Kampung Flory, Wisata Keluarga Bali Ndeso

Wisata Kembali Ke Desa di Kampung Flory Sleman.

Kampung Flory Sleman sejatinya adalah sebuah tempat agrowisata yang memiliki berbagai fasilitas wisata yang komplet. Kenapa kami bilang agrowisata, karena yang menjadi andalan utama dari tempat ini pada awalnya adalah wisata agro. Seiring perkembangannya, kini Kampung Flory dilengkapi dengan wisata kuliner, wisata anak dan wisata selfie.

Berkunjung kesini selayaknya pulang kembali ke kampung halaman, dengan catatan kampung halamanmu benar-benar di desa, bukan didaerah rural perkotaan atau pesisir pantai. Suasana yang asri dan rimbun akan kamu dapatkan disini walaupun hawanya tidak begitu dingin. Letaknya tak jauh dari pusat kota Sleman namun tidak terlalu dekat dengan keriuhan jalan raya. Tepatnya terletak di Jugang Pangukan, Tridadi, Kabupaten  Sleman.

Fasilitas Kampung Flory.

Dalam bayangan penulis pada awalnya, Kampung Flory merupakan wisata bunga dimana kita bisa selfi-selfi di situ. Namun ternyata agak berbeda kenyataanya. Kampung Flory jauh lebih memukau dari pada yang kami bayangkan. Begitu memasuki tempatnya, hawa segar sudah melingkupi para tamu wisatawan yang datang. Nah, untuk memperjelas apa saja yang bisa kita nikmati di Kampung artifisial ini, yuk mari kita bahas satu persatu.

kampung flory

Suasana Kampung Flory. Foto Ig @lala_vacation

Wisata Suasana Pedesaan

Seperti yang kami bilang tadi, Jika kampung halaman anda berada di pedesaan, Maka memasuki Kampung Flory rasanya akan seperti pulang kampung. Namun demikian, Kamu-kamu yang punya kampung di kota juga boleh kok wisata dengan konsep kembali ke desa di Kampung Flory. Luasnya Kampung Flory mampu menampung banyak orang, tidak akan membuat para tamu berdesak-desakan. Tentu saja, suasana kampung seharusnya memang tidak berdesak-desakan, kecuali sedang pilihan lurah atau panen hasil bumi.

Rindangnya pepohonan di area Kampung Flory akan membuat segar perasaan dan helaan nafas-mu jika kamu adalah orang milenial yang hidup di lingkungan perkotaan. Bangunan yang ada juga mencerminkan suasana pedesaan, tentu tak ada bangunan minimalis modern seperti kos-kosanmu atau apartemenmu. Semua yang ada serba hijau, segar dan teduh.

ssuasana pedesaan

Kolam di tengah yang eksotik. Foto @chieq_mi

Di sini juga Sungai, Danau, Persawahan, Perkebunan dan tentunya, Taman bunga. Nah jika sudah selesai dengan eksplorasi kesemuanya itu, dilanjut dengan wisata kuliner ala pedesaan yang akan menggugah selera dan juga nostalgia.

Wisata Kuliner

Wisata tanpa makan ibarat mobil tanpa oli. Bakalan ngadat, meskipun bisa jalan. Nah, di Kampung Flory ini terdapat pilihan atau alternatif kuliner yang bisa kamu nikmati. Dan karena tempat ini cocok untuk keluarga, sebaiknya ajaklah seluruh anggota keluarga atau kolega datang kemari. Kalo kamu yang jomblo kesini sendirian, Kami takut kamu akan hilang ditelan duka yang teramat dalam.

Kuliner Bali Ndeso Kampung Flory

Spot kuliner yang satu ini akan menyajikan menu-menu “ala ndeso” bagi kamu yang jarang-jarang menikmati makanan pedesaan. Apalagi jika kamu adalah penghuni kota-kota metropolis yang akrab dengan makanan fastfood atau warung kaki lima jalanan. Kami yakin jika sajian yang terdapat disini akan membuatmu senang dan merasa seperti masuk ke dimensi lain.  Padahal sih cuman makan Sayur Lodeh, Oseng-oseng, Tempe garit, Telur dadar tapi jangan salah, Ketika kamu makan disini nuansanya sangat berbeda dengan asupan makanmu sehari-hari di warteg.

bali ndeso kampung flory

Menu tradisional di Bali Ndeso. Foto ig @khazanah_yogyakarta

Dan jangan lupa, Harganya sangat terjangkau bagi kantong siapapun. Untuk menu makanan yang disajikan harganya pada kisaran 10-50.000 aja, sedangkan untuk minuman berkisar pada harga 2000-6000 saja. Murah sekali bukan.

