Seribu Batu Songgo Langit Mangunan

Share

  Taman Seribu Batu Songgo Langit : Negeri Dongeng di Hutan Pinus

Apabila anda berwisata ke daerah Mangunan, Bantul, Sempatkanlah melihat negeri dongeng di Taman Seribu Batu Songgo Langit. Letaknya tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan. Disana anda akan dibawa ke dunia fantasi yang bernuansa dongeng. Ada Rumah Hobbit, Rumah Kurcaci, Kincir Angin, Kupu raksasa dan Jembatan yang bentuknya seperti di komik/film cerita negeri dongeng.

Suasana Taman Seribu Batu Songgo Langit.

Taman Seribu Batu Songgo Langit terletak di Sukorame, Mangunan, Bantul. Tempat ini menawarkan wisata scenery dengan latar hutan pinus. Beberapa wahana bernuansa dongeng dibuat untuk menarik minat wisatawan. Terletak di perbukitan yang membuat hawa disini cukup adem, menambah suasana epic fantasi negeri dongeng. Untuk mencapai kesana tidaklah terlalu susah karena jalan yang cukup representatif walaupun agak sempit dan lumayan menanjak.

Kenapa bernama ada Seribu Batu? Disana kamu akan menjumpai bebatuan berjumlah sangat banyak, yang akan selalu terlihat dari awal perjalanan anda hingga masuk ke taman ini. Jika ingin melihat tipikal seribu batu yang nyata, pergilah ke arah pesisir pantai di Gunungkidul. Di sepanjang jalan, Kamu akan menemukan bebatuan yang tertata rapi dan berundak di lahan atau ladang.

 

Puncak Songgo Langit : Sebuah Destinasi Hits.

Destinasi wisata Songgo Langit ini termasuk wisata kekinian Jogja yang muncul karena kreatifitas masyarakat setempat dalam merespon perubahan jaman. Dari sebuah bukit pinus yang biasa saja, lalu diubah menjadi tempat wisata yang cukup banyak menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah. Jadi tidak mesti mengandalkan warisan nenek moyang untuk bisa mendatangkan wisatawan.

 

Seribu Batu Songgo Langit Mangunan

Rumah Hobbit. Foto Ig : @ridwan_arfani

Bisa jadi kebun tak terurus di belakang rumah anda jika dibangun dengan kreatifitas, mungkin bisa mendatangkan wisatawan dan tentu, keuntungan. Karena kreatifitas mengubah hal yang biasa menjadi istimewa, Seperti Bukit Mojo Gumelem, Bukit Panguk Kediwung, Pinus Pengger, Bukit Lintang Sewu, Jurang Tembelan dll. Wisata Perbukitan tersebut terus berbenah dan bersolek agar dikunjungi para wisatawan tak terkecuali Songgo Langit.

Spot Wisata di Songgo Langit.

Disini terdapat beberapa spot yang menjadi ciri khas, seperti :

  • Rumah Hobbit atau Rumah Kurcaci
  • Rumah Seribu Kayu
  • Kincir Angin
  • Jembatan Jomblo
  • Taman Tumpah
  • Dll

 

puncak songgo langit

Ragam Fasilitas di Songgo Langit. ig @denbe74

Spot Rumah Kurcaci menjadi salah satu faktor yang menjadi alasan kenapa tempat ini layak dikunjungi. Suasana hutan dan struktur bangunannya memang dibuat menyerupai apa yang pernah kita tonton dalam film-film fantasi. Gardu pandang yang berwujud kincir angin juga salah satu spot yang diminati wisatawan untuk menikmati pemandangan lanskap dan juga tentunya, Selfie. Rumah seribu kayu juga tidak bisa dilupakan begitu saja, karena obyek ini sangat sayang untuk dilewatkan. Udah kadung nyampe sini juga, kalo nggak take photo trus mau ngapain?

 

Seribu Batu Songgo Langit

Gardu Pandang Kincir Angin. Foto Ig : @astariagustine

Tetapi mungkin pada waktu-waktu kedepan spot-spot itu sudah berganti spot yang baru. Hal ini dimaksudkan agar pengunjung yang sudah pernah datang, mau kembali lagi dengan wahana baru. Jadi andaikata spot yang ada di foto di halaman ini sudah ada berarti mungkin sudah tergantikan oleh yang baru.

 

Seribu Batu Songgo Langit Mangunan

Salah Satu Gardu Pandang dengan Pemandangan Mempesona. Foto Ig : @nindydya

Aktifitas Lain di Puncak Seribu Batu Songgo Langit.

Di tempat ini kamu bisa melakukan banyak hal seperti

  • camping
  • gathering
  • outbond
  • flying fox

Berkemah bisa jadi opsi aktifitas yang menarik di obyek wisata ini. Kumpulkan teman lalu ajak mereka menikmati malam-malam syahdu ditengah hutan akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Tak perlu khawatir, nggak ada Harimau atau Gajah yang akan mengganggumu disini. Kamu juga tak perlu khawatir kelaparan, meski di tengah hutan belantara (pinus) disini banyak warung yang menjadi penyelamat saat lapar melanda.

Punya komunitas atau punya anak didik? Bawa saja kesini, dengan area wisata yang luas, Kamu bisa ngumpulin banyak orang untuk beraktifitas outbond atau gathering. Cuman jika komunitasmu itu klub truk gandeng truk tronton, mungkin agak repot.

Tips Berwisata ke Seribu Batu.

Bukan bermaksud  apa-apa, tapi kami harus jujur supaya kalian tidak kecewa ketika berkunjung kesana. Pada intinya para wisatawan kesana untuk mendapatkan hal-hal yang pernah dilihatnya di media sosial. Seperti Berfoto di beberapa spot-spot yang menarik. Nah untuk bisa mendapatkan hal tersebut, kalian harus paham dulu caranya.

  • Harus mau antri untuk Foto.

Supaya nggak ngantri foto, datanglah lebih awal. Jika sudah terlambat datang, harus sabar mengantri, sekalian beristirahat. Biasanya orang datang kesini setelah berwisata dari pantai di pesisir selatan. Namun jangan kawatir, obyek wisata sejenis yang buka hingga malam hari cukup banyak, sehingga kamu nggak bakalan kekurangan alternatif lokasi.

  • Dilema musim

Untuk mendapatkan foto dengan background dedaunan hijau yang fresh, datanglah pada saat musim penghujan. Tapi resikonya, sepatu Sneaker-mu akan berbalut lumpur. Sedangkan jika datang pada musim kemarau, biasanya daun-daun berguguran dan pepohonan agak berwarna kecoklatan karena gersang.

 

rumah kurcaci

Rumah Kurcaci. ig @ephework

  • Jangan percaya foto editan instagram.

Percayalah hanya kepada Yang Maha Kuasa, jangan pernah percaya sales wisata tukang edit foto. Jangan sampai kamu kecewa mendatangi sebuah tempat wisata yang tak sesuai gambar. Namun disini kamu tak akan kecewa karena perbedaan antara kenyataan dan harapan tidak jauh. Biasanya kami akan jelaskan secara komprehensif agar wisatawan tetap menikmati obyek wisata ini tanpa ngedumel.

  • Sehat Fisik dan Mental.

Saat kamu akan pergi kesini, persiapkan fisik mu agar kuat jalan menanjak hingga puncaknya. Jangan memaksa bila kamu sedang sakit, kalo kemudian jatuh sakit pas disini malah bikin repot. Usahakan memakai pakaian yang casual atau longgar dan juga menyerap keringat. Meskipun hawa kadang cukup sejuk, tetap saja kamu akan berkeringat karena secara otomatis telah melakukan aktifitas hiking ke atas bukit.

 

hutan pinus mangunan

Salah satu spot di Songgo Langit. ig @fransisca_joestin

Akses ke Destinasi Wisata.

Untuk mencapai destinasi wisata negeri dongeng Songgo Langit, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Karena letaknya di perbukitan agak mblusuk dan juga sinyal 4G terkadang suka main petak umpet, sebaiknya kamu mengandalkan map atau petunjuk jalan. Jika harus menghafalkan belok kanan dan kiri-nya, Kamu akan kerepotan.

Mengarah saja ke Mangunan, Di jalanan akan banyak petunjuk arah. Sudah banyak orang kebingungan dengan rute-rute yang ditulis di website yang bertebaran di Google. Kalo bingung, turun saja nanya ama orang kampung. Jalan menuju kesini sudah lumayan bagus tidak seperti 10 tahun lalu kebelakang. Sudah beraspal dan banyak petunjuk / rambu-rambu. Perjalanan malam pun sudah tidak sesepi dan segelap jaman dahulu. Kontur perbukitan akan memaksa kamu berbelok-belok dan naik turun.

Apakah kamu suka mabuk di perjalanan? atau lebih suka tidur saat trip? jikalau memang begitu, pasrahkan saja kepada Rental mobil di Jogja dengan drivernya yang sopan dan nyetirnya halus. Tour wisata di daerah hutan pinus Mangunan ini akan membuatmu bahagia, seperti akhir cerita dalam dongeng.

Udah pernah kesini? Biasanya kalian kalo wisata ke Jogja, ke sini dulu atau ke pantai dulu? Bila ngga terlalu suka pantai, jadwalkan keberangkatan pagi di itinerary untuk kesini terlebih dahulu agar terhindar dari antrian. Bila suka mantai, pertimbangkan untuk mengunjungi pantai dengan fasilitas seperti :

Pantai-pantai itu mempunyai beragam aktifitas dan pemandangan yang tak kalah bagusnya dengan disini dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh.

Peta Lokasi & Informasi pendukung di Seribu Batu Songgo Langit Jogja

Jenis LokasiPerbukitan
WahanaNegeri Dongeng, Wahana Selfie, Rumah Hobbit, Gardu Pandang
FasilitasWarung Makan, Toilet, Mushola, Toko kecil
PenginapanAda
Tarif Masuk5-10K
Tarif Foto5-10K/spot
Area ParkirCukup
Tarif Parkir3-5K Motor, 5-10K mobil, 10-20K bus
Jam buka06.00-17.00
Jarak Tempuh+/- 1,5 jam
Buat BalitaFair
Jarak Tempuh-7.9316053,110.429089

Beri Penilaian tentang Seribu Batu Songgo Langit.

Review Overview
4.18
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×