River Tubing Kali Oya Jogja

Share
River Tubing Kali Oya Jogja
Serunya rame-rame bermain tubing di Kali Oya. Foto Insta @bennisidhie

River Tubing Kali Oya Jogja

Menyusuri pemandangan kali Oya yang indah dengan ban

Kali oya dimana sih?

Kali oya adalah sungai yang mengalir dari perbukitan di daerah wonogiri, melewati gunungkidul  dan bermuara bukan di laut tapi bersatu dengan kali opak di daerah Bantul. Di sepanjang aliran sungai Oya (atau Oyo) itulah terdapat wisata yang menarik, yaitu River Tubing Kali Oya Jogja. Dari Puncak Becici Mangunan atau Kebun Buah Mangunan, Kamu juga bisa melihat indahnya lekuk tubuh Kali Oya yang warnanya kontras dengan pepohonan di sekitarnya.
River Tubing Kali Oya Jogja
Pemandangan Sungai Oya dari atas Kebun Buah Mangunan

Apakah aman main tubing di kali oya?

Sebelum dilakukan pembukaan wisata river tubing / body rafting, dilakukan terlebih dahulu penelitian untuk memastikan keamanan aktifitas wisata disini. Dihitung dari debit air, kedalaman dan tekstur sungai (yang kita nggak tau caranya gimana), dipastikan jika kamu bermain tubing / body rafting disini aman. Pun demikian,  jika kamu was-was, ada pemandu, alat-alat safety, dan juga asuransinya kok. Tenang, Oya itu sungai yang tidak berbahaya kok.
Kalo ada yang bilang tubing Kali Oya itu dikaitin sama adrenalin, menurut kami sih terlalu alay. Biasa aja, sungai mengalir dengan kedalaman yang cukup, kita nggak akan kena bebatuan dibawah. Beda jauh ama rafting di sungai Elo atau Citarik misalnya. Ini Body rafting dengan pemandangan yang keren.
River Tubing Kali Oya Jogja
Bebatuan Karst di sepanjang aliran sungai. Foto insta @yofyrosandy

Kenapa susur sungai di Kali Oya dikatakan tubing bukan rafting?

Itu sih terserah sapa yang ngomong aja, tapi gini.  Ada persamaan  antara body rafting dengan tubing. Kalo rafting biasanya menggunakan perahu karet, sedangkan tubing menggunakan ban. Karena sungainya didaerah situ relatif tidak lebar, maka digunakanlah ban sebagai alternatif. Goa pindul juga demikian, jarak lebar sungai yang sempit memaksa penyusur gua harus menggunakan ban daripada perahu. Jadi disana kamu bisa pake perahu atau ban. Tinggal lebih suka yang mana. Asal ngga pake ban luar aja, apalagi yang profil tipis, 35 misalnya. Tapi kalo mau pake perahu bukan di sini, tapi yang di Banyusoco.

Seru nggak main di Kali Oya?

Nggak, kalo sendirian. Kalo beramai-ramai pastinya seru dan menyenangkan. Tidak harus bersama gang-mu, bersama keluarga pun sama asiknya. Kebanyakan wisatawan lebih mengenal Goa Pindul dari pada Sungai Oya. Mereka baru mengenal Kali oya setelah ke Goa Pindul. Karena umumnya wisata River Tubing Kali/Sungai Oya di-paket bebarengan dengan Goa Pindul, karena letaknya yang berdekatan.

River Tubing Kali Oya Jogja

Berapa lama bisa senang-senang main River Tubing Kali Oya Jogja?

Butuh waktu minimal satu sampai satu setengah jam untuk menyusuri Kali Oyo dengan ban (tubing). Ada paket short dan long yang ditawarkan dengan harga yang berbeda. Tetapi biasanya karena sudah termasuk dengan paket Goa pindul, yang mana aja sih pasti kamu mau. Udah telanjur basah juga soalnya. Panjang sungai yang bisa dipakai unuk rafting mulai 1,5-4 Km.

Mahal nggak River Tubing di Sungai Oya?

Nggak lah. Di Jogja ngga ada yang mahal. Opentrip 100ribuan ke sini juga ada. Harga wahana di sini itu cuman 50K kembali 5K. Itu sudah dapet  jaket pelampung, ban pelampung, sepatu karet, transportasi ke sungai, asuransi dan jasa pemandu. Kalo kamu masih bilang mahal, jangan-jangan kamu termasuk orang yang suka masuk ke tempat wisata lewat belakang atau celah dimana bisa gratisan. Aduh, malu-maluin.

Jauh nggak sih Sungai Oya, kok kayak di pelosok gitu?

Nggak, cuman dua jam dari kota Jogja. Bisa sih satu setengah jam, tapi kalo pas malem, lha trus disana mau ngapain? Padahal inti dari seru-seruan body rafting di Kali Oya ini adalah background view yang keren plus ada air terjun yang bisa kamu abadikan dan tempelkan di linimasa medsos-mu. Letaknya di Kec. Karangmojo Gunungkidul, gak terlalu jauh dari Jogja. Kamu akan merasa jauh jika kamu naik sepeda atau sepatu roda.
River Tubing Kali Oya Jogja
Sempetin welfie dikala terhempas aliran sungai. Foto instagram @landin1751

Di wisata River Tubing Kali Oya Jogja ada apa aja?

Udah nggak usah banyak tanya. Persiapkan dirimu, ajak teman-temanmu atau keluarga atau pacarmu kalo punya. Cari hari yang pas untuk berlibur kesini. Usahakan jangan pas hari libur besar, karena akan padat merayap di sungainya. Ambil cuti misalnya, itu adalah keputusan yang elegan untuk menuju kenikmatan menyusuri Kali Oya dengan ban diiringi pemandangan bebatuan karst dan hijaunya pepohonan.
River Tubing Kali Oya Jogja
Bahagianya bisa seneng-seneng bareng temen-temen seperjuangan. Foto Instgram @cil.priscillia
Untuk bisa mencapai Karangmojo, lokasi wisata River Tubing Kali Oya, Kamu bisa menggunakan moda transportasi sepeda, motor, mobil, bus. Transportasi umum agak sulit meskipun ada. Jika kamu malas naik motor karena oli-nya belum sempat diganti, atau malas naik mobil karena radiatornya suka panas kalo dibuat nanjak. Sebaiknya kamu mencari sewa mobil dan driver saja. Kamu tinggal duduk manis, tidur di perjalanan, simpan tenaga buat susur-menyusur Goa dan sungai di Gunungkidul. Kapan berangkat?

Informasi pendukung di River Tubing Kali Oya Jogja

Jenis Lokasi Sungai
Wahana Body Rafting, River Tubing
Fasilitas Toilet, Mushola, Parkir, Warung Makan
Penginapan Ada
Tarif Masuk 10-25K
Tarif Sewa Peralatan 15-25K
Area Parkir Luas
Tarif Parkir 5-10K/mobil.
Jam buka 07.00-17.00
Jarak Tempuh +/- 2 jam
Buat Balita No

Peta Lokasi : Biar ngga banyak tanya-tanya

[Total: 1    Average: 5/5]

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *