Pantai Sepanjang Jogja yang Panjang

Share

Pantai Sepanjang Jogja

Kebanyakan orang berwisata ke Jogja bukannya bingung kesusahan mencari tujuan mana yang mau di datangi, namun justru bingung untuk memilih mana yang harus didatangi lebih dulu. Karena pilihan berwisata pantai di Jogja sangatlah melimpah. Salah satu yang harus kamu kunjungi adalah Pantai Sepanjang. Sebuah pantai di kawasan Gunung Kidul yang mempunyai ciri khas unik yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lain di sekitarnya. Ciri khas-nya adalah garis pantainya yang cukup panjang membujur dari barat ke timur.

 

Pantai Sepanjang Jogja

Garis Pantai yang panjang di Pantai Sepanjang. foto Ig : @storyofhery

Pantai yang cantik ini namanya Pantai Sepanjang, yang terletak di Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunungkidul, Propinsi DI Yogyakarta.  Kenapa kamu harus kesana? Penjelasan dibawah ini akan menerangkan alasannya. Bikin kopi dulu sana, tapi jangan pake dispenser.

6 Alasan Mengunjungi Pantai Sepanjang Jogja.

1. Keindahan di Sepanjang Pantai

Pertama, Mungkin agak kurang “apel ke apel” jika membandingkan Pantai Sepanjang dengan Pantai Kuta di Bali, Meskipun banyak yang bilang bahwa pantai ini punya kemiripan dari kontur bibir pantai-nya. Banyak wisatawan yang sudah mengunjungi kedua pantai tersebut bercerita demikian, sehingga muncul-lah rangkuman perbandingan yang entah sepadan atau tidak, antara Pantai Sepanjang dengan Pantai Kuta.

Yang jelas, Pantai Sepanjang masih alami dan asri, dimana tidak ada cottage atau resort berdiri di sekitar pantai (hingga awal 2019). Kawasan Pantai Sepanjang juga boleh di-akses atau dimasuki siapapun juga dan dengan biaya yang relatif sangat murah. Di Pantai Sepanjang Jogja ini, juga relatif bersih sampah. Jarak tempuhnya juga nggak bikin bosen dijalan. Dekat dengan pantai Baron, Drini, Kukup, Krakal dan Puncak Kosakora.

2. Pantai yang cukup Romantis

Ada gubug-gubug di pesisir pantai yang menyajikan nuansa romantis bagi kalian yang punya pasangan. Kemudian juga ada spot selfie bagi yang keranjingan selfie. Keindahan dan ke-alamian Pantai Sepanjang jadi nilai tambah pantai ini, sehingga tujuan mu disana untuk berpacaran, eh maaf, maksud kami, untuk refreshing benar-benar tercapai.

Bergandengan tangan menyusuri Pantai Sepanjang adalah sebuah langkah awal kecil bagimu dan pasanganmu untuk meniti masa depan bersama SEPANJANG hidup, dapat kata-kata darimana ini?

 

Pantai Sepanjang Jogja

Romantis kan? fokus yang berpegangan. Foto Ig : @ririnil16

Kontrasnya warna air laut yang biru, dengan pasir pantai sepanjang yang putih bersih, di lanjutkan dengan pertemuan dengan warna hijau dari pepohonan yang asri, ditambah kemunculan warna hitam di sela-sela perbukitan karang, merupakan outstanding combination yang akan membuatmu takjub dan bahagia, karena biasanya, sehari-hari kamu hanya ketemu dengan baliho iklan se-gede gajah di perempatan-perempatan jalan di kota (kalau kamu tinggal di kota lho ya).

3. Bermain di Tepi Pantai.

Ketiga, Dengan bentuk shore yang panjang, Kamu atau anak-anakmu bisa bermain-main dan berlari-larian di pinggir pantai sepuasmu. Kamu juga bisa memanfaatkan keahlianmu mengolah aplikasi 360 (kalo masih ada) secara maksimal disini. Bidikan jenis Panorama bisa menjadi lebih sempurna di waktu-waktu tertentu, terutama siang menjelang sore hari.

 

Pantai Sepanjang

Anak-anak bermain di tepi pantai. ig @rina_sigit

Setelah lelah bermain, Kamu pasti akan kelaparan. Namun jangan khawatir, banyak warung-warung yang menyajikan makanan dan minuman dengan berbagai macam pilihan. Meski kebanyakan yang dijual adalah santapan seafood, namun tak akan sulit bagimu untuk menemukan mie ayam, pop-mie atau bakso. Yang jelas jangan cari Kerak telor disini, nggak bakalan nemu.

Tidak ada bangunan permanen di sepanjang pantai. Bangunan di sekitar pantai hanya semi permanen, itupun inklusif, berupa pasar kerajinan dari masyarakat setempat yang menjual hasil buruan mereka di laut yang kemudian dirangkai dalam bentuk cindera mata yang bisa kamu bawa pulang untuk oleh-oleh sebagai bukti kamu telah sampai disini.

4. Menikmati Sunset diatas Pasir Putih.

Meskipun disini secara umum Pantai ini bukan spot sunset yang terkenal, Namun kamu bisa menikmati sore yang sangat indah di Pantai Sepanjang ini saat mentari akan beristirahat. Keindahan apalagi yang kamu dapatkan saat matahari terbenam kecuali momentum sunset. Saat matahari berada di sebelah selatan khatulistiwa-lah kamu bisa mendapatkan momentum sunset di Pantai Sepanjang dengan lumayan bagus.

 

Pantai Sepanjang Jogja

Menikmati Sunset di Pantai Sepanjang. Foto Ig : @raspita_sari

5. Eksplorasi Batuan Karang.

Pantai ini relatif aman buat bermain, walaupun jika bermain air di seluruh pantai di pesisir selatan Jogja itu berbahaya. Untuk itu kamu harus selalu waspada dan berhati-hati. Saat ombak laut surut, Kamu bisa ikut-ikutan kebiasaan warga setempat, mencari apa yang bisa dicari disela-sela karang   yang juga memanjang di sepanjang bibir pantai. Biasanya mereka mencari nafkah, sedangkan kamu mencari perhatian.

 

Karang di pesisir

Karang di tepian pantai. ig @yusakfirman

Jangan lupa pake sendal, kalau gak ingin kakimu sobek atau gatal-gatal Ada banyak Biota laut yang hidup disitu, semisal Ganggang laut, Kerang, Bintang laut, Kepiting merah dsb. Namun kamu juga harus lihai menghindari beberapa hewan laut yang berbahaya seperti Ubur-ubur, Bekicot laut dan Bulu babi (sea urchin). Untuk lebih komprehensif, Kamu bisa baca Tip Wisata ke Pantai di Jogja

6. Menikmati Sajian Kelapa Muda.

Hal yang paling enak dilakukan di Pantai sepanjang sebenarnya adalah berjemur. Apalagi melihat orang berjemur dengan pakaian yang pantas untuk berjemur. Meskipun, memancing atau selancar (surfing) juga bisa dilakukan disini, tapi kami yakin kamu ga akan berani bermain selancar disini, paling-paling beraninya berselancar di warnet atau di kafe sambil numpang wifi.

Menikmati kelapa muda sambil memandang laut lepas juga tak kalah mantapnya untuk dilakukan. Sembari duduk-duduk bercengkerama membahas masa depan, Kamu bisa pesan kelapa muda 1 biji dengan 2 sedotan yang akan membuat hidungmu saling menempel (kalo duduknya hadap-hadapan).

 

KElapa Muda

Nikmatnya, minum air kelapa muda sambil memandangi laut lepas. Foto insta oleh @ emera_1811

Galeri Pantai Sepanjang.

Silakan lihat di tautan Galeri Pantai Sepanjang untuk melihat beberapa foto yang menyajikan keindahan pantai sepanjang. Di Pantai sepanjang kamu bisa bermain dan bergaya apa saja. Berbeda dengan pantai-pantai seperti Nguluran, Siung atau Timang, dimana kamu tidak bisa bermain-main dengan bebas di tepian pantai. Bahkan di Pantai Nglolang yang terletak disebelah baratnya.

Akses ke Pantai.

Letak pantai sepanjang berdekatan dengan beberapa pantai yang cukup populer di kalangan wisatawan. Asal kamu ngikuti Jalan Baron kemudian berbelok ke kiri ke arah Jalan Pantai Selatan Gunungkidul, kamu pasti akan menemukan petunjuk Pantai Sepanjang. Mudah kok, tinggal ikuti map aja, cuman disini sinyal 4G agak redup.

Nah, Untuk bisa sampai ke Pantai Sepanjang, Kamu bisa memakai alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Karena ngga ada transportasi umum di sini, dan kalo pun ada kamu mungkin tak tertarik untuk menaikinya. Naik motor atau sepeda lebih masuk akal dari pada naik transportasi umum kesana. Bukannya belagu, fasilitas tramsportasi kesini menurut kami kurang memadai.

Dan bila kamu sedang malas naik motor karena helm kesayanganmu baru saja ilang di parkiran kampus, Kamu bisa kontak layanan rental mobil di Jogja yang paham mengantarkan tamu terbaik kesini. Tour wisata pantai di jogja yang berlimpah pilihan di daerah Gunungkidul ini tidak akan membuatmu lesu dan tak bergairah, melainkan akan membuatmu fresh, hati senang dan bahagia.

Peta Lokasi & Informasi  di Pantai Sepanjang Jogja

Jenis LokasiPantai
WahanaPasir Putih, Pasar Cinderamata.
FasilitasKuliner, Toilet, Mushola, Sewa alat Surfing dan Snorkeling
PenginapanBelum Ada (Update : Sekarang sudah ada)
Tarif Masuk3-10K/org
Area ParkirLuas
Jam bukaHampir 24 jam
Jarak tempuh+/- 2 jam
Buat balitaFair
Peta Lokasi / Map-8.1367336,110.568552

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×