5 Keunggulan Pantai Baron Gunungkidul Yogyakarta

Share

Wisata ke Pantai Baron Gunungkidul Yogyakarta

Pantai Baron Gunungkidul Yogyakarta adalah sebuah pantai berpasir putih dengan berbagai tawaran aktifitas wisata dan kuliner. Bagi para milenial yang suka mantai, pantai ini terkesan biasa saja. Namun untuk segmen keluarga, pantai ini adalah destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Pengen tahu alasannya? Letaknya di Rejosari, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjngsari. Yuk simak 5 kelebihan Pantai baron di banding pantai lainnya.

 

Pantai Baron Gunungkidul

Pantai Baron. Foto ig @ragiilme

5 Keunggulan Pantai Baron Gunungkidul

1. Akses ke Pantai Baron sangat mudah

Menurut kami Pantai ini adalah pantai yang paling mudah diakses dari kota Wonosari. Rutenya sangat gampang, tinggal cari papan petunjuk arah pantai baron dari kota Wonosari maka kamu akan sampai tanpa kesulitan berarti. Jalannya pun relatif tidak terlalu sulit dilewati. Bus besar pun bisa masuk dengan mudahnya. Parkirnya juga luas sekali.

Berbeda dengan pantai lainnya, dimana kamu harus meliuk-liuk melewati jalan berliku yang kadang bikin kamu mabuk. Akses ke Baron sama sekali tidak demikian. Pantai Baron itu paling dekat dan paling mudah dijangkau mobil klasik / tua, gak bakalan ngabisin kampas kopling lah kira-kira gambarannya begitu. Untuk yang belum punya gambaran, bisa melihat di peta google map di bagian paling bawah artikel ini.

2. Fasilitas di Pantai Baron Cukup Lengkap

Begitu tiba di pantai Baron kamu bisa santai-santai dulu tanpa harus jalan kaki menanjak atau melewati hutan terlebih dahulu. Pun pantai baron itu  lokasinya tidak sempit, artinya kamu tidak bisa langsung melihat laut dari mobilmu namun jika jalan kaki pun tidak terlalu jauh. Kamu bisa mencari Mushola untuk beribadah terlebih dahulu atau kalau pengen jalan-jalan cari kaos atau souvenir, ada pasar kerajinan dan kuliner yang menghampar didepanmu.

Jangan khawatir soal panas matahari, di Baron banyak pepohonan untuk ngadem atau ndlosor dengan tikar di lokasi tempat wisata. Buat kamu yang takut kulitnya terbakar ini adalah hal penting. Toilet untuk bilas banyak sekali, tinggal pilih mana yang menurutmu cocok. Ketersediaan air bersih juga dijamin cukup. Di Pasar kerajinan kamu bisa mencari manik-manik, gantungan kunci, kaos, celana pendek atau topi penahan panas matahari seperti yang biasa dipakai Lady Diana.

 

Pantai baron gunungkidul

Suasana Pantai Baron. Foto ig @baron-hilma_dn

Bosan dengan yang itu-itu saja? Kamu bisa trekking ke perbukitan di sekitar Pantai baron. Temukan Mercusuar yang berada di areal sekitar pantai Baron. Setelah kamu temukan, naiklah hingga keatas. Setelah sampai diatas, kamu akan menemukan kebahagiaan bisa memandangi lanskap sekitaran pantai baron yang indah. Butuh effort yang memadai bagi yang ingin naik keatas mercusuar. Tentu tidak ada eskalator atau lift untuk mempercepat sampai keatas.

3. Kuliner Seafood Dengan Banyak Pilihan

Pantai baron merupakan salah satu tempat sandar perahu nelayan lokal. Jadi disini kamu yang hobi tawar menawar di pasar bisa mengaktualisasikan keahlianmu untuk berhadapan langsung dengan para nelayan yang membawa tangkapan. Kamu bisa menawar sepuas hati untuk harga yang menurutmu mashook.

Lalu kemudian, hasil transaksi mu yang tak perlu harus berada di Tempat Pelelangan Ikan, bisa kamu olah langsung di Baron. Caranya?  Kamu bisa men gunjungi salah satu warung makan yang ada disitu. Pilih yang menurutmu bersih dan layak. Lantas mereka pasti akan menawarkan sajian kuliner yang mereka punyai atau menawarkan memproses hasil laut yang sudah kamu dapatkan langsung dari nelayan tadi.

 

Perahu Di Baron

Kapal Nelayan Bersandar. foto ig @mohsartono_02

Harap dicatat! Tidak semua warung punya kebiasaan baik untuk memproses hasil tangkapan nelayan tadi. Amati betul hasil laut mu tadi agar diproses secara benar dan tidak ditukar dengan ikan yang lama. Kalau perlu kamu musti masuk ke dapur dan lihat prosesnya. Kami nulis begini karena memang beberapa kali terjadi persoalan ikan yang tertukar. Mirip judul sinetron aja.

Yang jelas, beragam hasil laut segar bisa kamu dapatkan disini, langsung dari para nelayan. Jika kamu malas urusan begituan. Di pasar kuliner dekat pelelangan banyak yang jual ikan, udang, cumi, lobster, kepiting dan hasil laut lainnya dalam keadaan siap saji. Kamu bisa beli buat cemilan saat pulang. Tapi ingat, kamu yang punya kolesterol tinggi harus hati-hati.

4.  Ada Fasilitas Inap.

Di Baron, kamu tak perlu bingung jika males pulang. Ada penginapan atau homestay dengan harga yang relatif terjangkau. Pun jarak Pantai Baron dari kota wonosari tidak terlalu jauh, jadi kalo pas kamu butuh apa-apa, akses ke kota relatif dekat.

5. Bibir Pantai yang Indah.

Baron mempunyai bibir pantai yang indah. Kenapa kami bilang indah? Struktur Pantai Baron agak unik, Pantai nya lebih seperti teluk kecil yang menjorok ke darat dikelilingi perbukitan karst yang gagah. Pasirnya agak kasar dan berwarna beige bukan putih. Di sebelah kanan terdapat bebatuan besar dan muara sebuah sungai kecil. Jarak bibir dari rerimbunan pohon dan pasar kerajinan kuliner tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh. Nyanda biking capek lah pokoknya.

Disini kami ingin sampaikan satu hal bahwa, Muara sungai kecil tadi meskipun nampak biasa, namun sesungguhnya menyimpan potensi bahaya. Karena yang namanya muara pasti terdapat endapan lumpur bawaan air sungai. Biasanya, pengunjung suka berenang atau bermain air di muara sungai tersebut karena sisi sebrang sungai tersebut tampak keren untuk di ekplorasi. Namun kebanyakan pengunjung tidak menyadari bahwa dibawah permukaan air ada semacam fenomena pasir yang menghisap. Sudah banyak jatuh korban meninggal dunia karena kelalaian dan ketidaktahuan mengenai lokasi muara sungai. Penulis blog ini sendiri pernah menyelamatkan pengunjung yang tenggelam terjebak pada pasir yang seolah-olah menghisap. Jadi, kamu harus hati-hati ya.

Disamping fenomena muara sungai tersebut, Pantai Baron sebagai bagian dari samudra Hindia, memiliki ombak yang ganas pada waktu-waktu tertentu. Namun, pada saat surut, kamu akan menemukan keindahan pada karang / coral yang terhampar bagaikan karpet masjid pada saat air laut surut. Pada momen itulah kamu bisa bermain-main hingga agak ke tengah, tapi jangan jauh-jauh ya. Disitu kamu akan menemukan keaneka-ragaman biota laut seperti kepiting kecil, ikan, bintang laut hingga ubur-ubur.

 

Pantai Baron

Mercusuar di Kejauhan. Ig @kenzomakeupartist

Di sepanjang bibir pantai kamu akan melihat payung-payung berwarna-warni tempat para pengunjung menghindari sengatan matahari. Kapal-kapal nelayan pun berjejer bersandar setelah mendapatkan tangkapan ikan. Suasana yang sangat mengasyikan tentunya.

Galeri Pantai Baron.

Berikut beberapa kumpulan foto dari instagram tentang keindahan pantai yang dirangkum dalam Galeri Pantai Baron

Harga Tiket Masuk & Informasi lainnya di Pantai Baron Gunungkidul

Jenis LokasiPantai
WahanaPantai, Tempat Pelelangan Ikan, Mercusuar
FasilitasToilet, Mushola, Parkir, Warung Makan, Pasar Kerajinan, Gazebo, Payung,
PenginapanHomestay
Tarif Masuk5-15K
Tarif Masuk Mercusuar5-10K
Area ParkirLuas Sekali
Tarif Parkir2-5K Motor, 5-10K/mobil.
Jam bukaHampir 24 Jam
Jarak Tempuh+/- 1,5 jam
Buat BalitaFair

Peta Lokasi Pantai Baron :



Info Tambahan

  • Jika kamu berminat kesini dari luar kota / pulau. Kami bisa membantu untuk mengantar ke Pantai Baron dengan harga yang kurang lebih sama seperti cara orang menawar ikan di Pantai Baron. Sama-sama bisa di nego maksudnya. Travelisto Tour melayani rental mobil dan paket wisata.
  • Setelah itu kemana lagi? Di sekitar Pantai Baron terdapat beberapa pantai yang tak kalah bagusnya seperti Pantai Kukup, Drini, Krakal dan yang termasyhur, Pantai Indrayanti. Namun kalo kamu sudah bosan bermain di pantai, kamu bisa mengunjungi destinasi wisata seperti Negeri Diatas Awan, Puncak Becici, Gunung Purba Nglanggeran, Goa Jomblang, Air Terjun Sri Gethuk, Tebing Breksi dan lain sebagainya dengan Jalan Malioboro sebagai destinasi terakhir sebelum kamu kecapekan dan tertidur bahagia.
5 Keunggulan Pantai Baron Gunungkidul Yogyakarta
5 (100%) 2 votes

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×