Gunung Api Purba Nglanggeran Jogja

Share
Gunung Api Purba Nglanggeran
Pemandangan dari Puncak Nglanggeran. Foto ig : @simsafiah

Gunung Api Purba Nglanggeran

Bagi kamu-kamu yang hobi hiking atau panjat memanjat atau naik gunung, nih ada satu tempat yang keren buat kamu, namanya Gunung Api Purba Nglanggeran. Meskipun ketinggiannya cuma 700an meter, namun ada keasikan tersendiri jika kamu bisa datang kesana dan sampai ke puncaknya. Di Gunung yang katanya terletak di kawasan Karst ini, pemandangannya betul-betul keren.
Jadi meskipun mungkin ketinggiannya gak level buat para pendaki gunung atau anak-anak mapala, setidaknya, jika kamu sudah sampai ke puncaknya, kamu sudah naik gunung. Meskipun aslinya gunung itu hanyalah batu andesit yang super gede dan usianya diperkirankan mencapai 60 juta tahun, makanya dinamakan Gunung Api Purba. Gunung ini mempunyai keterkaitan dengan batuan yang berada di Tebing Breksi.  

Kenapa harus ke Gunung Api Purba Nglanggeran?

Kenapa kamu harus kesini? Ada banyak alasan yang membuat kamu harus kesini. Yang pertama adalah Keindahan panorama di puncaknya. Pemandangan saat kamu berada di atas di Gunung Api Purba Nglanggeran sungguh eksotis. Hamparan bukit hijau yang mengelilingi akan membuatmu terasa fresh. Udara yang segar disana, tak akan membuatmu sumuk atau kegerahan seperti saat di kos-kosanmu yang ber-atap asbes.

Saat pagi atau sore hari, kamu bisa mendapatkan momen yang sangat monumental, yaitu Golden Sunrise. Karena letaknya yang tinggi, maka saat berada di Gunung Api Purba Nglanggeran kamu bisa mendapatkan momen sunrise itu dengan sempurna. Ketika malam tiba, kamu tidak akan ingat kegalauanmu, karena taburan bintang-bintang diangkasa, akan membuatmu takjub. Dan kalau bisa nih, kalau bisa ya, petiklah bintang itu, lalu simpan, karena cahayanya terang untuk memberikanmu perlindungan dan juga sebagai jawaban dari semua tantangan (So7).

 

Gunung Api Purba Nglanggeran
Embung Nglanggeran. foto ig : @adi_mrizal

Gunung Api Purba Nglanggeran : Terdapat Embung yang sangat menawan

Yang kedua, Disana ada Embung Nglanggeran, Sebuah tempat penyimpanan air yang digunakan untuk mengairi perkebunan buah-buahan. Nah kalo disini, Kamu bisa mendapatkan sunset yang indah tanpa harus susah-susah naik-naik ke puncak gunung, karena tinggi-tinggi sekali. Embung ini sederhana saja bentuknya dan mini ukurannya, namun demikian ukuran bukan jadi masalah karena saat kamu berada di embung tersebut,  justru kamu bisa meringkas embung tersebut dalam sebuah bingkai foto sebagai latar belakang.

Dan akan lebih perfect lagi jika kamu bisa mengkombinasikannya dengan keindahan Sunset yang datang pada sore hari. Embung ini memang ada ikannya, tapi jangan bawa jaring atau alat tangkap ikan ya, malu-maluin aja. Dan jangan lupa, Kamu sebaiknya datang kesini pada saat musim penghujan. Karena pada saat musim sering hujan, air embungnya bisa penuh maksimal, berbeda dengan saat kemarau panjang, airnya mungkin surut drastis.

Gunung Api Purba Nglanggeran
Air Terjun Kedung Kandang. foto ig : @fajarnasution

Di Gunung Api Purba Nglanggeran : Ada Air Terjun Kedung Kandang

Yang ketiga, disebelah baratnya, tidak terlalu jauh, ada air terjun kecil namanya Kedung Kandang. Sekali lagi ngga usah ngeyel, size doesn’t matter, meskipun kecil, air terjun musiman ini tampilannya sangat keren. Debit airnya melimpah saat musim penghujan, Nah pada saat itulah pemandangan terbaik air terjun kedung kandang muncul. Untuk bisa menikmati air terjun, seperti biasanya, kamu harus trekking menuruni bukit untuk bisa melihat keindahannya secara sempurna. Jangan takut jatuh dan kotor, karena kotor itu baik, kata iklan deterjen. 
Dengan pemandangan perbukitan yang indah, Embung yang keren dan juga Air terjun yang eksotis, Nglanggeran menjadi tempat yang cocok buat destinasi wisata kumpul-kumpul, seperti nyepeda bareng, Gathering klub, atau bahkan Camping. Kamu bisa Camping di atas Gunung Api Purba Nglanggeran, meskipun tidak tepat pada puncaknya.
Dan jangan khawatir, Gunung ini jinak kok, karena sudah ditetapkan bahwa gunung ini pergerakan magmanya tidak aktif. Kamu juga bisa menikmati view panorama Nglanggeran dari 3 gardu pandang yang ada. Tunggu apalagi? Dari pada  kamu ngelamun ngga jelas nungguin dosen pembimbing yang jarang datang ke kampus, mending kamu piknik aja ke Gunung Api Purba Nglanggeran. 

Informasi pendukung di Gunung Api Purba Nglanggeran

Jenis Lokasi Perbukitan, Pegunungan, Embung, Air Terjun
Wahana Trekking, Hiking, Camping Ground, Gardu Pandang
Fasilitas Warung Makan, Toilet, Mushola, Ruang Pertemuan
Penginapan Homestay
Tarif Masuk Gunung api Purba : 15.000-20.000
Tarif Masuk Embung : 8.000-15.000, Air Terjun : 10.000-15.000
Area Parkir Cukup
Tarif Parkir 2-5K/motor, 5-10k/mobil.
Jam buka Fleksibel
Jarak Tempuh +/- 2 jam
Buat Balita No
Untuk mencapai Gunung Api Purba, Embung dan Air Terjun Kedung Kandang di Nglanggeran, Kec Patuk Kab Gunungkidul ini, Kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika kamu lagi malas nyetir karena sim A-mu udah ga berlaku lagi, Mendingan kamu cari rental mobil di jogja yang berkualitas dan paham arah jalan. Tour ekowisata di Nglanggeran, Patuk Gunungkidul ini tidak akan membuatmu kecewa, Tenan! 

Peta Lokasi :

[Total: 1    Average: 5/5]

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *