Pantai Pok Tunggal : Keindahan Yang Tersembunyi

Share

Keindahan Yang Tersembunyi di Pantai Pok Tunggal.

Keindahan tersembunyi di balik bukit.

Pantai Pok Tunggal bak surga tersembunyi. Perlu melewati jalan meliuk-liuk, sempit, dan agak terjal untuk mencapainya. Bukit-bukit karang tinggi memisahkan sisi pantai dari dunia luar. Anda tidak akan dapat melihatnya dari kejauhan, kecuali benar-benar sampai di bibir pantai. Berlokasi di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Pantai ini berpasir putih halus, namun penuh karang. Berani menghantam karang? Coba saja.

 

Pantai Pok Tunggal

Batu Karang di Pantai Pok Tunggal. Foto Ig : @gradikaa_

(60 Destinasi Wisata Pantai Hits di Jogja)

Kontras dengan pemandangan selama perjalanan, sebuah dataran luas langsung menyambut Anda ketika sampai di lokasi pantai. Bulir-bulir pasir segera menyelinap di antara jari kaki menemani setiap langkah ketika Anda menikmati suasana damai di pantai. Ganggang dan rumput tumbuh di sela-sela karang di tepian laut, seolah menjadi penyaring air laut yang membuatnya jernih.

Sebuah pohon yang tegak di tepi pantai segera menarik perhatian. Itulah Pohon Duras, ikon Pok Tunggal. Nama pantai terambil dari keberadaan pohon ini. “Pok” artinya pohon dan “Tunggal” artinya sendiri. Daun-nya lebat ketika musim hujan, berguguran saat musim kemarau datang.

Aktifitas Di Pantai Pok Tunggal.

Jika sudah sampai disini, ini yang harus kamu lakukan:

1. Selfie

Hal ini adalah wajib. Apa guna-nya jauh-jauh kesini kalau kamu nggak memanfaatkan kesempatan untuk ber-selfie? Pantai ini memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang seperti Pantai Sepanjang. Namun dua sisi bukit yang ada dapat menjadi background yang bagus saat kamu berfoto. Terlebih pada saat air surut, kamu dapat ‘melantai’ diatas karang yang sangat dekat dengan bibir pantai.

 

Pantai Pok Tunggal Jogja

Spot Selfie di Pantai. Foto Ig : @astrie_citra

2. Eksplorasi Tepi Pantai

Air lautnya yang bening memungkinkan kamu untuk melihat detail apa saja yang ada diatas karang menghijau. Disela-sela karang tersebut banyak terdapat biota laut yang dapat membuat kita bertanya-tanya, hewan apakah ini? Namun kamu harus berhati-hati, karang itu tajam dan dapat melukai kakimu.

 

Bermain Air

Kejernihan Air. Foto Ig : @dwienny3

3. Trekking

Ada beberapa jalan setapak yang bisa kamu follow untuk memuaskan rasa keingin-tahuanmu. Ikuti saja jalan itu dengan sedikit semangat, nantinya kamu bisa berada diatas bukit dan punya kesempatan memandang sejauh mungkin lautan luas dan lanskap yang ada di Pok Tunggal. Jangan takut untuk capek dan jangan sia-siakan perjalanan jauhmu kesini kalau  hanya untuk duduk-duduk mencari atap yang teduh.

 

Treeking pok tunggal

Trekking ke Perbukitan. ig @naufalhanif_fa

4. Camping

Kamu bisa mendirikan tenda disini untuk menikmati suara deburan ombak sepanjang malam. Lupakan sejenak beban pekerjaan atau pelajaran yang melingkupimu sepanjang minggu. Buat api unggun, menyanyi bersama sambil ngopi bareng, merupakan perbuatan sederhana namun bisa penuh makna.

 

camping di pantai

Nge-camp di Pok Tunggal. ig @ahmadsafak745

5. Mencari Sunset.

Sempatkan diri bersantai hingga sang mentari terbenam. Pohon Duras akan membuat semburat jingga yang memenuhi langit, membuat suasana semakin indah, diiringi deburan ombak pantai selatan yang terkenal keras. Di pantai yang relatif tidak terlalu ramai ini kamu bisa menikmati sunset dengan syahdu tanpa berdesak-desakan atau terganggu saat berpose dibelakang langit merah.

 

sunset pok tunggal

Sunset. ig @amrulyova

Akses ke Pantai.

Jika kamu sudah pernah ke Pantai Indrayanti atau Sundak, kamu akan menemukan penunjuk jalan ke Pok Tunggal. Letaknya ketiga pantai tersebut relatif dekat. Namun Pok Tunggal lebih ke timur sedikit. Jalannya relatif tidak halus saat lepas dari Jalan ke Indrayanti. Tapi sekarang udah mendingan, kalau dulu masih batu ditata dan licin jika hujan turun. Namun geronjalan saat perjalanan akan terganti oleh keindahan pesisir pantainya.

Pantai Gunungkidul

Pantai yang Cantik. ig @ndsosmj

Untuk mencapai Pantai Pok Tunggal, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda atau motor. Jika malas naik motor karena takut wajahmu jerawatan, Kamu bisa cari sewa mobil di jogja yang harganya udah pasti murah. Tour wisata pantai di Gunungkidul ini tidak akan membuatmu lemah lunglai karena perjalanannya.

Banyak pantai-pantai di sekitarnya yang cukup bagus dan layak untuk kamu singgahi saat sepulang dari sini, seperti contohnya : Krakal, Sadranan, Drini dan Puncak Kosakora.

Peta Lokasi & Informasi pendukung di Pantai Pok Tunggal Jogja

Jenis LokasiPantai
WahanaPasir Putih, Reef.
FasilitasWarung, Toilet, Mushola
PenginapanAda
Tarif Masuk10.000-13.000/org
Area ParkirLuas
Jam bukaHampir 24 jam
Jarak tempuh+/- 2 jam
Buat balitaN
Peta Lokasi-8.1555205,110.6194049

Beri Penilaianmu mengenai Pantai Pok Tunggal.

Review Overview
4.22
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×