Pantai Parangkusumo Jogja yang Ber-aura Mistis

Share

Pantai Parangkusumo Jogja yang Ber-aura Mistis

Menikmati Suasana Mistis di Parangkusumo.

Dari sekian banyaknya pantai yang berjajar di Laut selatan, ada satu pantai yang cukup creepy dan kental dengan suasana mistis. Pantai Parangkusumo namanya. Pantai ini berada di sebelah Pantai Parangtritis. Entah kenapa suasana tersebut membalut wilayah Parangkusumo. Mungkin, karena disana dahulunya merupakan tempat mitos bersejarah bertemunya penguasa daratan dan penguasa lautan.

 

Pantai Parangkusumo Jogja

Pantai Parangkusumo. Foto Ig @canro.simarmata

Dalam sejarahnya Pantai Parangkusumo merupakan tempat bersemedi, upacara, labuhan dan ritual, bahkan hingga saat ini kegiatan upacara keagamaan, ziarah dan ritual masih tetap ada. Upacara yang masih ada hingga saat ini misalnya Upacara Melasti. Melasti adalah sebuah upacara keagamaan yang dilakukan umat Hindu menjelang hari raya Nyepi. Ritual ini bertujuan untuk membersihkan diri dari segala keburukan, agar umat Hindu bisa menyambut tahun baru Saka dengan jiwa yang baru.

Sedangkan kegiatan ziarah masih sering dilakukan oleh masyarakat pada bulan Suro. Pada tiap malam jumat kliwon dengan mengunjungi Cepuri yang dianggap sebagai simbol pintu gerbang menuju Keraton Laut selatan. Ritual Labuhan juga masih sering dilakukan oleh perangkat/abdi dalem Keraton Yogyakarta pada waktu bulan Ruwah (Bulan sebelum bulan puasa dalam penanggalan lunar jawa) dengan tujuan sebagai ungkapan rasa syukur.

 

Pantai Parangkusumo Jogja

Labuhan di Pantai Parangkusumo. Foto : Jogjapolitan (harian jogja)

Cepuri Parangkusumo : Sumber Aura Mistis

Dalam mitos masyarakat Jawa, Pantai Parangkusumo dianggap sebagai gerbang utama menuju Keraton Gaib Pantai Selatan. Di sana, ada sebuah bangunan unik dan keramat yang bernama Cepuri Parangkusumo. Bangunan ini merupakan pagar tembok keliling dengan banyak lubang di tengah dindingnya. Bangunan ini dilengkapi dengan pintu pagar menyerupai jeruji yang terbuat dari bahan kayu.

Di dalam Cepuri inilah aura mistis pantai Parangkusumo berasal. Lebih tepatnya karena adanya dua buah batu yang sangat disakralkan. Dua batu mistis tersebut mempunyai keterkaitan dengan mitos pertemuan antara Panembahan Senopati (calon penguasa kerajaan Mataram) dengan penguasa laut selatan, Kanjeng Ratu Kidul. Dua batu bernama Selo Ageng dan Selo Sengker.

Banyak pengunjung yang melakukan ziarah ke situs tersebut untuk memberikan apresiasi kepada para leluhur. Terkadang mereka melakukan ritual-ritual tertentu yang sifatnya misterius. Dari sinilah kenapa Parangkusumo auranya sangat mistis.

Aktifitas Wisata di Pantai Parangkusumo.

Buat kamu yang sedang hangat-hangatnya membina hubungan, Parangkusumo bisa jadi alternatif kunjungan yang lumayan bagus. Tentu bukan untuk berbuat mesum, melainkan karena Pantai Parangkusumo relatif tidak seramai pantai-pantai lainnya. Maksud kami, berkunjung ke Parangkusumo bukan buat pacaran semata, namun di Parangkusumo bisa dijadikan lokasi yang tepat  untuk pre-wedding. Di Parangkusumo ada gumuk pasir yang kerap dijadikan background foto pre-wedding.

 

Pantai Parangkusumo Jogja

Parangkusumo, Destinasi keren untuk Prewedding. Foto Ig @nizaramrullah

Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir atau Sand Dune adalah bentuk kontur pasir berupa gundukan yang terjadi secara random karena hembusan angin laut. Fenomena Gumuk pasir sangat langka didunia ini. Gumuk pasir hanya ada di Afrika, Amerika Tengah dan di Parangkusumo! Nggak rugi kamu kesini. Disini kamu juga bermain Sandboarding (seluncur diatas pasir), Keren kan? Nggak usah jauh-jauh ke Korea untuk bermain seluncuran, Di Parangkusumo juga bisa.

Disini juga banyak spot selfie yang keren yang bisa kamu gunakan untuk mengasah skill fotografi mu. Ada sebuah taman bunga di tengah hamparan pasir. Kamu nggak akan merasa bosan datang kesini.

 

Pantai Parangkusumo Jogja

Spot baru di Pantai Parangkusumo Jogja. Foto Ig @dwiriyantoo

Fasilitas di Pantai Parangkusumo untuk Anak-anak.

Jangan khawatir, di pantai Parangkusumo, Anak-anak dapat menyewa motor ATV atau menaiki kuda mengelilingi kawasan pantai. Lalu bisa bermain ayunan di Gumuk pasir. Dengan demikian, anak-anak kecil bisa ikut menikmati wisata di Parangkusumo.

