Jogja Airport Resto : Kuliner di Kabin Pesawat

Share

Jogja Airport Resto : Kuliner di Kabin Pesawat

Jogja Airport Resto (JAR) adalah sebuah Restoran di daerah Purwomartani Kalasan Sleman dengan konsep nuansa aviasi yang sangat kental. Segala aktifitas makan disitu hampir mirip sensasi-nya seperti ketika menaiki pesawat terbang beneran. Resto berbasis pesawat Boeing ini juga memiliki kelengkapan layaknya bandara. Buat yang belum pernah kesini, kamu harus mencobanya, meskipun sekedar nongkrong dan selfie-selfie belaka.

Restoran ini menawarkan hidangan lokal dan juga internasional. Ada yang model paket dan juga ala carte, meski demikian kamu tidak wajib makan disini. Cuma datang pesan kopi pun boleh-boleh saja.

Suasana Exterior Jogja Airport Resto

Ketika tiba disana, kamu akan melihat dua buah pesawat lengkap dengan Boarding Room / Lounge, Lorong atau yang sering disebut Belalai / Gardabarata menjulur ke masing-masing pesawat. Gardabarata tersebut berbentuk transparan dan merupakan area registrasi pengunjung. Pengunjung diharuskan check-in terlebih dahulu untuk memesan tempat duduk.

Saat mau memesan, pengunjung harus check-in seperti layaknya ketika hendak menaiki pesawat. Barang bawaan pengunjung pun harus melewati pindaian Sinar X. Untuk masuk ke Kabin Airport Resto, Kamu akan diperiksa oleh “Sekuriti bandara”. Setelah mendapatkan “Boarding Pass“, pengunjung bisa masuk dari Lounge menuju kabin pesawat sembari menunggu pesanan dihidangkan.

Suasana Interior Jogja Airport Resto.

Setelah mendapat Boarding Pass, pengunjung akan duduk di kursi pesawat sesuai nomor pesanan. Karena wujudnya pesawat betulan, maka peralatan untuk menghidangkan makanan pun beberapa ada yang mirip bentuknya seperti ketika kita makan di pesawat. Tentu pengunjung tidak perlu memakai safety belt atau mencari dimana letak oksigen emergency.

Tapi yang jelas yang mengantarkan makanan pun sudah pasti adalah Pramugari, meskipun wanna be. Namun demikian, Karena pengelolaan restoran ini juga bekerjasama dengan sebuah sekolah penerbangan bernama Jogjaflight, sangat mungkin sekali pekerjaan Pramugari Restoran atau Cabin Crew  ini merupakan sarana pelatihan bagi peserta didiknya.

 

Kabin Resto Pesawat

Berpose bersama Pilot. ig @rikaebok

Hanya memang pada saat-saat tertentu (tidak setiap waktu), utamanya pada pukul 11.00 dan pukul 13.00 adalah jadwal Boarding. Boarding disini adalah proses penumpang / pengunjung memasuki kabin kemudian Cabin Crew akan memberikan petunjuk-petunjuk keselamatan diikuti suara pesawat saat engine on. Setelah proses ini selesai, pesananmu dalam beberapa menit akan tiba. Proses ini memberikan sensasi seperti saat menaiki pesawat, Asik kan?

Sedikit Tentang Airport Resto.

Menurut kabar, dahulu bangunan ini hanya merupakan sarana pendidikan para pramugari dan awak pesawat saat mereka mendapatkan pendidikan. Namun entah darimana muncul ide untuk mengkomersialkan hal ini. Restoran ini relatif baru karena baru di-launching pada tahun 2018. Dengan menempati lahan kurang lebih 2 hektar, Resto ini kini cukup mendapat animo masyarakat karena keunikan konsepnya. Maka itu tadi, buat siapa yang belum pernah kemari, bulatkan tekad untuk datang dan menikmati nikmatnya suasana dan sajian yang ditawarkan.

Fasilitas dan Kelengkapan di Jogja Airport Resto

Jogja Airport Resto yang berbentuk pesawat betulan ini mempunyai beberapa fasilitas seperti pada yang asli secara umum. Ada Lounge, Check-in Counter, Cabin Crew, Kabin Pesawat itu sendiri dan juga Kokpit.

Area Lounge.

Ruangan ini bukan diperuntukan untuk kamu yang nggak kebagian kursi di dalam pesawat, namun memang dibuat seperti Lounge beneran. Jika kamu (seperti kami yang) belum pernah masuk Lounge Executive di Bandara yang kalo parkir aja kita musti mikir bayarnya, Kamu bisa merasakan sensasinya disini. Pesan kopi satu cup saja, lantas ngobrol yang lama pake banget. Dengan begitu kamu bisa mirip bos-bos yang nongkrong di Lounge Executive Bandara.

 

Lounge Jogja Airport Resto

Lounge Jogja Airport Resto. ig @jogjaairportresto

Area ini bisa juga untuk ruang tunggu sesaat sebelum memasuki kabin. Sementara, Di bagian lantai dasar Lounge ini bisa kamu gunakan untuk foto-foto dengan beberapa properti retro. Sepengetahuan kami ada beberapa unit motor dan mobil klasik yang dipajang untuk menghiasi ambiance ruangan. Untuk keperluan acara tertentu, bisa jadi mobil atau motor itu ditempatkan di area outdoor.

Check-in Counter.

Hampir sama seperti di Bandara, Check in counter adalah sarana untuk reservasi meja di restoran ini. Setelah memesan menu dan memastikan tempat duduk, Kamu akan meninggalkan lokasi ini dan menuju dalam pesawat. Bedanya dengan yang beneran adalah, ketika kamu pulang dari resto ini nggak ada yang bakalan nawarin kamu, taksi…taksi…taksi.

 

Check in Counter

Check In dulu. ig @icalrizalia

Kabin Pesawat.

Ruangan ini bukan buatan atau artificial, melainkan betulan kabin pesawat-terbang. Hanya perbedaannya adalah struktur kursinya yang dibuat berhadap-hadapan dan adanya meja untuk makan. Karena jika bentuknya seperti pesawat beneran dan tidak di modifikasi, maka kamu akan kesusahan saat makan. Jogja Airport Resto memiliki 2 jenis kabin yaitu Kelas Bisnis dan Kelas Ekonomi. Bedanya tentu di harga paket yang ditawarkan dan juga jumlah kursi.

 

Kabin Pesawat Jogja Airport Resto

Kabin Jogja Airport Resto. ig @travelistojogja

Area Kokpit.

Nah, bagi kamu yang membawa anak kecil kemari, Kamu bisa menyempatkan diri untuk masuk kedalam kokpit dan memberi kesempatan kepada anak-anak untuk dapat bergaya dan merasakan berada di aera kokpit beneran. Jangan lupa sertai doa agar kelak mereka bisa menjadi Pilot. Atau misalnya jika kamu juga pengen bergaya disitu sambil selfie dengan pilot kesayangan yang ngajakin kamu dinner disini, itu juga tidak diharamkan. yang nggak boleh itu adalah selfie dengan Pilot saat pesawat sedang di udara.

 

Kokpit Jogja Airport Resto

Calon Pilot dan Kopilot. ig @travelistojogja

Kokpit ini mengingatkan kita akan permainan Flight Simulator di PC atau Flight Experience di Singapura bagi yang udah pernah. Rangkaian utility asli di dalam kokpit merupakan bawaan dari Pesawat Boeing 737-200, pesawat yang banyak dipakai oleh Maskapai seperti Lion Air, Sriwijaya Air, Batik Air dll. Namun ini tentu bukan jenis Boeing 737-200 Max 8 yang dilarang di berbagai negara beberapa waktu lalu karena pernah menyebabkan kecelakaan.

Area Outdoor.

Jika kamu bosan dengan suasana indoor, kamu sedikit melangkahkan kaki ke area outdoor dimana tempat itu cukup luas untuk sekedar bermain bola voli. Area outdoor ditata sedemikian rupa menyerupai playground agar anak-anak juga bisa menikmati bermain di luar. Tampilan bodi pesawat pun diberi sentuhan gambar karakter kartun seperti Despicable Me, Captain America dan sebuah karakter hero yang menurut kami mirip Gatotkaca.

 

Jogja Airport Resto

Area Outdoor. Ig @pratiwisun_

Di tempat inilah kemampuan foto selfie-mu diuji. Bisakah kamu membuat story instagram atau postingan media sosial lain yang menceritakan tentang kebahagianmu berada disini. Karena banyak spot outdoor yang cukup instagramable yang bisa membuat linimasa-mu bergejolak.

Menu Makanan di Jogja Airport Resto

Khusus di area outdoor dan Lounge, Kamu bisa memesan makanan secara ala carte, berbeda dengan di area kabin yang menggunakan model paket. Paketannya apa saja?

  • Menu & Harga Paket di Kabin Jogja Airport Resto

  1. Ndeso.
  2. Mblumbang
  3. Mbokne
  4. Kampung
  5. Paket Milenial

Menu ini hanya bisa dipesan di kabin, tidak bisa dipesan di Lounge atau Outdoor. Harga per-paketnya adalah 160.000 (2019) untuk 4 orang. Ada pilihan tema sajian yang ditawarkan yaitu lokal dan western.

 

Menu Ndeso JAR

Paket Menu Ndeso, Salah satu menu andalan. ig @jogjaairportresto

  • Menu Ala carte di Lounge dan Outdoor Jogja Airport Resto

Sebaliknya, menu ini hanya ada di Lounge dan Outdoor, tidak bisa dipesan untuk reservasi didalam kabin. Pilihan menu ala carte ini mempunyai bermacam-macam pilihan dan kadang berganti-ganti (tidak monoton). Beberapa contohnya :

  • Nasi Goreng
  • Bakmi Goreng
  • Sop Buntut
  • Western Food (Spaghetti, Sosis, Kentang Goreng, Chicken Nugget, dll)
  • Aneka Seafood (Udang, Gurame, Kepiting, dll)
  • Aneka Sayuran
  • Kudapan (Tempe Goreng, Risoles, Mendoan, dll)

Akses Ke Airport Resto

Karena restoran ini masih berbau Bandara, letaknya pun tak terlalu jauh dari bandara atau dari kota. Hanya butuh 10-15 menit perjalanan dari Adi Sutjipto International Airport untuk sampai disini. Jalannya relatif mulus meski di dekat selokan agak sedikit sempit. Kamu bisa memakai transportasi pribadi, tranportasi online atau jasa rental mobil berikut driver untuk kulineran disini.

Bertempat di Kadirojo, Kalasan, Sleman. Resto ini terletak di sebelah selatannya Selokan Mataram dan sebelah utaranya Universitas Kristen Immanuel. Bagi kamu-kamu yang pernah ikut ujian masuk PNS Depkeu atau STAN, Restoran ini deket sama Balai Diklat Keuangan.

Galeri & Informasi lain di Jogja Airport Resto

Untuk melihat lebih serunya momentum-momentum yang terjadi disini, kamu musti buka Galeri Jogja Airport Resto, supaya kamu makin pengen datang kesini. Kamu dah pernah naik pesawat kan? Kalo belum, Dengan datang kesini, bisa jadi pelatihan agar kamu ntar gak kaget saat naik pesawat beneran. Soalnya saat naik pesawat betulan, kamu nggak boleh masuk kokpit.

Jenis LokasiRestoran
WahanaRestoran Beruansa Bandara,
FasilitasToilet, Lounge, Check-in Counter, X-Ray, Boarding Pass, Playground
PenginapanBanyak disekitar sini
Harga Spot Foto Kabin / Kokpit20.000
Harga Sewa Baju Pilot20.000
Area ParkirMotor dan Mobil OK.
Tarif Parkir
Jam buka10:00-22:00
Jarak Tempuh+/- 20 Menit
Buat BalitaFair
Peta Lokasi / Map-7.7726697,110.4494351

Info Tambahan :

Kamu dari mana asalnya? Kalo dari dalam kota, tinggal berangkat, makan trus pulang. Tapi apabila kamu dari luar kota, kamu bisa mampir ke obyek wisata dekat-dekat sini seperti Candi Sambisari, Prambanan, Keraton Ratuboko, Tebing Breksi, Candi Ijo dan masih banyak lagi. Seandainya kamu seorang penggemar hal-hal yang berbau aviation, Kamu bisa lanjut ke Museum Dirgantara Mandala. Disana kamu bisa observasi beberapa pesawat beneran termasuk pesawat tempur pada jaman kemerdekaan.

Beri Penilaianmu mengenai Jogja Airport Resto

Review Overview
4.27
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×