Pantai Siung Jogja Yang Penuh Adrenalin

Pantai Siung Jogja Yang Penuh Adrenalin

Pantai Siung adalah Pantai Pemacu Adrenalin

Bagi Anda yang berjiwa petualang, Pantai Siung Jogja adalah tempat yang tempat tepat untuk memacu adrenalin. Tebing-tebing karang tinggi berdiri gagah mengelilingi samudera, menarik minat para climber untuk menyusur tebing hingga ke puncaknya. Letaknya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Siung adalah pantai yang kelihatan menyeramkan sekaligus menantang. Tebing-tebing curam menghiasi landskap pantai yang tidak jauh dari Pantai Nglambor dan Pantai Timang tersebut.

 

Pantai Siung Jogja

Pemandangan Dari atas Pantai Siung. Foto Ig : @whoisludwika

Pantai Siung telah tenar di kalangan pemanjat tebing sejak tahun 2000-an. Tahun 2005, pantai ini bahkan ditetapkan sebagai lokasi wisata dengan minat khusus panjat tebing. Bagi kamu yang hobi panjat tebing, cobalah, Rasakan sensasi berada di cliff diatas karang Pantai Siung. Siapkan mental dan fisikmu, jangan lupa mohon restu ibu kamu, supaya selamat. Ada banyak spot panjat tebing yang bisa kamu nikmati disini. Tentu kalo kamu cuman juara panjat pinang pas 17-an, mendingan gak usah coba-coba deh.

Setidaknya ada 50 jalur pemanjatan telah dibuka. Tiap-tiap jalur telah dipasangi hanger yang siap mengamankan aktivitas seru Anda. Tidak hanya itu, masih banyak jalur panjat tebing lain yang dikhususkan bagi pemanjat yang tidak ingin bergantung pada pengaman permanen. Sepertinya menyenangkan sekaligus menegangkan. Bagi kamu anak mapala, tentunya fakta ini bisa membuatmu gatal untuk mencoba menaklukan tebing-tebing di Pantai Siung. Ayok.. Kapan?

 

Pantai Siung Jogja

Cliff Hanger di Pantai Siung. Foto Ig : @indranezia

Aktifitas Lain di Pantai Siung Jogja.

1. Trekking

Tidak ingin memanjat tebing? Pantai Siung tetap punya pesona luar biasa. Menghirup udara segar khas pedesaan ditemani suara ombak Samudera Hindia sedikit banyak akan melegakan pikiran. Terlebih, Pantai Siung relatif sepi sehingga Anda akan mendapatkan suasana tenang dan damai yang tidak akan anda dapatkan di kantor, kampus atau perumahan tempat anda tinggal.

Trekking ke lokasi di sekitarnya juga merupakan opsi yang menarik. Kontur pantai yang berbukit memungkinkan kamu untuk mengeksplorasi Siung dengan berjalan kaki. Jalan setapak dibuat dari kayu bisa membuatmu menyusuri pantai diatas karang terjal.

 

Pantai Siung Jogja

Gazebo Gardu Pandang Pantai Siung. Foto Ig : @mimin14__

(60 Destinasi Wisata Pantai Hits di Jogja)

2. Camping di Pantai Siung

Kamu juga bisa mendirikan tenda disini. Tentu bukan tenda buat jualan kaos distro-mu, melainkan tenda untuk kamu stay disini semalaman menikmati gelap dan tenangnya suasana Siung diiringi deburan ombak yang tak pernah berhenti. Mungkin kamu bisa coba main gitar-gitaran bareng temen-temen sembari membuat mie instant menggunakan kompor parafin. Sepertinya menyenangkan ya?

 

Camping Siung

Camping di tepi Pantai. Ig @pungki_rahman

Jika kamu petualang sejati, camping sendirian mungkin sebuah opsi yang bagus. Walaupun jika camping ramai-ramai juga akan mendapatkan keasikan tersendiri.

3. Jeep Adventure

Ada beberapa agen wisata di sana yang menawarkan paket adventure dengan menaiki jeep berkeliling menuju pantai-pantai di sekitar Pantai Siung. Dengan menggunakan jeep yang convertible (kap yang bisa dibuka dan ditutup), kamu akan diberikan pilihan untuk menuju kawasan pantai lain yang sama indahnya dengan Pantai Siung.

Kamu bisa membooking salah satu paket jeep adventure yang menjelajahi Pantai Nglambor, Timang, Siung, Jogan, Ngetun dan sekitarnya. Dengan opsi harga di kisaran 500-650K, maksimal penumpang 4-5.

4. Eksplorasi Tepi Pantai.

Keaneka-ragaman biota laut yang terdapat pada Pantai Siung akan membuatmu tertarik untuk mengeksplorasinya. Di tepian pantai kamu dapat menemukan alga dan tanaman yang tumbuh pada sela-sela karang. Juga kamu pun dapat menemukan beberapa spesies ikan kecil yang jarang ditemui. Dan semoga kamu nggak bertemu dengan hewan yang berbahaya saat keceh tersebut.

 

eksplorasi tepi pantai

Observasi tepi pantai. ig @ach_mualif

Sepanjang kamu memakai alas kaki, kamu dapat berjalan-jalan diatas karang terjal. Alas kaki akan membuatmu aman dari luka dan potensi terpeleset. Saat yang tepat untuk melakukan observasi tepi pantai tentu pada saat air surut.

5. Menanti Sunset datang di Pantai Siung.

Ada sebuah bukit dimana kamu bisa menyempatkan untuk menghampiri sunset yang datang pada sore hari. Jemputlah sunset yang menawan itu dengan pose selfie terbaikmu. Jika kamu datang pada siang hari dan masih ada sisa waktu banyak untuk menunggu, tunggulah. Karena sunset di Pantai Siung sayang untuk dilewatkan. Janji ya, untuk menunggu sunset itu datang.

 

Menanti Sunset

Seseorang sedang menunggu sunset. ig @trian_well

Akses Ke Pantai Siung dan Galeri Foto.

Jangan berfikir kamu bisa kesini dengan mudah. Butuh perjalanan 2 jam dari pusat kota Jogja untuk mencapai bibir Pantai Siung. Dan jika kamu adalah penikmat tidur dalam perjalanan, lupakan niatmu untuk menggunakan transportasi umum seperti bus. Kamu harus memilih untuk menaiki roda dua atau menyewa Rental mobil di Jogja yang berharga murah, disebabkan jalan yang berkelok-kelok, naik turun dan berliku. Namun jika sudah sampai kesana, penderitaanmu diatas roda akan terbayar lunas.

Untuk sampai ke Pantai Siung, Kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Please, jangan pernah mencoba naik Becak, meskipun kamu aktifis pembela rakyat kecil. Tour wisata adrenalin di Pantai Siung Jogja ini akan membuatmu bahagia setelah sampai disana.

Rugi kamu, Jika tidak melihat Galeri Pantai Siung yang berisi beberapa foto yang akan membuatmu mengerti kenapa pantai ini layak dikunjungi. Pantai ini menunggumu selalu.

Peta Lokasi & Informasi pendukung di Pantai Siung Jogja

Jenis Lokasi Pantai
Wahana Rock Climbing, Spot Selfie, Camping Ground,
Fasilitas Toilet, Mushola, Parkir, Warung Makan, Pemandu
Penginapan Rumah Panggung
Tarif Masuk 10-15K
Tarif Peralatan
Area Parkir Luas
Tarif Parkir 5-10K/mobil.
Jam buka Hampir 24 Jam
Jarak Tempuh +/- 2 jam
Buat Balita No
Peta Lokasi / Map -8.1811176,110.6820053

Info Tambahan :

Jika kamu sudah berkeliling di sekitar pantai Siung dan ingin berkunjung ke obyek wisata yang bertema adventure berbeda dari Pantai. Pertimbangkan untuk mengunjungi Goa Jomblang, Goa Kalisuci, Goa Pindul atau Goa Cerme. Beberapa Goa tersebut akan memuaskan hasrat petualanganmu di Jogja. Gunung Purba Nglanggeran atau Air Terjun Sri Gethuk juga merupakan opsi menarik setelah seharian kepanasan di pantai.

Beri Komentarmu mengenai Pantai Siung.

Review Overview
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan
SUMMARY

Pantai Siung adalah sebuah pantai yang akan memberimu tantangan berpetualang dengan penuh adrenalin. Kamu bisa bermain panjat tebing disini.

4.3

You may also like...

1 Response

  1. hendro yk says:

    gambarnya kok gak keluar?

Leave a Reply