Taman Pintar Jogja : Wahana Rekreasi dan Edukasi

Share

Taman Pintar Jogja : Rekreasi Sambil Belajar

Taman Pintar Jogja adalah taman bermain yang tepat untuk para kiddos. Karena di tempat ini, Anak-anak akan mendapatkan pelajaran-pelajaran penting dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, dengan cara sambil bermain-main. Meski demikian, anak-anak yang beranjak dewasa atau orang dewasa pun bisa ikut belajar di dalam taman pintar.

Letaknya di pusat kota Jogja, dan sepertinya, Taman pintar merupakan tujuan yang wajib dikunjungi apabila anda sudah punya anak. Di dalam taman tersebut terdapat begitu banyak hal-hal yang bisa dipelajari oleh anak-anak. Berikut wahana yang ada di Taman Pintar. Wisata bernuansa pendidikan ini akan memberikan mereka pencerahan yang luar biasa terhadap anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Wahana di Taman Pintar Jogja

  • Wahana Bahari :

Petualangan singkat mengelilingi miniatur perairan dengan kapal mini. Bisa dinaiki orang dewasa dan anak kecil.

  • Science Theater :

Science Theater adalah gedung audiovisual yang berkapasitas 50 – 60 orang. Gedung ini biasa digunakan untuk pemutaran film sains dan pertunjukan demo sains. Science Theater terletak di sebelah Perpustakaan Taman Pintar atau di area sebelah barat.

  • Playground :

Pipa Bercerita, Permainan Putaran, Dinding Berdendang, Jungkat-Jungkit, Katrol, Terowongan Pohon, Air Menari, Koridor Air, Pembangkit Listrik Tenaga Matahari, Gong Perdamaian, Forum Batu, Sepeda Spektrum Warna, Tapak Prestasi.

 

Gong Perdamaian

Gong Perdamaian. Ig @travelistojogja

  • Perpustakaan :

Perpustakaan Taman Pintar di desain unik,luas, dan nyaman. Di sini pengunjung dapat menemukan banyak ragam buku untuk dibaca di dalam. Selain itu, perpustakaan Taman Pintar menyediakan beberapa komputer untuk mengakses Ensiklotepi pengetahuan sains berbentuk film animasi.

  • Kampung Kerajinan :

Kreasi dan lukis Batik, Gerabah, dan kaos. Disini anak-anak akan diajari dan diberikan kesempatan untuk belajar membatik, membuat sekaligus memberi sentuhan gambar pada gerabah serta melukis kaos.

  • Gedung Paud :

Terdapat 2 gedung PAUD Taman Pintar, PAUD Barat dan Timur. PAUD tersebut menawarkan alat peraga Pendidikan interaktif yang dikhususkan untuk anak-anak usia 2 hingga 7 tahun. Pada zona ini anak-anak akan dikenalkan pada pengetahuan sains dan teknologi tanpa meninggalkan konsep bermain.

taman pintar jogja

Belajar berhitung di taman-pintar. Ig @lucita.gram

  • Gedung Oval :

Zona Generator Van De Graaf, Generator Pedal, Zona Cuaca, Iklim & Gempa Bumi, Terowongan Ilusi, Aquarium air tawar, Dome Area, Zona Kehidupan Purba, Zona Tata Surya.

 

taman pintar jogja

Belajar Energi Listrik di taman pintar jogja. Ig @elvianael

  • Gedung Kotak :

Zona Teknologi Populer, Zona Air Untuk Kebaikan Hidup, Lorong Ilusi, Zona TEPI TV, Wahana Jejak Nutrisi, Zona Dino Adventure dan Teater 4D, Zona sahabat pemberani KPK, Zona Memorabilia, Zona Indonesiaku, Zona Galeri Pusaka, Zona Olahraga, Zona Nuklir, Zona SNI, Hand On Science, Zona Menara Eiffel, Zona KPU, dan  Zona Panas Bumi Geothermal.

taman pintar

Bermain edukatif. Ig @rianarian

  • Planetarium :

Planetarium Taman Pintar memiliki keistimewaan yaitu menggunakan proyektor digital. Untuk memperagakan pertunjukan simulasi suasana langit kota Yogyakarta pada malam hari. Akan nampak berbagai macam benda angkasa dan susunan bintang pada saat itu.

Harga Tiket Wahana di Taman Pintar Jogja.

  • Zona Bahari : 6.000
  • Planetarium : 22.000
  • Ruang Oval dan Gedung Kotak :  12.000/anak | 20.000/dewasa
  • Paud : 3.000
  • Kreasi Batik : 18.000
  • Kreasi Gerabah : 13.000
  • Lukis Kaos : 45.000
  • Lukis Gerabah : 15.000
  • Theater 4D : 15.000/anak | 20.000/dewasa
  • Hand on Science : 10.000
  • Presenter : 15.000
  • Dino Adventure : 20.000

Parkir di Taman Pintar

Parkir di Taman Pintar ini agak sedikit repot, karena lahan parkir yang tidak terlalu besar. Jika membawa bus besar, anda akan gambling. Saat parkiran penuh, maka bis hanya bisa menurunkan penumpang di parkiran untuk kemudian keluar lagi mencari parkiran, karena bis tidak diperbolehkan parkir di pinggir jalan. Jika beruntung ada slot parkir, beruntunglah dirimu.

Aturlah perjalanan sebaik mungkin, usahakan datang pagi dari arah timur, sehingga kemungkinan bisa dapat slot parkir. Apabila tidak mendapat parkir, bus bisa parkir di Taman Parkir bus Ngabean  atau Taman parkir Abubakar Ali, namun jaraknya ke Taman Pintar agak jauh. Nah, jika pada saat peak season terpaksa tidak dapat parkir dan terdampar di Taman Parkir Ngabean, opsi nya adalah menggunakan Si Thole.

shuttle-Bus-Jogja-Gudegnet

Shuttle Bus Si Thole. Foto : Gudeg.net

Si Thole adalah angkutan khusus wisata jurusan Keraton, Taman Sari dan Zona Parkir Ngabean. Angkutan ini beroperasi mulai dari pukul 08.00 hingga 22.00 dengan harga tiket yang terjangkau. Cuma 5000.

Trayek si Thole :

  1. Parkir Ngabean – Keraton – Magangan – Taman Sari – Parkir Ngabean.
  2. Parkir Ngabean – Keraton – Taman Pintar – Titik Nol / Kantor Pos / Malioboro  – Parkir Ngabean.

Serba-serbi Taman Pintar

Pada saat masa-masa liburan, taman ini akan penuh sesak dengan pengunjung baik yang perorangan maupun rombongan. Untuk menikmati taman pintar memang lebih tepat jika berbarengan dengan anak-anak seusianya. Semisal rombongan satu kelas atau satu sekolah. Plus didampingi gurunya sehingga mereka bisa lebih mengerti hal-hal yang mereka lihat dan pelajari didalam Taman Pintar.

Galeri Foto

Berikut tambahan beberapa foto disana, silakan buka Galeri Foto Taman Pintar agar anda punya gambaran yang lengkap mengenai destinasi wisata yang dikhususkan untuk anak-anak ini.

Harga Tiket Masuk & Informasi pendukung di Taman Pintar Jogja.

Jenis LokasiPlayground
WahanaTaman bermain dan belajar
FasilitasToilet, Masjid, Foodcourt, Hall
PenginapanHomestay, Hotel
Tarif MasukDijelaskan diatas
Tarif WahanaDijelaskan diatas
Area ParkirDi Depan dan disamping gedung
Tarif Parkir5-25K/mobil, 25-50k/bus
Jam buka08.30-16.00
Jarak Tempuh+/- 20 menit
Buat BalitaGood

Peta Lokasi Taman Pintar :



Keterangan Tambahan :

  • Buat para tour leader, jadwalkan Taman Pintar di pagi atau siang hari, jangan sore. Karena obyek wisata ini tutup pada pukul 16.00. Jika datang kesini pada jam hampir tutup maka kasihan anak-anak tidak bisa maksimal menikmatinya.
  • Dari Taman Pintar, ada akses pintu masuk ke Museum Vredeburg dan tembus ke Malioboro dengan hanya membayar tiket sebesar 2K. Nggak perlu berputar ke jalan raya kalau mau lanjut ke Malioboro.
  • Jika pembaca ingin mendapatkan tour wisata khusus ke Istana Presiden. Kami dapat mengurus Tour Taman Pintar, Museum Vedeburg dan Istana Presiden Gedung Agung. Tertarik?

Taman Pintar Jogja : Wahana Rekreasi dan Edukasi
5 (100%) 1 vote

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×