Pantai Sepanjang Jogja

Pantai Sepanjang
Garis Pantai yang panjang di Pantai Sepanjang. foto Ig : @storyofhery

Keindahan di Sepanjang Pantai

Kebanyakan orang berwisata ke Jogja bukannya bingung kesusahan mencari tujuan mana yang mau di datangi, namun justru bingung untuk memilih mana yang harus didatangi lebih dulu. Karena pilihan berwisata pantai di Jogja sangatlah melimpah. Salah satu yang harus kamu kunjungi adalah sebuah pantai dengan bibir pantai yang terpanjang di gugusan pantai pesisir selatan Gunungkidul. Namanya Pantai Sepanjang, yang terletak di Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunungkidul, Propinsi DI Yogyakarta.  Kenapa harus kesana? Dibawah ini akan kami jelaskan alasannya, bikin kopi dulu sana.

Pertama, mungkin agak kurang "apel ke apel" jika membandingkan Pantai Sepanjang dengan Pantai Kuta di Bali, Meskipun banyak yang bilang bahwa pantai ini punya kemiripan dari kontur bibir pantai-nya. Banyak wisatawan yang sudah mengunjungi kedua pantai tersebut bercerita demikian, sehingga muncul-lah rangkuman perbandingan yang entah sepadan atau tidak, antara Pantai Sepanjang dengan Pantai Kuta. Yang jelas, Pantai Sepanjang masih alami dan asri, dimana tidak ada cottage atau resort berdiri disekitar pantai. Kawasan Pantai Sepanjang juga boleh diakses atau dimasuki siapapun juga dan dengan biaya yang relatif sangat murah. Di Pantai Sepanjang Jogja ini, juga relatif bersih sampah. 

Pantai Sepanjang
Bergaya dengan Latar Pantai Sepanjang. Foto Ig : @ririnil16
Kedua, Tidak ada bangunan permanen di sepanjang pantai. Bangunan di sekitar pantai hanya semi permanen, itupun inklusif, berupa pasar kerajinan dari masyarakat setempat yang menjual hasil buruan mereka di laut yang kemudian dirangkai dalam bentuk cindera mata, atau Warung-warung makanan yang ada disitupun tak ada yang sifatnya permanen. Ada gubug-gubug di pesisir pantai yang menyajikan nuansa romantis bagi kalian yang punya pasangan. Kemudian juga ada spot selfie bagi yang keranjingan selfie. Keindahan dan ke-alamian Pantai Sepanjang jadi nilai tambah pantai ini, sehingga tujuan mu disana untuk berpacaran, eh maaf, maksud kami,untuk refreshing benar-benar tercapai. 

Ketiga, Dengan bentuk shore yang panjang, kamu bisa bermain-main dan berlari-larian di pinggir pantai sepuasmu. Kamu juga bisa memanfaatkan keahlianmu mengolah aplikasi 360 (kalo masih ada) secara maksimal disini. Bidikan panorama bisa menjadi lebih sempurna di waktu-waktu tertentu, terutama sore hari. Meskipun disini secara umum bukan spot sunset yang terkenal, namun kamu bisa menikmati sore yang sangat indah di Pantai Sepanjang ini saat mentari beristirahat. Keindahan apalagi yang kamu dapatkan saat matahari terbenam kecuali momen sunset.

Pantai Sepanjang
Menikmati Sunset di Pantai Sepanjang. Foto Ig : @raspita_sari

Keempat, kontrasnya warna air laut yang biru, dengan pasir pantai sepanjang yang putih bersih, di lanjutkan dengan pertemuan dengan warna hijau dari pepohonan yang asri, ditambah kemunculan warna hitam di sela-sela perbukitan karang, merupakan outstanding combination yang akan membuatmu takjub dan bahagia, karena biasanya, sehari-hari kamu hanya ketemu dengan baliho iklan segede gajah di perempatan-perempatan jalan di kota (kalau kamu tinggal di kota lho ya). 

Pantai ini relatif aman buat bermain, walaupun jika bermain air di seluruh pantai di pesisir selatan Jogja itu berbahaya, maka kamu harus selalu waspada dan berhati-hati. Saat ombak laut surut, kamu bisa ikut-ikutan kebiasaan warga setempat, mencari apa yang bisa dicari disela-sela karang (reef)  yang juga memanjang di sepanjang bibir pantai. Jangan lupa pake sendal, kalau gak ingin kakimu sobek atau gatal-gatal Ada banyak biota laut yang hidup disitu, semisal ganggang laut, kerang, bintang laut, kepiting dsb. Namun kamu juga harus lihai menghindari beberapa hewan laut yang berbahaya seperti ubur-ubur, bekicot laut dan bulu babi (sea urchin)

Hal yang paling enak dilakukan dipantai sepanjang sebenarnya adalah berjemur. Apalagi melihat orang berjemur dengan pakaian yang pantas untuk berjemur. Meskipun, memancing atau selancar (surfing) juga bisa dilakukan disini, tapi kami yakin kamu ga akan berani bermain selancar disini, paling-paling beraninya berselancar di warnet atau di kafe sambil numpang wifi. Nah, Untuk bisa sampai ke Pantai Sepanjang, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Karena ngga ada transportasi umum di sini. Jika kamu sedang malas naik motor karena helm kesayanganmu baru saja ilang di parkiran kampus, Kamu bisa cari rental mobil atau sewa mobil di Jogja yang berjibun dan berharga murah. Tour wisata pantai di jogja yang berlimpah pilihan, terutama di daerah Gunungkidul ini tidak akan membuatmu lesu dan tak bergairah, melainkan akan membuatmu fresh, hati senang dan bahagia.

  • Jenis Lokasi : Pantai
  • Wahana : Pasir Putih, Pasar Cinderamata, 
  • Penginapan Terdekat : Tidak Ada
  • Fasilitas : Warung Makan, Toilet, Mushola,
  • Tarif Masuk : 3.000-10.000/org
  • Area Parkir : Luas
  • Jam Buka : Bebas24 jam
  • Jarak tempuh : +/- 2 jam
  • Buat balita : cocok
Peta Lokasi :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar