Tebing Breksi Jogja : Wisata Bebatuan Purba

Share

Tebing Breksi Jogja : Bukit Bebatuan Purba

Tebing Breksi Jogja merupakan salah satu hasil kreatifitas manusia yang bisa mendatangkan manfaat bagi masyarakat. Dahulu, Perbukitan batu ini merupakan area penambangan yang di kelola masyarakat untuk mensuplai permintaan pasar. Namun sekarang penambangan itu ditutup dan diubah menjadi sebuah destinasi wisata unggulan, dengan tetap mempertahankan aspek ekonomi untuk masyarakat setempat. Diresmikan pertengahan tahun 2015, Tebing Breksi menjadi salah satu wisata kekinian yang mampu menarik animo masyarakat untuk mengunjunginya, baik wisatawan lokal maupun luar Jogja.

Bukit Bebatuan Purba yang Menawan.

Keindahan Tebing Breksi terletak pada lokasinya pada ketinggian dimana kita bisa menikmati sunset, sunrise, landscape daerah sekitar dan juga berdekatan dengan kompleks candi, seperti Candi Prambanan, Keraton Ratu Boko, Candi Sambisari dan Candi Ijo. Bebatuan yang ada di Breksi juga merupakan batuan karst purba yang berumur ratusan bahkan ribuan tahun yang memiliki karakter unik dari segi warna maupun materinya dan konon menurut penelitian ilmiah merupakan hasil aktifitas Gunung Api Purba Nglanggeran.

Di lokasi wisata Tebing Breksi Jogja ini kerap digunakan sebagai tempat even, semisal offroad atau pertunjukan entertainment. Makin lama destinasi wisata ini makin viral dan terkenal. Sekarang juga sudah ada beberapa tambahan fasilitas seperti : Selfie bareng burung hantu, Gardu pandang, Gazebo, Warung Kopi, Kolam dan Renovasi lahan parkir di tahun 2017.

Sunset di Tebing Breksi

Kamu bisa mendapatkan momen sunset ketika berada disini. Momen matahari terbenam di breksi ini agak berbeda dengan tempat lain, Boleh dicoba. Saat senja menjelang akan muncul pijaran bias warna kuning kemerahan di ufuk barat yang sangat mempesona, hal ini lah yang kini diburu para pencari sunset. Butuh perjuangan ekstra untuk bisa mendapatkan momentum ini, kamu mungkin harus antri dan juga harus mendapatkan dukungan dari langit yang cerah.

 

Tebing Breksi Jogja

Sunset Di Gardu Pandang Tebing Breksi. Foto Ig : @bintinuraysah

Jeep Adventure Wisata  Di Tebing Breksi

Oh iya, Kamu juga dapat melakukan eksplorasi Tebing Breksi dengan menaiki Jeep Adventure. Berkeliling dari Breksi, mengunjungi candi-candi, menyusuri hutan dan juga mengunjungi obyek-obyek wisata di sekitarnya. Aktifitas ini cukup menyenangkan mengingat medan di daerah Breksi yang masih termasuk perbukitan.

 

Jeep Adventure Brexit

Adventure Jeep Tebing Breksi. Foto Ig : @atin_wahyuni

Prasyarat untuk mengikuti tour jeep ini relatif mudah. Kamu harus sehat wal-afiat dan tidak mempunyai penyakit pernafasan. Area Breksi relatif berdebu, jadi kalo kamu booking tour jeep ini pada siang hari, jangan lupakan penutup wajah untuk menghindari debu yang nakal.

Harga Tour Jeep Breksi

  • Short Trip : 300.000-400.000 (1-2 jam durasi trip)
  • Medium Trip : 450.000-550.000 (2-3 jam durasi)
  • Long Trip : 600.000-700.000 (3-4 jam durasi trip)

Dalam satu jeep hanya dapat muat 3 orang peserta. Tour Jeep ini juga bisa dilakukan di malam hari lho. Catat ya!

Suasana dan Galeri Tebing Breksi

Dari puncak tebing bebatuan ini Kamu bisa memandang jauh lanskap daerah di sekitar Breksi. Pemandangan hijau menghampar, kontras dengan warna batu kapur di bukit ini. Meskipun di Breksi pada siang hari cukup panas, namun citarasa romantis tetap ada. Suasana seperti ini hanya bisa kamu dapatkan disini. Ajaklah pasanganmu kesini, pupuklah rasa cinta hingga masa itu tiba, dari Breksi.

 

Tebing Breksi Yogyakarta

Tebing breksi yang romantis. Ig @puguhcahyo24

Disamping dapat melihat bentang alam yang begitu indah dalam balutan kreatifitas manusia, Kamu juga dapat menikmati Tebing Breksi sebagai spot fotografi yang menawan. Dan menurut kami, waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke sini adalah pada waktu malam hari. Cobain aja travellers! Kebanyakan obyek wisata di Jogja tutup saat malam tiba, Namun di Breksi Cliff ini kamu bisa menikmati waktu liburanmu hingga larut malam. Kamu disini bisa santai ngopi-ngopi dan duduk manis sembari mengistirahatkan jiwamu yang lelah.

 

Tebing Breksi Jogja

Suasana Malam Hari di Tebing Breksi. Foto ig : @visitingjogjacom

Berikut sekumpulan foto yang kami rangkum dari berbagai sumber di instagram dalam Galeri Tebing Breksi untuk kamu yang belum pernah datang kesini. Bagaimanapun juga, tebing ini sangat cantik dan terlalu sayang untuk dilewatkan saat kamu berada di Jogja. Maka dari itu segera jebol tabunganmu dan hasut seluruh anggota keluarga untuk liburan ke sini. Carilah alasan yang tepat agar kamu berhasil datang ke Jogja.

Kamu dapat merangkai kunjunganmu ke Tebing Bebatuan Breksi dengan obyek wisata disekitar nya seperti Museum Dirgantara Mandala TNI AU, Kids Fun Park, Puncak Sosok, Pantai Parangkusumo dan menikmati makan malam di Sate Klatak Pak Bari. Kalo kamu nggak suka sate, kamu boleh nyobain restoran baru dengan sensasi boarding pesawat. Disana kalo mau makan harus check-in dulu. Kamu juga bakalan dilayani pramugari yang ramah dan cantik. Minat? Silakan kunjungi Jogja Airport Resto yang dekat ama obyek wisata ini.

Akses ke Tebing Breksi Jogja

Lokasi Tebing Breksi berada di Sambirejo Prambanan, Sleman. Kamu dapat menjangkaunya dalam hitungan menit dari Bandara. Rutenya relatif mudah dan jalannya tidak terlalu ekstrim, hanya sedikit menanjak. Untuk sampai kesini, Kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil (tapi jangan mobil kampanye, malu-maluin).

Jikalau kamu sedang malas nyetir karena jalannya emang agak nanjak, yang numpang banyak, dan males mainan setengah kopling, Mendingan kamu  hubungi Rental mobil di Jogja yang mau mengantarmu kesini dan menungguimu. Kamu bisa kontak cukup melalui whatsapp saja. Tour Tebing Breksi di Jogja ini akan membuat memory space di handphone mu penuh tak terkendali.

Peta Lokasi, Harga Tiket dan Informasi pendukung di Tebing Breksi Jogja

Jenis LokasiAlam, Perbukitan
WahanaSelfie Spot, Hiking, Burung Hantu, Gardu Pandang, Gazebo, Pertunjukan, Jeep Adventure
FasilitasToilet, Mushola, Parkir, Warung kopi,
PenginapanHomestay
Tarif Masuk5-15K
Tarif Jeep Adventure350-500K
Area ParkirLuas
Tarif Parkir5-10K/mobil. 15-30K/bus
Jam bukaHampir 24 Jam
Jarak Tempuh+/- 40 Menit
Buat BalitaFair
Peta Lokasi / Map-7.7816259,110.5044697

Beri Penilaianmu mengenai Tebing Breksi.

Review Overview
4.27
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×