Pantai Drini Jogja Yang Punya Dua Sisi Berbeda

Share

Pantai Drini Jogja, Pantai Dengan Dua Karakter berbeda.

Pantai Drini Jogja merupakan salah satu pantai yang istimewa di deretan pantai selatan di daerah Gunungkidul. Ia terbagi menjadi dua sisi karakter berbeda. Sisi timur dengan karakter tenang dan sisi barat berkarakter keras. Kedua sisi pantai dipisahkan oleh sebuah pulau kecil. Di sini pernah tumbuh tumbuhan bernama latin Pemphis acidula. Masyarakat setempat menyebutnya ndrini. Dari sinilah nama pantai sekaligus nama pulau kecil tersebut berasal. Pengunjung diperbolehkan berada di pulau ini ketika air laut sedang surut.

 

Pantai Drini Jogja

Pemandangan yang indah di Pantai Drini. Foto Ig : @mas.indr4

 

Di sisi timur, barisan tebing dan batu karang menjinakkan ombak pantai selatan yang ganas. Terlindungi oleh karang, Anda dapat berenang dan bermain perahu sepuas hati di sini. Air yang tenang tempat juga tempat hidup yang aman bagi beragam biota laut. Ikan seperti Jambrong, Gobi Pasir, dan Sergeant Major barangkali akan tertangkap mata ketika sedang melintas di dekat Anda.

Kamu Menjaring Sunset di Pantai Drini, Nelayan Menjaring Ikan.

Deretan kapal nelayan berderet di sisi barat. Sisi ini memang langsung terhubung dengan laut lepas sehingga ombaknya lebih ganas. Dari sini juga-lah para nelayan berangkat ke tengah samudera untuk menangkap ikan. Di sini kamu dapat membeli langsung ikan segar hasil tangkapan nelayan atau memesan dalam bentuk siap saji di warung sekitar. Perlu kamu ketahui, ikan segar mengandung asupan protein yang tinggi kata Bu Susi.

Sunset juga dapat diperoleh di Pantai ini, tunggulah sampai hari menjelang sore, siapkan handphone / kamera-mu dan juga gaya-mu. Cobalah naik ke puncak pulau Drini menjelang sore hari, tunggu hingga matahari terbenam. Momen-momen seperti ini jarang ditemukan di kota, apalagi di kampungmu. Pulau Drini dapat kamu naiki hingga puncaknya, sesampainya diatas kamu bisa memanfaatkan handphonemu untuk melampiaskan hobimu selfie di beberapa spot yang menurutmu bagus.

 

Pantai Drini Jogja

Puncak Bukit Pantai Drini. Foto Ig : @dhdwiriri

Aktifitas yang bisa dilakukan  di Pantai Drini.

Eksplorasi Pantai

Sepintas tidak terlihat bahwa pantai ini sangat menarik dan worthy untuk dikunjungi. Karena di pantai ini tidak hanya cocok untuk kamu yang suka trekking keatas bukit atau Kamu yang hobi gandengan tangan diatas pasir putih. Namun jika kamu tidak menaiki bukit rasanya kamu akan rugi. Pemandangan diatas bukit sangatlah menyegarkan mata. Disisi utara kamu akan melihat ombak menghampiri pantai yang dihiasi bukit hijau, sementara di sisi selatan, Kamu tak akan lelah memandangi cakrawala sembari berfikir kenapa masih ada yang beranggapan bumi ini datar.

Saat laut surut, Kamu akan mendapati jeda yang cukup lebar antara bibir pantai dengan laut. “Pekarangan” akan nampak, pekarangan disini bukan kebon, tapi sekumpulan batu karang yang menghampar di sepanjang pantai. Di bebatuan karang dasar laut itulah banyak biota laut hidup berdampingan. Kamu juga dijamin akan kepo terhadap makhluk-makhluk yang berkeliaran di sela-sela batu karang tersebut. Semacam terumbu karang namun karankternya lebih datar dan dangkal.

 

Bermain di tepi Pantai

Bermain di tepi pantai. ig @awunz

Bermain Perahu / Kano.

Drini juga cocok untuk anak-anak hingga orang dewasa yang sekedar ingin melepas kepenatan dengan bermain perahu atau kano. Lho ombak pantai selatan kan besar? Jangan khawatir, Pantai ini punya dua karakter berbeda. Di tempat yang tenang itulah kamu dapat bermain perahu. Saat main Perahu kano, Kamu akan dilengkapi dengan rompi pelampung supaya aman.

 

Pantai Drini jogja

Anak-anak bisa bermain perahu di sini. Ig @jojo_ndutmut

Saat bermain perahu kano ini kamu dapat bebarengan dengan rekan, adik atau kesayangan kamu. Di lokasi pesisir yang tenang, Kamu dapat melakukan apa yang diistilahkan dengan “satu kayuh berdua”, yang artinya dalam mengarungi bahtera hidup Kamu butuh mengayuh bersama-sama pasanganmu. Ngomong-ngomong udah punya pasangan?

 

perahu kano ndrini

Satu kayuh berdua di pantai drini. ig @shirleytxy0

Perahu ini dapat dimuati 2 orang (harusnya) namun berempat pun bisa, jika itu anak-anak. Tapi jangan mengayuh terlalu ke tengah, nanti bisa-bisa Kamu terbawa ombak hingga ke Pulau Christmast. Kedalaman pesisir pantai tempat kamu bermain perahu paling hanya sekitar 20-30 centimeter, jadi masih relatif aman untuk anak-anak dan dewasa. Berani main perahu kano?

Kulineran Di Pantai Drini Jogja.

Di sekitar pantai terdapat warung-warung yang menjual makanan (seafood) dan minuman. Disana kamu bisa makan ikan dan berbagai varian menu yang disajikan, seperti :

  • Lobster
  • Kepiting
  • Udang
  • Cumi
  • Berbagai macam jenis Ikan

Biasanya selalu ada yang menjual Es air kelapa muda yang segar.  Setelah lelah berpanas-panasan di tepi pantai, minum es kelapa muda satu buah dengan dua sedotan akan membuat hubungan kalian makin romantis. Percayalah kepada kami, menenggaknya langsung memang enak, tapi berbagi dengan pasangan akan makin menyatukan dua sisi berbeda yang ada di diri kalian. Seperti Pantai Drini yang punya dua karakter berbeda namun menyatu dalam nuansa keindahan.

Kamu juga boleh membeli ikan langsung dari nelayan, memakannya langsung pun boleh, tak ada yang melarang. Mungkin jika kamu terpengaruh budaya Jepang, memakan ikan mentah langsung dari nelayan bisa jadi pilihan kuliner yang menyenangkan.

Akses Ke Pantai Drini Jogja.

Kalo mau kesana harus menggunakan transportasi pribadi atau menggunakan layanan wisata yang ada di Jogja. Di Gunungkidul, menurut kami, nggak ada layanan transportasi yang representatif buat keluarga secara umum. Kalo Bis kelas backpacker sih ada, bergelayutan di bis Tayo tanggung, sambil harap-harap cemas sopirnya ngurangin kecepatan, Ada.

Jarak ke Drini cukup lumayan jauh, tapi kamu nggak akan nyesel ketika sudah sampai disana. Kuatkan fisikmu karena perlu ribuan langkah kaki untuk bisa menikmati setiap jengkal keindahan Pantai dengan dua karakter berbeda ini. Jika malas nyetir atau naik motor karena musti rebutan ama kakakmu, Kamu bisa pura-pura nge Rental mobil di Travelisto yang harganya jelas pertemanan. Tour wisata Pantai Drini di Gunung Kidul ini akan membuatmu bahagia, apalagi kamu bisa bergandengan tangan diatas pasirnya dengan kesayanganmu tentunya.

Gallery Pemandangan Pantai Drini

Berikut beberapa gambaran Pantai Drini dari foto-foto yang diambil dari instagram. Kunjungi Galeri Pantai Drini untuk melihat-lihat dan semoga Kamu terpengaruh dan terbuai untuk datang kesini mengajak temen-temenmu atau anggota keluargamu. Soalnya kalo kesini sendirian nggak ada enaknya sama sekali.

Harga Tiket, Peta Lokasi dan  Informasi pendukung di Pantai Drini Jogja

Jenis LokasiPantai
WahanaPasir Putih, Hiking, Selfie Spot, Pulau
FasilitasToilet, Mushola, Parkir, Warung Makan
PenginapanHomestay
Tarif Masuk5-10K
Tarif Sewa Perahu25-75k
Area ParkirLuas
Tarif Parkir2-5K Motor, 5-10K/mobil.
Jam bukaHampir 24 Jam
Jarak Tempuh+/- 2 jam
Buat Balitaok
Jarak Tempuh-8.138087,110.5770178

Informasi Tambahan :

  • Pantai Drini itu dekat dengan beberapa pantai yang lumayan bagus disekitarnya, seperti Pantai Indrayanti, Baron, Kukup, Sundak dan Krakal. Kalau kamu suka mantai, deretan pantai itu merupakan surga bagimu.
  • Setelah seharian bermain air, pulangnya kamu bisa mampir selfi-selfi di Bukit Lintang Sewu, Puncak Becici atau di Pinus Pengger. Pemandangan diatas bukit di Mangunan tak kalah cantiknya dengan disini. Daripada langsung pulang, mintalah drivermu mampir dulu ke tempat tersebut. Kalo drivermu bilang kejauhan dan gak mau mampir, besok-besok kamu kontak rental mobil + driver dari kami aja. Kami siap mengantarmu kemanapun kamu mau.

Beri Penilaianmu Tentang Pantai Drini

Review Overview
4.07
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×