Kopi Merapi Jogja : Ngopi Di Kaki Gunung

Share

Ngopi Sambil Menikmati Udara Sejuk Kaki Gunung Merapi

Kopi Merapi Jogja | Buat kamu-kamu yang doyan ngopi, ada tempat baru buat ngopi yang enak nih, Namanya Kopi Merapi Jogja. Sebuah warung kopi yang terletak di desa terakhir menuju puncak merapi, dimana warung tersebut menawarkan kopi asli produksi lokal dan suasana kafe yang otentik. Berhawa dingin dan udara yang segar akan membuat siapa saja penikmat kopi betah disini.

Mau disebut kafe atau kedai juga boleh, warung juga boleh. Yang jelas nggak usah komplain, Kenapa harus jauh-jauh ke desa terakhir di kaki Gunung  Merapi untuk sekedar ngopi. Kenapa harus di Kopi Merapi? Hanya penikmat kopi sejati yang bisa menjawab ini.

Tanaman kopi tumbuh di lereng Gunung Merapi yang terkenal sangat subur karena guyuran debu vulkanik saat Merapi erupsi. Rasa kopinya lebih smooth dibanding kopi lainnya. Paitnya sih tetep sama, kaya hidupmu, hehe. Tapi yang jelas, ngopi di sini akan lebih nikmat bila di temani jajanan gorengan kuliner Jogja seperti : Jadah, Pisang Goreng, Tempe, Kentang atau Mie Goreng.

Dan pastinya akan lebih syahdu bila ditemani kekasih atau teman-teman sejawat. Setelah ngopi enak, Kamu bisa main-main ke Lost World Castle Merapi, disana banyak spot keren  untuk koleksi foto instagram-mu atau ke Bukit Klangon untuk mendapatkan view merapi yang paling clear dari mata telanjang.

 

Kopi Merapi Jogja

Rame-rame ngopi bareng di Kopi Merapi. Foto Ig : @papasahat

Sedikit Sejarah Kopi Merapi Jogja

Pendirian warung kopi ini memiliki sejarah yang cukup dramatis. Pemilik warung kopi ini, Pak Mijo, merupakan petani kopi yang ladang dan rumahnya habis dilibas Erupsi Merapi beberapa tahun lalu. Beliau tidak menyerah dan tetap survive. Kini, beberapa tahun berselang, kedai kopi miliknya ramai dikunjungi para penikmat kopi dan penikmat suasana sejuk Lereng Merapi. Jangan menyerah dengan keadaan, Pak Mijo sudah membuktikannya. Bahkan kini, kopi lereng merapi sudah menembus mancanegara.

 

Kopi Merapi Jogja

View Yang Amat Cool dari Kopi Merapi. Foto Ig : @ardila_ds

Kenikmatan Ngopi di lereng merapi

Mengenai kenikmatan kopi, pastilah para pecandu kopi lebih paham daripada kami yang minum kopi kalo ngga ada pisang gorengnya berasa kurang. Tapi betul kok, menikmati kopi merapi tanpa gorengan-nya rasanya betul-betul tidak lengkap. Meskipun kopinya sendiri menurut beberapa sumber memang sudah enak.

Nikmatnya ngopi disini berbeda dengan di mall-mall. Untuk bisa sampai kesini kamu harus berjuang dulu. Jalannya masih belum beraspal. Kami menjamin jika mobilmu itu sebuah sedan yang menggunakan velg ring 17 keatas, dengan jarak ke fender hanya 1 jari serta menggunakan ban ber-profil tipis, maka dijamin mobilmu bakalan nyungsep atau gasruk.

Tapi untuk ngopi disana memang harus “wani perih“. Misal naik kendaraan roda dua pun kamu harus “berdansa” dengan terpaksa. Belum lagi kalau kesana malam hari, agak creepy melewati jalan-jalan nan sepi tanpa penerangan. Seakan-akan semua lahan kosong yang dilewati berasa kuburan.

Tapi menurut kami, suasana yang paling nikmat untuk ngopi di Kopi merapi adalah malam hari. Udara sejuk pada kisaran 20-an derajat celcius akan membuatmu betah makan gorengan banyak-banyak dan menghabiskan minimal dua gelas kopi. Ayo ngopi sambil mengunjungi destinasi wisata Yogyakarta lainnya di sekitar wilayah ini.

 

Kopi Merapi Jogja

Kopi Merapi Cocok Buat Hangout bareng teman-teman. Foto Ig : @dikinurzamzam

Akses ke Kopi Merapi

Letaknya di dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, yang merupakan desa terakhir menuju jalur pendakian Gunung Merapi dari sisi selatan. Sepanjang jalan menuju kesini, kamu harus tegar, karena jalan masuk ke kampungnya cukup untuk mengguncangkan seluruh tubuhmu. Suasana di kafe ini sangat tenang, sesekali terdengar ‘rengekan’ suara mesin diesel dari jeep-jeep lava tour yang melewati jalan di depan warung pada siang hari.

Kalau kamu takut kesasar, kamu bisa ajak penulis artikel ini untuk ngopi disana, setelah selesai ngopi tinggal saja orangnya disana, nggak apa apa. Kalau mau lebih enak lagi, tinggal chat whatsapp di kanan bawah, minta anterin. Udah gitu aja, beres.

Untuk mencapai Kopi Merapi, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika kamu sedang malas gowes karena bakal keringetan dan dengkul serasa mau copot, mendingan kamu bisa cari rental mobil di Jogja yang mau menemanimu dan menjagamu (di parkiran saja tentunya).  Ngopi di daerah lereng merapi ini tidak akan membuatmu kedinginan, jika kamu membawa pasangan jiwamu.

Galeri Kopi Merapi

Silakan kunjungi Galeri Kopi Merapi untuk melihat kumpulan foto-foto instagram yang sangat menarik. Daripada kamu penasaran rasa kopinya seperti apa dan bagaimana rasanya nongkrong disini, mendingan kamu langsung aja deh pergi kesini. Rayu pacarmu atau temanmu untuk nongkrong sembari merasakan hawa dingin perbukitan Merapi.

Informasi di Kedai Kopi Merapi Jogja

Jenis LokasiKedai Kopi
WahanaPemandangan alam, Landskap Merapi
FasilitasToilet, Mushola, Parkir, Warung Makan,
PenginapanHomestay, Guest House
Menu MakananMie Goreng, Pisang, Tempe, Kentang dan berbagai macam gorengan
Menu MinumanKopi Robusta, Arabica, Jahe, Teh Gula Batu dll
Area ParkirLuas
Tarif Parkir5-10K/mobil.
Jam buka09.00-22.00
Jarak Tempuh+/- 1 jam
Buat BalitaGood

Peta Lokasi Kopi Merapi Jogja :

Keterangan Tambahan :

  • Jika kamu sedang mengjalani Tour Lava Merapi menggunakan Jeep, mintalah mampir ke Kopi Merapi ini, karena biasanya routenya tidak mampir ke sini meskipun ada rute yang melewati.
  • Disini tidak ada menu aneh-aneh seperti waffle atau croissant, cukup pesan aja pisang goreng sama kopi. Kalo masih kurang kenyang, tambah mie goreng. Jangan biasakan membiarkan makanan terlalu lama, karena proses pendinginan disini cukup cepat.
  • Sepeda bisa nyampe kesini, kalo ngga bisa berarti kamu kurang tangguh.
  • Jangan lupa bawa jaket, kaos kaki biar ngga membekyu.

Beri Penilaianmu mengenai Kopi Merapi.

Review Overview
4.18
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×