Pantai Goa Cemara : Pantai yang Rimbun

Share

Pantai Dengan Rerimbunan Pohon Cemara

Pantai Goa Cemara adalah sebuah pantai yang terletak di sebelah barat Pantai Parangtritis, letaknya di pesisir Pulau Jawa bagian selatan, tepatnya di Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul Propinsi DI Yogyakarta. Dinamakan Goa Cemara, karena disana terdapat banyak rerimbunan pohon cemara dan ketika kita berada disana seperti berada disebuah goa yang terbentuk oleh pohon cemara. Konon katanya dahulu rerimbunan cemaranya sangatlah lebat, namun sekarang sudah tidak demikian.

pantai goa cemara

Diantara belahan hutan cemara. Ig @tryanha

(60 Destinasi Wisata Pantai Hits di Jogja)

Apa menariknya Pantai Goa Cemara ?

Wisata Pantai disini berpasir hitam seperti pantai-pantai di daerah Bantul lainnya, berbeda dengan pantai-pantai di daerah Gunungkidul yang berpasir putih, meski demikian pemandangan disekitar Pantai Goa Cemara tak kalah indahnya dengan pantai-pantai di sisi timurnya. Hutan Cemara menjadi daya tarik tersendiri yang sangat eksotis ditambah lokasi yang representatif untuk mengadakan field trip atau outbond. Disini juga ada wahana ATV, Odong-odong dan berkuda. Pada waktu tertentu anda juga dapat menyaksikan pelepasan tukik ke laut lepas.

pantai goa cemara

Menaiki ATV. IG @navis_a_nugroho

Pantai Goa Cemara Mistis?

Setiap tahunnya di area Pantai Goa Cemara selalu diadakan tradisi Labuhan sebagai ritual untuk menghormati penguasa alam gaib di pantai selatan Jawa. Tradisi Labuhan selalu diadakan setiap pergantian tahun baru Jawa atau yang biasa dikenal dengan 1 Suro. Tradisinya adalah warga mengarak sebuah boneka mirip kambing yang diberi nama Kambing Kendhit. Boneka Kambing Kendhit akan diarak bersama Kirab hasil bumi, sebagai simbol dari kesuburan alam di kota ini. Dalam kepercayaan masyarakat sekitar, Kambing Kendit juga sering disebut kambing pethuk yang mempunyai makna methuk (menjemput) rezeki. Masyarakat berharap dengan melaksanakan labuhan ini, seluruh warga desa yang tinggal di sekitar pantai tersebut dilancarkan rezekinya.

Labuhan di Pantai

Labuhan Kambing Kendit. Foto antarafoto.com

Pantai ini Asik Nggak?

Pantai Goa Cemara ini termasuk destrinasi wisata pantai di yogyakarta yang cukup romantis, teduh, tidak gersang dan instagramable. Banyak pasangan muda menghabiskan waktu sore hari di Pantai Gua Cemara ini. Pantai ini juga ramah anak, terlihat dari banyaknya rombongan anak-anak PAUD, TK maupun SD yang berkunjung kesini. Pada musim penghujan, Pantai ini akan terlihat lebih indah dan romantis, Buktikan saja kalo tidak percaya. Apalagi kalo nyempetin liat Mercusuar yang kelihatan di lokasi Pantai Pandansari, yang lokasinya disebelah timur pantai Goa Cemara. Bayangkan, saat rintik-rintik hujan, kemudian kalian berdua berteduh di bawah Mercusuar, sambil celingukan cari ojek payung, sungguh romatis.

Berkuda di pantai

berkuda di pinggir pantai. ig @suzetiatya

Untuk bisa mencapai Pantai yang asik ini, Kamu bisa menggunakan moda transportasi sepeda, motor, mobil, bus. Transportasi umum sulit dan kayaknya nggak ada angkutan umum kesana. Jika kamu lagi malas naik mobil karena harga pertamax naik terus. Sebaiknya kamu mencari sewa mobil+ driver saja. Kamu tinggal duduk manis dan tidur di perjalanan, tau-tau udah sampai di sana, Trus naik Kuda!

Harga Tiket dan Informasi pendukung di Pantai Goa Cemara Jogja

Jenis LokasiPantai
WahanaATV, Berkuda, Outbond,
FasilitasToilet, Mushola, Parkir, Warung Makan, Gathering Ground
PenginapanHomestay
Tarif Masuk10-15K
Tarif Sewa ATV15-50K
Area ParkirLuas
Tarif Parkir5-10K/mobil. 15-30K/bus
Jam buka06.00-17.00
Jarak Tempuh+/- 1 jam
Buat BalitaGood

Peta Lokasi Pantai Gua Cemara :

Berikan Penilaian untuk artikel ini!

Klik pada bintang untuk menilai!

Nilai Rata-rata / 5. Jumlah Penilai :

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *