Pantai Parangendog Jogja Tempat Aktifitas Paralayang

Share

Pantai ParangEndog Jogja

Pantai Parangendog Jogja > Tidak jauh dari Pantai Parangtritis, Anda akan menemukan pantai lain yang tak kalah menarik. Yap, Pantai Parangendog. Hanya perlu berjalan ke arah timur dari Pantai Parangtritis untuk mencapainya. Jadi tidak salah jika berbagi waktu kunjungan antara kedua pantai tersebut. Dan disinilah satu satunya tempat dimana anda bisa bermain Paralayang, menyusuri keindahan pesisir pantai selatan sambil melayang-layang dari atas bukit. Wow sungguh sangat menantang adrenalin.

Kerennya Pantai Parangedog Jogja.

Pantai Parangendog mempunyai bebatuan karang besar yang menjadi daya tarik tersendiri pantai ini. Di belakang bibir pantai terbentang bukit karang (karst) yang tinggi. Saat musim hujan, wisatawan dapat menikmati curahan air terjun dari puncak bukit tersebut. Air nya alami dan sangat menyegarkan, bagi kamu kamu yang jarang mandi, ini bisa buat alternatif pengobatan. Iya pengobatan habit-mu yang kadang mandi dua hari sekali itu.

 

Pantai Parang Endog Jogja

Air Terjun Di Pantai Parangendog. Foto Ig : @wisnutriprasongko

Suasana Pantai Parangendog.

Bebatuan karang memberikan perlindungan dari ombak besar khas pantai selatan. Anda dapat melakukan aktivitas seperti memancing, melihat ikan di balik air, mencari kerang atau rumput laut dan ekplorasi biota laut yang hidup diatas karang. Pantai Parangendog relatif sepi sehingga cocok bagi mereka yang ingin menikmati suasana pantai yang jauh dari keramaian.

Banyak batu besar dengan posisi tak beraturan yang mencerminkan proses alam geliat lempeng bumi ribuan tahun lalu. Namun, bebatuan itu cukup indah untuk kamu jadikan arena selfie saat laut agak surut. Kamu boleh juga main petak umpet disitu.

Pantai Parangendog sebagai Batas Perbedaan Warna Pasir Laut di Pesisir Jogja

Pantai Parangendog menjadi semacam garis demarkasi perbedaan warna pasir di laut daerah selatan Jogja. Jika kamu perhatikan warna pasir dari Pantai Parangtritis ke arah barat hingga pantai Goa Cemara atau Pantai Glagah, Kamu pasti akan melihat pasir yang berwarna hitam. Sedangkan jika ke arah sebaliknya, kamu pasti akan menjumpai pasir yang berwarna putih. Cek saja di Pantai Baron, Drini, Wediombo hingga pantai Sadeng di bagian paling timur Kabupaten Gunungkidul.

 

parangendog

Pantai Parangendog. Ig @neu_bee

Menikmati Sunset di Parangendog

Jika stamina dan waktu masih cukup, sempatkan pula naik ke atas bukit, namanya Bukit Watugupit. Dari sana Anda akan melihat garis pantai tak berujung dan lautan lepas. Saat mentari hendak kembali ke peraduan, Kamu akan diperlihatkan gurat-gurat kuning keemasan tanda momentum sunset akan segera tiba. Segera persiapkan handphone mu untuk aksi. Ingat, peristiwa ini tak berlangsung lama.

Pantai cantik ini Lokasinya di Girijati, Purwosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Tepat di sisi Timur Pantai Parangtritis. Untuk sampai keatas bukit dalam rangka menikmati sunset, Kamu musti trekking dulu dengan menaiki anak tangga, Nggak usah dihitung ya! Jalani aja. Suara deburan ombak dan angin akan menemanimu sepanjang hari disana.

 

Pantai Parang Endog Jogja

Pemandangan Dari Atas Bukit Parangendog. Foto Ig : @muhammad_rinandar

Mencoba Paralayang di Parangendog.

Diatas bukit karang yang gagah menjulang tinggi inilah kamu bisa melihat orang-orang yang sedang bermain Paralayang dari sisi sebelah timur. Jika kamu penasaran ingin mencobanya, beranjaklah ke timur menuju titik peluncuran Paralayang atau yang sering disebut Bukit Paralayang. Paralayang adalah kegiatan terbang bebas menantang adrenalin dengan menggunakan parasut dari ketinggian tertentu untuk mendarat di suatu tempat. Biasanya hal ini dilakukan tentara dalam situasi perang untuk menyerbu suatu wilayah kepulauan.

Rasakan getaran adrenalinmu dengan meluncur dari atas ketinggian untuk kemudian meliuk-liuk bagai burung elang dengan menggunakan paralayang/paragliding. Dibutuhkan keberanian dan persiapan yang matang untuk bermain paralayang. Tentu tidak semua orang bisa main paralayang. Kamu tentu akan dipandu untuk berlatih terlebih dahulu oleh pemandu-pemandu profesional sebelum take-off.

 

Pantai Parang Endog Jogja

Paralayang di Pantai Parangendog. Foto Ig : @deirfanyusuf

Panjat Tebing di Parangendog

Selain aktifitas diatas, kamu disini juga bisa melakukan kegiatan memancing dan olahraga panjat tebing atau cliff hanger. Kontur perbukitan karang yang terjal memungkinkan dirimu menaiki tebing-tebing yang ada disana. Namun tentu ini harus dilakukan oleh orang yang sudah terlatih atau minimal mengikuti pendidikan dasar panjat tebing. Jika kamu pernah ikut mapala di sekolah atau kampusmu, bukit ini layak dicoba. Kalo kamu cuman berpengalaman panjat pagar sekolahan saat membolos, urungkan saja niatmu.

 

Panjat Tebing Parangendog

Panjat Tebing di parangendog. Foto ig @humas.uwm

Akses Ke Pantai Parangendog Jogja.

Jalan menuju pantai ini dari arah Jogja datar-datar saja, tanjakan-nya hanya sebentar setelah melewati Pantai Parangtritis. Berbeda jika kamu kesini dari arah Kecamatan Panggang, Gunungkidul (Semisal kamu sehabis wisata dari Kebun Buah Mangunan atau Jurang Tembelan). Tapi lewat manapun tidak masalah, karena suasana di pantai ini akan membuatmu segera melupakan rute perjalanan kesini.

Untuk mencapai Pantai Parangendog, Kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika malas naik motor karena takut parfum-mu menguap di jalan, Kamu bisa cari sewa mobil di Jogja yang mau kasih harga pertemanan. Aktifitas Wisata pantai di wilayah Kabupaten Gunungkidul ini, uniknya lebih mudah diakses dari kabupaten Bantul. Dan kami yakin, bila kamu dapat sunset-nya, trip kesini akan membuatmu ceria hingga cukup lama.

Peta Lokasi & Informasi di Pantai Parangendog Jogja

Jenis LokasiPantai
WahanaParalayang, Air Terjun
FasilitasToilet, Mushola, Parkir, Warung Makan
PenginapanHomestay, Hotel, Resort
Tarif Masuk10-15K
Tarif Paralayang200-400K
Area ParkirLuas
Tarif Parkir5-10K/mobil. 15-30K/bus
Jam bukaHampir 24 Jam
Jarak Tempuh+/- 1 jam
Buat BalitaTidak Cocok
Peta Lokasi / Map-8.0314074,110.3356129

Berikan Penilaianmu mengenai Pantai Parangendog.

Review Overview
4.28
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×