Teras Kaca Pantai Nguluran Jogja

Share

Teras Kaca Pantai Nguluran Jogja

Teras Kaca Pantai Nguluran adalah wahana wisata yang terdapat pada pinggir sebuah pantai di Gunungkidul yang bernama Pantai Nguluran. Letaknya di gugusan pantai selatandaerah istimewa Yogyakarta. Beberapa saat lalu hingga sekarang, spot wisata yang ada disana cukup viral di media sosial sehingga banyak yang penasaran berkunjung kesana.

 

teras kaca

Lanskap Nguluran. Foto ig @chills_afz

Pada awalnya para wisatawan agak rancu apakah teras kaca itu terletak di Nguluran atau Gesing. Kedua pantai ini berdampingan dan jaraknya cukup dekat. Kurang lebih 500 meter. Jadi kamu mau ke Nggesing atau ke Nguluran, sama aja. Kamu bisa mengunjungi keduanya dalam waktu yang bersamaan.

Sejarah Wisata Teras Kaca Pantai Nguluran

Dahulu, pantai ini merupakan pantai pribadi milik seseorang warga di sekitar lokasi. Awalnya Teras kaca dibangun untuk kepentingan pribadi, namun kreasi tersebut ternyata memancing orang untuk berfoto di lokasi. Lama kelamaan banyak orang berfoto disitu. Hingga pada suatu saat sempat direhab untuk dibuat lebih kuat dan dikomersilkan pada pengunjung yang hendak bergaya di atas teras kaca tersebut.

Sampai pada suatu masa dimana akhirnya lokasi tersebut viral dan menjadi tempat wisata yang bisa menarik pendapatan dari pada konsumen dan menyumbang penerimaan kas desa dan pajak di kabupaten Gunungkidul. Saat ini teras kaca pantai nguluran terbuka untuk umum, tapi ya itu tadi, meskipun kamu kepantai, kamu nggak bisa maenan air di tepi pantai

Ciri Khas Pantai Nguluran

Di sini, di pantai ini, jangan berfikir kamu bisa bermain air, keceh, slulup atau snorkeling. Pantai nya sangat terjal, bahkan ketinggian daratan ke permukaan air laut bisa mencapai 10-15 meter. Lantas ngapain ke pantai kalau nggak mainan air? Ada beberapa spot wisata di Pantai Nguluran yang bisa membuatmu tak perlu berbasah-basahan di pantai. Yuk kita kuliti satu persatu

1. Glass Boat.

Mungkin kamu sudah melihat beberapa orang di media sosial yang bergaya bak model diatas yacht putih di pinggir pantai. Ya itulah Glass boat atau perahu kaca. Sebuah spot foto di Pantai Nguluran yang cukup spektakuler dan bisa memancing ribuan like atau komen. Sepintas memang mirip perahu beneran dan hasil foto yang tercipta sangat mengesankan dan layak dikatai instagramable.

glas boat nguluran

Glass Boat Pantai Nguluran. Ig @travelistojogja

2. Teras Kaca.

Spot yang terletak disamping Glass Boat itu merupakan salah satu spot andalan di Pantai Nguluran. Meski untuk bisa berfoto diatas teras kaca, kamu mesti memberanikan diri dan mempersiapkan degup jantungmu. Bagi yang tak terbiasa dengan ketinggian, hal ini cukup menantang. Dari atas teras kaca kamu  bisa melihat kebawah dimana ombak yang keras menghantam bibir pantai. Namun bagi yang punya nyali, kadang berfoto disitu sambil tiarap atau bergaya tanpa rasa berdosa.

teras kaca pantai nguluran

Panco di teras kaca. ig @travelistojogja

3. Spot Foto Lainnya.

Di sana terdapat beberapa spot foto yang layak untuk di-upload dan dipamerkan di instagram seperti

  1. Becak Terbang.
  2. Kursi Raksasa.
  3. Spot selfie.
  4. Roda Bundar.
  5. Dan spot lain yang mungkin diperbarui atau diganti demi memanjakan wisatawan
pantai nguluran

Becak Terbang. Foto ig @rendy_handayanto

4. Ayunan

Mungkin hampir sama seperti di Kalibiru atau di Mangunan, disini juga terdapat ayunan yang apabila di abadikan, rasanya seperti bermain ayunan diatas samudera. Bermain ayunan ini juga membutuhkan adrenalin, karena kamu akan diayunkan kearah laut. Tapi jangan khawatir, kamu akan dilengkapi fasiltas keamanan agar, tidak terjatuh ke laut dan berubah menjadi ratu pantai selatan.

teras kaca pantai nguluran

Ayunan (Jogja Swing). Foto ig @zahraa_momm

5. Fly Gliding

Wahana ini semacam flying fox dengan teknik rapelling dimana kamu akan ditantang untuk menuruni bukit dengan tali. Cukup mendebarkan apabila melihat kondisi perbukitan di situ yang relatif curam. Ayo coba wahananya, jangan takut.

fly gliding nguluran

Fly Gliding. Foto ig @melaniadinacahyaningtyas

Harga Tiket Masuk di Pantai Nguluran

Kamu nggak perlu pusing mikirin tiket masuk ke Pantai ini, cukup dengan uang Rp. 5.000 kamu sudah bisa masuk dan mengeksplorasi pantai nguluran. Pengen lebih komplit prakiraan biayanya?

  • Teraskaca : 20.000
  • Glassboat : 10.000
  • Becak Terbang : 10.000
  • Kursi Raksasa : 10.000
  • Ayunan : Masih gratis hingga saat ini.
  • Kursi Raksasa : Juga Masih Gratis (Kalau ada update kami akan ubah)

Akses ke Pantai Nguluran.

Kalau dulu, akses ke pantai ini susah dan berliku. Namun sekarang, roda empat sudah bisa mencapai parkiran dekat lokasi. Kalau Bus besar memang agak susah karena jalannya relatif sempit. Pantai Nguluran ini juga letaknya agak berbeda dari Pantai-pantai yang sudah dikenal seperti Pantai Indrayanti, Kukup, Baron, Krakal, Drini, Nglambor, Timang atau Wediombo. Pantai ini berada di daerah baratnya pantai-pantai tersebut. Letaknya di Girikarto, Kecamatan Panggang. Kamu bisa dari arah Parangtritis atau dari arah Baron. Tinggal pilih mana yang paling dekat.

Jalannya relatif sudah cukup layak untuk roda empat meskipun agak sedikit meliuk-liuk. Pada saat musim kemarau, pemandangan akan terasa agak gersang namun apabila kamu pergi kesana saat musim penghujan, padanan warna perbukitan hijau dengan laut yang membiru akan membuat background foto yang fantastis.

Menikmati Pantai Nguluran.

Bila kamu ingin menikmati pantai ini, posisikan destinasi wisata ini sebagai yang pertama kali kamu kunjungi sebelum ke tempat lainnya. Dengan datang relatif pagi, kamu terhindar dari antrian spot foto. Untuk Foto saja mengantri? Iya memang, kamu harus ekstra sabar menanti giliran foto jika kedatanganmu ke pantai ini kesiangan atau kesorean. Saat kesempatan berfoto itu datang pun kamu tidak bisa berlama-lama sesuka hati. Kamu harus gantian dengan yang lain.

Siapkan baterai dan peralatan make up yang bisa membuatmu tampil maksimal saat pemotretan. Untuk tips lengkap saat berada di wisata pantai, kamu bisa kunjungi tautan ini : Tips Wisata Pantai di Jogja.

Galeri Teras Kaca Pantai Nguluran.

Berikut beberapa kumpulan foto dari instagram tentang keindahan pantai yang dirangkum dalam Galeri Pantai Nguluran

Informasi Pendukung di Pantai Nguluran Gunungkidul

Jenis LokasiPantai
WahanaPantai, Spot Foto, Ayunan
FasilitasToilet, Mushola, Parkir, Warung Makan,
Penginapan
Tarif Masuk5-10K
Tarif Spot FotoDijelaskan diatas
Area ParkirBiasa
Tarif Parkir2-5K Motor, 5-10K/mobil.
Jam bukaHampir 24 Jam
Jarak Tempuh+/- 1,5 jam
Buat BalitaFair

Peta Lokasi Pantai Nguluran :



Info Tambahan :

Teras Kaca Pantai Nguluran Jogja
5 (100%) 2 votes

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×