Pantai Ngrenehan Jogja : Tempat Sandar Nelayan

Share

Pantai Ngrenehan Jogja, Tempat Bersandar Para Nelayan

Pantai Ngrenehan Jogja, Merupakan salah satu yang terindah dari gugusan pesisir di Laut selatan. Nggak percaya? Pantai ini seperti pantai pada umumnya di Gunung Kidul, berpasir putih bersih, ombaknya berdebur kencang dan kontur pantainya curam, tidak cocok untuk berendam.

Namun yang membuat pantai ini eksotis adalah hamparan bukit, yang mengapit teluk tersebut, sehingga ombak yang sampai ke bibir pantai lebih soft dibanding pantai lainnya. Di sinilah para wisatawan bisa bermain air di tepi pantai dengan lebih leluasa. Untuk naik kapal sewaan keliling teluk pun bisa.

Di Teluk Kecil itu Perahu Nelayan Bersandar.

Salah satu faktor yang menonjol dari Pantai Ngrenehan yang tidak didapat di pantai lain adalah Hasil tangkapan nelayan yang langsung bisa dinikmati oleh para wisatawan. Ikan segar yang ditangkap nelayan bisa ditawar dan dibeli langsung oleh para pengunjung melalui semacam tempat pelelangan ikan untuk kemudian dibawa pulang atau dinikmati saat itu juga.

Suasana Pantai Ngrenehan Jogja.

Seperti disebutkan diatas, Pantai ini seperti mempunyai pintu gerbang pengaman dari ombak laut selatan yang ganas. Dua bukit mengapit teluk  yang membentuk seperti kantong. Di kantong ini lah tempat aktifitas baik nelayan atau pengunjung. Jika nelayan menyandarkan kapalnya di pantai ini, Kamu menyandarkan bahumu kemana? Batu?

 

Pantai Ngrenehan Jogja

Pantai Ngrenehan. foto ig :  @maleostory

Bukit yang mengapit teluk tersebut sebenarnya merupakan Bebatuan Karst yang menjadi ciri dari bentang alam di wilayah Gunungkidul. Tumbuhan dapat hidup di situ dan memberikan nuansa hijau yang sedap dipandang. Saat air surut, Karang dari dasar pantai akan terlihat dan biota laut akan bermunculan di sekitarnya. Hewan-hewan kecil seperti Kepiting kecil, Bekicot laut, dan Bintang laut dapat kamu temui disini.

Sebagai tempat nelayan bersandar, Pantai Ngrenehan relatif lebih ramai aktifitas dibanding pantai lainnya. Meski demikian, aktifitas para nelayan tidak mengganggu aksi bersenang-senang para pelancong yang sedang menikmati wisata pantai Ngrenehan. Saat para nelayan pergi melaut, biasanya bibir pantai agak kosong sehingga menciptakan kondisi yang lebih leluasa bagi para pengunjung untuk menikmati pantai ini. Aktifitas apa saja yang dapat dilakukan disini?

Aktifitas Di Pantai Ngrenehan Gunungkidul.

Bermain di Tepi Pantai.

Berwisata ke Pantai tapi tidak basah dan nyemplung ke air itu rasanya memang kurang afdhol. Nah, Di pantai ini kamu dapat melakukan hal tersebut tanpa ragu. Namun begitu kamu musti hati-hati, karena jarak 2-5 meter dari bertemunya air dan daratan, Kamu bakalan menerjang bebatuan karang di dasar pantai. Jadi kamu harus hati-hati dan paham mengenai seluk beluk pantai selatan Gunungkidul. Untuk komprehensifnya, bacalah artikel mengenai tip wisata ke Pantai di Jogja.

Disana ada persewaan ban untuk bermain air. Itu menunjukan bahwa kamu atau siapapun agak bebas bermain air tanpa rasa takut untuk mengalami kecelakaan yang biasa terjadi di pantai karena fenomena tarikan Rip Current. Apakah itu ? Ikuti saja linknya untuk mempelajarinya lebih lanjut, tapi nanti aja, selesein dulu baca artikel ini.

 

Pantai Ngrenehan Jogja

Anak-anak bermain air di Pantai Ngrenehan. Foto ig : @farisol_ar

Ada beberapa spot bebatuan yang dapat kamu eksplorasi, Lalu ada beberapa spot yang bisa dibuat main-main sama air laut yang bening. Kamu juga bisa naik ke atas bukit untuk memandang landscape Ngrenehan yang cantik. Jangan lupa gandeng-lah tangan orang yang disebelahmu yang juga cantik, kalo ada.

 

ngrenehan

Indahnya Pantai Ngrenehan. ig @arya_0214

Naik Perahu.

Biasanya saat ombak besar di laut lepas, Nelayan tidak pergi melaut dan perahu-pun di parkir di tepian Pantai. Di sana ada yang menyewakan perahu untuk wisata. Kamu akan diajak mengelilingi teluk kecil tersebut. Jangan kuatir, Kamu dan rombongan gak bakalan dibawa ke tengah laut atau mampir di kerajaannya Kanjeng Ratu Kidul. Mampir mau?

 

Pantai Ngrenehan Jogja

Perahu Sewa di Pantai Ngrenehan. foto ig : @wahdymurisy

Sensasi naik kapal di laut selatan yang terkenal dengan ombaknya yang besar hanya bisa dilakukan di Pantai Ngrenehan. Tempat lain yang bisa melakukan aktifitas seperti ini adalah Pantai Sadeng dan Pantai Pangandaran. Teluk ini aman untuk melakukan aktifitas naik perahu.

Selfie di atas Perahu.

Saat perahu nelayan sedang parkir, Kamu bisa memanfaatkannya sebagai bahan background untuk pemotretan. Jika kamu bukan fotografer dan kesulitan mencari model. Minta orang lain jadi fotografer-nya dan kamu jadi modelnya. Simpel kan? Perahu yang berjajar mempunyai nama dan warna tersendiri yang berbeda-beda. Hal tersebut bisa membuat latar yang cukup instagrammable jika kamu pintar mengambil sudut.

 

perahu nelayan

Cantiknya perahu yang berjajar. ig @ratihwulan20

Membeli Hasil Tangkapan Laut Nelayan.

Ikan segar adalah sumber protein yang bagus untuk tubuh. Kesempatan mendapatkan ikan segar di pantai ini terbuka lebar saat nelayan datang membawa hasil buruannya. Tidak dilarang bagi para pengunjung untuk langsung membeli hasil tangkapan nelayan tersebut sebelum sampai ke Pasar / Pelelangan. Ngrenehan itu bagaikan pelabuhan perikanan. Ada banyak nelayan yang se-usai melaut, lalu menjual hasil tangkapannya ketika sampai di darat.

 

nelayan ngrenehan

Membeli hasil laut langsung dari nelayan. Foto ig @jimmi1228

Lantas bagaimana cara memproses ikan segar itu agar dapat kamu konsumsi langsung tanpa harus menunggu dibawa pulang kerumah dengan resiko mobil yang kamu tumpangi akan bau amis?

Cara Menikmati Hasil Tangkapan Nelayan Pantai Ngrenehan.

Pengen tahu cara menikmati hasil tangkapan nelayan yang udah kamu beli?

  • Ikan yang sudah dibeli itu bisa langsung minta di-masakin ke warung-warung yang berada di sekitar lokasi.
  • Warung-warung tersebut mau melakukan hal tersebut (sekedar memasak ikan dan menjual minuman saja).
  • Jika kamu malas pegang ikan yang amis, datengi saja warung-warung disekitar wilayah pantai dimana warung kuliner itu menyajikan menu seafood. Biasanya mereka ready stock.
  • Awasi ikanmu, Jangan sampai tertukar seperti di sinetron televisi. Ada beberapa komplain mengenai ikan yang tertukar saat penyajian atau memang sengaja ditukar dengan stok lama.
  • Kalo masakan olahan dan sambelnya kurang pedas, minta tampar sendal aja sama orang terdekatmu.
  • Masih kenyang? Bungkus dengan plastik yang rapat, Olah segera barang itu ketika nanti sudah sampai di rumah. Kamu bisa lanjut ke destinasi wisata lainnya.

(60 Destinasi Wisata Pantai Hits di Jogja)

Akses ke Pantai Ngrenehan Jogja

Akses menuju destinasi wisata ini relatif mudah dicapai, meskipun jalannya meliuk-liuk dan naik turun. Letaknya persisnya berada di Desa Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunungkidul, Propinsi DI Yogyakarta. Kamu bisa dari arah mana saja (Playen, Baron atau Parangtritis) tergantung warna biru atau merahnya street-map yang ada di handphone-mu. Ikuti saja koordinat yang tertulis di tabel bagian bawah.

Kami yakin Kalian akan lebih percaya kepada Google Map dari pada rute yang seandainya ada tertulis di sini, Betul gak? Jadi ga perlu kan kami capek-capek nulis rute? Okelah kalo begitu. Jaman Now, Cuy!

Untuk mencapai Pantai Ngrenehan, Kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Kami menyarankan jangan naik motor karena harumnya parfum-mu bakalan hilang ditengah jalan. Sebaiknya kamu hubungi rental mobil yang udah pasti harganya murah dan ada parfumnya tertancap di lubang AC. Tur wisata pantai di selatan Jogja ini akan membuatmu sehat jika reguler mengkonsumsi ikan sepulang dari Ngrenehan.

Tidak jauh dari tempat ini ada beberapa pantai yang keindahannya hampir sama namun beda karakter. Kamu mungkin bisa menyempatkan mampir kalo ada waktu lebih.

  • Ada pantai yang sarat dengan nuansa religius, yaitu Pantai Ngobaran. So, jika kamu main kesini dan menyempatkan mampir diantara keduanya, thats a two for the price of one, Agree?
  • Ada juga pantai Widodaren yang hampir mirip dengan Bukit Kosakora. Dimana disitu Kamu bisa camping sambil menikmati pemandangan dari atas bukit.
  • Pantai Torohudan, Nglangkap, Ngeden, Ngluwen, dan Butuh adalah beberapa nama pantai yang berjajar disebelah barat Pantai Ngrenehan. Semakin ke barat kamu akan bertemu dengan spot selfie kekinian yang bernama Teras Kaca Pantai Nguluran.

Peta Lokasi & Informasi pendukung di Pantai Ngrenehan Jogja

 

Jenis LokasiPantai
WahanaPasir Putih, Pasar Nelayan, Ban, Kapal
FasilitasWarung Makan, Toilet, Mushola
PenginapanAda
Tarif Masuk5-10K
Tarif Sewa Perahu
Area ParkirLuas
Tarif Parkir3-5K Motor / 5-10K mobil
Jam bukaFleksibel
Jarak Tempuh+/- 2 Jam
Buat BalitaOk
Peta Lokasi-8.1211888,110.5120256

Beri Penilaian terhadap Pantai Ngrenehan.

Review Overview
4.22
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×