Wahana yang paling baru di Parangkusmo adalah Gardu (Garbage Care and Education) sebuah tempat percontohan pengelolaan sampah. Meskipun ini urusan sampah, jangan khawatir, disitu tidak bau kaya tempat sampah. Kamu dapat belajar tata kelola sampah, supaya ngerti pentingnya tidak membuang sampah sembarangan. Kamu bisa ikut menyelamatkan dunia.

 

Pantai Parangkusumo Jogja

Seorang bocah bermain sandboarding di Parangkusumo. Foto Ig @nina_kurnia_manfaati

 

Di pinggiran pantai Parangkusumo, terdapat beberapa warung-warung yang menjajakan kuliner makanan dan minuman. Tentu, kami menyarankan agar kamu menikmati air kelapa muda segar setelah berlarian tak jelas kesana-kemari, agar dapat mengembalikan staminamu, menghilangkan rasa haus-mu dan tentunya agar kamu kuat menghadapi kenyataan.

Sunset di Pantai Parangkusumo Jogja.

Kecewa ngga bisa bermain air atau renang di sini? Tentu saja tidak disarankan berenang di Pantai Parangkusumo dan berbagai pantai lainnya di Yogyakarta. Karena struktur pantai selatan yang membahayakan pengunjung, Pemerintah telah melarang wisatawan untuk berenang. Tapi nggak perlu berenang pun kamu akan dapat menemukan pengganti kekecewaanmu, yaitu Sunset di sore hari. Tunggulah hingga matahari terbenam, kamu akan takjub melihat indahnya sunset di Parangkusumo.

 

Pantai Parangkusumo Jogja

Sunset di Parangkusumo. Foto Ig @danang14

Wisata Malam di Parangkusumo.

Konon kabarnya bahwa disini terdapat beberapa tempat wisata malam seperti Kafe dan Room karaoke. Menurut kami, Hiburan karaoke tidak selalu negatif dan layanan itu dibuat untuk menjembatani kaum yang betul betul butuh hiburan dengan bersantai dan bernyanyi. Namun sepertinya jika untuk ajang hiburan keluarga kurang cocok karena tidak ada fasilitas hiburan anak-anak di malam hari. Jadi wisata malam di sini memang segmentasinya untuk kaum muda, lajang dan penikmat dunia malam.

Akses ke Pantai Parangkusumo.

Untuk mencapai Pantai Parangkusumo yang berpasir hitam dan beraroma mistis sangat kuat, Kamu bisa menggunakan berbagai macam alat transportasi. Kamu bisa Bersepeda gunung, Menggunakan Vespa penuh sampah kemasan plastik, Naik motor roda tiga bareng temen-temen, atau Menggunakan mobil pribadi punya ayahmu.

Cari aja Jalan Parangtritis, Habis itu kamu lurus terus jangan belak-belok, pasti nyampe. Dalam perjalanan kesini, Kamu akan melewati History of Java Museum. Letak destinasi wisata ini hampir identik dengan Pantai Parangtritis yang petunjuk jalannya lebih banyak daripada Parangkusumo. Namun ketika memasuki kawasan wisata, Kamu akan dengan mudah menemukan jalan ke lokasi yang kamu tuju.

Tapi, jikalau kamu malas naik motor karena takut bertemu emak-emak bawa matic keluar dari gang trus “mak kluwer“, Mendingan kamu kontak Sewa Mobil+Driver murah yang mau mengantarmu dan menunggui-mu. Tour wisata ke Parangkusumo tidak akan membuatmu sedih jika foto pre-wedding yang kamu bikin, hasilnya maksimal.

Informasi dan Peta Lokasi Pantai Parangkusumo Jogja

Jenis LokasiPantai
WahanaATV, Berkuda, Ayunan, Sandboarding, Sunset
FasilitasToilet, Mushola, Parkir, Warung Makan
PenginapanHomestay, Hotel
Tarif Masuk5-15.000
Tarif Sewa ATV25-50.000
Area ParkirLuas
Tarif Parkir2-5K Motor, 5-10K/mobil.
Jam bukaHampir 24 Jam
Jarak Tempuh+/- 1 jam
Buat BalitaFair
Peta Lokasi / Map-8.022769,110.3228063

Info Tambahan  :

  • Karena bersebelahan dengan Pantai Parangtritis, kamu bisa mengunjungi keduanya dalam waktu yang bersamaan. Jangan kuatir kelaparan disini, karena warung-warung yang ada di pinggir pantai menyediakan beragam jenis makanan yang bisa kamu pilih. Namun jika kamu ingin makan ikan yang segar, Kamu bisa pergi ke arah barat, mencari kitab…. Maksud kami, pergi ke pantai Depok yang berada di sebelah baratnya Parangkusumo. Disana terdapat sandaran perahu nelayan dan beberapa warung spesialis seafood.
  • Namun jika kamu kurang suka dengan seafood, kamu bisa mlipir ke utara dan mengunjungi warung Sate Pak Pong atau Pak Bari yang sudah terkenal hingga masuk film AADC. Dijamin kamu akan puas dan terlena hingga terlelap saat perjalanan pulang.
  • Jika kamu masih ingin ke pantai lagi, kamu dapat mengunjungi Pantai Parangendog dan menikmati sunset dari atas Bukit Watugupit. Atau kamu bisa pergi ke barat lagi mengunjungi Pantai Kuwaru, Pantai Glagah, atau Pantai Goa Cemara yang terkenal rindang.

Beri Penilaianmu mengenai Pantai Parangkusumo.

Review Overview
4.17
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×