Puncak Suralaya Jogja : Puncak nan Mistis

Share

Puncak Suralaya : Keindahan Lansdcape di Barat Jogja

Puncak Suralaya adalah sebuah bukit di daerah Samigaluh Kulonprogo, yang dulu nya merupakan tempat pertapaan Sultan Agung Hanyokrokusumo. Daerahnya berada di kawasan Perbukitan Menoreh. Puncak Suralaya merupakan wisata sederhana namun penuh nuansa sejarah Kerajaan Mataram pada awal-awal pendiriannya. Bepergian atau berwisata tak selalu mencari tempat untuk berenang atau ber swa-foto saja. Destinasi wisata yang satu ini perlu kamu kunjungi untuk menjajal kemampuan fisikmu.
Puncak Suralaya

Puncak Suralaya by @alexkhairi

Legenda Puncak Suralaya Jogja

Legenda mengenai Puncak Suralaya bermula dari seorang pujangga bernama RM Ngabehi Yasadipura dari Keraton Surakarta yang dalam kitabnya berjudul Serat Cebolek. Ia mengisahkan bahwa Mas Rangsang, Putra Mahkota Kerajaan Mataram Islam, pernah menerima wangsit untuk menjadi penguasa tanah Jawa. Raden Mas Rangsang harus berjalan kaki dari keraton di wilayah Kotagede menuju ke arah barat.
Setelah menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 40 kilometer di wilayah Pegunungan Menoreh, ia jatuh pingsan karena kelelahan. Dalam pingsannya, Raden Mas Rangsang mendapat wangsit yang kedua. Wangsit tersebut memerintahkan agar Raden Mas Rangsang, yang ketika besar bergelar Sultan Agung Hanyokrokusumo, untuk melakukan tapa kesatrian di tempat itu. Tempat itulah yang sekarang disebut dengan Puncak Suroloyo.

Puncak Suralaya Jogja : Landskap yang luar biasa

Untuk menuju Puncak Suralaya, anda harus melewati jalan yang cukup sempit dan berkelok-kelok. Sesampainya di perbukitan Suroloyo, anda harus menaiki 286 anak tangga dengan tingkat kemiringan yang cukup terjal. Butuh energi dan effort yang kuat untuk mencapai puncaknya. Kalau kamu mampu jalan-jalan di mall selama berjam-jam dan nggak ngerasa capek, mestinya kamu bisa juga naik ke puncak ini dengan mudah. Ayo coba buktikan, kamu bole bawa air minum jika merasa dahaga.
Puncak Suralaya

Tangga Menuju Puncak Suralaya. Foto Ig : @abdaji40

Ketika sampai di puncaknya maka akan menyaksikan keindahan lansdcape yang luar biasa indah. Empat gunung besar berjajar, yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing. Sembari menikmati pemandangan landskap Menoreh yang luar biasa tersebut, bertafakurlah dan ber-hibernasi sebentar, coba rasakan aura mistis yang ada di petilasan tersebut. Saat musim penghujan biasanya kabut datang menghiasi seluruh penjuru bukit seperti nampak pada gambar, sungguh keindahan yang luar biasa.
Puncak Suralaya

Kemegahan Puncak Suralaya Berselimut Kabut. Foto Ig : @rimayatus

Akses ke Puncak Suralaya

Hawa yang sejuk dan kabut yang datang akan membuat anda merasa segar dan hidup kembali, setelah merasakan lelahnya bertarung di hari hari kerja. Udaranya sangat fresh dan segar. Kamu bisa menghirupnya dalam-dalam untuk merasakan kesegaranya walaupun sayangnya kesegaran itu tidak bisa dibawa pulang kembali ke Jogja atau ke kota tempatmu berasal, kecuali, Kamu berasal dari pegunungan juga. Sempatkan mampir ke Bukit Kalibiru yang juga punya pemandangan menawan berlatar belakang waduk sermo nan hijau.
Untuk sampai pada destinasi Puncak Suralaya Jogja, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika kamu sedang malas ngayuh sepeda karena nantinya bakalan naik tangga lagi, Kamu bisa cari rental mobil di jogja yang ada di website. Tour wisata hiking di daerah kulonprogo ini benar-benar akan membuatmu capek namun hati senang.

Informasi pendukung di Puncak Suralaya

Jenis LokasiPerbukitan
WahanaGardu Pandang, Hiking
FasilitasWarung Kopi, Toilet
PenginapanTidak ada
Tarif Masuk5-10K
Tarif lain
Area ParkirCukup
Tarif Parkir5-10K/mobil.
Jam buka06.00-17.00
Jarak Tempuh+/- 2 Jam
Buat BalitaNo

Peta Lokasi :

 

Berikan Penilaian untuk artikel ini!

Klik pada bintang untuk menilai!

Nilai Rata-rata / 5. Jumlah Penilai :

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *