Pantai Jungwok Jogja : Spot Camping Yang Alami

Share

Pantai Jungwok : Spot Camping Yang Alami

Pantai Jungwok Jogja adalah salah satu dari sekian pantai cantik dengan karakter berpasir putih, berair bening, berombak ganas, berbukit batuan karst yang terdapat di gugusan laut selatan Jogja. Namun pantai ini memiliki ciri khusus yaitu kealamiannya yang masih terjaga dan mempunyai pulau kecil yang menahan gelombang laut.

Jungwok atau Jungok adalah sebuah nama yang unik, agak mirip-mirip nama orang Korea mungkin. Tapi jangan salah, pantai ini memang mirip idol-idol Korea untuk keindahannya. Letaknya di bagian timur Kabupaten Gunungkidul. Tepatnya di Jepitu, Girisubo, Kab. Gunungkidul. Memang letaknya agak jauh, tapi jangan khawatir, kebosananmu di perjalanan akan tergantikan dengan pemandangan dan kealamian pantainya yang memukau dan sangat TENANG.

(60 Destinasi Wisata Pantai Hits di Jogja)

Suasana Pantai Jungwok.

Ombaknya? Tetap saja ganas, akan tetapi karena ada semacam pulau kecil yang agak menjorok ke laut, membuat ombaknya relatif tertahan, tidak langsung menghantam bibir pantai. Pulau kecil tersebut dinamakan Watu Topi, entah dulu mungkin anggapan orang-orang yang mirip topi. Pulau kecil ini juga dapat di eksplorasi, tentu pada saat air surut. Pasirnya? Putih bersih kekuningan menghampar di sepanjang pantai.

Pemandangannya? Tentu saja bagus dan menyejukan mata, apalagi ketika di musim hujan. Pepohonan dan tumbuhan menyumbangkan nuansa warna hijau segar, dipadu dengan kebeningan air laut di pesisir yang akan membuatmu betah bermain air dan mungkin banyak mengambil gambar dari biota laut yang hidup di sela-sela karang. Di cakrawala, nampak air laut kebiruan menyatu dengan warna langit, kontras dengan bebatuan karang yang berwarna hitam.

 

Pantai Jungwok Jogja

Suasana Pantai Jungwok. ig @dhian_hardjodisastro

Pantai Jungwok Angker?

Banyak yang bilang, kalo Pantai Jungwok ini angker, tapi itu omong kosong. Pantai ini layak dan aman dikunjungi siapa saja yang ingin liburan atau sekedar memanjakan mata. Gak perlu takut, Adapun etika ketika berkunjung ke pantai memang perlu diperhatikan sehingga tidak menyebabkan celaka. Agar kamu nyaman dipantai, coba baca Tips Wisata Pantai biar kamu paham.

Pantai Jungwok sama sekali tidak crowded seperti pantai-pantai lain, sehingga kamu lebih bisa menikmati setiap detail pantai dengan nyaman. Bila kamu merasa pantai ini angker dan menakutkan, banyak-banyaklah berdoa kepada Yang Maha Kuasa. Pasti kamu akan terlindungi saat melakukan aktifitas apapun di pantai yang indah ini. Adapun jika pernah ada kecelakaan itu dikarenakan keteledoran manusia itu sendiri.

Aktifitas Wisata di Pantai Jungwok Jogja.

Camping Di Tepi Pantai Jungwok.

Mungkin saja pantai ini enak buat pacaran, mungkin lho, soalnya agak sepi, Eh kenapa sih musti cari tempat sepi ya? Ngga usah dijawab deh. Lupain aja. Di nJungwok, Kamu bisa mendirikan tenda camping disini. Tentu bagi yang senang nge-camp, butuh tempat bermalam yang natural / alami, bukan tempat yang ramai dan banyak orang berjualan.

 

Pantai Jungwok Jogja

Membuat Api Unggun di Jungwok. Ig @asterani94

 

Pantai ini akan lebih enak dinikmati bagi kalian yang betul-betul mementingkan kenyamanan, keindahan, keasrian dan kealamiannya. Malam-malam sepi main gitar-gitaran bareng teman-teman, mengelilingi api unggun, membuat sesuatu dari kompor parafin, bernyanyi bareng dilatar belakangi suara deburan ombak, oh sungguh sangat menyenangkan. Belum lagi taburan bintang di malam hari saat langit cerah, Camping yang Sempurna!

 

Pantai Jungwok Jogja

Kongkow + Api Unggun. Ig @rony_araaid

Harga Sewa Tenda Camping.

Nggak punya tenda camping? Jangan khawatir. Kamu dapat menyewa tenda doom yang bisa kamu dapatkan disana. Penyewaan tenda di pesisir pantai Gunungkidul kini sudah banyak yang menawarkan. Kamu bisa menyewa tenda di Pantai Timang, Siung, Nglambor atau Wediombo. Layanan sewa tenda ini harganya bervariasi dengan kisaran sekitar 20.000 hingga 150.000, tergantung besar kecilnya dan kualitas tenda.

Bersantai dengan Hammock.

Ada beberapa pohon di pinggir pantai yang bisa kamu pakai untuk aktifitas nyantai dengan hammock. Memandangi laut atau perbukitan sembari merebahkan badan, dapat sedikit membuat rilek pikiranmu. Meski tak menyelesaikan masalahmu, nyantai di hammock bisa mendapatkan inspirasi-inspirasi penting untuk hidupmu.

 

Hammock di pantai

Nyantai di Tepi pantai. ig @saifh176

Selfie di Pantai.

Ini adalah perbuatan yang wajib kamu lakukan disini. Karena pantai ini secara umum boleh dikatakan cantik, Kamu bisa berpose dimana saja kamu mau. Ada bangku buatan yang dibuat artistik untuk keperluan foto-foto. ada juga spot kursi dengan tulisan landmark Pantai Jungwok. Selain itu kamu bisa menggunakan latar perbukitan, bebatuan yang berada di pinggir pantai atau hamparan butiran pasir sebagai studio foto pribadimu.

 

Pantai Jungok

Cantiknya pantai Jungwok. ig @wahyuisty11

Jangan lupakan powerbank sebagai back-up ketika handphone-mu baterainya agak boros disebabkan oleh sinyal yang kerap berstatus blank atau searching. Memang, karena lokasinya cukup terpencil, Kamu tak perlu berharap banyak terhadap sinyal 4G dari operator. Kamu cukup berharap saja dari pasanganmu untuk selalu connected. Betul Nggak?

Eksplorasi Tepi Pantai.

Selain kegiatan diatas, kamu bisa melakukan aktifitas lain seperti observasi karang dan mandi air laut. Untuk bisa mandi di pantai ini, seperti yang telah disebutkan diatas bahwa ada pulau kecil yang akan melindungimu dari terjangan ombak ganas. Di lokasi yang aman dan diwaktu yang tepat, Kamu bisa bebas kungkum atau slulup di perairan dangkal yang jernih.

 

Kungkum di pantai

Kungkum di pantai jungwok. ig @pinkanratnas012

Namun demikian kamu harus berhati-hati terhadap bebatuan karang yang tajam dan juga kemungkinan munculnya binatang laut yang membahayakan seperti ubur-ubur. Jika hewan itu menyentuhmu, kamu bisa panas dingin dan meriang. So, kehati-hatian sangat diperlukan ketika kamu beraktifitas di alam bebas. Hal tersebut berlaku dimana saja, baik di laut atau dihutan.

Galeri dan Akses Ke Pantai Jungwok.

Silakan kunjungi Galeri Pantai Jungwok untuk koleksi foto instagram keindahan di pinggir pantai dan keseruan saat camping. Percayalah, situasi antara di dalam foto dengan aslinya jauh berbeda, tentu lebih indah aslinya. Berkemah disini merupakan aktifitas yang Kami jamin sangat menyenangkan.

Untuk mencapai lokasi Pantai Jungwok Jogja, Kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Meski demikian, jalur menuju bibir pantai Jungwok hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki, Jalannya agak offroad. Gak apa-apa, biar pergelangan kakimu sehat. Motor memang bisa sampai tepi pantai, namun jangan salahkan siapa-siapa andaikata ban-nya kempes. Tambal ban jauh Bro… Titipin aja motormu di penitipan.

Jika kamu sedang malas naik motor karena jaraknya ke pantai dari Jogja cukup jauh dan bakalan bikin  pantatmu pegel-pegel, mendingan kamu hubungi sewa mobil di Jogja yang drivernya paham jalan kesini dan ngerti teknis menyewa tenda.  Tour wisata pantai di Gunungkidul ini tidak akan membuatmu takut akan keangkerannya, melainkan takjub akan keindahannya. Di dekat Pantai Jungwok Jogja, ada pantai yang keren juga, namanya Pantai Wediombo dan Pantai Sedahan. Mampir Ya.

Peta Lokasi & Informasi di Pantai Jungwok Jogja.

Jenis LokasiPantai
WahanaPasir Putih, Camping, Hiking
FasilitasNatural
PenginapanTidak ada
Tarif Masuk5-10K
Tarif Sewa Tenda20-150K
Area ParkirMobil/Bus tak bisa masuk
Tarif Parkir
Jam bukaHampir 24 Jam, namun ada portal di kec. Jepitu
Jarak Tempuh+/- 2,5 jam
Buat BalitaNo
Peta Lokasi / Map-8.1980306,110.7102276

Beri Penilaianmu untuk Pantai Jungwok.

Review Overview
4.23
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

1 Response

  1. ibnu kurz berkata:

    pantai nya angker 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×