Gembira Loka Zoo Jogja : Kebun Satwa Interaktif

Share

Gembira Loka Zoo : Kebun Satwa Interaktif

Gembira Loka Zoo Jogja merupakan Kebun Binatang tempat dipeliharanya satwa-satwa yang dilindungi dan dipertontonkan kepada masyarakat sebagai sarana edukasi dan pariwisata. Seringkali disebut kebun raya, karena ukurannya yang cukup luas. Kebun ini sudah ada sejak lama, mungkin sebelum kamu lahir, Kebun raya ini sudah eksis.

Kebun raya Gembira loka merupakan Kebun Binatang tertua di Indonesia. Kebun ini di-maintain dengan baik sehingga bisa bertahan hingga saat ini dan malah makin banyak mendapatkan kunjungan. Karena sepengetahuan kami, Kebun Binatang lain seperti Tinjomoyo di Semarang, Jurug Di Solo atau Serulingmas di Banjarnegara tidak setenar Gembiraloka. Bahkan Kebun Binatang Tinjomoyo di Semarang sempat terbengkalai untuk beberapa waktu, walaupun kini sudah dihidupkan kembali.

Seingat kami, dulu Gembiraloka Zoo bernama Kebun Binatang Gembira Loka. Dulu belum se-komplit sekarang untuk koleksi satwa dan wahana atraksi di dalamnya. Nah, bagi yang sudah pernah kesini namun belum merasakan wahana-wahana baru yang interaktif, Silakan datang kesini lagi. Berikut Kami rangkum beberapa wahana baru selain koleksi satwa.

Wahana wisata di Gembira Loka Zoo :

1. Koleksi Satwa.

Koleksi satwa di Gembira Loka Zoo termasuk komplit. Banyak hewan-hewan asli Indonesia dan juga yang tidak ada di nusantara ini. Dari mulai Unggas, Binatang melata, Amphibi, Carnivora, Herbivora, Ikan hingga Predator yang menakutkan. Tapi jangan khawatir, anak-anak bisa menikmati semua itu bahkan belajar mengenal dan berinteraksi dengan hewan-hewan tersebut.

 

Gembira Loka Zoo

Bermain bersama Sanca. Ig @drh.medania

Koleksi satwa baru yang cukup keren adalah Penguin. Jenis satwa kutub tersebut ada di Gembira Loka. Mereka hanya bisa hidup dalam suhu yang amat dingin. Bahkan mereka bisa ber-atraksi memberikan pertunjukan yang spektakuler. Sayangnya, Jerapah yang dulu sempat kami kasih makan waktu kami kecil, sekarang udah nggak ada. Semoga besok-besok ada Jerapah lagi. Biar komplet.

 

Penguin

Penguin. Ig @glzoojogja

2. Naik Hewan Besar.

Anak-anak bisa menaiki hewan besar seperti Gajah atau Unta sambil berkeliling kebun binatang. Sungguh merupakan pengalaman yang akan mengasyikan buat si kecil. Gajah dan onta tersebut telah dilatih oleh pawang-pawang berpengalaman jadi tidak mungkin ngamuk atau lari keluar kebun binatang.

 

Gembira Loka Jogja

Berkeliling Naik Unta. Ig @donnadesiana

3. Berinteraksi dengan Hewan.

Ada kalanya pada jadwal tertentu, Anak-anak diberi kesempatan untuk memberi makan hewan. Juga Anak-anak diberi kesempatan untuk mencoba kolam sentuh dimana mereka boleh menyentuh hewan-hewan yang berada dalam kolam. Ada juga Kolam Terapi, yaitu semacam kubangan namun bersih yang berisi ikan yang digunakan untuk pengobatan.

 

Gembiraloka Zoo

Kolam Ikan Kesehatan. Ig : @glzoojogja

Berikut Jadwal Feeding atau Memberi makan hewan di Gembira Loka Zoo :

Setiap Hari Sabtu, Minggu/Hari libur Nasional:

  • Ikan Arapaima dimulai pukul 11.00 WIB
  • Ular dimulai pukul 11.30 WIB
  • Pinguin dimulai pukul 13.00 WIB
  • Burung Pecuk hitam, pukul 13.30 WIB

Setiap Hari Sabtu, Minggu/Hari libur Nasional:

  • Simpanse dimulai pukul 10.30 WIB
  • Harimau dimulai pukul 12.00 WIB

4. Wahana Permainan.

Banyak wahana permainan di dalam Gembira loka Zoo. Tidak hanya sekedar melihat-lihat koleksi satwa, Anak-anak juga bisa bermain-main dengan berbagai macam fasilitas yang disediakan oleh Gembira Loka seperti : Perahu kayuh, Speed Boat, Bumper Boat, ATV, Naik Gajah/Onta, Terapi Ikan, Kolam Tangkap, Skuter Air, Kereta Zoo Express, dan lain-lain.

 

GL Zoo Jogja

Bermain Bumper Boat di Kolam Besar. @glzoojogja

5. Selfie dengan Hewan.

Yang ini kelihatannya biasa saja. Namun sebenarnya ini pendidikan penting bagi anak untuk lebih berani dan mengenal satwa. Anak-anak diperbolehkan berfoto dengan hewan melata seperti Ular Sanca Albino atau Kura-kura. Tentu ular tersebut sangatlah jinak, Orang dewasa pun bisa berpose dengannya. Begitulah di Gembiraloka, kebun binatang yang interaktif.

 

Kebun Binatang Jogja

Bermain dengan Kura-kura. Ig @evelineaprilisa

Akses ke Kebun Satwa Gembira Loka.

Kami ceritain dikit yah pengalaman kami masa konyol jaman dahulu. Dulu kami dan beberapa orang-orang “miskin” lainnya, bisa masuk Gembira Loka tidak bayar, yaitu dengan melompati pagar sebelah barat yang tidak terlalu tinggi. Dan asyiknya, disebelah pagar itu terdapat kandang Harimau. Jadi agak sedikit memacu adrenalin juga. Nah, perbuatan buruk seperti itu jangan ditiru ya gaes.

Kalau mau masuk Gembira loka sekarang mudah kok, tinggal pilih pintu barat (jl. veteran) atau timur (jl. kebun raya). Sama-sama ada parkirannya baik motor, mobil maupun bis. Jangan loncat pagar ya gaes, sekarang sebelah pagar adalah kandang buaya, kalo kamu salah mendarat, bahaya!

Lokasi Gembira Loka di tengah kota sangat mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi atau umum seperti Transjogja. Cukup membayar 3.500 dari stasiun atau bandara, pasti nyampai. Jan kawatir gaes, AC di Transjogja cukup dingin. Kalo kamu pengen lebih nyaman, boleh kontak whatsapp atau instagram kami untuk jadi pengantar dan penjemputnya, Kemanapun kamu mau pergi, kami akan siap mengantar.

Harga Tiket Wahana Gembira Loka Zoo Jogja.

  • Bumber Boat : 20-25.000
  • Speed Boat : 20-25.000
  • ATV  :  20-25.000
  • Katamaran 25-30.000
  • Skuter Air :  20-25.000
  • Perahu Kayuh :  20-25.000
  • Terapi Ikan  :  20-25.000/15 menit
  • Kolam Tangkap  :  10-15.000
  • Gajah Tunggang  :  35-40.000

Galeri Gembira Loka Zoo Jogja

Untuk melihat-lihat sekumpulan gambar tentang keasikan disana, silakan kunjungi Galeri Gembira Loka. Semoga setelah melihat-lihat galeri, kamu bisa langsung merencanakan untuk berkunjung kemari. Untuk apa duit yang kamu kumpulin kalo nggak buat nyenengin anak? Yuk ke Gembira Loka Zoo. Lewat pintu timur boleh, barat juga boleh.

Info Harga dan Tiket di Kebun Gembira Loka Jogja

Jenis LokasiKebun Binatang, Kebun Raya
WahanaKoleksi Satwa, Wahana Permainan Anak,
FasilitasToilet, Mushola, Parkir, Food Court, Pasar Kerajinan, Oleh-oleh
PenginapanHotel, Losmen, Homestay
Tarif Masuk30k hari biasa, 35K hari libur, 40K hari libur lebaran
Tarif Wahana10-40.000
Area ParkirSangat Luas. Timur (Jl, Kebun Raya) dan Barat (Jl. Veteran)
Tarif Parkir5-15.000/mobil. 30-50.000/bus
Jam buka08.00-17.00
Jarak Tempuh+/- 25 Menit
Buat BalitaOK
Peta Lokasi / Map Gembiraloka Zoo-7.8041252,110.3958328

Keterangan Tambahan

  • Bagi ibu-ibu atau bapak-bapak pecinta tanaman. Anda dapat membeli Bibit tanaman di beberapa toko / farmers di selatan Kebun binatang pintu timur. Cukup berjalan kaki sedikit nanti udah ketemu.
  • Siapkan fisik yang cukup, berkeliling Gembira Loka kalau di ukur langkahnya hampir seperti berjalan mengelilingi lapangan sepakbola 3 kali.
  • Obyek wisata lain yang dekat dengan gembira loka adalah Museum Demata, Dearca, Dewalik, Selfie Park Taman Pule dan Absurd World. Setelah capek jalan-jalan outdoor, Kamu bisa ngadem dan mengunjungi 5 destinasi wisata di dalam komplek XT Square tersebut.

Beri Penilaianmu mengenai Gembira Loka Zoo.

Review Overview
4.43
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×