Gubuk Makan Iwak Kalen

Ada beberapa orang yang tidak terlalu suka ikan laut karena asin, Nah disinilah termpat yang cocok untuk kalian. Sajian bermacam-macam iwak kalen (ikan dari sungai) yang ada di spot kuliner ini akan membuatmu bahagia. Menunya sederhana saja, Ikan goreng atau bakar disertai pilihan sambal yang kamu inginkan. Namun, sensasinya akan jauh berbeda dengan kamu membeli di mall atau memancing sendiri kemudian memasaknya sendiri. Kami jamin soal itu, Lebih enak disini.

Kopi keceh

Bagi yang sudah terlanjur sarapan dari rumah atau terlanjur di traktir sebelum berangkat kemari. Tak apa, jangan berkecil hati. Ada tempat yang enak buat nongkrong sembari menikmati sajian Kopi dan menyapu pandangan ke seluruh areal sekitar. Tentu saja kopinya dijamin bukan model sachetan seperti di tempat-tempat wisata lain. Kopi yang disajikan disini merupakan kopi pilihan yang selayaknya dinikmati oleh pecinta kopi.

Puri Mataram Kampung Flory.

Belum pernah jadi Raja kan? Kalau belum, sama dengan kami. Namun untuk merasakan sensasi menjadi raja atau bangsawan, Kamu bisa melakukan hal mudah ini di Kampung Flory. Masuk ke spot kuliner yang satu ini dan mengambil makanan yang kamu mau. Makanan yang disajikan disini adalah makanan kerajaan yang biasa disajikan kepada Raja dan bangsawan di Keraton. Hmmm, pasti kamu akan penasaran, apa sih yang disajikan untuk para raja dan bangsawan.

Agar tidak menjadi mimpi saja, datanglah kemari, jangan lupa ajak keluargamu semua. Namun untuk makan disini kamu harus melakan reservasi karena hanya disajikan secara buffet /prasmanan.

Pasar Ndelik

Jika kamu datang kesini saat hari minggu, Kamu akan beruntung bisa menjumpai pasar yang hanya buka di hari minggu ini. Pasar Ndelik adalah pasar yang menyajikan nuansa jadul dengan komoditi jajanan tradisional. Ada Dawet, Bubur, Jenang, Gorengan, dan berbagai macam jajanan pasar tradisional lainnya. Agar makin dekat dengan nuansa tradisional, saat memasuki pasar tersebut hendaklah memakai caping. Kalo perlu ganti pakaianmu dengan jarik dan kebaya. Tak perlu bersanggul, kelamaan.

 

Agrowisata Kampung Flory

Menurut kami, inilah yang menjadi core dari tempat ini selain kegiatan mengisi perut di spot kuliner diatas. Ada 3 area yang bisa anda jelajahi berkaitan dengan hal-hal yang berbau agro. Meskipun kamu bukan lulusan pertanian atau kehutanan, rasa-rasanya siapapun akan senang beraktifitas disini kecuali kamu seorang hacker yang gak pernah keluar kamar, ga pernah mandi dan nongkrong depan layar leptop tiap hari.

Taman Bunga

Ada sebuat tempat yang cukup luas dimana anda dapat melakukan salah satu kegiatan yang anda senangi, yaitu selfi selfi. Meskipun kami yakin sebelum memasuki area pun anda sudah selfi duluan, tapi yang bakalan menjadi pilihan terbaik untuk di-upload adalah foto yang anda ambil dengan latar belakang ribuan bunga yang berwarna-warni.

taman bunga sleman

Taman Bunga untuk Selfie. foto ig @riaumami66

Tempat ini memang khusus untuk budidaya bunga. Wanita dan bunga itu identik, jadi rasanya kalau kaum hawa melewatkan zona ini seperti tak ada gunanya mengunjungi Kampung Flory. Namanya juga Flory, pastilah Bunga yang akan jadi andalan dan penarik minat pengunjung. Jangan khawatir, bunganya sangat melimpah dan instagramable.

Petik Buah dan Belajar Bertani.

Di zona surga buah-buahan ini, Kamu dapat melakukan kegiatan seperti Petik Buah, Belajar bertani dan Melengkapi kebutuhan pertanian di rumah seperti Tanaman Buah dalam Pot. Kami yakin dari sekian banyak yang membaca artikel ini pasti ada yang memelihara tanaman di rumah. Entah itu tanaman hias ataupun tanaman produktif. Disini anda bisa bertemu dengan ahli pertanian untuk melakukan konsultasi atau bahkan bergabung dengan pelatihan kewirausahaan agribisnis.

kampung flory sleman

Petih Buah Bawa Pulang. Foto ig @rikaginting10

Outbond dan Wisata Ramah Anak.

Jangan gusar ketika anakmu ingin ikut berwisata ke Kampung Flory, Dijamin mereka nggak akan rewel atau merengek pulang setelah makan. Disini terdapat beberapa fasilitas yang akan membuat mereka bahagia. Ada Kolam Ketangkasan untuk Outbond dan Taman Bermain yang disediakan oleh pengelola Kampung Flory sebagai sarana aktifitas untuk anak-anak.

Anak-anak bisa beraktifitas fisik untuk menyeberangi jembatan diatas kolam, Flying fox, atau diajarkan menanam pohon. Kegiatan memilih dan memetik buah yang mereka inginkan pasti akan memberikan pengalaman tersendiri buat mereka. Anak-anak juga bisa berkesempatan untuk mencoba beberapa permainan tempo doeloe seperti Egrang, Hulahop, Dakon agar tidak melulu menonton yutub atau bermain FF.

wisata anak

Arena Outbond anak-anak. foto ig @iswindarti21

Selain itu, Pengelola juga menyediakan lahan untuk interaksi anak-anak dengan hewan seperti Kambing dan Kelinci. Juga ada persewaan kuda buat yang ingin menaiki kuda berkeliling Puri Mataram. Jangan kuatir, anak-anakmu akan aman didampingi kok, tidak mungkin akan dibiarkan sendiri mengendali kuda supaya baik jalannya.

Kolam Ikan, Tangkap, Terapi dan Embung Mesem.

Untuk melengkapi fasilitas interaktif di Kampung Flory, Pengelola meyediakan sarana Kolam ikan yang bisa dipancing dan untuk penangkapan. Tentu area kolam tangkap untuk anak-anak kecil. Sedangkan kolam terapi adalah kolam berisi ikan yang mampu melakukan terapi untuk kaki mu yang punya penyakit gatal. Namun andaikata kakimu tidak sakit pun bisa dicoba untuk merasakan sensasi digigiti beberapa ikan tersebut. Karena tentu bukan soal gatal atau bukan, melainkan sebagai metode terapi syaraf di kaki yang dipercaya bisa meningkatkan kesehatan. Ikan-ikan tersebut sebenarnya menstimulasi syaraf-syaraf yang ada di kakimu.

Embung Mesem adalah semacam kolam terbesar di lingkungan Kampung Flory yang bisa digunakan untuk bersantai-santai dengan Becak Air atau Perahu Bebek. Jangan lupa saat ingin menaiki “bebek” ini, ajaklah suami atau kakak laki-laki yang punya tenaga untuk menggenjotnya. Kami khawatir jika kamu adalah seorang gadis yang memaksa menggenjot becak air ini, kakimu akan membesar setelah pulang.

Air kolam Embung ini berasal dari sebuah sungai bernama Kali Bedog. Kalau pernah mendengar Festival Bedog berarti citarasa seni anda cukup tinggi. Yang menarik adalah aliran Sungai ini melewati lokasi tempat wisata ini, Sehingga anda bisa ciblon / nyemplung di sungai yang berbatu dan tidak terlalu dalam (aman bagi anak-anak)

kali mbedog

Aliran Sungai Mbedog. Foto ig @marliaasriyani

Nginep di sini

Buat kamu-kamu yang bosan nginep di hotel karena sudah keseringan. Cobalah untuk nginap disini dengan merasakan suasana pedesaan yang sepi dan berhawa segar. Ada fasilitas Homestay yang disediakan pengelola dengan harga yang relatif terjangkau. Bila hendak reservasi, Kamu bisa menghubungi nomor ini : 081390126446.

Untuk pilihan homestay ada dua jenis, Homestay milik pengelola atau homestay bergabung dengan rumah warga. Wow, Kamu bisa merasakan hidup di kampung pedesaan dengan segala keterbatasannya.

Akses ke Kampung Flory Jogja.

Menurut kami, Sangat mudah untuk mencapai lokasinya meskipun tanpa bantuan map atau koordinat google. Anda tinggal menuju pusat pemerintahan Kabupaten Sleman, Disitu akan ada petunjuk yang akan menuntun anda ke lokasi. Jika anda pecinta sepeda, jarak tempuh dari pusat kota Jogja tidak terlampau jauh dan jalan menuju kesana tidak terlalu berat.

Bagi penunggang motor dan pemilik mobil pun juga tidak akan kesusahan jika hendak menuju ke lokasi. Termasuk jika kamu bersama rombongan menggunakan bus besar. Lokasi Kampung Flory cukup untuk menampung 4 bis besar dan puluhan mobil.

Jika anda bukan pecinta angkutan pribadi dan penyuka angkutan umum, Jalan tercepat menuju kesana adalah dengan menggunakan taksi online. Karena menurut kami, tidak ada jalur transjogja ke arah Kampung Flory. Anda tidak perlu menyewa mobil untuk berwisata kesana, Terlalu buang-buang uang. Namun apabila anda ngeyel, Ya nggak apa-apa, Jangan kuatir, pulangnya bisa minta anterin ke tempat lain atau oleh-oleh.

Galeri, Tiket Masuk dan Informasi pelengkap di Kampung Flory Sleman.

Untuk melihat dan menggambarkan kira-kira seperti apa sih kesenangan yang bakalan kamu dapati di sana, Kamu bisa melihat-lihat Galeri ini. Siapa tahu setelah melihat galeri, lantas punya gambaran kira-kira berapa banyak peserta yang akan kamu ajak kesini. Ingat Kampung Flory itu besar, Luasnya 4.5 hektar.

Untuk masuk ke Kampung Flory, tidak dipungut biaya sepeserpun jadi bukan murah lagi kan, tapi meriah. Untuk buah yang dipetik dan ikan yang ditangkap tentu dibebankan biaya tergantung dari berat atau ukuran dari masing-masing.

Kampung Flory Sleman juga memiliki tempat gathering yang cukup besar berbentuk bangunan Limasan. Area ini cukup untuk menampung 250-an orang dalam sekali pertemuan. Mungkin kamu-kamu yang punya klub atau komunitas, Tempat ini bisa menjadi sebuah alternatif site gathering yang menyenangkan.

 

Jenis Lokasi Agrowisata
Wahana Restoran, Petik Buah, Selfi, Outbond, Berkuda
Fasilitas Toilet, Playground, Outbond, Buffet, Kafe, Resto
Penginapan Ada Homestay
Tiket Masuk Taman Selfi 15.000
Harga Sewa kuda 10.000
Area Parkir Sepeda, Motor, Mobil dan Bus bisa semuanya.
Tarif Parkir 3.000-50.000
Jam buka 10:00-17:00
Jarak Tempuh +/- 20 Menit
Buat Balita Fair
Peta Lokasi / Map -7.7726697,110.4494351

Info Tambahan

Kampung wisata ini terletak di dekat ibukota pemerintahan Kabupaten Sleman. Jika seharian di tempat tersebut dirasa kurang, Kamu bisa mengunjungi tempat wisata lain seperti Sindu Edu Park, Monumen Jogja Kembali, Malioboro atau naik keatas mengunjungi Gunung Merapi untuk mengikuti Lava Tour atau melihat dan mempelajari budaya kerajaan Mataram di Museum Ullen Sentalu. Memang tidak banyak tempat wisata yang searah dengan Kampung Flory, Namun demikian karena letaknya tak begitu jauh dari Kota Jogja, Anda masih bisa mengunjungi tempat-tempat wisata lain baik di Bantul atau pun Gunungkidul. Selamat berwisata!

Review Overview
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan
SUMMARY
4.5

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *