Pantai Parangtritis Jogja yang Mistis dan Ikonik

Share

Menyusuri Pantai Parangtritis Jogja yang mistis

Pantai Parangtritis di Jogja ini sudah tidak lagi asing di telinga. Namanya terkenal sampai mancanegara. Ketenarannya berbalut sejarah yang masih menyisakan aura mistis hingga saat ini. Pantai ini identik dengan wilayah Keraton Ratu Kidul, Penguasa ghaib laut pantai selatan. Pun, itu tidak menahan wisatawan datang berkunjung setiap waktu. Diseluruh bagian pantai ini memang tidak diperbolehkan mandi di laut, yang melanggar ya tentu akan terkena resikonya.

(60 Destinasi Wisata Pantai Hits di Jogja)

Pesona Pantai nan Mistis

Lebih dari sekedar memandang matahari senja tenggelam di horison ufuk barat, Pantai Parangtritis menjadi tempat berbagai kegiatan menyenangkan. Menyusuri garis pantai yang panjang dan landai dengan berjalan kaki, itu hal biasa. Di sini Anda dapat menelusuri sisi pantai dengan naik kuda, bendi, atau ATV. Ombak besar Parangtritis seolah merayu para surfer untuk berselancar di atasnya. Jangan lewatkan pula sensasi melayang di udara dengan Paralayang di Pantai Parangendog yang letaknya di sebelah timur pantai ini.

Pantai ini banyak di generalisasikan sebagai pantai yang mistis karena kerapkali memakan korban. Namun jika kamu berhati-hati dan mengikuti aturan, maka kamu akan aman-aman saja. Sedangkan untuk acara labuhan dan ritual lebih sering dilakukan di Pantai Parangkusumo yang terletak disebelah baratnya.

 

Pantai Parangtritis Jogja

Bermain ATV di Pantai Parangtritis. Foto Ig : @novalrmdhn_25

Aktivitas di Pantai Parangtritis

Selain berkuda atau menaiki ATV berkeliling pantai. Kamu juga bisa menyewa jeep adventure untuk menyusuri bibir pantai. Layanan jeep adventure mulai diadakan beberapa tahun lalu. Nongkrong di bawah payung sambil lihat-lihat pengunjung beraktifitas juga bisa jadi kegiatan, dengan syarat kamu nggak ngiler. Layanan ini hampir sama dengan jeep adventure di Pantai Timang, Desa Wisata Nglinggo, Tebing Breksi, Puncak Becici atau Lava Tour Merapi hanya berbeda medan dan variasi kunjungan saja.

 

parangtritis jeep

Jeep Adventure Parangtriti. ig @jipwisataparangtritis

Jika kamu saat ini hendak menikah, Pantai ini bisa jadi alternatif lokasi untuk pre-wedding foto. Ada sebuah tempat bernama landasan pacu, yang bisa kamu pakai untuk pemotretan. Ini bukan landasan pacu Hercules atau Boeing, namun sudah cukup representatif untuk dijadikan background foto prewed mu. Coba lah bergaya ala aktor hollywood dalam tema pemotretanmu, siapa tau keren.

 

landasan pacu paris

Landasan Pacu Parangtritis. Ig @travelistojogja

Sunset yang Ikonik di Pantai Parangtritis

Aktivitas tidak berhenti di situ. Ketika hari menjelang sore, tunggulah hingga sang surya tenggelam. Momentum sunset di pantai ini tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Segera mengambil pose, karena sunset tidak pernah berjalan lama. Saat langit mulai gelap dan gemintang terlihat, Kamu bisa menikmati pemandangan indah itu sembari menikmati jagung bakar atau kacang goreng. Saat bulan purnama, ada sensasi tersendiri ketika berada di bibir pantai, Desingan ombak dan angin laut terasa dingin menusuk tulang, dibalut nuansa mistis yang kental.

 

Pantai Parangtritis Jogja

Senja di Pantai Parangtritis.Foto Ig : @abyogyakarta

Ketika malam tiba, sepi tak akan kunjung tiba. Pantai ini akan tetap ramai hingga malam hari. Banyak aktifitas di sekitar pantai yang dilakukan oleh para pengunjung. Pantai ini tidak menjadi sepi saat matahari sudah tak nampak. Hingga dini hari pun, kamu tak akan kesepian disini. Akan terlihat beberapa pengunjung duduk-duduk santai di pinggir pantai sambil ngopi dan menikmati desingan angin.

Pantangan di Pantai Parangtritis.

Banyak orang bilang, usahakan meghindari berpakaian hijau pupus saat bermain di pinggir pantai, bisa celaka. Pun demikian, memang Pantai Parangtritis secara struktur memang tidak aman untuk dibuat bermain-main. Sehingga perlu kewaspadaan lebih agar semua aman terkendali saat menikmati objek wisata pesisir selatan Jogja ini. Untuk selengkapnya, baca tips mengenai berwisata di pantai,

Akses dan Fasilitas di Pantai.

Jalan menuju Parangtritis adalah rute yang sangat mudah. Tinggal cari saja Jalan Parangtritis (orang jogja menyebutnya Jalan Paris) maka dengan mengikuti jalan tersebut sampai ke ujungnya, Kamu akan menemukan Pantai Parangtritis. Jalannya lebar dan datar, sehingga kamu mau memakai mobil klasik pun dijamin akan sampai dengan selamat. Dari pusat kota Jogja kira-kira 27 Km ke arah selatan, melewati Museum History of Java.

Di pantai ini kamu tak perlu takut kelaparan. Begitu banyak warung menyajikan menu makanan tidak hanya hasil laut saja. Di sini juga ada pasar kerajinan dan juga aksesoris. Jika kamu lupa membawa celana pendek atau kaos ganti. Tak perlu khawatir, disini banyak yang jual.

Untuk mencapai Pantai Parangtritis yang berada di kecamatan Kretek Kabupaten Bantul, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika malas naik motor karena takut kehabisan bensin, Kamu bisa cari rental mobil murah di Jogja. Tour wisata pantai di selatan jogja bernuansa mistis ini tidak akan membuatmu takut, malah senang dan ceria.

 

Pantai Parangtritis Jogja

Bermain Air Di Tepi Pantai Parangtritis. Foto Ig : @rosanindaa

Peta Lokasi & Informasi pendukung di Pantai Parangtritis Jogja.

Jenis LokasiPantai
WahanaATV, Berkuda, Bendi / Dokar, Sunset
FasilitasKuliner, Toilet, Mushola, Tikar, Pasar Kerajinan
PenginapanBanyak
Tarif Masuk5-15K/org
Area ParkirLuas
Jam bukaHampir 24 jam
Jarak tempuh+/- 1 jam
Buat balitaFair
Peta Lokasi / Map-8.0279367,110.3273443

Berikan Penilaianmu mengenai Pantai Parangtritis.

Review Overview
4.18
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×