Keanehan Candi Borobudur : Kamu Perlu Tahu

Share
Candi Borobudur
Siluet Candi Borobudur. Foto insta @becak.jogja
Kenapa dengan Keanehan Candi Borobudur? Kali ini kami akan mengupas Candi Borobudur dari perspektif lain. Nggak usah bahas sejarahnya ya, tulisan sejarah Borobudur udah sering kita baca dari buku pelajaran SD sampai SMA, Udah bosen lah bahkan ampe lupa pada Dinasti siapa candi ini didirikan, ya kan? Sekedar mengingatkan saja, Candi ini didirikan pada jaman dinasti Syailendra. Kami akan membahas tentang sesuatu yang jarang dibahas, biar unik dan menambah khazanah tentang Borobudur. Tentu saja bukan soal mistis seperti sinyalemen bahwa Candi Borobudur itu ditunggu 1.000 jin. Kalau ditungguin 1.000 penjual di pelataran parkirnya, Nah itu mungkin benar!

1. Keanehan Candi Borobudur : Pernah terkubur ?

Candi ini pernah terkubur selama beberapa waktu. Candi Sebesar itu bisa terkubur? Sungguh Aneh! Dikarenakan letusan Gunung Merapi yang sangat dahsyat, sampai-sampai abu vulkanik yang dikeluarkan Merapi mampu mengubur candi itu. Sampai pada suatu waktu ada orang inggris yang bernama Sir Thomas Stamford Raffles berusaha mati-matian menemukan situs yang terkubur tersebut. Orang ini adalah utusan dari kerajaan Inggris yang menjabat sebagai Gubernur Jenderal wilayah Hindia saat itu. Raffles juga seorang peneliti yang hebat. Aneh ya, Candi nya di Indonesia, Yang nemuin orang luar.

Berdasarkan data-data dari kitab-kitab kuno yang dia pelajari di Inggris dan Belanda, Dia meyakini ada situs pemujaan besar yang terkubur di daerah Jawa Tengah. Kebetulan dia ditugaskan di sini, maka sebuah kebetulan, dia bisa mencari dan menelusuri untuk membuktikan teorinya tersebut. Tentu Raffles tidak serta merta sendirian, dia dibantu oleh beberapa orang staff dan militer belanda (VOC) dan juga masyarakat. Hingga singkat kata, Candi Borobudur pun ketemu. Tapi tentu saat ketemu tidak sebagus yang sekarang, Candi Borobudur dalam keadaan rusak total. Pemugaran Candi Borobudur berlangsung beberapa kali hingga yang sekarang ini. Udah ah kepanjangan.

Keanehan Candi Borobudur
Situasi Candi Borobudur beberapa saat setelah ditemukan.

2. Keanehan Candi Borobudur : Padahal bukan di pusat Kota, kenapa sering macet?

Borobudur kalo hari libur ya macet, aneh aja kalo nggak macet. Kalau kamu mau ke Borobudur, Kamu perlu liat jadwal acara yang ada di sana. Jangan sampai kamu asal berangkat, tau-tau nyampe Kota Mungkid, Kamu terjebak gak bisa masuk atau gak bisa pulang. Borobudur adalah situs Heritage kelas dunia (World Seven Wonder). Disini seringkali diadakan even lokal, nasional maupun internasional. Misalnya : Borobudur Marathon, atau Konser Mariah Carey atau Sembahyangan umat Buddha. Jadi kamu musti cari info dulu ya biar nggak kena macet. Kalo mau lancar, carilah hari-hari kantoran, tapi jangan bolos kerja.
Keanehan Candi Borobudur
Borobudur Maraton. Foto insta oleh : @borobudur.marathon

3. Keanehan Candi Borobudur : Adakah resikonya kalo pemotretan di sana?

Walaupun panas membara sampai ubun-ubun kepala, Kamu kalau beruntung bisa ketemu model-model cantik atau ganteng sedang berpose untuk sesi pemotretan di sana. Dan sebaiknya saat ketemu yang demikian, Kamu menahan diri untuk melintas, karena apa? Pertama kamu tidak mengganggu jalannya pemotretan. Kasihan modelnya kepanasan baru mau bergaya, eh.. Kamu lewat, batal deh posenya, ngulang lagi. Kedua, Kamu bisa berpura-pura sopan membiarkan pemotretan berlangsung sembari curi-curi pandang ke modelnya. Dengan resiko kena cubit. Sedangkan jika kamu adalah seorang model, resiko yang harus kamu tanggung adalah cuma satu, kepanasan tapi dapat duit, Aneh kan?

Keanehan Candi Borobudur
Sesi pemotretan di Candi Borobudur. Foto insta @detail.jogja

4. Keanehan Candi Borobudur : Bisakah melihat Sunrise dan Sunset di dalam Borobudur?

Nggak bisa kawan! Aneh kan? Kalau kamu maunya gratisan atau modal cekak, gak bisa! Pokoknya tidak bisa! Candi Borobudur itu bukanya jam 6 pagi tutup jam 17 sore. Tidak ada sinetron berjudul “Sunrise yang terlambat” atau “Sunset yang tertinggal”. Etapi, bentar, Kalau mau menikmati Sunrise ber-nuansa Borobudur, bisa kok. Silahkan ke tempat yang bernama Punthuk Setumbu. Karena Sunrise itu datengnya di pagi buta, Kamu harus berangkat sebelum pagi buta. Biayanya pun relatif murah hanya 15K.

Kalo kamu tetap maksa harus dapet Sunrise dan Sunset di Candinya apakah bisa? Bisa kok, tenang aja. Kamu ke Hotel Manohara aja, Cari paketan Sunrise dan Sunset, murah kok, kurang lebih 500-1000K. Ntar kamu bisa menikmati Sunset dan Sunrise dari dalam Candi Borobudur, Dijamin. Kalo nggak percaya, kontak kami, Kami anterin! Kamu bisa milih paket yang sekalian menginap atau enggak nginap. Tapi kalo kamu bawa pasanganmu, ya enaknya nginep lah, ngapain kalo nggak nginep? mau nge-gembel di parkiran? Tukang pijet juga adanya siang.

Sunrise Borobudur
Sunset Candi Borobudur

5. Ada Hal Aneh-aneh yang lain di Borobudur ?

Banyak! Pernah ada iklan minuman energi menggunakan Candi Borobudur sebagai playground untuk aksi parkour dan hasilnya. Sekelompok masyarakat pecinta budaya memprotes aksi tersebut dan menuntut permohonan maaf. Dan memang produsen minuman tersebut akhirnya meminta maaf secara terbuka. Aneh aja, Candi tempat sembahyang kok dipakai parkour. Trus ada lagi seorang yang mengaku bisa mengumandangkan adzan di Borobudur dan kemudian viral di Youtube. Heran aja, yang bikin viral apanya coba? Kamu mau adzan yo boleh-boleh aja, atau liat relief sambil baca Yasin juga boleh. Aneh-aneh aja.

Aksi parkour Borobudur
Aksi Parkour di Borobudur.

6. Sebenarnya di Jogja atau magelang sih?

Iya emang, Banyak orang tahunya atau beranggapan bahwa Candi Borobudur itu berada di Jogja atau malah Yogyakarta, kan aneh! Padahal letaknya di Kabupaten Magelang. Tapi ya gak papa sih, namanya juga manusia, banyak khilaf dan salah. Lagian juga, Kalo kamu dateng dari luar kota naik pesawat atau kereta, berhentinya juga di Jogja. Dan biasanya pula wisata Candi Borobudur itu sepaket ama Candi Prambanan yang berada di …. Klaten! Lho bukan Jogja juga? Iya betul, Candi Prambanan itu separoh terletak di Kab. Klaten Jawa Tengah. Aneh ya.

Keanehan Candi Borobudur

Kemegahan Candi Borobudur. Foto insta @wendi.iskandar

 

7. Hal-hal yang perlu diperhatikan di Borobudur

Cukup ya artikelnya? Tambahin dikitlah, Kalo kamu masuk ke area Candi Borobudur, Perhatikan hal-hal berikut ini agar tidak terjadi keanehan yang lain :

  • Fisik dan mental harus sehat wal afiat.
  • Jangan aneh-aneh dengan sok-sokan membawa banyak barang bawaan.
  • Jangan bawa anak dibawah 5 tahun atau kamu bakalan gempor gendong dia ntar.
  • Siapin sunblock biar ketika kamu pulang, agar supaya orang tuamu masih mengenalimu. Aneh aja kalo sampe kejadian.
  • Nggak usah Parkour di Candi Borobudur atau nangkring diatas Stupa, itu namanya tidak punya sopan santun.
  • Kalau kamu nawar barang yang dijajakan di sana, tebas aja lah 25% dari harga, Biasanya dilepas.
  • Kalo kamu capek, ada tukang pijat yang nawarin jasa, yang penting jangan kesorean, Si pemijat biasanya sudah kurang bertenaga.

Untuk bisa nyampe berwisata ke Candi Borobudur tidak perlu dijelasin lewat mana, beloknya dimana, udah kuno! Kamu cukup buka google map, udah beres. Kalo mau kesana, Kamu bisa menggunakan berbagai pilihan moda transportasi baik pribadi seperti sepeda, motor, atau mobil. Untuk angkutan umum agak sulit sepertinya. Dulu sih ada bus kecil jurusan Jogja-Borobudur, tapi sudah hilang ditelan perkembangan jaman. Lagian juga susah kalau naik angkutan umum, musti oper-oper.

Mendingan kalo kamu rame-rame, kamu bisa cari Sewa Mobil atau Paket Wisata ke Borobudur, sehingga tenagamu masih full ketika mau mengeksplorasi Borobudur. Bersepeda juga OK, tapi jangan sampe kejadian ketika gowes nyampe sana, saat pulang sepedanya kamu naikin mobil pick-up sayur. Selamat Menikmati Candi Borobudur Jogja, eh Magelang. Kalo kamu maksa  nyetir sendiri ya gak apa apa, Hati hati aja, di jalan besar mau masuk ke arah Borobudur, banyak truk bawa muatan pasir. Sebaiknya biar kamu gak kalah sangar, Kamu bisa bawa muatan semen.

Informasi pendukung di Candi Borobudur

Jenis LokasiSitus Peninggalan Budaya, World Heritage
WahanaCandi, Sunset, Sunrise
FasilitasToilet, Mushola, Parkir, Restoran, Pasar Kerajinan, Pusat Jajan, Oleh-oleh
PenginapanHotel, Losmen, Homestay
Tarif Masuk20-35K Lokal
Tarif Sunset/Sunrise500-1200K
Area ParkirSangat Luas
Tarif Parkir5-10K/mobil. 15-30K/bus
Jam buka06.00-17.00
Jarak Tempuh+/- 1 jam
Buat BalitaNo

Peta Lokasi :

Berikan Penilaian untuk artikel ini!

Klik pada bintang untuk menilai!

Nilai Rata-rata / 5. Jumlah Penilai :

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *