Sindu Kusuma Edupark Jogja yang Ramah Anak

Share

Sindu Kusuma Edupark Jogja

Sebuah taman rekreasi di daerah Jambon kabupaten Sleman, dimana Sindu Kusuma Edupark atau bisanya disingkat SKE menghadirkan wahana bermain yang ramah anak. Kata Edupark berarti lebih menonjolkan education tentu saja. Jika bermain kesini tentu akan menemui beberapa wahana yang lebih pas untuk dinikmati oleh anak-anak tetapi jikalau orang dewasa mau ikutan pun ya ga masalah, yang penting beli tiketnya.

Wahana di Sindu Edupark

Ada banyak wahana yang ditawarkan disini. Rata-rata wahananya dikhususkan untuk anak-anak. Meski demikian ada sejumlah wahana yang dibuat untuk mengakomodasi pengunjung dewasa. Beberapa nama wahana-nya di-konversi dan disesuaikan dengan bahasa lokal tempat SKE berada yaitu di Yogyakarta.

Bianglala / Cakra Manggilingan

Bianglala atau dalam bahasa Inggris disebut Great Wheels, Kalo disini disebut Cakra Manggilingan. Yaitu sebuah roda putar raksasa dimana penumpangnya dapat menaiki roda tersebut dalam kapsul yang berputar sesuai diameter roda tersebut. Ketinggian nya mencapai 48 meter dari permukaan tanah. Sementara dibawahnya terdapat kolam.

 

Bianglala SKE

Memandang Jogja dari Bianglala. ig @trisa_mayangsari2

Saat menaiki Bianglala tersebut di siang hari, kamu dapat melihat landscape kota Jogja dengan jelas. Sedangkan jika kamu menaikinya malam hari, kamu juga dapat melihat landscape malam hari Jogja yang penuh cahaya lampu. Meskipun bianglala ini bergerak pelan, namun kamu perlu mengukur phobia ketinggianmu. Banyak wisatawan yang merasa mabuk saat berada di titik ketinggian paling atas. Untuk menaiki Cakra Manggilingan ini hanya terbatas 4 orang per kapsul.

Pit Egrang

Lalu ada Pit Egrang, yang sebenarnya sering kita kenal dengan sebutan Hover Board. Dengan Pit Egrang kita bisa berputar-putar mengitari taman SKE yang cukup luas. Namun di Sindu Edupark juga disediakan Egrang dalam bentuk aslinya yang terbuat dari bambu. Anak milenial macam kamu, mungkin belum pernah melihat atau menggunakan Egrang tersebut. Kamu musti coba untuk memastikan apakah kamu punya keseimbangan yang mantap untuk berjalan-jalan dengan Egrang (Sayangnya gak nemu fotonya).

 

Pit Egrang

Berkeliling dengan Pit Egrang. ig @astrinityas92

Montor Tumbur.

Ada wahana permainan Montor Tumbur (Bom Bom Car) yang bisa dimainkan bareng-bareng keluarga atau rombongan. Wahana permainan yang sebenarnya sudah cukup lama eksis ini masih menjadi favorit anak-anak. 1 tiket terusan biasanya dapat digunakan untuk dua kali naik. Wahana Montor Tumbur ini bisa dimainkan kapan saja tidak perlu menunggu malam hari. Naik bom-bom car selalu akan mendatangkan suasana gembira.

Light Festival

Kalau malam tiba, maka bagian paling belakang dari SKE akan menjadi tujuan para wisatawan. Disaat itulah lampu-lampu dari LightFest mulai dinyalakan. LightFest gak mungkin terselenggara pada siang bolong. Light Festival ini banyak disukai oleh orang dewasa maupun anak-anak, Terutama kalian-kalian penggila selfie. Kurang lebih ada 20 spot berbeda-beda dengan tema yang sangat menarik. Tempat ini akan menjadi sangat-sangat romantis buatmu, kalau anakmu nggak nangis.

 

Light Festival SKE

LightFest yang sangat romanti. ig @man_unyil

Sindu Kusuma Waterpark

Saat tulisan ini pertama dibuat di tahun 2018, Belum ada kolam renang / waterpark disana. Pun ketika Kami berkunjung membawa rombongan wisata dari Jakarta di awal tahun 2019. Namun saat itu kami sudah diberitahu oleh marketingnya bahwa akan dibangun Waterpark disini. Pada bulan Maret 2019, Kami melihat pembangunan kolam tersebut sudah dikerjakan.

 

Sindu Kusuma Waterpark

Sindu Kusuma Waterpark. ig @sindukusumawaterpark

Kini, pengunjung dapat menikmati wahana baru yang bernama Sindu Kusuma Waterpark. Sebuah waterpark lengkap dengan beberapa fasilitas seperti Slider, Waterblast, dan Tubing. Namun tidak disediakan kolam dewasa disini (standar kolam renang). Pada hari libur biasanya kolam ini penuh dengan pengunjung hingga mirip es cendol.

Kursi Mabur

Salah satu wahana yang cukup menegangkan adalah wahana Kursi Mabur (Tornado). Biasanya anak-anak suka ada yang tertantang untuk naik. Namun ketika wahana itu dijalankan, akan terdengar teriakan-teriakan minta berhenti dari anak-anak yang takut. Biasanya akan ada kejadian ibu-ibu meminta petugas jaga-nya untuk memberhentikan wahana tersebut. Yang menegangkan tentu bukan kursi maburnya, melainkan interaksi menjurus paksaan antara ibu-ibu itu dengan petugas, Hehe.

 

Sindu Edupark

Berani naik ini? Awas jangan teriak kalo udah jalan. ig @travelistojogja

Sepur Cilik

Lalu ada Sepur cilik yang mempunyai stasiun mini. Wahana kereta yang berjalan sangat pelan ini cocok buat kamu yang ingin mengistirahatkan diri dari beban berat menggendong anakmu yang beranjak besar. Biarkan dia duduk dengan senang di kereta tersebut sembari menikmati temaram cahaya dari kebun lampu yang dilewati rute kereta tersebut. Kurang lebih perjalanan kereta mengitari LighFest sekitar 15-20 menit, dan kamu jangan berharap jadwal kedatangan dan keberangkatannya akan tepat waktu seperti di Stasiun beneran.

Beberapa Wahana lainnya di Sindu Kusuma Edupark.

Selain yang disebutkan diatas masih ada jenis Panggon Lunjak (Bungee Jumping), Komidi Putar (Merry Go Round), Cleret Gandul (Flying Fox), Kolam Bola, Kereta Hantu, Mistery House dan banyak lagi termasuk salah satu yang cukup menarik adalah Cinema 8D. Menarik karena ketika kita duduk dan menontonnya, seolah-olah terlibat masuk didalam film yang kita tonton. Kita akan mengalami hentakan, getaran dan bahkan cipratan airnya.

Wahana Lainnya Di Sindu Kusuma Edupark

Pasar Kerajinan, Batik dan Resto.

Ada Pasar Batik (House of Batik) dimana para ibu-ibu dan remaja putri yang telah seharian capek momong putra-putri atau keponakannya, bisa berbelanja disini. Berbagai koleksi batik terbaru dipampang disini. Tidak hanya kain batik, pasar kecil ini juga menjual kaos, oleh-oleh, aksesoris, souvenir, dan kerajinan buatan lokal yang antik dan unik.

SKE juga menawarkan paket wisata berikut makan di Rumah makan yang dinamakan Sleman Fest. Resto tersebut menawarkan paket makanan spesial untuk wisatawan rombongan yang tak usah repot membawa bekal atau memesan ala carte. Karena 15 dus makanan dan air mineral itu memakan tempat banget kalo di taruk di bagasi Hi-ace atau Elf. Selain di Sleman Fest Resto, didalam area SKE juga terdapat beberapa penjaja minuman, es krim dan makanan ringan.

Area Gathering dan Fotografi.

Sebenarnya tidak ada area khusus gathering bagi komunitas motor atau mobil tertentu. Melainkan karena parkiran disini sangat luas, sehingga banyak komunitas menggunakannya untuk acara kumpul-kumpul. Yang biasanya ngumpul disini adalah klub mobil dan komunitas driver online. Bagaimana mungkin komunitas mobil mau gathering di Taman Sari atau Taman Pintar yang parkirannya tidak terlalu luas. Menurut perkiraan kami, di area parkir ini sanggup muat sekitar 500 mobil, kalau salah tolong dikoreksi ya.

Disamping lokasinya yang tidak terlalu jauh dari kota, Di Sindu Edupark area parkirannya sebagian relatif teduh. Sehingga nyaman buat kongkow di siang / sore hari. Dan kalau kamu beruntung, kamu bisa bertemu dengan model-model fotografi cantik dan seksi, yang sedang difoto di area¬† Sindu Kusuma Edupark Jogja. Siapa tau kamu bisa kenalan dan dapat nomor WA-nya … yang motret.

 

SKE Jogja

Seorang model sedang bergaya. Ig @wsnproduction_

Tips Wisata ke Sindu Edupark

  • Untuk suasana yang pas ketika berkunjung ke Sindu Kusuma Edupark tentu waktu sore hingga malam hari, sehingga ketika naik Cakra Manggilingan, view kota Yogyakarta jauh lebih menarik dengan tebaran cahaya lampunya. Dan tentu saja kamu tidak akan kepanasan atau mencair ketika berjalan-jalan menuju wahana satu ke wahana yang lainnya. Namun jangan khawatir, didalam area Sindu Edupark banyak pepohonan yang bisa kamu buat ngeyup
  • Kamu juga harus siap capek paha dan betis karena luasan SKE yang kira-kira 7 hektar cukup bisa membikin kakimu pegal-pegal. Bagi yang membawa anak dalam gendongan ya harus siap-siap param kocok ntar malemnya.
  • Perhatikan pemilihan tiket, jangan sampai kamu dan anak-anak belum puas tapi tiket udah kehabisan. Biasanya anak laki-laki suka mengulang-ulang permainan di Montor Tumbur.
  • Saat menaiki Kereta yang mengitari Light Festival, pastikan kamu dan keluargamu duduk di kursi paling belakang dan jangan mendekat ke lokomotif. Karena bau solar itu tidak enak.
  • Kereta hantu bukan wahana yang tepat untuk kamu dan siapapun yang mempunyai ketakutan akan kegelapan dan hantu. Saat menaiki kereta hantu, tolong jangan pukuli atau lempari karakter hantu tersebut, dia bukan hantu tetapi manusia seperti kita.
  • Disini tempatnya romantis, silahkan berbuat mesra-mesraan tapi ingat jangan berbuat mesum ya. Dan jangan lupa, jika kamu berduaan saja maka pihak ketiga disekitarmu itu ….. fotografer!

 

Sindu Kusuma Edupark Jogja

SKE, Tempat yang Sangat Romantis di Malam Hari. foto ig : @martika_ryana

Akses dan Galeri Sindu Kusuma Edupark.

Taman Bermain SKE sangat mudah dijangkau karena letaknya masih dekat kota Jogja, bahkan dekat dengan Malioboro. Namun begitu, SKE sudah masuk wilayah Mlati, Kabupaten Sleman. Kamu bisa datang kesini menggunakan angkutan shuttle bus Transjogja, transportasi online atau mobil pribadi.

Jika kamu malas naik ojek online kesini karena saat ngeboncengin bukannya konsentrasi malah liatin map terus, Kamu mendingan kontak rental mobil di Jogja yang harganya murah, pelayanan ramah dan gak liatin map saat jalan.

Buat kamu yang belom pernah kesini dan pengen berkunjung ke SKE tapi masih bingung, silahkan liat Galeri Sindu Edupark supaya kamu punya alasan kuat untuk mengajak seluruh anggota keluargamu datang kemari.

Harga Tiket dan Informasi pendukung di Sindu Kusuma Edupark Jogja

Jenis LokasiTaman / Amusement Park
WahanaBianglala, Komidi Putar, Cinema 8D, Hoverboard, Flying Fox, Bom bom car dll
FasilitasFoodcourt, Toilet, Mushola, Pasar Batik
PenginapanAda
Tarif Masuk15-25K
Tarif Wahana20-40K/Spot. Terusan : 70-140K Menggunakan Kartu / Bayar per Wahana / Tiket Terusan, Bisa Refund
Area ParkirLuas
Tarif Parkir5-10K/mobil. 15-30K/bus
Jam bukaSabtu/Minggu 10.00 – 23.00, Senin-Jumat 15.00-23.00
Jarak Tempuh+/- 20 menit
Buat BalitaFair
Peta Lokasi-7.767298,110.354249

Setelah puas seharian disini, bingung mau kemana? Jika kamu udah selesai di petang hari. Kamu masih bisa mengunjungi destinasi wisata lain yang masih bisa dikunjungi seperti Taman Lampion, Puncak Sosok, Bukit Bintang, Bukit Lintang Sewu, Pinus Pengger. Kalo merasa kejauhan ya bisa ke Tugu Pal Putih, Selfie Park Jogja, atau ngopi di Angkringan Kopi Joss.

Apabila kamu lupa makan, kamu bisa mampir ke Chingu Cafe di Jalan Kaliurang. Sebuah kafe yang bagus dalam balutan nuansa Korea yang cocok buat penggemar drakor. Atau kamu bisa meluncur ke selatan kota untuk pesta kuliner olahan daging kambing di warung sate klatak Pak Pong.

Beri Penilaianmu tentang Sindu Kusuma Edupark.

Review Overview
4.42
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×