Bukit Klangon : Wisata Di Lereng Merapi

Share

Bukit Klangon Merapi : Wisata di Lereng Gunung

Bukit Klangon Merapi merupakan sebuah bukit dengan pemandangan gunung merapi yang anggun dari jarak yang sangat dekat. Disini kamu bisa melakukan banyak hal untuk mengisi liburanmu seperti Camping, Trekking, Sepedaan, Jeep Adventure  atau sekedar selfie berlatar belakang gunung. Tetapi hal yang paling menonjol di Bukit Klangon adalah : Disinilah tempatnya kamu bisa melihat dengan sejelas-jelasnya lekuk-lekuk tubuh Merapi dari gardu pandang yang terletak kurang lebih 4-5 Km dari puncak.

 

BUkit Klangon

Penampakan Gunung Merapi di Bukit-klangon. Foto ig @oeding.ding

Letaknya di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Dahulu orang menyebutnya Bukit Glagaharjo. Dari Lost World Castle (jika kamu udah pernah kesana) masih naik lagi. Pokoknya puncak merapi kayak tinggal selangkah aja.

5 Kegiatan yang Bisa dilakukan di Bukit Klangon Merapi.

1. Camping dan Menanti Sunrise.

Camping atau berkemah adalah kegiatan pindah tidur dari rumah ke suatu tempat yang diinginkan dengan menggunakan tenda. Dalam hal ini lokasi nya adalah Bukit Klangon. Apa istimewanya berkemah di Bukit ini? Jelas yang pertama adalah kamu akan merasakan sejuknya udara di lereng merapi. Kalo boleh diistilahkan bukan sejuk tapi dingin. Selain dingin, Kamu juga akan merasakan kesegaran dan keasrian alam sekitar. Meskipun dahulu pernah terkena dampak letusan, bukit ini udah menghijau kembali.

Kemudian, Kamu bisa menikmati sunrise dan kalau beruntung kamu bisa bertemu dengan kabut. Dengan hanya memasak mie dan membuat segelas kopi, Kamu bisa merasakan kenikmatan yang eksotis karena dikelilingi pemandangan yang tidak membosankan.

 

bukit klangon merapi

Nge-camp di bukit klangon. ig @octaviarahmawatii

2. Trekking di Bukit Sekitar Puncak Merapi.

Jika kamu semalam sudah berkemah di Bukit Klangon, Pagi hari adalah saat yang tepat untuk mengeksplorasi lereng merapi dengan berjalan-jalan kemanapun kamu mau. Asal gak terlalu jauh dan tau-tau sampe ke Klaten. Jalan-jalan di lereng merapi akan sangat menyehatkan, apalagi jika bergandengan tangan sama yayang. Tapi sendirian pun tak apa.

 

bukit klangon

trekking di bukit-klangon. ig @lik_pras

3. Sepedaan di Bukit Klangon.

Bagi pecinta gowes, Bukit Klangon adalah sebuah destinasi yang perlu didatangi. Untuk sampai ke sini dibutuhkan stamina dan tekat yang kuat. Seringkali terlihat para bapak-bapak yang nampaknya sudah usia mendekati paruh baya namun penuh semangat datang kesini dengan menggunakan sepeda. Keren sekali!

Disini juga terdapat sirkuit downhill bagi para pecinta Specialized. Namun tentu sirkuit itu dipakai hanya untuk kalender kegiatan lomba saja. Yang jelas jika pengen sepedaan kesini jangan pake sepeda Gazelle atau onthel. Soalnya kamu bakalan kerepotan.

 

sepedaan di merapi

Gowes ke merapi yuk. ig @kobodohan

4. Jeep Adventure di Bukit Klangon.

Banyak juga para wisatawan  datang kesini dengan menggunakan Jeep Lava Tur Merapi. Biasanya mereka yang sudah tahu lokasi ini akan meminta paket yang sekalian mampir kesini. Berfoto didepan atau diatas kap jeep Willys atau Hardtop akan menimbulkan kesan gahar, apalagi latar belakangnya adalah Gunung Merapi.

Jadi apabila tidak ingin repot atau ingin sekalian. Kamu bisa datang kesini dengan menggunakan Jeep Tur Merapi, sekaligus melihat-lihat pemandangan lereng merapi sambil bikin Vlog dari atas kap Jeep.

 

jeep adventure merapi

Jeep Adv Merapi. ig @renithasya

5. Selfie di Bukit Klangon

Inilah hal utama yang musti dilakukan apabila kamu sudah nyampe di Bukit Klangon. Udah nyampe disini gak foto-foto itu bagaikan memasak nggak pake garam. Hambar! Dengan latar belakang yang bisa dibilang sangat indah dan spektakuler, Kamu musti take foto dengan menaiki gardu pandang yang ada disana. Sebelum awan menutupi gunung, segerakanlah untuk ambil gambar. Dijamin timeline mu akan mendapatkan banyak like!

 

bukit klangon

Background gunung merapi yang keren beut. ig @ladyshila23

Harga Tiket Masuk ke Bukit Klangon Merapi.

Pengen tau harga tiketnya? Disini nggak ada entrance fee. Kamu cuma dipungut biaya parkir sebesar 2.000 untuk roda dua dan 5.000 untuk roda empat. Sedangkan untuk gardu pandangnya sampai saat ini belum ada tarifnya, hanya seikhlasnya saja. Murah sekali bukan?

Hal yang tak boleh dilakukan di sini.

Ada beberapa hal yang musti dipahami ketika kamu datang kesini. Bukit Klangon ini adalah tempat yang elok untuk wisata, jadi kamu harus ikut memelihara dengan tidak boleh melakukan hal-hal seperti

  1. Membuang sampah sembarangan
  2. Pipis sembarangan
  3. Ngebut
  4. Berbuat Mesum
  5. Datang saat Merapi berstatus AWAS.

Tips Wisata ke Bukit Klangon Kaliurang Sleman.

Karena letaknya di lereng gunung, maka kecenderungan hawanya akan dingin. Maka jika kamu hendak nge-camp disini, persiapkanlah baju yang hangat. Dan juga karena lokasinya perbukitan, pakailah sepatu / sendal gunung. Hak tinggi tidak akan cocok dengan ketinggian disini. Jangan lupa membawa masker penutup muka, karena bagaimanapun juga, masih ada sisa-sisa debu lava yang bisa mengakibatkan sesak napas bila kamu menghirupnya.

Untuk mendapatkan sunrise, udara segar dan juga pemandangan merapi yang jelas, Carilah waktu di pagi hari. Kalau kamu tidak suka camping, datanglah di pagi hari. Karena jika udah kesiangan, awan suka menutupi gunung merapi. Jika gunung sudah tertutup awan, maka sia-sialah niat untuk selfie disini. Jeep adventure Merapi bisa dibooking untuk melihat indahnya Sunrise di Merapi.

Akses Ke Bukit Klangon.

Jalan menuju ke bukit ini relatif bisa dilalui dengan kendaraan roda empat. Namun demikian, untuk bisa sampai kesana dengan kendaraan roda empat, dibutuhkan skill yang mumpuni dan kondisi mobil yang bagus. Tentu tidak cocok jika kamu datang kesini dengan menggunakan sedan ceper ber-velg ring 19 dan ban profil tipis. Dari pada mobil mu gasruk dan knalpotnya patah, mendingan kamu cari rental mobil yang mau nganter kesini atau nganter ke camp jeep wisata. Kamu tinggal naik jeep aja tak perlu repot-repot minta bantuan mobil derek.

Bagi pecinta sepeda atau yang suka naik motor, kamu bisa sampai kesini dengan mudah. Namun hati-hati, jalannya tidak mulus-mulus banget dan sempit. Pada waktu-waktu tertentu akan ada beberapa truk pasir lewat. Berhati-hati harus jadi poin utama ketika kamu belum paham jalan kesana.

Peta Lokasi & Informasi Pendukung lainnya di Bukit Klangon.

Agar kamu punya pandangan atau wawasan terhadap obyek wisata Bukit Klangon ini, bukalah Galeri Bukit Klangon untuk melihat beberapa foto para wisatawan yang pernah berkunjung kemari. Kami berharap kamu menyegerakan untuk main kemari sebelum Merapi berstatus awas.

Jenis LokasiGunung, Sungai Aliran Lava
WahanaJeep Tour, Motocross, Gardu Pandang, Camping Ground, Downhill Sirkuit
FasilitasToilet, Mushola, Warungkopi,
PenginapanHotel, Losmen, Homestay
Tarif Masuk
Area ParkirLuas
Tarif Parkir2-3K Motor, 5-6K Mobil. Bus tidak bisa kesini
Jam bukaHampir 24 Jam
Jarak Tempuh+/- 1 jam
Buat BalitaNo
Peta Lokasi / Map Bukit Klangon-7.5768966,110.4548266

Jika kamu udah selesai disini, kamu bisa mengunjungi World Landmark Merapi, Museum Ullen Sentalu atau Lostworld Castle. Namun apabila kamu membawa anak kecil, kasihlah kesempatan buat mereka untuk menikmati liburannya. Ajaklah ke Kiddo Waterpark yang masih satu arah di daerah degolan, Pakem. Disana mereka akan bersenang-senang dengan kolam yang airnya segar.

Di sekitar Bukit Klangon terdapat warung-warung kecil yang bisa menjadi pelipur lara ketika kamu kelaparan. Namun jika kamu ingin sedikit otentik, Kamu bisa turun ke arah Jogja lalu mampir ke Kopi Merapi untuk ngopi-ngopi. Jika sekalian ingin makan besar kamu bisa minta driver rental untuk mengantarmu ke Kopi Rolas atau Kopi Klothok.

Jika … lagi-lagi jika… Apabila kamu merasa makanan lokal kurang bisa memenuhi nafsu makanmu, mendingan kamu ke Cafe Chingu, disana ada masakan Korea dengan harga yang affordable.

Beri Penilaianmu terhadap Bukit Klangon 

Review Overview
4.03
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×