Goa Cerme Jogja : Wisata Adventure Caving

Share

Wisata Caving Goa Cerme Jogja

Tak lengkap rasanya bertualang di Jogja tanpa ke Goa Cerme. Caving Goa Cerme Jogja adalah kegiatan menelusuri gua sepanjang 1,5 km. Adventurer akan ditakjubkan dengan keindahan stalakmit dan stalaktit di sini yang berusia ribuan tahun. Bayangkan, motif bebatuan ini dibentuk oleh proses rembesan air yang berlangsung berkelanjutan memakan waktu yang sangat panjang.Didalamnya terdapat sungai bawah tanah yang mengalirkan air sangat jernih.

 

Caving Goa Cerme Jogja

Keindahan di dalam Goa Cerme. Foto Ig : @kakapasiar

Keindahan berbagai bentuk dan motif bebatuan yang ada di dalam Goa Cerme ini hanya akan membuatmu takjub dan mengucapkan kalimat-kalimat yang indah, pujian bagi yang menciptakannya. Kamu nggak akan sempat mengeluarkan kata-kata buruk didalam goa yang sangat cantik ini.

Suasana Petualangan di Goa Cerme.

Petualangan dimulai sejak menuju lokasi. Akses ke dalam Goa Cerme memang cukup menantang. Kamu harus melewati jalan kecil berkelok dan naik turun, diapit oleh suasana asri khas pegunungan. Di dalam gua mengalir sungai yang jernih dan segar. Kamu harus siap berbasah-basah ketika menelusuri celah lembab dan sempit goa. Didalamnya, Kamu akan ketemu sebuah spot bernama Paseban, dimana air mengalir diatas batu yang bisa diduduki layaknya singgasana raja.

Pada awalnya mungkin kamu akan merasa takut karena kalau kalau terjadi sesuatu. Memang, didalam suasananya gelap gulita. Maka dari itu kamu diperlengkapi dengan peralatan-peralatan yang memadai seperti :

  • Headlamp.
  • Helm
  • Pelindung siku.
  • Body protector (meskipun itu tidak wajib).

 

Aktifitas Susur Goa

Kelengkapan saat susur goa cerme. Ig @mapalatgp

Setelah bertemu dengan keindahan stalagmit dan stalagtit, serta berjumpa dengan air mengalir yang sangat jernih di bebatuan. Kamu bakalan mulai melupakan ketakutanmu diawal tadi. Dan kamu akan larut dalam kesenangan yang luar biasa didalam Goa. Asal, lampunya tidak kehabisan baterai. Bener lho, kalo kehabisan baterai lantas tidak ada lampu, kamu akan kesulitan mencapai mulut Gua. Untuk itu kami sarankan agar mentaati apa yang disampaikan oleh Pemandu, karena Pemandu-lah yang tahu betul seluk beluk di dalam gua. Jangan malah kamu ajak berdebat.

 

Caving Goa Cerme Jogja

Menyusuri Sungai Bawah Tanah di dalam Goa Cerme. Foto Ig : @nurulsanesrina

 

Ada air terjun yang sangat indah, berair sangat bening dan sejuk. Kami yakin kamu jika sudah sampai disitu pasti akan membilas wajahmu. Kami bisa nulis begini karena kami sudah pernah masuk kesana, bukan cuma duduk didepan komputer kopi paste dari website lain. Bajumu akan basah sampai ke dada bahkan semuanya. Karena ada daerah yang kedalaman-nya sekitar 1 meter lebih. Tapi gak papa basah..basah..basah, itu sangat menyenangkan.

Disini kamu tak bisa melakukan aktifitas tubing seperti di Kalisuci atau Body rafting seperti Kali Oya. Yang bisa dilakukan untuk menikmati Goa ini adalah dengan berjalan kaki yang terkadang agak merayap. Pada kondisi tertentu kamu akan menjumpai sungai yang agak lebar, lorong yang sempit dan kedalaman sungai yang dangkal.

Goa Bersejarah Diantara Dua Wilayah

Goa Cerme ini mengandung unsur sejarah sebab destinasi wisata ini menyimpan peristiwa penting. Gua ini dulunya pernah menjadi tempat para wali berdakwah. Di sini pulalah para Wali Songo mendiskusikan rencana pembangunan Masjid Agung Demak. Tidak heran bila banyak orang datang ke sini untuk melaksanakan tirakat ngalap berkah atau semedi, walaupun kondisi didalam gua sangatlah gelap (jika tidak membawa alat penerangan) dan sunyi. Yang terdengar sepanjang hari hanyalah bunyi gemericik air saja, tiada yang lain.

 

Caving Goa Cerme Jogja

Berenang di Sungai bawah tanah nan Bening di dalam Goa Cerme. Foto Ig : @sylarzalmon

Satu lagi keunikan Goa Cerme adalah ketika Kamu masuk dari pintu depan Gua yang terletak di wilayah kabupaten Bantul, ketika keluar dari sisi lainnya, kamu sudah berada di wilayah Kabupaten Gunungkidul. Semuanya masih dalam wilayah propinsi D.I. Yogyakarta

Tips Adventure Caving di Goa Cerme

  • Lengkapi dirimu dengan headlamp yang bisa disewa di lokasi, sebab di dalam gua keadaan-nya sangat gelap gulita. Kamu bisa salah pegang saat gelap dan itu berbahaya, jika yang kamu pegang itu pacar temenmu.
  • Jangan lupa, pakai sendal gunung kalo mau masuk goa. Sandal jepit, selop atau jenis yang lain akan membuatmu kesulitan melangkah. Jika kamu memakai sepatu, langkah kakimu akan terasa berat.
  • Aktifitas susur gua ini relatif aman. Karena sungai yang ada didalamnya tidak dalam dan deras. Kamu masih bisa memakai pakaian biasa ketika masuk ke dalam Gua. Usahakan memakai pakaian casual bukan pakaian untuk jagong manten.

 

caving tour

Gaya Casual yang tepat untuk susur goa. ig @goacermeofficial

  • Jika kamu takut ruangan gelap, aktifitas susur goa ini tak cocok untukmu. Mendingan kamu nunggu diluar sambil jajan pop-mie.
  • Saat musim penghujan, air sungai didalam goa bisa meluap. Pemandu akan menyampaikan status goa apakah bisa di masuki atau tidak. Ikuti kata mereka dan jangan ngeyel.
  • Jangan memakai jam tangan yang non-waterproof atau kamu akan menyesal sering terlambat janjian di kemudian hari.
  • Bawa pakaian ganti, karena jok mobilmu yang bukan berbahan kulit bakalan basah jika kamu nggak membawa pakaian ganti.
  • Butuh waktu sekitar 1 hingga 2 jam untuk perjalanan dari satu pintu goa ke pintu yang lainnya. Sebaiknya kamu makan dulu sebelum menyusuri goa, di dalam goa tidak ada orang jualan.
  • Baca doa sebelum masuk goa dan buang niat jelek, karena banyak yang bilang tempat ini sakral dan angker. Tapi bagi kami itu non-sense, sebab tempat ini sangat menyenangkan untuk adventure.

Galeri dan Akses ke Goa Cerme

Agar kamu makin yakin dan mantap untuk pergi kesini, kamu musti melihat gambar lainnya, silahkan kunjungi Galeri Goa Cerme. Lihatlah, betapa menyenangkannya adventure di goa ini. Segera persiapkan dirimu, cari waktu yang tepat dan berangkat kesini.

Untuk mencapai destinasi wisata Goa Cerme Jogja yang letaknya di Dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Kamu bisa menggunakan tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika kamu sedang malas naik motor karena mantel mu sobek atau helm-mu hilang, Kamu bisa kontak Rental mobil di Jogja yang paham rute ke arah ini dan mau nungguin kamu dengan penuh kesabaran. Kamu jangan nekat kesini nggak pake helm, itu melanggar peraturan lalu lintas.

Jika kamu masih ragu dan butuh ditemenin, kami sanggup mengantarmu dan menemanimu berpetualang di dalam goa hingga selesai. Kami akan dengan senang hati melakukannya karena Tour wisata caving di Goa Cerme ini akan membuatmu capek tapi senang luar biasa.

Harga Tiket, Tarif Parkir, dan Informasi pendukung di Goa Cerme Jogja

Jenis LokasiGua
WahanaCaving, Air Terjun, Stalagmit, Stalagtit
FasilitasToilet, Mushola, Jajanan
PenginapanBelum Ada
Tarif Masuk3.000
Tarif Guide40.000-60.000
Area ParkirLuas
Tarif Parkir2-5K Motor, 5-10K mobil
Jam buka08.30-16.00 Fleksibel
Jarak Tempuh+/- 1 jam
Buat BalitaNo
Trip KesiniAda
Peta Lokasi / Map-7.979439,110.380322

 

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×