Puncak Kosakora : Spot Selfie Keren dan Alami

Share

Obyek Wisata Bukit Kosakora Jogja

Berlelah-lelah dahulu, dapat foto selfie cantik kemudian tampaknya tepat sekali mewakiliki obyek wisata eksotis Puncak Kosakora, Yogyakarta. Inilah lokasi populer untuk selfie yang bisa jadi referensi kamu demi mengisi akun Instagram mu dengan foto-foto spektakuler hasil bentukan alam secara natural.

Kawasan Gunungkidul Jogja memang dianugerahi eksotisme alam yang menakjubkan dengan fenomena eksokarst Pegunungan Sewu yang terbentuk sejak jutaan tahun lalu. Hasilnya adalah perbukitan karst yang terbentuk satu garis dengan pantai-pantai selatan, yaitu Pantai Baron, Kukup, Krakal, Sepanjang, Watu payung, Drini, Ngrumput dan lain sebagainya.

Memang tak berlebihan bila mengatakan destinasi liburan yang satu ini spektakuler, mengingat bentukan geografisnya berupa bebatuan karst dengan penampilan khas yang sulit ditemukan di kawasan wisata lain.

Trekking dulu untuk mencapai Puncak Kosakora

Kamu harus cukup fit kalau mau liburan ke tempat ini karena untuk mencapai puncaknya kamu harus trekking dulu sejauh 2 km plus mendaki tangga batuan karst yang lumayan curam. Tapi tenang saja karena semua pasti terbayar saat kamu sudah tiba di lokasi tertinggi bukit batu itu karena panorama alamnya yang begitu menakjubkan dengan pemandangan pantai dan lautan lepas dari ketinggian.

Trekking ke Puncak

Jalan menuju puncak. Foto Ig @bayu_manchunian1878

Rute trekking yang harus ditempuh untuk mencapai lokasi ini setelah melintasi persawahan penduduk adalah padang rumput Lemah Sangar (wilayah yang konon dikeramatkan oleh penduduk sekitar). Padang Rumput ini sangatlah menyegarkan mata, cocok juga untuk mengikat janji suci … maksudnya cocok untuk bersantai-santai dan betul betul menikmati alam. Hijaunya rumput ini akan menemanimu hingga dekat Pantai Ngrumput.

padang rumput

Padang Rumput Hijau nan Romantis. Foto Ig @firdausavianto

Bukit Karst Kosakora sudah terlihat dari tempat ini dan selanjutnya, Kamu akan meniti tangga curam dari batuan karst. Dari tempat kamu naik, akan banyak bertemu dengan tanaman pandan laut hingga puncak bukit. Sebelum disebut Kosakora, masyarakat setempat menamainya dengan Bukit Ngrumput.

Serunya liburan ke obyek wisata Bukit Kosakora

Berada pada ketinggian 50 mdpl, Lokasi wisata ini semakin populer di kalangan traveler muda. Banyak yang datang kesini untuk berselfie dari ketinggian di padang savana dengan latar belakang pantai selatan. Masa cuma selfie? Oh tentu tidak, kamu bisa bikin mie instan dengan latar belakang pantai yang instagramabel macam chef-chef di tipi.

bukit kosakora

Pemandangan dari atas – Foto @aminfahrudin

Lantas kamu juga bisa menikmati santai sambil memasang hammock lalu merasa seolah-olah sedang berada di Grand Canary dan melupakan semua tugas-tugas semesteranmu. Nikmat sekali bukan? Cuman memang bagi pecinta vapor atau rokok, angin yang agak kencang sedikit mengganggu kenikmatan.

Camping di atas pemandangan keren

Disini kamu juga bisa lho camping di bukit Ngrumput ini untuk menyaksikan momen sunset dan sunrise. Akan tetapi kamu harus membawa sendiri semua perlengkapan berkemah dari rumah. Kalau tendanya bisa sih nyewa. Jangan lupa membawa bekal air minum yang cukup saat trekking agar tak dehidrasi saat cuaca sedang terik-teriknya.

Sunset di Kosakora

Sunset di Kosakora – Foto ig @van.a.tama

Agar lebih nyaman, Kamu bisa berkunjung ke bukit kosakora ini menjelang sore hari, saat sengatan matahari tak lagi terlalu garang. Kemudian melakukan kegiatan camping. Lantas coba tebakapa yang akan kamu dapatkan ketika camping disini? Pemandangan biru laut dan hijaunya bukit menghilang digantikan dengan tebaran cahaya bintang dilangit. Keren Bukan?

Camping

Camping bertabur Bintang – Foto Ig @aldianabid

Pengen Ke Puncak Kosakora ?

Informasi pendukung di Puncak Kosakora Jogja

Jenis LokasiPerbukitan Karst
WahanaPemandangan Alam, Camping
FasilitasToilet, Mushola, Warung Makan
PenginapanKenapa cari penginapan, Camping Aja
Tarif Masuk2K
Tarif Sewa Alat Camping / Dome50-200K
Area ParkirAda
Tarif Parkir2-10K
Jam bukaHampir 24 Jam
Jarak Tempuh+/- 2 jam
Buat BalitaNo

Peta Lokasi :

Berikan Penilaian untuk artikel ini!

Klik pada bintang untuk menilai!

Nilai Rata-rata / 5. Jumlah Penilai :

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *