Pantai Wediombo Jogja : Tempat Belajar Surfing

Pantai Wediombo Jogja

Anda pecinta wisata pantai, namun belum pernah ke Pantai Wediombo Jogja ? Berarti Anda harus segera memasukkannya ke dalam salah satu tempat yang harus dikunjungi dalam waktu dekat. Anda dapat melakukan apa saja di Pantai Wediombo. Snorkeling, ber-renang, memancing, hingga surfing bisa dilakukan di sini.

Terletak di Jepitu, Girisubo, Kab Gunungkidul. Agak jauh sih, melewati jalan yang meliuk-liuk dan menembus pegunungan batuan karst, tapi jangan kuatir, lamanya perjalanan akan terbayar oleh keindahan alam disana. Paling-paling juga dalam perjalanan kalian pada tidur.

 

Pantai Wediombo Jogja

Danau kecil ini, sangat cantik untuk dijadikan background. Foto @sherlymaylinda

Pantai yang Komplit dengan Laguna yang sangat indah.

Lokasi Pantai Wediombo Jogja masih relatif alami walaupun sekarang sudah terbangun beberapa bangunan dan warung-warung, namun masih saja indah untuk dinikmati. Di sini terdapat area yang dikelilingi karang, menyerupai kolam, atau bisa disebut Laguna. Area sedalam 1,5 meter ini menjadi favorit pengunjung, sebab airnya tenang sehingga kamu dapat mandi / renang di sini. Bahkan kamu bisa bermain mengambangkan diri disini, coba ingat-ingat pelajaran jaman sekolah : Berat jenis manusia dibanding berat jenis air laut, beratan mana coba?

Kalau pintar mencari momentum, tunggu sampai ombak besar datang dan pecahannya memasuki laguna dengan soft, segera ambil foto, itu sangat keren. Dibutuhkan keberuntungan bagi kamu yang tak memiliki fitur exposure dikamera handphone-mu, untuk menangkap ombak itu.

 

Pantai Wediombo Jogja

Bermain Air di Laguna Pantai Wediombo. Photo @roslindanoor

Pasir putih menghampar di sepanjang pantai, ciri khas pantai di daerah Gunungkidul. Bebatuan karang terjal disekitar dihiasi hijaunya tanaman yang menempel, membuat mata kita merasa segar melihat alam di sekitar Pantai Wediombo. Pantai ini juga cukup keren untuk dijadikan ajang fotografi outdoor. Bahkan kalo kamu beruntung, kamu bisa bertemu dengan model-model yang sedang beraksi disana berikut fotografernya.

Reef / Coral di Pantai Wediombo Jogja

Jernihnya air memungkinkan Anda melihat hingga ke dasar. Ikan-ikan cantik terlihat berseliweran di sela-sela terumbu karang. Tidak perlu membawa peralatan dari rumah untuk melihat pemandangan ini. Sudah tersedia penyewaan alat snorkeling. Tidak hanya itu, Wediombo juga surga para pemburu ombak. Banyak orang yang datang ke sini hanya untuk menjajal kerasnya ombak Wediombo dengan mengunakan papan selancar.

 

Pantai Wediombo Jogja

@jacki.dot sedang surfing.

Belajar Surfing Di Wediombo

Kini wediombo memiliki kelengkapan sebagai tempat untuk penyelenggaraan surfing baik berupa event ataupun belajar. Di sana kamu bisa belajar berselancar. Tentu saja untuk bisa berselancar dibutuhkan pemandu / guide yang akan mengajarimu. Tak mungkin kamu yang belum pernah menjajal, bisa langsung surfing di pantai yang berombak besar ini. Jika kamu sudah ahli berselancar, kamu bisa langsung kesana dan menyewa peralatannya.

Mengenai detailnya kamu bisa kontak IG @wediombosurflesson.  Ini khusus buat kamu yang pemberani saja. Kalo kamu masih takut dengan takhayul, mendingan kamu ke pasar beli menyan sama kulit jagung, trus dinyalain, buat gantinya rokok maksudnya.

 

 Wediombo Surf Society

Kamu bisa tanya segalanya tentang surfing disini

Harga Surfing, dan Snorkeling  di Pantai Wediombo Jogja

  • Surfing :  100.000 – Fasilitas papan surfing, guide dan foto.
  • Surfboard : 50.000 – Hanya sewa papan surf-nya aja.
  • Snorkeling Pinggir Pantai : 30.000-50.000 (1 Pax bisa)
  • Snorkeling Tengah Laut : 80.000-100.000 (naik kapal ke tengah, min kuota peserta 6 pax).
  • Payung : 15.000-20.000 – Jika kamu takut kepanasan, ada kok sewa payung.

Eksplorasi Wediombo

Saat air pantai surut, anda bisa berjalan-jalan diatas reef dimana biota laut hidup diatasnya. Tapi jangan lupa, kamu harus memakai sandal, kalo nggak, kakimu bakal terasa perih menerjang karang. Dan juga kamu harus berhati-hati terhadap sea urchin, kalo kena, kulitmu bakalan terasa gatal. Wediombo itu luas jadi kamu harus siapkan sunblok atau payung untuk melindungi kulitmu dari sengatan sinar mentari.

Sedang tidak bersemangat bermain air? Memancing salah satu aktivitas lainnya. Sebagai informasi, Pantai Wediombo pernah masuk liputan acara mancing di stasiun televisi lho. Selain memancing, Anda bisa sekedar duduk di sore hari sembari menunggu matahari terbenam. Pantai ini menawarkan salah satu pemandangan terbaik ketika sunset tiba. Banyak dicari oleh sunset lover.

 

Sunset di Pantai

Sunset di Wediombo. Foto Ig @rahardi_b

Trekking juga bisa jadi pilihan yang bagus. Pantai ini cukup luas untuk di eksplorasi. Untuk menuju lagunanya saja, kamu harus berjalan kaki kira-kira 500 meter. Jadi siapkan fisikmu sebelum berangkat ke Wediombo. Untuk orang yang gak suka jalan dan gak suka panas, Wediombo nggak akan cocok. Wediombo adalah pantai yang keren untuk para eksplorer saja. Camping juga bisa jadi pilihan jika kamu ingin menghabiskan malam disini. Ada persewaan tenda dengan harga kisaran 30.000-75.000an. Nyantai dengan Hammock juga bisa dilakukan disini, mengingat banyak pepohonan ber-ranting besar di pinggir pantai.

(60 Destinasi Wisata Pantai Hits di Jogja)

Kuliner di Pinggir Pantai.

Jangan lupa, disini banyak warung yang menyediakan menu aneka seafood hasil tangkapan nelayan. Kalau kamu beruntung kamu bisa pesan ikan Panco / Panjo yang durinya berwarna biru. Rasanya sungguh sangat lezat. Ikan tersebut tidak ada setiap hari melainkan hanya pada waktu-waktu tertentu. Ikan ini tidak didapat oleh para nelayan, melainkan para pemancing. Pun hanya pada musim-musim tertentu.

Di Wediombo juga banyak warung yang menyediakan menu Lobster, Udang, Cumi dan hasil laut lainnya. Rugi kalau udah nyampe sini nggak menikmati kuliner-nya. Dan kalo abis main di pantai pasti bawaannya lapar. Kalo lapar segeralah makan, sebelum cacing-cacing di perut pada protes dan melakukan mayday.

 

Akses & Galeri Foto Pantai Wediombo Gunungkidul

Perjalanan menuju Pantai ini seakan-akan mirip lagunya Beatles, Long and Winding Road. Karena memang ini pantai lumayan jauh dari Jogja, sehingga membutuhkan waktu yang panjang untuk sampai kesana. Dan juga sepanjang perjalanan kesana kamu akan dihembusi angin. Butuh waktu 2 jam lebih untuk sampai pada keindahan yang ada di Wediombo.

Jalannya sudah halus beraspal meskipun ada sedikit tanjakan dan kelokan. Meski begitu agak susah jika kamu hendak kesana dengan menggunakan angkutan umum. Kalo soal petunjuk jalan, kamu dijamin tak akan kesasar, Papan nama menuju Wediombo banyak terpasang di pinggir jalan.

Silahkan kunjungi Galeri Pantai Wediombo untuk gambar-gambar pantai yang lainnya, agar kamu yang belum pernah kesini tergerak hatinya untuk segera menghasut teman-temanmu berkunjung kesini.

Peta Lokasi & Informasi Harga / Tarif di Pantai Wediombo Jogja.

Lengkap sekali bukan pantai ini? Untuk mencapai Pantai Wediombo Jogja, Kamu bisa menggunakan sepeda, motor atau mobil. Jika kamu ingin naik sepeda, pikirkan kalau seandainya dengkulmu akan lepas sepulang dari sana, mendingan kamu hubungi rental mobil di Jogja yang berharga murah.

Jenis Lokasi Pantai
Wahana Laguna, Pasir Putih, Surfing, Snorkeling, Mancing, Hammocking, camping
Fasilitas Kuliner, Toilet, Mushola, Sewa alat Surfing dan Snorkling
Penginapan Belum Ada (Update : Sekarang sudah ada)
Tarif Masuk 5k/org
Tarif Parkir Motor 2-4K, Mobil 5-10K
Jam buka Hampir 24 jam (Ada portal di Jepitu)
Jarak tempuh +/- 2,5 jam
Buat balita N
Peta Lokasi / Map -8.1872916,110.7096509

Tour wisata Pantai Wediombo di Gunung kidul ini tidak akan membuat kakimu sakit, kalau kamu memakai sendal, tidak akan membuatmu lapar kalo kamu makan seafood dan tidak akan membuatmu nyungsep, kalo kamu mau belajar surfing dengan sungguh-sungguh.

Review Pantai Wedi Ombo.

No Pros / Positif No Cons / Negatif
1. Tarif masuk dan wahana murah. 1. Jaraknya cukup jauh.
2. Tempat selfie yang lumayan bagus. 2. Parkir relatif sempit.
3. Bisa melakukan banyak aktifitas. 3. Angkutan umum ke lokasi tak representatif.
4. Banyak Warung Seafood. 4. Bus besar tidak disarankan.
5. Ada penginapan. 5.
6. Untuk segala umur (balita & lansia). 6.

Beri Penilaian Terhadap Pantai Wediombo.

Review Overview
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan
SUMMARY

Pantai wediombo ini pantai yang pemandangannya bagus, punya banyak wahana, bisa buat kungkum, berendam, surfing, snorkeling lepas pantai dan seafoodnya lumayan bermacam-macam.

4.3

You may also like...

1 Response

  1. 21/08/2021

    […] Surfing di Pantai Wediombo (travelisto.co.id) […]

Leave a Reply