Batu Bergoyang di Watu Goyang Mangunan Jogja

Share

Watu Goyang Mangunan Jogja

Watu Goyang Mangunan Jogja adalah Satu dari sejumlah destinasi wisata pesona alam di kawasan Dlingo, Bantul. Jika Anda pernah ke Kebun Buah Mangunan atau Hutan Pinus Asri Mangunan, Watu Goyang Manunan wajib pula dikunjungi karena lokasinya tidak terlalu jauh dari kedua tempat wisata tersebut. Udara segar terasa begitu kita menginjakan kaki disana, hawa panas hampir tidak terasa, angin yang bertiup membikin fresh tubuh kita.

 

Watu Goyang Mangunan

Watu Goyang Mangunan. Foto Ig : @yunishamanta

Tapi saat mau kesini, Kamu harus persiapkan fisikmu terlebih dahulu karena ini adalah wisata trekking, kamu harus jalan kaki menuju ke atas terlebih dahulu jika ingin menikmati pemandangan bentang alam Mangunan yang indah di sisi timur-selatan Yogyakarta ini. Jangan lupa, Berpakaianlah yang sporty dan longgar agar kamu tidak sesak nafas ketika sampai keatas.

Pada pagi atau sore hari terkadang kabut turun menyelimuti hamparan pepohonan hijau, membuat hati makin takjub dengan keindahan alam ciptaan yang kuasa. Siapkan segera kameramu untuk menyambut momen kabut yang datang. Biasanya kabut datang hanya di pagi dan sore hari. Itupun pada waktu-waktu tertentu. Tidak setiap hari kabut turun. Perbukitan disini terkadang terlihat gersang apabila musim kemarau, namun akan terlihat indah menghijau saat musim penghujan. Begitulah Mangunan, mempunyai dua sisi yang sangat menarik.

Batu yang bisa bergoyang di Mangunan Jogja.

Spot wisata ini dapat dicapai setelah berjalan sekitar 10 menit dari parkiran. Di Puncaknya, dua batu besar bertumpuk yang bisa bergoyang jika didorong. Dari sinilah nama Watu Goyang diambil, yang dalam bahasa Jawa berarti “Batu yang bergoyang”. Bebatuan itu sudah berumur ratusan ribu tahun. Meskipun batu itu dapat bergoyang-goyang, dia tidak akan menggelinding jatuh. Bahaya banget kalo jatuh.

 

Watu Goyang

Ini dia batu yang bergoyang. Ig @keysya_azizzah

Bangunan Makam Raja-raja Imogiri dapat dilihat dari sini. Karena menghadap ke barat, sore hari waktu terbaik datang ke Watu Goyang. Pengelola menyediakan beberapa gardu pandang dan gazebo untuk bersantai sembari melihat hijaunya perbukitan daerah Imogiri, Bantul. Gardu pandang berbentuk helikopter merupakan spot yang paling favorit di sini meskipun ada beberapa lainnya yang tak kalah bagusnya.

 

Watu Goyang Mangunan

Gardu Pandang Helikopter di Watu Goyang Mangunan. Foto Ig : @naning_kenna

Tempat wisata seperti perbukitan seperti watu goyang ini biasanya ada spot-spot selfie yang akan diperbarui setiap beberapa waktu. Mungkin ketika tulisan ini di release, wahana selfie yang ada sudah bertambah atau berubah. Jadi selalu update gaes mengenai kabar wisata ya, biar nggak ketinggalan.

Sunset di Watu goyang Mangunan Jogja.

Di bukit berbatu ini, Kamu bisa menemukan sesuatu yang indah pada sore hari yaitu pada saat mentari tenggelam. Semburat kemerahan akan muncul menghiasi langit. Saat itulah saat yang tepat untuk segera menempatkan diri pada spot yang menurutmu bagus untuk diambil fotonya. Karena sunset tidak berjalan lama, kamu harus efektif mengambil momentum tersebut. Sunset disini banyak penggemarnya, terkadang kamu harus antri untuk bisa mendapatkannya.

 

Sunset Watugoyang

Sunset di Watu Goyang. ig @debrianacynthiaputrii

Menikmati Malam di Watugoyang.

Jika kamu sepulang berwisata dari Goa Cerme atau Makam Imogiri, kamu bisa mampir kesini untuk menikmati wisata malam yang cukup sayang untuk dilewatkan. Dengan berpose di sebuah spot, kamu bisa mendapatkan amazing background untuk fotomu. Temaram cahaya lampu dari daerah Imogiri dan sekitarnya mampu membuat malammu menjadi waktu yang pas untuk mengambil gambar.

 

wisata malam jogja

Temaram cahaya di Watu Goyang. ig @syarifjhon9

Suasana yang sepi dan pancaran cahaya yang muncul bisa menjadi setting yang cukup romantis buat kalian yang sedang dimabuk asmara. Tapi tolong jangan bikin “mobil bergoyang” di Watugoyang, nanti kamu bisa digerebek pak polisi.

Akses Ke Watu Goyang

Watu Goyang terletak di Dusun Cempluk, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Kamu dapat mengaksesnya menggunakan transportasi pribadi atau jasa wisata, karena susah mencari transportasi umum yang representatif menuju kesini. Jalan menuju lokasi tidak terlalu lebar dan agak sedikit menanjak. Kamu akan bertemu dengan beberapa truk dan mobil pengangkut ternak ayam. Watugoyang ini tepatnya berlokasi di jalan menuju Mangunan dari Imogiri, atau bisa sebaliknya.

 

Watu Goyang Mangunan

Pemandangan Alam dari Watu Goyang. Foto Ig : @luludamaraa

Saat ingin kesini, kami berharap kamu tidak menggunakan angkutan klasik seperti becak atau andong. Kami menyarankan mendingan kamu menghubungi Rental mobil di Jogja yang harganya bisa ditawar dan mau mengantarmu ke lokasi. Tour wisata di Kawasan bentangan karst ini tidak akan membuatmu kecewa, apalagi jika kamu bersamanya…. emang punya?

Harga Tiket, Peta Lokasi & Informasi lain di Watu Goyang Mangunan Jogja

Jenis LokasiPerbukitan
WahanaTrekking, Gazebo, Gardu Pandang, Sunset
FasilitasToilet, Mushola, Parkir, Warung Makan
PenginapanAda
Tarif Masuk10-15K
Tarif Photo5-10K
Area ParkirLuas
Tarif Parkir5-10K/mobil. 15-30K/bus
Jam buka06.00-22.00 fleksibel
Jarak Tempuh+/- 2 jam
Buat BalitaFair
Peta Lokasi / Map-7.9350798,110.409142

Beri Penilaianmu tentang Bukit Watu Goyang.

Review Overview
4.15
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×