Wisata Caving Goa Cerme

Caving Cerme
Keindahan di dalam Goa Cerme. Foto Ig : @kakapasiar

Goa Bersejarah Diantara Dua Wilayah


Tak lengkap rasanya bertualang di Jogja tanpa ke Goa Cerme. Menelusuri gua sepanjang 1,5 km, adventurer akan ditakjubkan dengan keindahan stalakmit dan stalaktit di sini yang berusia ribuan tahun. Bayangkan, motif bebatuan yang terbentuk oleh rembesan air karena proses yang berlangsung berkelanjutan sangat panjang. Keindahan berbagai bentuk dan motif bebatuan yang ada didalam Goa Cerme ini hanya akan membuatmu takjub dan mengucapkan kalimat-kalimat yang indah, pujian bagi yang menciptakannya.

Petualangan dimulai sejak menuju lokasi. Akses ke Goa Cerme memang cukup menantang. Anda harus melewati jalan kecil berkelok dan naik turun, diapit oleh suasana asri khas pegunungan. Di dalam gua mengalir sungai jernih dan segar. Anda harus siap berbasah-basah ketika menelusuri celah lembab dan sempit goa. Didalam anda akan ketemu sebuah site bernama Paseban, dimana air mengalir diatas batu yang bisa diduduki layaknya singgasana raja.

Caving Cerme
Menyusuri Sungai Bawah Tanah di dalam Goa Cerme. Foto Ig : @nurulsanesrina
Goa Cerme ini bersejarah, destinasi wisata ini menyimpan momen sejarah penting. Gua ini dulunya pernah menjadi tempat para wali berdakwah. Di sini pulalah para Wali Songo mendiskusikan rencana pembangunan Masjid Agung Demak. Tidak heran bila banyak orang datang ke sini melaksanakan tirakat atau semedi, walaupun kondisi didalam gua sangat lah gelap (jika tidak membawa alat penerangan) dan sunyi, yang terdengar sepanjang hari hanyalah bunyi gemericik air saja, tiada yang lain.

Caving Cerme
Berenang di Sungai bawah tanah nan Bening di dalam Goa Cerme. Foto Ig : @sylarzalmon
Letaknya di Dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Lengkapi dirimu dengan headlamp yang bisa disewa di lokasi, sebab di dalam gua keadaan-nya sangat gelap dan jangan lupa, pakai sendal gunung kalo mau masuk goa, sandal jepit atau yang lain akan membuatmu kesulitan melangkah. Satu lagi keunikan Goa Cerme. Anda masuk dari pintu depan Gua yang terletak di wilayah kabupaten Bantul, ketika keluar dari sisi lainnya, anda berada di wilayah Kabupaten Gunungkidul. Semuanya masih dalam wilayah propinsi D.I. Yogyakarta
  • Jenis Lokasi : Goa
  • Wahana: Caving
  • Penginapan Terdekat : Tidak Ada
  • Fasilitas : Mushola, 
  • Tarif Guide : 50.000-60.000
  • Tarif Masuk : Tiket Rp. 3.000, 
  • Tarif Parkir : 5.000
  • Jam Buka : 09.00 - 15.00
  • Jarak tempuh : +/-  45 menit
Untuk mencapai destinasi wisata Goa Cerme, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika kamu sedang malas naik motor atau nyetir, kamu bisa cari rentalan atau sewa mobil di jogja yang berlimpah dan berharga murah. Tour wisata caving di jogja, terutama di Goa Cerme ini akan membuatmu capek tapi senang luar biasa.

Peta Lokasi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar