Tubing Gua Kalisuci Gunungkidul Jogja

Share

Cave Tubing Gua Kalisuci Gunungkidul

Tubing Gua Kalisuci merupakan Wisata menyusuri di sungai bawah tanah yang berada di dalam sebuah gua nan cantik di Gunungkidul.  Wisata Tubing kini menjadi alternatif selain wisata selfie dan sightseeing lainnya. Terus terang kami suka bingung ketika ditanya oleh para wisatawan luar Jogja yang mau mengunjungi destinasi wisata di Jogja yang keren, kekinian, viral dan instagramable. Bingung bukan karena gak ada, tapi pilihannya yang sangat banyak.

Di Jogja terdapat banyak tujuan wisata. Ada wisata pantai, wisata perbukitan, wisata sejarah, wisata budaya, wisata anak, dan berbagai jenis wisata lainnya termasuk wisata malam kesukaan para kaum adam.

 

Tubing Goa Kalisuci

Tubing di Goa kalisuci. ig @liazakiyyah

Tapi kali ini akan kami pilihkan satu tempat wisata petualangan yang tidak akan membuatmu kecewa. Tubing Gua Kalisuci namanya, Sebuah tempat wisata yang merupakan warisan alam semesta, yang dikelola dengan baik dan kreatif sehingga dapat membuat obyek wisata ini menjadi pilihan destinasi wisata adventure yang tidak akan kalian lupakan.

Gua Kalisuci merupakan sebuah tempat yang unik, disana terdapat sebuah sungai bawah tanah yang muncul ke permukaan melalui Gua. Letaknya di Dusun Jetis, Desa Pacarejo, Kec. Semanu, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta. Gak jauh kok, tenang aja. Disana kamu dapat melakukan dua hal sekaligus yaitu, Tubing dan Rafting.

Apa sih Tubing dan Rafting itu?

Tubing atau Cave Tubing adalah semacam petualangan menyusuri aliran air (sungai bawah tanah) di dalam Gua menggunakan Ban. Mengapa Ban?  Karena kedalaman sungainya ada yang dalam dan ada yang dangkal. Kalo cetek semua, gak perlu pake tube kan. Lalu, Body Rafting, yang juga semacam petualangan menyusuri jeram sungai dengan menggunakan ban tapi gak pake perahu. Hampir sama-lah definisinya, intinya kayak gitu, ngga bingung kan? Intinya penjelasan kami gak copy paste dari website lain ajalah.

Having Fun Tubing Goa Kalisuci.

Soal definisi gampanglah, urusan belakangan, Kami hanya ingin jelaskan bahwa yang namanya Cave Tubing dan Body Rafting di Kalisuci itu asik, karena:

 

gua kalisuci jogja

Tubing di Gua Kalisuci. Foto Ig @luhur_budiono46

1. Pemandangan Indah di sekitar dan didalam Goa Kalisuci

Pertama yang akan anda lihat saat memasuki Wisata Kalisuci adalah pemandangan alam yang sangat eksotis, Pegunungan Karst yang dibalut pepohonan hijau akan membuat matamu merasa segar, udara yang bersih juga akan membuat nafasmu lebih panjang. Jernihnya air sungai juga akan membuatmu tak merasa risih untuk masuk ke sungai bermain air. Saat penelurusan di dalam Gua, Kamu akan disajikan indahnya Stalagtit yang berada diatas langit-langit Gua. Didalam Gua, Kamu juga akan menemukan Gua-gua kecil lainya seperti Gua Suci, Gua Luweng Senglat, Gua Geleng, dan Gua Buri Omah.

 

Goa Kali suci

Asyiknya bermain Tubing di Kalisuci. Foto Ig @aminrahmadi

Sebenarnya secara umum warna air sungai bawah tanah di Goa Kalisuci adalah Hijau yang merupakan kombinasi lumut dengan bebatuan dasar sungai yang Kuning atau Coklat. Jika ada foto yang air sungai yang berwarna biru, kamu udah tau sendiri ya itu jelas editan. Sedangkan warna hijau di dalam goa banyak didominasi oleh lumut atau tumbuhan yang dapat hidup di bebatuan.

Untuk mendapatkan pemandangan hijau yang sempurna baik interior maupun eksteriornya, maka kamu harus kesini pada saat musim penghujan namun dengan kemungkinan resiko goa meluap. Jika musim kemarau, Sudah pasti nuansa gersang akan memberi pengaruh kepada alam Gunungkidul.

2. Petualangan Tubing/Rafting yang menyenangkan.

Jika kamu sering main ban (tubing) di Waterpark, terasa menyenangkan bukan? Namun bila dibandingkan dengan bermain ban di Gua Kalisuci, akan terasa jauh lebih exciting. Karena kamu akan berpetualang mengikuti arus deras air sungai, menyusuri goa, lalu terhempas jeram dan batu-batuan di sekitarmu, terlebih lagi jika itu dilakukan bebarengan dengan teman-teman atau keluargamu. Sungguh petualangan ini akan menjadikan pengalaman yang menyenangkan dalam hidupmu. Kombinasi keduanya tidak bisa diingkari merupakan perpaduan yang istimewa persembahan alam Kalisuci.

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat kamu ingin berpetualang di Tubing Gua Kalisuci, misalnya Kamu harus sehat walafiat dan sedang tidak terserang penyakit, lalu Kamu harus kuat menaiki dan menuruni anak tangga yang lumayan curam. Kamu juga harus siapkan segala sesuatunya seperti baju ganti, minyak angin, tolak angin, kosmetika, dan lain-lain.

 

Tubing Gua Kalisuci

Berani terhempas Jeram di Kalisuci? Foto ig @kalisucicavetubing

Keamanan Cave Tubing Goa Kalisuci.

Kamu juga harus perhatikan musim saat ingin menuju kesana, karena saat musim hujan tiba, tempat wisata ini bisa ditutup apabila membahayakan para wisatawan. Di kala musim penghujan, air sungai bawah tanah tersebut dapat meluap dan menutupi Gua. Namun jika datangnya pas musim kemarau panjang, air didalam goa juga tidak terlalu besar arusnya. Maka dari itu carilah momentum yang tepat untuk pergi kesini.

 

Tubing Gua Kalisuci

Keindahan Gua Kalisuci. Foto Ig : @kalisuci_galery

Untuk kelengkapan dan keamanan saat bermain Tubing di Gua Kalisuci, Pihak pengelola sudah menyiapkan segalanya dari mulai Ban, Pelampung, Helm, Pelindung Siku, Sendal Gunung dan Informasi mengenai sejarah dan seluk beluk Kalisuci. Kamu tinggal dateng, sewa, trus byur, berpetualang masuk Gua.

Tips Adventure Cave Tubing Goa Kalisuci Jogja.

  • Kamu harus sehat lahir batin untuk ikutan cave tubing di sini. Jangan sampai kamu dalam keadaan sakit atau stress, itu berbahaya buat kelangsungan hidupmu.
  • Karena di Goa ini tidak terlalu gelap, kamu tak perlu dilengkapi dengan Headlamp, tapi kamu harus patuh pada peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemandu.
  • Memakai sendal gunung adalah pilihan yang paling tepat, meski tidak memakai sandal pun tak apa. Disini  kamu tak perlu menginjak dasar sungai.
  • Kamu diwajikan memakai helm, pengaman siku, body protect atau rompi, agar supaya kamu tidak tenggelam ke dasar sungai. Kedalaman sungai bervariasi, untuk amannya kamu harus ikuti standar aturan yang ada.
  • Aktifitas susur gua ini boleh kami bilang relatif aman dan tidak terlalu ekstrim. Kamu tak butuh keahlian tertentu, yang penting pantatmu muat di ban tersebut.
  • Usahakan memakai pakaian casual atau sporty agar kamu nyaman berpetualan. Jangan pakai pakaian adat atau seragam Korpri, nanti dimarahi atasanmu.

Akses dan Galeri Cave Tubing Goa Kalisuci.

Untuk mencapai Wisata Gua Kalisuci Jogja, Kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika kamu malas naik sepeda karena takut kemaleman pulangnya, trus pagar kost udah dikunci. Kamu bisa cari persewaan mobil di Jogja berharga murah dan mau mengantarmu dengan selamat disini hingga pulang ke kos. Tour wisata adventure di Semanu Gunungkidul ini akan membuatmu basah kuyup dan bersemangat dalam melanjutkan hidup.

 

kawasan wisata Kali suci

Pintu Masuk Kawasan Wisata Kalisuci. Foto Ig @teguhsalatiga

Jangan lupa untuk melihat Galeri Goa Kalisuci supaya kamu punya gambaran mengenai asyiknya petualangan susur sungai ini dan juga kami berharap kamu segera menyusun waktu untuk pergi kesini. Akan lebih berkesan lagi apabila kamu kesini bersama teman kongkow-mu sehari-hari. Petualangan susur sungai bawah tanah ini bakalan bikin kenangan yang indah dan timeline yang riuh.

Jika kamu masih belum puas berpetualang susur goa setelah dari sini, kamu masih bisa mencoba beberapa goalain yang menantimu untuk berpetualang disana seperti :

Kamu juga bisa mengunjungi pantai Goa Cemara, bila tak suka kegelapan goa. Jogja memang mempunyai banyak gua untuk dijelajahi, asal jangan menjelajahi gue, gue udah ada yang punye.

Harga Tiket, Tarif sewa dan Informasi Tubing Gua Kalisuci Jogja.

Jenis LokasiGua, Sungai Bawah tanah
WahanaCave Tubing, Rafting
FasilitasToilet, Mushola, Pemandu Lokal, Asuransi, Kuliner
Penginapan TerdekatAda
Tarif Masuk5-10K
Tarif Cave Tubing/Rafting Tenda65.000-75.000/org Min 5 Orang (termasuk makan dan asuransi)
Area ParkirLuas
Tarif Parkir5-10K/mobil. 15-30K/bus
Jam buka08.00-16.00
Jarak Tempuh+/- 2 jam
Buat BalitaNo
Trip KesiniAda
Peta Lokasi / Map-8.0097303,110.6389727

Beri Penilaianmu mengenai Goa Kalisuci.

Review Overview
4.23
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×