Pantai Sedahan Jogja : Kesempurnaan Camping

Share

Pantai Sedahan Jogja – Tempat Camping Yang Sempurna

Jika kamu adalah seorang petualang, penyendiri, pecinta kealamian sekaligus pemancing yang handal, Pantai Sedahan adalah destinasi wisata yang pas buat kamu. Pantai ini letaknya agak terpencil dan harus dijangkau dengan berjalan kaki. Disinilah letak kealamian pantai ini. Dimana tak ada raungan suara knalpot kendaraan bermotor yang bisa sampai kesana. Suasana relatif sepi pengunjung bisa membuatmu puas menikmati alam selayaknya bersantai kebun belakang rumahmu, kalau punya.

Pantai ini juga merupakan spot memancing yang asyik, bagi para pemancing ikan, tempat ini sudah tak asing lagi. Entah karena banyak ikannya atau karena spotnya yang menantang, kamu musti cari tahu sendiri dengan datang kesana. Meskipun kenyataannya memang banyak pemancing datang ke sana. Dan tentunya jangan pernah membayangkan seperti memancing di kolam pemancingan. Pemancing handal tahu betul soal spot, passion, dan tantangan yang harus dihadapi. Disini tak ada nelayan mencari ikan. Kamu harus percaya diri.

Pantai Sedahan Jogja

Kemping Di Pantai Sedahan. Foto Ig : @tomtom_duwek

Pantai Sedahan Jogja juga merupakan tempat singgah Penyu untuk berkembang biak, pada momen-momen terntentu anda dapat melihat proses migrasi penyu di pantai ini. Juga, Pantai ini tempat singgah para petualang untuk melakukan Camping. Camping disini akan berbeda dengan ditempat lain, disamping tempatnya sepi dan alami, tempat ini jauh dari segalanya. Tak ada kamar mandi, tak ada warung atau tempat berteduh bikinan manusia. Kalau kamu bukan petualang sejati, lupakan untuk camping disini, Kamu bakalan susah bales komen fesbuk atau aplot foto instagram. Mau beli pembersih muka pun, susah.
Pantai Sedahan Jogja

Kejernihan Air Di Pantai Sedahan. Foto Ig : @ardi_seph

Akses ke Pantai dan Suasananya.

Pantai ini berlokasi di Jepitu, Girisubo, Gunungkidul. Letaknya berdekatan dengan Pantai Wediombo, Pantai Jungwok dan Pantai Watulumbung. Kamu bisa naik motor hingga dekat ke pantai. Namun jalannya masih bebatuan dan kalau musim hujan sangat licin. Motor matic pun banyak yang menyarankan agar tidak dipaksa sampai kesana.

Mendingan kamu trekking ke pantai, jauh lebih sehat dan bisa menikmati alaminya pemandangan sekitar dengan maksimal. Memang pada saat musim kemarau, pepohonan akan condong berwarna kecoklatan dan nuansa gersang akan menghiasi.

Pemandangan menuju pantai masih sangat alami namun karena kontur pantai di Gunungkidul yang rata-rata curam dan ombaknya besar, anda tentu tidak diperkenankan berenang, hanya boleh berbasah-basah di bibir pantai saja, itupun jangan sampai terlena. Pantai Sedahan ini berpasir putih, berair bening dan berombak besar, perpaduan yang sempurna. Saat matahari agak diselatan khatulistiwa, kamu dapat menikmati sunset, Karena pantai ini tidak mengadap lurus ke selatan.

Pantai Sedahan Jogja

Pantai Sedahan yang Menawan. Foto Ig : @dafievan

Tips Camping di Sedahan

Kalo kamu emang niat camping disini, Kamu harus mempelajari betul situasi dan kondisi pantai Sedahan. Jangan sampai ketidaktahuan-mu membuat kamu mengalami masalah. Usahakan lokasi Camp jangan terlalu dekat bibir pantai, Agak menjauh sedikit, untuk mengantisipasi gelombang pasang air laut. Gak lucu kan kalo kamu lagi enak-enak tidur, tetiba datang air pasang, dan kamu dipaksa mandi air laut tengah malam lantas meng-evakuasi diri, kemana? Poskamling pun jauh.

Camping emang asyik dan mempunyai tantangan tersendiri. Tapi jangan sampai itu membuatmu melupakan safety. Sudah pernah jatuh korban karena kelalaian. Untuk itu kamu harus benar-benar memahami dan mematuhi aturan yang sudah ditetapkan, Jangan asal kemping aja. Masyarakat biasanya akan mengingatkan bila ada tanda-tanda bahaya.

Tetapi yang paling umum yang harus diperhatikan adalah, Jangan mendirikan tenda terlalu dekat ke Pantai jika kamu tidak paham musimnya. Air laut setiap sore akan mengalami pasang. Pada kondisi tertentu, status pasang air ini akan sangat tinggi, Inilah yang membahayakan. Usahakan tidak terlalu dekat dengan bibir pantai.

Campingers sejati juga tidak akan meninggalkan sampah di pantai. Jangan sampai pantai yang cantik ini kotor oleh sampah mie instant, air mineral dan sampah plastik lainnya yang sulit diurai. Ayo mari berwisata dan melestarikan bumi untuk masa depan. Jika tidak tahu kemana harus membuang sampah, Kumpulkan dalam satu wadah dan cari tempat sampah yang ada di desa terdekat. Jangan malas ya menjaga bumi kita ini.

Galeri Pantai Sedahan

 

Informasi Harga dan Tarif Sewa di Pantai Sedahan Jogja

Jenis LokasiPantai
WahanaPasir Putih, Mancing, Camping, Trekking
FasilitasToilet, Mushola, Parkir, Warung Makan
PenginapanTidak ada
Tarif Masuk5-15K
Tarif Sewa tendaKecil 25-50K | Dome Sedang 50-100K | Big 100-200K/malam
Area ParkirLuas
Tarif Parkir2K Motor
Jam bukaHampir 24 Jam. Namun ada portal di dekat kecamatan Jepitu
Jarak Tempuh+/- 2 jam
Buat BalitaNo
Untuk mencapai Pantai Sedahan Jogja, Kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Andai kamu sedang malas naek sepeda karena takut dengkulnya lepas, Kamu bisa whatsapp kami. Jangan sungkan-sungkan untuk minta diantarkan menggunakan  mobil kami atau sekedar tanya-tanya soal harga sewa tenda. Jika kamu bersemangat untuk pergi kesini, Jarak yang jauh dan perjalanan yang berliku akan terbayar ketika sampai disini. Natural nya pantai ini akan sangat membuatmu takjub, lega dan bahagia tentunya.

Peta Lokasi Pantai Sedahan :

Berikan Penilaian untuk artikel ini!

Klik pada bintang untuk menilai!

Nilai Rata-rata / 5. Jumlah Penilai :

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *