Rumah Budaya Tembi Jogja

Share

Rumah Budaya Tembi Jogja

Jika ingin mengenal sebuah bangsa, pelajarilah sejarah dan budayanya. Ada banyak cara untuk mempelajari sejarah dan budaya. Di antaranya, berkunjung ke Rumah Budaya Tembi. Rumah ini adalah sebuah museum yang khusus berisi dokumentasi mengenai Budaya Jawa. Koleksinya sangat banyak dan beragam. Ada tombak, keris, gamelan, peralatan membatik, hingga peralatan seperti bajak, dandang, dan tungku.

 

Rumah Budaya Tembi Jogja

Salah Satu Sudut Rumah Budaya Tembi. Foto Ig : @dwipracaya

Berkunjung di sini juga serasa berjelajah ke masa lalu. Selain benda-benda yang identik dengan Kebudayaan Jawa, Anda akan menemukan sejumlah barang jadul yang sudah langka saat ini, seperti foto-foto, sepeda motor, poster iklan, mobil kuno, hingga naskah yang usianya sudah puluhan hingga ratusan tahun.

Beragam Aktifitas Belajar Budaya di Tembi

Tempat ini tidak hanya mengajak kita untuk mengenal benda-benda saja. Di sini kerap diselenggarakan pertunjukan seni. Anda juga bisa beberapa aktivitas yang mungkin tidak pernah dilakukan sebelumnya, seperti membatik, bermain gamelan, hingga membajak sawah. Di Rumah budaya Tembi kamu bisa belajar membatik secara langsung. Membuat batik sepertinya mudah karena mirip menggambar, namun ada beberapa hal yang musti kamu pelajari detail dan teknik membatik.

 

Rumah Budaya Tembi

Membatik di Rumah Budaya Tembi. Foto Ig : @norma_fauziyah

Disini juga kerap diadakan acara yang bernuansa budaya dan pendidikan seperti pembacaan puisi atau diskusi kebudayaan. Pokoknya kalo kamu suka hal-hal yang berbau budaya, berkunjung ke Rumah Budaya Tembi adalah sebuah keharusan. Di Rumah Budaya Tembi, Kamu juga boleh bermain gamelan asalkan tahu tata cara memainkannya. Meskipun kamu seorang yang paham musik, nada Slendro dan Pelog yang ada dalam perangkat gamelan membutuhkan teknik dan cara tersendiri untuk memainkannya. Untuk itulah kamu perlu belajar gamelan disini.

 

Gamelan Tembi

Berlajar alat musik Gamelan. Ig @monsterkatamadek

Selain belajar tentang budaya kamu disini juga boleh menikmati hobi selfie-mu. Sudut ruangan di Rumah Budaya Tembi lumayan bagus untuk berfoto-foto. Kamu tidak dilarang berfoto dengan latar belakang di bagian manapun di sini.

 

Barang-barang kuno

Suatu sudut ruangan. Ig @endangkesuma

Aneka Paket Kegiatan Desa Wisata Tembi :

    • Membatik Kain : Rp. 30.000/org
    • Membatik Topeng Kayu : Rp. 50.000/org
    • Membuat Kerajinan Tempat Pensil : Rp. 25.000/org / Tempat Tisu : Rp. 50.000/org
    • Membuat Tembikar/Keramik : Rp. 20.000/org
    • Tatah Sungging Wayang : Rp. 50.000/org
    • Mewarnai Keramik : Rp. 20.000/org

Paket Kegiatan Kuliner :

  • Membuat Tempe : Rp. 20.000/org
  • Membuat Sagon : Rp. 20.000/org

Paket Naik Dokar Keliling

  • Naik Dokar Keliling Desa Wisata : Rp. 150.000/2 jam untuk 5 org
  • Naik Dokar Keliling Sentral Kerajinan Kulit Manding Dan Pasar Seni Gabusan : Rp. 250.000/2 jam (untuk 5 org)
  • Naik Dokar Dari Tembi Menuju Desa Kerajinan Gerabah Kasongan : Rp. 300.000/2 jam (untuk 5 org)
  • Naik Sepeda Ontel – Rp. 30.000/12 jam

(sumber harga: www.jejakpiknik.com)

Akses dan Fasilitas di Rumah Budaya Tembi

Jalan menuju ke destinasi ini tidak lah sulit. Karena letaknya yang masih dekat dengan kota Jogja. Tinggal buka map, ikuti suara mbak google, kamu udah bisa sampai disini. Atau biasanya driver-driver wisata udah hafal diluar kepala arah ke sini.

Rumah Budaya Tembi berada di Jalan Parangtritis Km. 8,4 Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Disini kamu juga bisa sekedar ngopi-ngopi dan makan gorengan sambil menikmati suasana Tembi yang eksotis. Ada kafe / kedai di sebelah kanan pintu masuk / parkir dengan harga yang relatif terjangkau. Kombinasi Kopi dan Tempe Gorengnya menurut kami mashook.

Biasanya setelah dari sini, kemudian wisatawan akan melanjutkan perjalanan ke Kasongan untuk melihat dan berbelanja souvenir / kerajinan. Namun kamu harus mengeluarkan effort ekstra untuk beranjak dari sini karena mungkin anak-anakmu masih betah bermain air / renang di kolam kecil di belakang yang mempunyai pemandangan bagus.

 

Rumah Budaya Tembi Jogja

Kolam Kecil. Foto Ig : @petrushandayani

Untuk sampai ke Desa Tembi, Kamu bisa menggunakan sepeda, motor, mobil atau bus yang muat banyak untuk seluruh anggota keluarga. Jika kamu naik sepeda kesana, ntar jadi aneh karena disana juga ada penyewaan sepeda. Kamu mendingan cari Sewa Mobil di Jogja yang sopirnya mau nungguin dan setia. Tour wisata budaya di Tembi ini tidak akan membuatmu kehilangan jati diri.

Bila masih ingin berwisata nuansa budaya / sejarah, kunjungilah Museum History of Java yang membahas asal muasal dan peradaban di tanah Jawa. Lalu kamu boleh melanjutkan perjalanan ke pantai atau ke kota. Jikalau hendak ke Pantai, kamu bisa mengunjungi Pantai Goa Cemara yang rindang dan ramah anak. Namun jika ingin ke arah kota, kamu bisa ke Taman Pintar, Gembira Loka, Sindu Edupark atau ke Museum Demata.

Andaikata kamu keluar dari sini menjelang sore, Spot sunset terdekat yang bisa kamu raih adalah di Puncak Sosok. Sembari makan angkringan, kamu bisa menikmati malam di puncak yang romantis. Kalo kamu suka makan sate, coba mampir ke Sate Klathak Pak Pong atau Pak Bari yang jaraknya relatif dekat dari sini.

Peta Lokasi dan Informasi pendukung di Rumah Budaya Tembi

Jenis LokasiRumah Budaya
WahanaKolam, Rumah Makan, Batik, Dokumentasi, Koleksi Museum
FasilitasKuliner, Kafe, Toilet, ATM, Kolam Renang
PenginapanBale Inap
Tarif Masuk30-40K/org atau Paket 400-900K
Area ParkirLuas
Jam buka09-16.00
Jarak tempuh+/- 0,5 jam
Buat balitaOK
Peta Lokasi :-7.8700932,110.3540169

Beri Penilaianmu mengenai Rumah Budaya Tembi.

Review Overview
4.38
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×