Air Terjun Kedung Pedut Kulonprogo Jogja

Share

Wisata Air Terjun Kedung Pedut.

Obyek wisata Air Terjun Kedung Pedut atau Curug Kedung Pedut merupakan obyek wisata yang sebenarnya sudah ada sejak jaman dulu cuman karena tidak dikelola dengan baik dan belum musimnya media sosial, Destinasi wisata ini seakan tidak pernah ada. Namun sekarang dengan perkembangan jaman yang semakin maju, Kedung Pedut muncul menyeruak ke belantara wisata terbaru (kekinian) di Jogja, bersaing dengan obyek-obyek wisata kekinian lainnya yang serentak muncul dekade belakangan ini dikarenakan tren wisata yang instagramable. Jaman Now, Gitu loh.

Air Terjun Kedung Pedut merupakan sebuah aliran air dari sungai Mudal yang melewati perbukitan menuju ke dataran yang lebih rendah. Menjadi menarik dan indah karena yang dilewati adalah Perbukitan, Bebatuan dan Lekukan yang menjadikannya bisa digunakan untuk aktifitas wisata seperti berendam. Keindahan sekitar air terjun juga membuat wisatawan banyak berdatangan untuk menikmati pemandangan alam-nya.

 

Air Terjun Gunung pedut

Keindahan Air Terjun Kedung Pedut. Foto ig : @yv_wong

Letaknya di Jatimulyo, Kec. Girimulyo Kab. Kulon Progo, Curug ini nampak asri, alami dan menyegarkan, kayak minuman aja yah. Terkadang warna air di air terjun ini bisa kelihatan sangat jernih pada waktu tertentu, dan terkadang bisa kehijau-hijauan. Dan nampaknya rugi sekali kalo sudah sampai disini kamu tidak segera lepas baju untuk berenang. Byurr, sungai-nya dangkal dan alirannya tidak terlalu deras untuk kamu bermain-main, tapi jangan lupa itu hanya boleh dilakukan kalo kamu bawa baju ganti.

Jalan Menuju Air Terjun

Untuk mencapai Air terjun, Kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu, seperti layaknya wisata curug lainnya kamu harus trekking terlebih dahulu ke arah bawah. Akan tetapi jangan pesimis, saat kamu berjalan kaki tak akan merasa capek, karena pemandangan sekitarmu sungguh indah nan asri. Tunggu apalagi, ajak temanmu, atau pacarmu, ayo banyakin piknikmu, jangan cuma hobi sharing-sharing ayat aja di whatsapp. Ayo Traveling, syukuri indahnya ciptaan Yang Maha Kuasa.

Aktifitas di Air Terjun Kedung Pedut

Banyak hal bisa dilakukan disini tidak cuma selfie atau memandangi alam yang sangat indah dan hujau menyegarkan. Pengelola obyek wisata Air terjun ini mulai menata diri dan menyesuaikan dengan kebutuhan wisatawan. Maka dari itu dari tahun ke tahun ada perkembangan yang bisa kita lihat.

Dahulu jalan menuju air terjun hingga ke lokasi masih jalan setapak kampung, tanpa pembatas dan pengaman. Namun kini sudah terlihat rapi dan nyaman. Dan secara bertahap muncul beberapa wahana untuk memuaskan pengunjung agar tidak bosan (saat mengantri misalnya). Fasilitas Apa saja yang kini ada di Kedung Pedut? Diantaranya adalah :

Penataan Dan Penambahan Fasilitas Kelengkapan Air Terjun

Semak belukar yang dulu menutupi sebagian keindahan air terjun ini sudah lama hilang, berganti dengan pemandangan yang rapi dan alami. Tangga naik menuju keatas maupun sebaliknya sudah dibuat permanen dan tidak membahayakan pengunjung kala hujan tiba. Jembatan juga sudah artistik tidak sekedar tumpukan bambu tempat penyeberangan semata.

 

air terjun Kedung Pedut

Kedung Pedut yang makin keren. ig @fendys7

Tulisan landmark Kedung Pedut juga sudah terpasang dengan gagah di tengah lokasi. Kalo kamu punya Drone, penampakannya akan bagus sekali. Petunjuk arah dari jalan besar hingga masuk pun sudah terpasang dengan jelas dan tidak membingungkan, Gak kayak petunjuk Goa Pindul.

Sekarang juga sudah ada ruang ganti pakaian, meskipun bukan toilet dengan jumlah banyak. At least orang pulang dari sini nggak dalam keadaan basah kuyup. Takutnya ampe rumah, masuk angin dan minta surat dokter buat libur 4 hari.

Gardu Pandang atau Gardu Selfie.

Kini sudah ada semacam gardu pandang yang berfungsi untuk melihat secara boundaries area Air Terjun Kedung Pedut ini, namun kayaknya ini berubah fungsi sebagai gardu selfie. Tak apa lah, Lagian sudah sampai disini trus nggak poto-poto itu rasanya nggak sah. Di area air terjun ini, rasa-rasanya jika ingin selfie tak harus naik ke gardu pandang. Kamu bisa selfie disudut manapun akan kelihatan bagus. Apalagi kelihatan air yang sedang mengalir.

 

Air Terjun Kedung Pedhut Jogja

Aliran Air Terjun Kedung Pedut. Foto Ig : @jenijen667

Beberapa waktu lalu pihak pengelola juga menambah sebuah spot selfie berwujud helikopter. Mengingatkan kita pada obyek wisata Bukit Mojo di Dlingo Bantul. Penambahan fasilitas ini bertujuan untuk menarik lebih banyak wisatawan datang kemari. Untungnya pengelola hanya membuat spot berbentuk helikopter beneran, lha coba mereka kalo bikin-nya bentuk helikopter kayak di pinggiran kampung kumuh Sungai Ciliwung, kan gawat kalo bom nya keluar.

Wahana Flying Fox dan Hammock di Air Terjun Kedung Pedut

Belum lama ini juga sudah ada wahana baru yang lebih menantang yaitu Flying Fox dan Hammocking. Keberanianmu di tantang, apakah sanggup melintasi sungai ini dengan seutas tali? Hmmm, Itu sesuatu yang harus kamu coba. Jangan takut, Kalopun jatuh paling benjol. Hehe

Meski jarak dan ketinggiannya tak terlalu nyeremin seperti Flying fox di Umbul Sidomukti, Semarang. Namun melayang disini juga bakalan cukup menyita adrenalinmu. Kira-kira panjangnya 40 meter, sedangkan di umbul sidomukti mencapai 110 meter. Bagi yang sudah biasa, mungkin akan terasa biasa aja. Namun bagi yang belum pernah mencoba, Kamu musti rasakan sensasinya, Menyenangkan! Udah gitu biayanya juga murah. Harga tiket Flying Fox di Air Terjun Kedung Pedut itu cuma 15.000, murah kan?

 

flying fox kulonprogo

Adek ini berani flying fox. ig @kanime_redbull

Jika kamu belum puas dengan flying fox kamu bisa meminta hammocking diatas air terjun. Tentu prinsip hammocking disini bukan untuk nyantai seperti yang seharusnya, melainkan kegiatan untuk mendapatkan background foto yang keren. Nggak ada yang salah dengan selfie plus hammocking. Itu malah sangat menyenangkan.

 

hammock kullon prgo

Indahnya Kedung Pedut kalo begini. ig @ophadelines

Main air atau Berendam di Air Terjun Kedung Pedut

Kamu udah jauh-jauh nyampe perbukitan Kulonprogo  dan nyampe sini cuma selfie doank? Nanggung! Lepas baju celanamu, pakai celana pendek atau apapun yang casual lalu nyemplung aja. Rasakan kesegaran airnya yang agak sedikit dingin di pagi hari. Kamu nggak akan ketemu air sesegar ini di perumahan tempat kamu tinggal.

Kalau kamu berani loncat indah, disini bisa dilakukan. Meski begitu kamu harus hati-hati karena kedalaman sungainya bervariasi. Lebih banyak bagian yang dangkal daripada yang dalam. Yang dikhawatirkan adalah jika kamu lompat dari ketinggian dan jatuh ke area yang dangkal, itu dapat menyebabkan kamu cidera. Apalagi pake salto kaya penyanyi dangdut koplo.

Jika ingin aman, ya main air aja di kedalaman yang dangkal. Nggak usah lompat-lompat daripada ntar malem pas bobok, ngompol. Dan jangan lupa, jangan lantas kamu kecewa kalo air disini tak sebiru foto-foto di Instagram. Air sungai yang jernih warnanya mengikuti dasar sungainya. Kalo bebatuan maka akan cenderung seperti bebatuan sedangkan kalo dasarnya lumut maka akan kehijauan. Jika musim penghujan, air kiriman dari atas bukit dapat sedikit berwarna kecoklatan karena mengandung lumpur.

 

Air Terjun Kedung Pedhut Jogja

Jernih Airnya . Foto Ig :  @widyaayyu_utami

Makanya jangan percaya sama akun instagram tukang edit foto, mereka jualan foto bukan jualan wisata. Awalnya, Ih keren..! , Ih keren..!, Nyampe lokasi trus kamu kecewa, Yang salah siapa? Mulai sekarang unfollow aja itu akun instagram yang hobi upload foto editan, biar kamu ngga ketipu.

Galeri Akses ke Kedung Pedut.

Menurut kami, pembaca artikel ini musti buka Galeri Air Terjun Kedung Pedut, Supaya kamu punya gambaran utuh mengenai destinasi wisata yang satu ini, tidak merasa tertipu oleh gambar-gambar spektakuler di timeline. Setelah tertarik, Kamu bisa ajak geng-mu untuk main kemari atau berduaan aja ama pacar juga boleh.

Agar bisa sampai ke tujuan wisata Air Terjun Kedung Pedut, Kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. sayangnya transportasi umum kesana kurang representatif untuk keluarga, Kalo untuk backpacker sih nggak ada masalah. Jalan menuju Girimulyo sudah cukup bagus meski tidak terlalu lebar. Bus besar tak akan bisa nyampe kemari, hanya Elf atau Hiace yang mampu berikut yang kecil-kecil lainnya.

Jika malas nyetir atau takut capek duluan sebelum sampai lokasi, Kamu sebaiknya menghubungi rental mobil yang paham betul jalan meliuk-liuk menuju kesana, ntar kamu tinggal bobok manis aja di perjalanan. Tour wisata bernuansa waterfall di Jogja ini akan membuatmu basah tapi nggak sampai mendesah. Jika belum puas berwisata disini, Kamu bisa lanjut ke Kalibiru, Pulepayung, Desa Wisata Nglinggo atau Puncak Suroloyo. Tapi kamu udah bosan perbukitan, Pantai Glagah bisa jadi alternatif yang lumayan bagus, sunset-nya lumayan mantap.

Peta Lokasi dan Informasi pendukung di Air Terjun Kedung Pedut

Jenis LokasiAir Terjun
WahanaSelfie, Gardu Pandang, trekking
FasilitasMushola, Toilet, Warung Makan
PenginapanTidak Ada
Tarif MasukHari Biasa 30.000, Hari Libur 50.000
Tarif Flying Fox10-25.000
Area ParkirBiasa
Tarif Parkir2-5K/motor. 5-10K/mobil
Jam buka9:00-15:30
Jarak Tempuh+/- 15 menit
Buat BalitaOK
Peta Lokasi / Map-7.766688,110.1202713

Beri penilaianmu mengenai Air Terjun Kedung Pedut.

Review Overview
4.23
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×