Bakpia Soemadigdo Jogja Ganti Nama Menjadi Bakpia Jogkem?

Bakpia Soemadigdo, merk makanan oleh-oleh khas Jogja yang sedang hits tiba-tiba berganti nama menjadi Bakpia Jogkem (Jogja Kembali). Perubahan itu terjadi pada sekitar bulan November 2018 saat tulisan ini sudah dibuat. Namun karena sesuatu dan lain hal, tulisan ini baru bisa di revisi beberapa waktu berikutnya.

Kami tidak terlalu mengerti falsafah dibalik pergantian nama ini. Yang jelas, menurut beberapa sumber dari kalangan pecinta moge, intisarinya adalah Kembali, Kembali ke track yang benar. Rasa tetap sama, lokasi tetap sama, harga tetap sama. Kembali ke mana? Hanya mereka yang tahu dan biarkanlah menjadi rahasia mereka. Yang perlu kita tahu adalah bakpia ini enak untuk dimakan.

 

Bungkus Baru Bakpia Soemadigdo

Bakpia Jogkem

Bungkus Lama

Bakpia Soemadigdo. @bojo_belioleholehjogja

Update 2020 : Apa Yang Terjadi dengan Bakpia Soemadigdo?

Sewaktu tulisan ini dibuat, Bakpia Soemadigdo hanya ada satu yang beralamatkan di Jl. Ireda dekat parkiran bus wisata Gondomanan. Namun beberapa waktu kemudian sepertinya bukan perubahan yang terjadi melainkan, pemisahan (atau perpecahan?). Kami tidak tahu pasti, karena kami tidak hobi kasak kusuk. Yang jelas, Bakpia Soemadigdo kini berpindah ke tempat lain. Namun yang menarik adalah, ada dua outlet Bakpia Soemadigdo yang kini menjual makanan khas Jogja ini. Apakah mereka satu kesatuan? atau berbeda pengelolaan?

Ada dua outlet Bakpia Soemadigdo. Yang satu berada di Jl. Parangtritis Km 5.5 sementara yang kedua berada di Jl. Tegalturi No 2 Giwangan Yogyakarta. Apakah mereka masih satu perusahaan atau malah bersaing? Itu hal yang menggelitik. Namun andaikata bukan satu manajemen pun tidak masalah. Seperti layaknya Gudeg Yu Djum, yang memiliki banyak cabang namun berdiri sendiri dengan pengelolaan masing-masing. Itu bukan masalah besar bagi pecandu makanan enak dan wisata macam kamu, ya kan?.

Nah untuk memperjelas perbedaan ini, artikelnya akan kami split, supaya anda paham mana yang Bakpia Soemadigdo dan Jogkem. Jangan khawatir, kedua-nya (atau malah ketiga-tiganya) sama-sama menyajikan Bakpia yang enak, lembut, pas di lidah dan tentunya cocok buat oleh-oleh yang dirumah atau di kos-an.

Bakpia Soemadigdo Jogja (Dulunya Bakpia Jogkem)

Yang sering bepergian ke Jogja dan beli oleh-oleh Bakpia pasti pernah mengalami perdebatan dengan para driver dari taxi konvensional, taxi online ataupun rental. Biasanya mereka pasti akan merekomendasikan beli oleh-oleh ke toko X. Nah, Terkadang kita-kita yang sudah paham soal oleh-oleh, pasti menggelengkan kepala dan meminta untuk ke toko oleh-oleh tujuan kita sedari awal. Biasanya mereka (para driver) akan tetap berargumentasi dengan segudang alasan untuk membujuk kita mengikuti arahan mereka. Dan terkadang ada yang nurut, Ada yang nolak.

sumodigdo

Suasana di Lokasi. @bakpiasoemadigdo

Maksud kami begini, Rekomendasi driver ada yang bagus dan ada yang biasa-biasa saja. Nah supaya kalian-kalian tidak salah rekomendasi tentang bakpia. Kami akan bahas salah satu bakpia yang direkomendasikan, baik harganya ataupun rasanya. Soalnya ini penting, bayangin aja, Kalau pulang liburan dari Jogja trus kamu nggak bawa Bakpia itu sama aja kayak murid ke sekolah tapi nggak bawa buku. Kacau kan?

Untuk itu kami rekomendasikan sebuah merk bernama Bapkia ..eit salah, Bakpia Soemadigdo! Udah pernah denger? Kalau udah ya syukur, berarti kamu punya wawasan yang luas. Kalau belum, Kamu harus coba yang satu ini.

Alamat Baru.

Bakpia Soemadigdo itu pertama didirikan tahun…. gak usah dibahas ya, ini bukan pelajaran sejarah. Intinya, ini Bakpia enak dan joss banget. Teksturnya empuk, baunya khas, rasanya mantap, terutama yang original. Apalagi kalo tinggal makan karena udah ada yang bawain. Bagi kamu yang pas ke Jogja atau ada rencana ke Jogja, Kamu harus mampir di Bakpia Soemadigdo.

Lokasinya di tengah kota, parkirnya luas banget, tepatnya di Jl. Ireda, Nomernya berapa, 11 kalo nggak salah (GPS aja lah pasti sampai, lagian udah nggak jaman orang ngapalin nomor bangunan), Kalau jalan besarnya di Jl. Brigjen Katamso Gondomanan, deket Malioboro (ga ada 1 km) Alun-alun utara, Purawisata sama Jogjatronik. Tapi yang jelas kami pernah kesana, Kami pernah merasakan dan menikmatinya. Sungguh nikmat, ngga bo’ong.

Tulisan tersebut adalah tulisan tahun 2018, Sekarang kita update ya. Lokasinya ada dua outlet, yang satu di Jl. Tegalturi No 2 Giwangan sementara yang satunya berada di Jl. Parangtritis Km 5.5. Kamu boleh pilih yang mana saja yang kamu suka. Untuk rasa tak perlu resah, Kami pastikan kalo kamu makan saat lapar, pasti jadi enak sekali.

 

Bakpia jogkem

Open Kitchen Bakpia Soemadigdo. Foto Insta @ndaeuis_gallery

Bakpia Soemadigdo itu merupakan semacam toko yang menjual oleh-oleh khas jogja. Tidak hanya bakpia, di sana ada berbagai macam oleh-oleh khas Jogja lainnya. Kalo kamu orang jogja dan udah bosan makan bakpia, kamu bisa beli jajanan lain yang bervariatif jenisnya. Dan asyiknya, Kamu bisa memastikan Bakpia yang kamu makan itu “fresh from the kitchen“, karena disitu juga bakpia itu dibuat. Istilahnya Open Kitchen. Jadi kamu nggak perlu khawatir, Bakpia yang kamu beli nggak mungkin stok lama. Dijamin Fresh!

 

Bakpia jogkem

Keramaian orang membeli Bakpia Soemadigdo. Foto Insta @ardhybawono

Kenapa Harus Bakpia Soemadigdo?

1. Rasa

Kenapa kami membahas hal ini, Kembali ke alasan awal diatas, Kalau ada driver menyarankan rekomendasi Bakpia Soemadigdo / Bakpia Jogkem, Terima saja, karena driver itu berarti tidak mengada-ada. Rasanya enak dan tidak mengecewakan. Disamping itu, Bakpia ini mempunyai berbagai macam pilihan rasa, dari rasa Kacang Hijau, Cokelat, Keju, dan Kombinasi.

2. Harga

Harga Bakpia ini kurang lebih sama dengan yang lain atau bisa kita sebut kompetitif. Tapi yang pasti ini bukan bakpia ecek-ecek plesetan nomer atau bakpia tembakan. Jadi kalau harganya lebih mahal dikit, worthy lah. Jangan gusar soal harga, setelah menikmatinya kamu akan mengabaikan harganya.

3. Lokasi

Jogja bukan tempat yang luas seperti Gurun Sahara atau Siberia. Jangan takut kesasar kalo nyari lokasi wisata atau toko oleh-oleh. Jika kamu ingin membeli Bakpia ini, Kamu nggak akan kesasar. Outlet Bakpia Soemadigdo yang pertama berada di Jl. Tegalturi No 2, deket dengan Terminal Bus Giwangan, letaknya masih di dalam Ringroad. Sementara yang kedua berada di Jl. Parangtritis Km. 5.5 yang artinya tak jauh-jauh juga dari kota. Driver Grab atau Gojek sudah paham lokasi-lokasi ini, jadi kamu tak perlu khawatir.

4. Open Kitchen

Disini kamu bisa langsung melihat proses pembuatannya, atau bahkan ikut mencoba belajar membuat bakpia. Bakpia yang fresh merupakan jaminan mutu. Untuk apa membeli bakpia buat oleh-oleh jika ternyata sudah terbuat beberapa hari sebelumnya. Menikmati bakpia fresh adalah sebuah keharusan

5. Banyak Pilihan

Bukan hanya bakpia saja yang dijual disini melainkan beragam varian oleh-oleh lainnya. Dari mulai Jenang, Enting-enting, Yangko, Intip, Geplak, hingga berbagai jenis Keripik, dan bermacam-macam makanan basah dan kering untuk oleh-oleh.

6. Fasilitas Komplit

Di toko ini dilengkapi dengan parkiran yang cukup luas. Kalo pengen ke toilet juga sudah disediakan, berikut mushola jika kamu hendak beribadah karena takut dosa-dosamu tak terampuni.

Harga Bakpia Soemadigdo

Pengen nyoba semuanya? Kalau ndak salah, di Open Kitchen nya kamu boleh icip-icip. Oh iya lupa, Untuk harganya, ada bervariasi jumlah dan rasa. Kisaran 25.000 sampai 35.000 untuk yang isi 15. Masih murah kok, Kalo di Jogja mah segalanya murah. Belilah untuk sodara-sodara atau tetangga di kampung, biar mereka ikut merasakan enaknya bakpia ini. Kamu akan dapat pahala karena membahagiakan mereka.

 

Bakpia Soemadigdo Jogja

Tampak depan Toko. Foto Insta @kakmoon_hidayahabidin

Akses ke Lokasi Outlet.

Semoga kamu nggak ribut lagi sama driver soal kemana membeli oleh-oleh yang pas dan enak buat menyenangkan orang sekitarmu. Untuk mencapai Bakpia Soemadigdo, Kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil hingga bus kapasitas 50 orang.

Jika kamu datang dari luar kota dan belum ada transportasi di Jogja, kamu bisa hubungi rental mobil di Jogja yang drivernya nurut dan tidak ngeyel. Lantas kamu arahkan drivernya ke daerah Giwangan atau Ringroad Selatan (biasanya para driver sudah tahu). Kalau dia masih ngeyel ada yang enak dari Bakpia ini, biarkan saja dia berbuih. Memakai transportasi umum seperti taxi online atau konvensional juga bisa, karena driver-driver wisata pasti sudah hafal tempatnya.

Biasanya orang datang kesini setelah menikmati liburan di Jogja dengan mengunjungi Kraton, Tamansari, Pasar Beringharjo, Gembiraloka Zoo, Museum Demata, Sindu Edupark, Upside Down World, Pantai Parangtritis dan lain sebagainya

Gallery Foto.

Berikut kumpulan foto-foto dari instagram, silahkan klik untuk melihat Galeri Bakpia Soemadigdo. Namun satu hal, dengan cuma melihat dan tidak merasakan, kamu nggak akan bisa dapat feel dari Bakpia ini. Kami jamin!

Peta Lokasi & Informasi pendukung di Bakpia Soemadigdo Jogja

Jenis Lokasi Toko Oleh-oleh Khas Jogja
Item Bakpia, Yangko, Geplak, Jenang, dll
Varian Bakpia Kacang Hijau, Keju, Cokelat, dll
Penginapan Terdekat Banyak
Fasilitas Mushola, Toilet, Parkir luas
Tarif Parkir 2K
Area Parkir Luas
Tarif Parkir Bus 5-15K/mobil. 15-30K/bus
Jam buka 08:00-21:00
Jarak Tempuh +/- 15 menit
Buat Balita OK
Peta Lokasi / Map -7.8258608,110.3772864 & -7.843869,109.8019711

Berikan Komentarmu tentang Bakpia Soemadigdo.

Review Overview
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan
SUMMARY

Bakpia Soemadigdo adalah salah satu oleh-oleh yang patut anda beli untuk orang-orang di rumah. Bakpia ini adalah bakpia yang benar-benar fresh from the oven.

4.4

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *