Candi Ijo Jogja : Heritage Tertinggi di Yogyakarta

Share

Candi Ijo – Candi Tertinggi di Jogja

Candi Ijo adalah sebuah candi peninggalan kerajaan Mataram hindu yang terdapat di daerah timur Yogyakarta. Candi ini dibangun dalam periode abad ke-10 sampai dengan ke-11 Masehi. Kompleks Candi Ijo Jogja dibangun di bukit yang disebut Gumuk/Bukit Ijo. Terletak di ketinggian 375 meter di atas permukaan laut, Candi Ijo merupakan candi yang tertinggi yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya.

 

Candi Ijo Jogja

Suasana Candi Ijo Saat Sore Hari. Foto Ig : @kaka_didi15

Kompleks candi nya berwujud teras berundak, dengan bagian terbawah di sisi barat dan bagian tertinggi berada pada sisi timur, mengikuti kontur bukit Ijo. Kompleks candi utama berada pada sisi timur. Di sisi barat terdapat reruntuhan bangunan candi yang masih dalam proses pemugaran. Di sebelahnya, terdapat teras yang lebih tinggi dan banyak reruntuhan yang diperkirakan berasal dari sekumpulan candi pemujaan (candi perwara).

Candi Ijo terletak di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo. Masuknya wilayah Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman yang masih merupakan daulah dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi ini berada lereng barat sebuah bukit yang masih merupakan bagian perbukitan Batur Agung, kira-kira sekitar 4 kilometer arah tenggara Candi Ratu Boko. Candi ini juga dekat dengan obyek wisata lainnya seperti : Candi Barong, Candi Sojiwan, Spot Riyadi dan tentu saja yang paling termasyhur yaitu Tebing Breksi.

Pemandangan dan Keasrian Candi Ijo, Luar Biasa!

Saat pertama datang di Candi ini, angin akan bertiup lebih dari sekedar sepoi-sepoi. Namun tiupan angin itu akan memberikan kesegaran bagi siapa saja yang berada di perbukitan ini untuk menikmati pemandangan bentang alam dan keindahan candinya. Kamu dapat melihat sekeliling candi dengan mata telanjang atau dengan alat bantu seperti Binocular. Saat siang cerah tak berawan adalah momentum sempurna perjalanan menikmati keindahan alam.

Jika kamu beruntung, kamu dapat melihat pemandangan pesawat take-off dari Bandara Adisutjipto. Meski tak dekat-dekat amat, pergerakan pesawat akan mencuri perhatianmu. Lain hal jika sedang ada latihan akrobatik pesawat, maka kamu serasa berada di tribun VIP dalam menikmati tontonan spektakuler tersebut.

 

Candi Ijo Jogja

Pemandangan di Candi Ijo. Foto Ig @andre_piss198

Sunset di Candi Ijo.

Hal paling dicari oleh para traveler adalah momen sunset yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung Candi Ijo pecinta senja. Dengan ketinggian yang memadai, proses perburuan sunset akan sedikit lebih mudah dan longgar dalam mengatur angle untuk pemotretan. Siluet candi dan warna kemerahan di ufuk barat akan menjadi sebuah attraction yang menarik untuk follower-mu.

 

Candi Ijo Jogja

Beristirahat setelah Gowes dan Menikmati Senja. Foto Ig @basilhari

Gowes ke Candi Ijo Jogja.

Buat para pecinta olahraga sepeda, Candi Ijo bisa menjadi sebuah rujukan untuk acaramu selanjutnya. Kamu bisa gowes sampai ke atas, menikmati pemandangan dan menjemput sunset di sore hari. Track untuk menuju ke lokasi memang sedikit menantang, bagi para goweser, ini malah menjadi tantangan yang menyenangkan. Tapi jangan lupa, cek rem dulu sebelum nggowes kesana. Jangan sampe remnya blong atau aus atau kamu akan terjungkal.

Rute ini menjadi favorit karena buat wisatawan yang suka nyepeda. Dari hotel tempatmu menginap bisa langsung menuju Candi Ijo, Rute kesini tidak membutuhkan alat bantu angkut untuk bisa segera menikmati aktifitas ini, langsung genjot! Jika kamu menginap di hotel dekat bandara, bersepeda ke Candi Ijo paling-paling membutuhkan waktu 30-60 menit. Asal bukan memakai teknik sepeda lambat seperti yang (dulu) sering dilombakan di acara agustusan.

 

gowes ke candi ijo

Gowes ke Candi. ig @sawitrirani

Akses dan Galeri

Letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, menjadikannya mudah untuk dicapai baik dengan transportasi pribadi maupun umum. Namun angkutan umum yang spesifik melewati candi ini tentu tidak ada, sedangkan jika hendak berjalan kaki agak lumayan jauh. Solusi terbaik adalah menggunakan kendaraan / transportasi pribadi (sepeda, motor atau mobil).

Jika kamu males nyetir karena di jok mobilmu nggak terdapat bantal mobil yang bagus, Kamu bisa cari Rental mobil atau agen wisata di Jogja yang bertebaran di search page google. Dan kalo pas ngrental mobil, Usahakan jangan mau dikasih unit mobil yang ecek-ecek. Route ke Candi jalannya cukup menanjak, Jangan sampai mogok ditengah jalan. Ntar malah jadi kacau semua ntar itinerary– nya.

Tour wisata ini sama sekali tidak akan membuatmu kecewa, malahan kami berharap kalian nggak ketiduran di rumputnya. Coba aja cek Galeri Candi Ijo untuk melihat gambar-gambar lainnya. Candi ini terlalu sayang untuk dilewatkan, maka dari itu ajak siapapun yang kamu sayangi untuk menikmati keindahan diatas bukit ini. Kami yakin bila kamu sampai ke tempat ini, kamu akan langsung tersenyum

Harga Tiket, Peta Lokasi dan Informasi lainnya.

Jenis LokasiCandi, Perbukitan,
WahanaCandi Pemujaan, Selfie Spot, Hiking, Cycling
FasilitasWarung Makan, Toilet, Mushola, Warung Kopi
PenginapanAda
Tarif Masuk2-5K
Tarif Photo10-25K
Area ParkirLuas
Tarif Parkir3-5K Motor, 5-10K mobil
Jam buka08.00-17.00
Jarak Tempuh+/- 0,5 jam
Buat BalitaFair
Peta Lokasi-7.7725588,110.4924974

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×