kenapa para milenial datang kemari pada sore menjelang malam hari. Menurut mereka, menunggu sunset dan berfoto dalam kurun waktu tersebut adalah hal yang cukup representatif untuk diumbar ke media sosial. Dan pada kenyataannya memang bagus, jika kamu ingin merasakan hal ini, datang saja kesini.

sunset puncak sosok jogja

Cahaya merah di ufuk barat. ig @anismanto

3. Menikmati Temaram Cahaya dari Jogja.

Ketika kamu masih berada disini saat Sunset telah berakhir, jangan dikira hal yang berkesan akan ikut berakhir pula. Saat lampu-lampu di warung-warung dinyalakan, saat itu pula kamu akan menemukan kekontrasan dibelakangnya. Langit yang gelap akan menjadi dasar bagi temaram cahaya yang datang dari kota Jogja. Kesan kelap-kelip lampu dari kejauhan yang bertaburan akan menambah suasana romantis, Kalo kamu datang kesini bersama pasangan. Kalo kamu sendirian ya kami nggak tau seperti apa rasanya (rasa meminta orang lain yang sedang berduaan untuk memotretmu yang sendirian).

Puncak Sosok Bantul

Menikmati taburan cahaya. ig @kevinandyp

4. Menikmati Sajian Kuliner dan Musik yang ada.

Jangan dilupakan beberapa kuliner yang dijajakan di warung-warung yang berbentuk gubug seperti yang kamu jumpai di Labuan Bajo. Disini nggak ada Pizza Mozarela atau Jjangmyeon atau Nasi Briyani. Yang ada tentu makanan khas angkringan ala Jogja seperti Jagung Bakar, Mie Goreng, Gorengan Tempe, Tahu, dll. Kalo kamu nyari Wedang Uwuh, Jahe Susu, Kopi Gula Batu, Nah itu ada. Atau mungkin jika kamu mencari menu pisang goreng dipadukan dengan kopi hitam, tentu saja ada.

Pada moment tertentu disini diadakan live musik. Tak perlu khawatir suaranya terlalu mengganggu atau me-mekak-kan telinga, karena biasanya yang ditampilkan adalah live musik akustik.

 

puncak sosok pleret

Suasana selow di Food Court. Ig @fransiska_khoe

5. Sepedaan atau Downhill.

Puncak Sosok juga biasa dipakai sebagai tujuan para pecinta sepeda. Namanya goweser pasti butuh tantangan saat sepedaan. Mereka pasti bosan dengan jalanan yang ada dikota. Nah, tempat ini adalah salah satu tujuan yang layak didatangi. Disamping itu, disini juga ada track downhill. Tapi tolong jangan dicoba itu track downhill pake sepeda roda tiga, Bahaya!

 

downhill jogja

Downhill di Sosok. Ig @dickyher544

Fasilitas di Puncak Sosok Bawuran Pleret Bantul.

Disini tidak bisa camping atau outbond, karena memang tidak ada lahannya. Namun terkadang disini suka dihelat even atau acara tertentu misalnya live music atau akustik-an. Panggung juga disediakan untuk memfasilitasi acara tersebut. Namun hal yang paling enak dilakukan di puncak sosok tentu saja keempat hal diatas dengan syarat kamu kesininya bareng-bareng teman-temanmu atau keluargamu, Dijamin lebih asik.

 

puncak sosok jogja

Stage / Panggung Puncak Sosok. ig @jogjahits99

Disini juga sudah disediakan gazebo, toilet, tempat parkir dan sarana ibadah. Jadi kamu ga perlu khawatir jika datang panggilan waktu untuk ibadah telah  tiba.

Akses ke Puncak Sosok Jogja

Jalan menuju ke lokasi relatif tidak lebar, terutama saat hampir mendekati Puncak Sosok, meskipun demikian lahan parkir kini sudah diperluas. Kalau dari Jogja jaraknya tidak terlalu jauh. Jalanan dari jogja menuju Puncak Sosok sudah beraspal bagus, meskipun kamu harus menerjang keramaian jalan. Namun jalan masuk ke Puncaknya akan berubah jadi jalan beton / cor.

Kamu bisa memilih rute dari Jalan Wonosari atau dari Jalan Imogiri, daripada dijelasin disini terlalu ribet, Milenial gak perlu mikir rute, udah buka map aja lalu ketikan kata kuncinya. Ikuti kata mbak google, Kalaupun kesasar dikit ya nggak apa-apa, masih Jogja juga. Se-apes-apesnya kalo kamu kesasar paling ke Tempat Pembuangan Akhir Piyungan.

Tips Wisata ke Puncak Sosok Pleret Bantul.

  • Kamu bisa datang kesini pagi, siang atau petang. Jika dirasa siang terlalu panas, kamu bisa berendam dan main air dulu di Balong Waterpark yang letaknya tidak begitu jauh dari situ atau membeli tanaman buah dalam pot (Tabulampot) di Lembah Desa Agro.
  • Karena lokasinya outdoor maka jika musim hujan akan sangat tidak mengenakkan untuk nongki-nongki di sini, Meskipun kamu membawa payung atau menggunakan mantel militer sekalipun. Jadi usahakan datang kesini saat musim kering / panas dan saat cuaca tidak mendung, sehingga kamu bisa menyapu pandangan ke sekeliling bukit dan menikmati temaram cahaya yang muncul di malam hari.
  • Jika siang agak berdebu, persiapkan masker bagi yang punya alergi debu. Jalanan ke sini juga menanjak, untuk menuju ketinggian, hak tinggi tidak akan linear dengan lokasi yang tinggi. Pakailah sepatu sport atau sandal, sandal temen kos juga boleh dipakai.
  • Tidak ada angkutan umum kemari, jadi kamu harus memakai kendaraan pribadi atau rental mobil wisata sekalian berkunjung ke tempat wisata lainnya, atau makan lagi ditempat lain yang lebih berkarakter. Misalnya Sate Klathak Pak Pong atau Pak Bari.

Peta Lokasi & Informasi lainnya di Puncak Sosok Bawuran Bantul.

Agar kamu punya gambaran terhadap obyek wisata ini, bukalah Galeri Puncak Sosok untuk melihat beberapa foto orang-orang yang pernah berkunjung kesini.

Jenis LokasiPerbukitan
WahanaGardu Pandang, Stage, Downhill Sirkuit
FasilitasToilet, Mushola, Gazebo, Angkringan, Warungkopi,
PenginapanHomestay
Tarif Masuk
Area ParkirCukup
Tarif Parkir2-3K Motor, 5-6K Mobil. Bus tidak bisa kesini
Jam buka10.00-01.00
Jarak Tempuh+/- 45 menit
Buat BalitaNo
Peta Lokasi / Map-7.8717928,110.4265855

Beri Penilaianmu mengenai Puncak Sosok

Review Overview
4.00
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×