Kopi Galia Petung Merapi

Kopi Galia Merapi adalah sebuah tempat ngopi eksotis yang letaknya di lereng gunung. Tentu saja gunung tersebut adalah Merapi yang terkenal akan keaktifannya. Posisinya sangat dekat dengan puncak merapi. Letaknya di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan. Pengen tau kenapa ngopi disini sangat asyik?

Kenapa harus ngopi di Kopi Galia Merapi.

  1. Kopi itu panas tentunya cocok dengan hawa yang dingin. Di lereng merapi kamu akan menemukan kekontrasan tersebut. Hawa yang dingin menusuk badan, akan sedikit terobati dengan seduhan kopi yang panas.
  2. Pemandangan alam nan asri di sekitarnya, akan membuat sejuk mata memandang. Kamu yang setiap hari hanya berkutat dengan pekerjaan atau kesibukan yang mengharuskan menatap aspal atau gedung-gedung, kali ini akan dimanjakan dengan landscape yang indah, hijaunya pepohonan dan dedaunan serta udara yang sejuk dan segar.
  3. Kopi yang disajikan di sini merupakan kopi asli yang tumbuh di daerah lereng gunung, bukan kopi yang diimpor dari wilayah lain. Jadi kamu  akan menemukan suasana menikmati lereng merapi yang dikombinasikan dengan kopi asli yang tumbuh di wilayah ini.
  4. Kamu kedinginan? Jangan khawatir, Tempat ini memberikan fasilitas tungku untuk menghangatkan badanmu. Meskipun tempat ini enak buat berduaan, tetapi kehangatan saat kalian berdua itu tidak cukup. Butuh tungku dengan api membara untuk mengatasi dinginnya suhu di tempat ini.
  5. Tempat ini terletak dekat dengan obyek-obyek wisata yang menarik seperti Lost World Castle, Taman Kaliurang, Tlogo Putri, Kampung Mbah Marijan, Bunker Kaliadem, Bukit Klangon dan Kamu bisa mengikutkan Kopi Galia Merapi sebagai destinasi yang dikunjungi saat menggunakan trip Jeep Lava Tour merapi.
kopi galia merapi

Suasana cerah siang hari. Foto @adventurose

Suasana Kedai Kopi di Lereng Gunung.

Karena letaknya di desa yang hampir merupakan desa terakhir di lereng Merapi, tentu hawa yang dingin akan selalu menyertaimu. Apalagi jika kamu kesini malam hari. Namun dingin yang menerpa akan sirna dengan sendirinya ketika kamu mulai menyeruput kopi dan menelan makanan-makanan yang disajikan.

ngopi cantik

Ngopi-ngopi cantik. ig @kopigalia_merapi

Buat yang sedang pacaran, tempat ini juga cocok untuk membahas masa depan, mulai dari pre-wedding hingga mau utang ke bank mana untuk membiayai pernikahan. Bagi yang sedang sendirian atau habis putus, duduk di dekat tungku sambil memanaskan badan mungkin akan sedikit mengendurkan syaraf  patah hati.

Saat siang hari kamu akan mendengar deru jeep adventure merapi yang meraung-raung. Biasanya disertai teriakan-teriakan penumpangnya yang takut tapi bahagia. Bahagia karena bisa menikmati piknik bersama teman atau kolega/keluarga. Di sini tempatnya tidak berdebu meskipun biasanya di lereng merapi identik dengan debu vulkanik. Kamu disini bisa menikmati udara segar dengan sempurna.

kopi galia

Mampir di Kopi Galia setelah Lava Tour. Foto @kopigalia_merapi

Pada saat-saat tertentu, beberapa komunitas ngumpul disini ngadain acara. Entah acara temu kangen ataupun sekedar arisan yang sudah tertunda beberapa kali. Kalau kamu beruntung, kamu bisa nongkrong disini sambil menikmati alunan musik akustik yang dipersembahkan oleh musisi lokal jogja dengan penyanyi yang tak kalah hebatnya dari artis ibukota.

Udah laper? yuk bahas makanannya. Meskipun makanan yang ditawarkan bukan makanan kelas atas, hidangan sederhana yang disajikan pasti akan membuatmu puas dan kenyang. Menu makanan yang ditawarkan memang terbatas / tidak terlalu banyak, karena yang difokuskan di tempat ini adalah Ngopi :

Harga Menu Makanan dan Minuman di Kopi Galia Merapi.

  • Indomie Goreng/rebus : 10.000-an
  • Tempe Mendoan : 6.000-an
  • Singkong Goreng : 6.500-an
  • Pisang Goreng : 6.500-an
  • Pisang Bakar : 7.000-an
Menu Kopi Galia
  • Robusta : 7.000-an
  • Robusta Susu : 8.000-an
  • Arabica : 8.000-an
  • Arabika Susu : 9.000-an
  • Wine Robusta : 10.000-an
  • Teh Poci : 10.000-an
  • Wedang Jahe  : 5.000-an
  • Jeruk : 5000-an

Harga ini didapat pada bulan Januari 2020.

Wine Robusta

Yang unik dari paparan menu diatas adalah adanya menu Wine Robusta, Hasil gilingan kopi asli lereng gunung merapi dengan citarasa yang unik. Penulis pernah mencobanya yang pada awalnya berfikir jangan-jangan ada winenya. Ternyata penamaan Wine Robusta itu karena baunya yang harum mendekati bau wine. Kalo rasanya sih hampir sama dengan kopi robusta biasa, cuman tetep ada perbedaan yang susah dijelaskan, kamu harus nyobain sendiri. Minum kopi ini serasa minum wine, karena saat kamu hendak meminumnya, tebaran baru wine sangat terasa di hidungmu. Cobalah… cobalah!

kopi galia

Mendoan + Wine Robusta Kopi. Foto @travelistojogja

Akses ke Lokasi.

Menggunakan Sepeda.

Butuh effort lebih untuk bisa sampai ke Kopi Galia. Letaknya benar-benar hampir mendekati puncak gunung merapi. Jika kamu memakai sepeda, Kamu harus punya fisik yang memadai karena jalan menuju ke daerah Kepuhharjo itu menanjak dan berkelok. Kontur jalan saat mendekati lokasi juga tidak terlalu mulus seperti kaki jenjang member grup vokal Blackpink.

Banyak komunitas sepeda yang menggunakan Kopi Galia sebagai destinasi bersepeda. Saat ingin menuju kesana dengan gowes, Sepedamu pun harus dalam keadaan prima. Kecuali kamu punya mobil dobel cabin atau pick up (buat ngangkut sepeda pas pulangnya).

Motor atau Mobil Pribadi.

Menggunakan mobil atau kendaraan roda dua pribadi untuk menuju ke Kopi Galia Merapi adalah ide yang paling aman. Kamu nggak perlu mengkhawatirkan dengkulmu lepas atau pedalmu copot di tengah jalan. Asal bensin penuh, kamu bisa sampai kesana dengan nyaman.Apalagi jika kamu menggunakan motor trail atau mobil dengan ground clearance yang tinggi. Tapi ada satu catatan, Meski menggunakan mobil tergolong nyaman, Kalian-kalian anak gaul yang punya mobil ceper dengan jarak ban ke fender hanya satu jari, tidak disarankan nekat kemari. Takutnya knalpotmu akan lepas di tengah jalan atau bemper-mu lepas nyempung jurang.

komunitas motor. ig @kopigalia_merapi

komunitas motor ngumpul

Seringkali komunitas motor ngumpul disini untuk sekedar ngopi-ngopi dan menikmati pemandangan, Kopdar istilahnya. Apakah klub motormu udah pernah ngadain kopdar disini? Kalau belum, segerakan dan agendakan! Jangan cuma kopdar di pinggir jalan sambil diem-diem nyeruput minuman keras ya. Itu tidak baik, Lebih baik kesini ngopi susu, siapa tau cocok susunya.

Angkutan Umum atau Online.

Tidak ada angkutan umum menuju kemari baik berupa angkot, transjogja atau bis tuyul. Jika kamu anak punk sekalipun, tak ada truk bak kosong yang mau mengangkutmu keatas. Sementara jika kamu menggunakan taksi online, biasanya mereka akan dengan suka cita mengantarmu kesini dengan catatan kamu harus booking dia untuk kepulanganmu. Karena disini jarang taksi online nongkrong nunggu penumpang. Bukan karena drivernya takut membeku kedinginan, tetapi lebih karena coverage sinyal di tepi gunung kurang terlalu bagus. Tapi ya nggak usah kesini lantas bawa tower GSM.

Agen Wisata.

Ide yang paling bagus tentu menggunakan biro / agen wisata. Disamping harganya lebih murah, Kamu bisa menggunakan cara sewa mobil seharian untuk mengeksplorasi obyek-obyek wisata lain di sekitar Gunung merapi. Kamu bisa sekalian adventure dengan Jeep merapi dengan mengunjungi banyak tempat seperti Bunker Kaliadem, Stone Henge, Museum Sisa Hartaku, Menyusuri sisa sisa letusan Merapi 2010 dan Offroad Di Kalikuning. Kamu bakalan dijemput dari hotel tempatmu menginap dan dipulangkan dengan aman sentosa.

Galeri dan Informasi Pendukung di Warung Kopi Galia Merapi Jogja.

Berikut beberapa simpanan gambar untuk memberi pandangan kepada kamu-kamu yang belum pernah datang kemari. Semoga bisa menghasutmu untuk datang dan ngopi kemari. Perlihatkan Galeri Kopi Galia ini kepada teman atau pujaanmu, supaya mereka mau diajak bareng-bareng kesini.

Jenis Lokasi Warung Kopi dan Makanan
Wahana Ngopi di Lereng Gunung
Fasilitas Toilet, Mushola, Pemandangan, Hawa Dingin
Penginapan Banyak
Menu Makanan Disebutkan diatas
Menu Minuman Disebutkan diatas
Area Parkir Motor dan Mobil OK.
Tarif Parkir
Jam buka 09:00-24:00
Jarak Tempuh +/- 50 Menit
Buat Balita Fair
Peta Lokasi / Map -7.6025894,110.4488172

Pantangan di Warung Kopi.

Ada beberapa hal yang musti dipahami ketika kamu datang kesini. Warung kopi ini adalah tempat yang nyaman untuk wisata, jadi kamu harus  paham dan harus memperhatikan hal-hal seperti berikut :

  1. Membuang sampah sembarangan.
  2. Datang dalam kondisi sakit / meriang atau tak tahan hawa dingin.
  3. Berbuat Mesum / Pacaran kelewat batas.
  4. Sok-sokan bayar pake Kartu kredit.
  5. Nekat datang saat Merapi berstatus AWAS.

Beri Komentarmu mengenai Kopi Galia.

Review Overview
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan
SUMMARY

Kopi Galia Merapi adalah sebuah tempat ngopi eksotis yang letaknya di lereng gunung merapi. Letaknya di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan.

4.1

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *