River Tubing Kali Oya Jogja

Share

River Tubing Kali Oya Jogja

Menyusuri Pemandangan Kali Oya Yang Indah dengan Ban.

Kali Oya adalah sungai yang mengalir dari perbukitan di daerah Wonogiri, melewati Gunungkidul dan bermuara bukan di laut tapi bersatu dengan Kali Opak di daerah Bantul. Di sepanjang aliran Sungai Oya (atau Oyo) itulah terdapat wisata yang menarik, yaitu River Tubing Kali Oya. Sebuah petualangan wisata menyusuri sungai dengan menggunakan ban dan didampingi pemandu.

Jika ingin melihat indahnya Sungai Oya dari atas, Pergilah ke Mangunan. Dari Puncak Becici Mangunan atau Kebun Buah Mangunan, Kamu juga bisa melihat indahnya lekuk tubuh Kali Oya yang warnanya kontras dengan pepohonan di sekitarnya.

 

Sungai Oyo

Pemandangan Sungai Oya dari atas Kebun Buah Mangunan

Sisi Keamanan River Tubing Kali Oyo.

Sebelum dilakukan pembukaan wisata river tubing / body rafting, Dilakukan terlebih dahulu penelitian untuk memastikan keamanan aktifitas wisata disini. Dihitung dari debit air, kedalaman dan tekstur sungai (yang kita nggak tau caranya gimana), dipastikan jika kamu bermain tubing / body rafting disini aman. Pun demikian,  jika kamu was-was, ada pemandu, alat-alat safety, dan juga asuransinya kok. Tenang, Oya itu sungai yang tidak berbahaya kok, kalo kamu taat aturan.

Kalo ada yang bilang tubing Kali Oya itu dikaitin sama adrenalin, menurut kami sih terlalu alay. Biasa aja, sungai ini mengalir dengan kedalaman yang cukup, Kita nggak akan kena bebatuan dibawah. Beda jauh ama rafting di sungai Elo atau Citarik misalnya. Ini Body rafting sederhana dengan pemandangan yang lumayan keren.

Aktifitas Susur Sungai di Kali Oya, Tubing atau Rafting?

Itu sih terserah sapa yang ngomong aja, tapi gini. Ada perbedaan antara body rafting dengan tubing. Kalo rafting biasanya menggunakan perahu karet, sedangkan tubing menggunakan ban. Karena sungainya di daerah ini relatif tidak lebar, maka digunakanlah ban sebagai alternatif. Aktifitasnya susur sungai di Kali Oya juga tidak se-ekstrim rafting yang harus melewati jeram-jeram ganas.

Tubing Goa Pindul juga demikian, jarak lebar sungai yang sempit memaksa penyusur gua harus menggunakan ban daripada perahu. Berbeda dengan di Goa Tanding, disana kamu bisa pake perahu karet. Kamu lebih suka yang mana aktifitas yang mana? Memakai perahu atau memakai ban? Semuanya menarik dan menyenangkan, Asalkan kamu saat menyusuri sungai ngga pake ban luar, apalagi yang profil tipis, 35 misalnya.

 

River Tubing Kali Oya Jogja

Bebatuan Karst di sepanjang aliran sungai. Insta @yofyrosandy

Di Sungai Oya cukup dengan ban pun kamu dan teman-temanmu bisa menciptakan momentum yang menggembirakan. Rafting Sungai Oya bisa menggunakan perahu namun bukan di sini tempatnya, tapi yang di Banyu Soco.

Keseruan Aktifitas Tubing di Kali Oya.

Aktifitas ini bakalan sama sekali nggak seru, Kalo kamu sendirian. Kalo beramai-ramai pastinya seru dan mengasyikkan. Tidak harus bersama geng-mu kampus, bersama keluarga pun sama asiknya. Kebanyakan wisatawan lebih mengenal Susur Goa Pindul dari pada Susur Sungai Oya. Mereka baru mengenal Kali Oya setelah ke Goa Pindul. Karena umumnya wisata petualangan di Kali / Sungai Oya ini dipaketkan bebarengan dengan Cave Tubing Goa Pindul, sebab letaknya yang berdekatan.

 

Rafting Kali Oyo

Asiknya rame-rame.

Durasi Aktifitas dan Harga Paket Tubing River Tubing Kali Oya Jogja.

Panjang sungai yang bisa dipakai unuk rafting mulai 1,5-4 KM, sementara kedalamannya bervariasi hingga 11 meter. Butuh waktu minimal satu sampai satu setengah jam untuk menyusuri Kali Oyo dengan ban (tubing). Dalam perjalanannya, Kamu akan di pandu oleh beberapa pemandu. Lama dan tidaknya aktifitas tergantung masing-masing peserta. Yang bikin lama biasanya acara berhenti untuk poto-poto. Itu, masalahnya disitu. Hehe

Paket susur sungai ini ditawarkan dalam 2 jenis yaitu : Paket Short dan Paket Long. Paket tersebut ditawarkan dengan harga yang berbeda-beda. Pilihan paket ini biasanya ditawarkan oleh agen-agen wisata dikombinasikan dengan Tubing Goa Pindul, Namun bisa saja kamu memesannya secara ala carte atau stand alone.

  1. Paket Short (dengan aktifitas Cave Tubing Goa Pindul dan River Tubing Kali Oya, durasi 3-4 jam, Harga 90.000-100.000/pax)
  2. Paket Long (aktifitas diatas ditambah Goa Tanding, durasi 4-6 jam, Harga 150.000-175.000/pax.)
  3. River Tubing Kali Oya (Hanya susur sungai Oya, durasi 1-2 jam. Harga 45.000-50.000/pax)

Harga paketan ini merupakan standar, tanpa tambahan makan namun sudah mendapatkan Asuransi, Pemandu dan kelengkapan di masing-masing wahana :

  • Goa Pindul : Headlamp, Ban, Rompi pelampung, Sepatu Karet
  • Kali Oya : Ban, Rompi Pelampung, Sepatu Karet.
  • Goa Tanding : Rompi Pelampung, Sepatu Karet, Oxygen, dan Perahu

Harga ini berbeda-beda pada tiap-tiap agen wisata yang menawarkan paket wisata tubing / rafting. Kamu bisa hubungi kami bila ingin mendapat harga yang sesuai tertulis diatas atau ingin dipadukan dengan aktifitas lain semisal :

Mahal ? Nggak lah. Di Jogja ngga ada yang mahal, Cuy. Opentrip 100-an ribu kesini juga ada. Kalo kamu masih bilang mahal, jangan-jangan kamu adalah orang yang suka masuk ke tempat wisata lewat belakang atau celah dimana bisa gratisan. Aduh, malu-maluin aja.

Lokasi River Tubing Sungai Oya.

Jauh ? Nggak, cuman dua jam dari kota Jogja. Bisa sih satu setengah jam, tapi kalo pas malem. Lah trus disini mau ngapain malem-malem? Padahal inti dari seru-seruan body rafting di Kali Oya ini adalah background view yang keren plus ada air terjun yang bisa kamu abadikan dan bagikan di linimasa medsos-mu.

Letaknya di Kec. Karangmojo Gunungkidul, gak terlalu jauh dari Jogja. Kamu akan merasa jauh jika kamu naik sepeda, sepatu roda atau becak. Lebih-lebih kamu driver becaknya, gak bakalan nyampe lokasi. Meskipun masih di wilayah Jogja, Gunungkidul ini bisa seperti berada di middle of nowhere, dimana sinyal 4G agak malu-malu kucing untuk nongol di handphone kalian. Jadi mendingan kalian fokus saja ke aktifitas seru-seruan ini.

 

River Tubing Kali Oya Jogja

Sempetin welfie dikala terhempas aliran sungai. Instagram @landin1751

Udah nggak usah banyak mikir atau bingung. Persiapkan dirimu lalu ajak teman-temanmu, keluarga atau pacarmu kalo punya. Cari hari yang pas untuk berlibur kesini. Usahakan jangan pas hari libur besar, karena akan padat merayap di sungainya. Ambil-lah cuti di hari kerja misalnya, itu adalah keputusan yang elegan untuk menuju kenikmatan menyusuri Kali Oya dengan ban diiringi pemandangan bebatuan karst dan hijaunya pepohonan.

 

River Tubing Kali Oya Jogja

seneng-seneng bareng temen seperjuangan. Instagram @cil.priscillia

Tips berpetualang River Tubing Kali Oya

  • Usahakan sehat fisik dan mental saat akan berpetualang. Meski demikian kamu tak harus bisa renang untuk menikmati aktifitas ini.
  • Pakailah pakaian yang casual atau sporty, jangan memakai jas seperti pada saat akad nikah, saltum ntar.
  • Lepas semua benda yang ada pada tubuhmu seperti Jam, Kalung, Gelang, Cincin, Akik, Gigi Palsu, dll. Untuk menghindari jatuh ke dasar sungai, Nyarinya susah Man!
  • Makan dulu sebelum aktifitas atau memilih paket wisata yang mendapatkan makan, supaya kamu nggak masuk angin setelah pulang.
  • Bawa baju ganti, karena kamu bakalan basah total. Membawa kosmetika juga penting, setelah selesai aktifitas kamu musti tetap cantik dan memukau.
  • Ikuti petunjuk pemandu, jangan ngeyel atau melanggar. Kamu beresiko celaka atau cidera jika tidak taat aturan.
  • Saat musim penghujan, debit air membesar. Jika saat itu kamu dilarang turun ke sungai, ya sudah, ikuti saja! Dari pada kamu ntar tenggelam terseret arus dan tau-tau ditemukan di Imogiri, Jangan sampai itu terjadi.
  • Bawa GoPro atau kamera yang biasa saja untuk kepentingan selfie, Usahakan jangan bawa handphone pribadi apalagi punya teman, resiko jatuh.
  • Sebaiknya tidak membawa anak kecil saat aktifitas.

Akses Ke Kali Oya.

Kali Oya bisa diakses di beberapa tempat, namun untuk aktifitas spesifik River Tubing, Kamu mesti heading ke arah Gelaran, Karang Mojo. Jalan-nya udah bagus dan mulus kok. Gak perlu dikasih rute ya, malah bikin pusing. Cukup lihat map di bagian paling bawah, kemudian pencet directions lalu kamu bakalan sampai disana. Gak usah terpengaruh sama petunjuk abal-abal di jalan.

Untuk bisa mencapai lokasi wahana wisata River Tubing Kali Oya, Kamu bisa menggunakan moda transportasi sepeda, motor, mobil, bus. Transportasi umum agak sulit meskipun ada. Namun jika kamu kesana sendiri tanpa bimbingan agen wisata dari Jogja, dijamin kamu akan kebingungan. Begitu banyak, masif dan terstrukturnya papan petunjuk arah Goa Pindul. Bahkan jarak masihpuluhan kilo pun udah ada papan penunjuk untuk belok.

Daripada bingung, kesasar atau gagal paham, Sebaiknya kamu kontak Rental Mobil + driver saja jika punya rencana kesini. Kamu tinggal duduk manis, tidur di perjalanan, Simpan tenaga buat susur-menyusur Goa dan sungai di Gunungkidul. Kapan berangkat?

Galeri River Tubing Kali Oya

Berikut beberapa foto yang kami rangkum dari linimasa Instagram di  Galeri Kali Oya. Semoga kamu terpengaruh konsentrasinya untuk mengajak sanak-saudara atau teman seperjuangan untuk berpetualang di sini. Untuk apa malem minggu nongkrong gak jelas, mendingan bobok, besok pagi berangkat ke Gunungkidul, Tubing!

Harga dan Informasi pendukung di River Tubing Kali Oya Jogja

Jenis LokasiSungai
WahanaBody Rafting, River Tubing
FasilitasToilet, Mushola, Parkir, Warung Makan
PenginapanAda
Tarif Masuk10-25K
Tarif Sewa Peralatan Tubing15-35K
Area ParkirLuas
Tarif Parkir5-10K/mobil.
Jam buka07.00-17.00
Jarak Tempuh+/- 2 jam
Buat BalitaNo

Peta Lokasi Kali Oya River Tubing, Biar ngga banyak tanya-tanya :

Beri Penilaianmu mengenai River Tubing Kali Oya.

Review Overview
4.17
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×