Tubing Gua Kalisuci Gunungkidul Jogja

Share

Tubing Gua Kalisuci Gunungkidul

Tubing Gua Kalisuci merupakan Wisata menyusuri di sungai bawah tanah yang berada di dalam sebuah gua nan cantik di Gunungkidul.  Wisata Tubing kini menjadi alternatif selain wisata selfie dan sightseing lainnya. Terus terang kami suka bingung ketika ditanya oleh para wisatawan luar Jogja yang mau mengunjungi destinasi wisata di Jogja yang keren, kekinian, viral dan instagramable. Bingung bukan karena gak ada, tapi pilihannya yang sangat banyak. Ada wisata pantai, wisata perbukitan, wisata sejarah, wisata budaya, wisata anak, dan berbagai jenis wisata lainnya termasuk wisata malam kesukaan para kaum adam.

Tubing Gua Kalisuci

Tubing di Gua Kalisuci. Foto Ig @luhur_budiono46

Tapi kali ini akan kami pilihkan satu tempat wisata petualangan yang tidak akan membuatmu kecewa. Tubing Gua Kalisuci namanya, Sebuah tempat wisata yang merupakan warisan alam semesta, yang dikelola dengan baik dan kreatif sehingga dapat membuat obyek wisata ini menjadi pilihan destinasi wisata adventure yang tidak akan kalian lupakan.

Tubing Gua Kalisuci

Keindahan Gua Kalisuci. Foto Ig : @kalisuci_galery

Gua Kalisuci merupakan sebuah tempat yang unik, disana terdapat sebuah sungai bawah tanah yang muncul ke permukaan melalui Gua. Letaknya di Dusun Jetis, Desa Pacarejo, Kec. Semanu, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta. Gak jauh kok, tenang aja. Disana kamu dapat melakukan dua hal sekaligus yaitu, Tubing dan Rafting.

Apa sih Tubing dan Rafting itu?

Tubing atau Cave Tubing adalah semacam petualangan menyusuri aliran air (sungai bawah tanah) di dalam Gua menggunakan Ban, karena kedalaman sungainya ada yang dalam dan ada yang dangkal. Kalo cetek semua, gak perlu pake tube kan. Lalu, Body Rafting, yang juga semacam petualangan menyusuri jeram sungai dengan menggunakan ban tapi gak pake perahu. Hampir sama-lah definisinya, intinya kayak gitu, ngga bingung kan? Intinya penjelasan kami gak copy paste dari website lain ajalah. Soal definisi gampanglah, urusan belakangan, Kami hanya ingin jelaskan bahwa yang namanya Cave Tubing dan Body Rafting di Kalisuci itu asik, karena:

Wisata Tubing Gua Kalisuci

Pintu Masuk Kawasan Wisata Kalisuci. Foto Ig @teguhsalatiga

1. Pemandangan Indah di sekitar dan didalam Goa Kalisuci

Pertama yang akan anda lihat saat memasuki Wisata Kalisuci adalah pemandangan alam yang sangat eksotis, Pegunungan Karst yang dibalut pepohonan hijau akan membuat matamu merasa segar, udara yang bersih juga akan membuat nafasmu lebih panjang. Jernihnya air sungai juga akan membuatmu tak merasa risih untuk masuk ke sungai bermain air. Saat penelurusan didalam Gua, Kamu akan disajikan indahnya Stalagtit yang berada diatas langit-langit Gua. Didalam Gua, Kamu juga akan menemukan Gua-gua kecil lainya seperti Gua Suci, Gua Luweng Senglat, Gua Geleng, dan Gua Buri Omah.

Kalisuci Cave

Asyiknya bermain Tubing di Kalisuci. Foto Ig @aminrahmadi

 

2. Petualangan Tubing/Rafting yang menyenangkan.

Jika kamu sering main ban (tubing) di Waterpark, terasa menyenangkan bukan? Namun bila dibandingkan dengan bermain ban di Gua Kalisuci, akan terasa jauh lebih exciting. Karena kamu akan berpetualang mengikuti arus deras air sungai, menyusuri goa, lalu terhempas jeram dan batu-batuan di sekitarmu, terlebih lagi jika itu dilakukan bebarengan dengan teman-teman atau keluargamu. Sungguh petualangan ini akan menjadikan pengalaman yang menyenangkan dalam hidupmu. Kombinasi keduanya tidak bisa diingkari merupakan perpaduan yang istimewa persembahan alam Kalisuci.

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat kamu ingin berpetualang di Tubing Gua Kalisuci, misalnya Kamu harus sehat walafiat dan sedang tidak terserang penyakit, lalu Kamu harus kuat menaiki dan menuruni anak tangga yang lumayan curam, Kamu juga harus siapkan segala sesuatunya seperti baju ganti, minyak angin, tolak angin, kosmetika, dan lain-lain.

Kalisuci Cave

Berani terhempas Jeram di Kalisuci? Foto ig @kalisucicavetubing

Safety dan Akses di Goa Kalisuci

Kamu juga harus perhatikan musim saat ingin menuju kesana, karena saat musim hujan tiba, tempat wisata ini bisa ditutup apabila membahayakan para wisatawan. Dikala musim penghujan, air sungai bawah tanah tersebut dapat meluap dan menutupi Gua.

Untuk kelengkapan dan keamanan saat bermain Tubing di Gua Kalisuci, Pihak pengelola sudah menyiapkan segalanya dari mulai Ban, Pelampung, Helm, Pelindung Siku, Sendal Gunung dan Informasi mengenai Sejarah dan seluk beluk Kalisuci. Kamu tinggal dateng, sewa, trus byur, berpetualang masuk Gua.

Untuk mencapai Wisata Gua Kalisuci Jogja, Kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika kamu malas naik sepeda karena takut kemaleman pulangnya trus pagar kost udah dikunci, Kamu bisa cari persewaan mobil di Jogja yang berlimpah dan berharga murah. Tour wisata adventure di Semanu Gunungkidul ini akan membuatmu basah kuyup dan bersemangat dalam melanjutkan hidup.

Galeri Goa Kalisuci

Lihat galeri Goa Kalisuci untuk melihat gambar lainnya.

Harga, Tarif sewa dan Informasi pendukung Tubing Gua Kalisuci Jogja

Jenis LokasiGua, Sungai Bawah tanah
WahanaCave Tubing, Rafting
FasilitasToilet, Mushola, Pemandu Lokal, Asuransi, Kuliner
Penginapan TerdekatAda
Tarif Masuk5-10K
Tarif Cave Tubing/Rafting Tenda65.000-75.000/org Min 5 Orang (termasuk makan dan asuransi)
Area ParkirLuas
Tarif Parkir5-10K/mobil. 15-30K/bus
Jam buka08.00-16.00
Jarak Tempuh+/- 2 jam
Buat BalitaNo
Trip KesiniAda

Peta Lokasi Goa Kalisuci :

Berikan Penilaian untuk artikel ini!

Klik pada bintang untuk menilai!

Nilai Rata-rata / 5. Jumlah Penilai :

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *