Makam Raja-Raja Imogiri Yogyakarta

Share

Makam Raja-Raja Imogiri Jogja

Ziarah ke Makam Raja-Raja Mataram

Bagi pecinta wisata ziarah dan budaya, Makam Imogiri adalah tempat yang sesuai. Terletak di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istiwewa Yogyakarta. Makam Imogiri merupakan makam Raja-raja Kerajaan Mataram. Dibangun tahun 1632, Makam ini masih dipergunakan sampai sekarang untuk memakamkan keturunan raja-raja Mataram baik yang bertahta di Kasultanan Yogyakarta maupun Kasunanan Surakarta. Suasananya sepi, hawanya adem, nuansa mistisnya ada apalagi jejak sejarahnya.

 

Makam Raja-Raja Imogiri

Tangga Menuju Makam Raja Imogiri. Foto ig : @pherophero

Ada cara tertentu buat ziarah ke Makam Imogiri?

Makam ini terletak di perbukitan, sehingga untuk menuju ke sana diperlukan fisik yang memadai. Banyak anak tangga mendaki yang harus kamu lalui untuk bisa sampai ke pusat makam. Bagi yang hanya sekedar ingin menghitung anak tangga, bisa cukup berada diluar komplek makam, akan tetapi apabila berniat ziarah masuk ke komplek makam, maka pengunjung diharuskan mengganti pakaiannya dengan pakaian adat yang sudah disediakan. Pernah memakai baju adat Jawa (kemben)? Saya jamin anda yang perempuan akan kelihatan lebih cantik dan seksi dan yang laki-laki akan kelihatan berwibawa. Silakan dicoba kalau nggak percaya.
Makam Raja-Raja Imogiri
Berpakaian adat Jawa ketika hendak ziarah ke Makam Raja Imogiri. Foto Ig : @edaningd

Nggak boleh ngapain di Makam Raja-raja Imogiri?

Di dalam komplek makam tersebut tentu tidak boleh melakukan hal-hal yang diluar aturan, akan ada pegawai/juru kunci yang mendampingi ketika ziarah. Banyak pengunjung yang menyepi bertirakat di komplek makam ini. Di makam ini kamu bisa berziarah ke makam Sultan Agung, Susuhunan Pakubuwana I sampai yang ke XII, Sultan Hamengkubuwono I, III sampai yang ke IX. Tentu di makam manapun kamu tidak boleh ketawa-ketawa, bercanda atau lari-larian. Kamu harus khidmat jika niat betul ingin berziarah.

Suasananya di sini sangat mistis namun damai. Ada satu trivia yang cukup menarik, apabila kamu bisa menghitung jumlah anak tangga yang kamu lalui saat naik dan saat turun dengan jumlah yang sama, berarti kamu punya daya ingat dan kemampuan hitung yang hebat :). Silahkan dicoba namun aturlah nafas dengan baik terlebih dahulu.
Makam Raja-Raja Imogiri
Suasana Hening di Makam Raja Imogiri. Foto Ig : @frissaerina
Untuk sampai ke destinasi wisata ziarah Makam Raja-raja Imogiri di Jogja ini, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika malas nyetir karena nantinya butuh tenaga ekstra untuk menaiki tangga makam yang jumlahnya ratusan, kamu bisa cari rental mobil di jogja yang berlimpah dan berharga murah. Tour wisata ziarah di bantul Jogja ini akan membuatmu semakin kuat dan berwibawa setelahnya.

Informasi pendukung di Makam Raja-Raja Imogiri Jogja

Jenis LokasiMakam
WahanaZiarah
FasilitasToilet, Mushola, Parkir
PenginapanAda
Tarif Masuk10-25K
Tarif Sewa Baju10K
Area ParkirLuas
Tarif Parkir5-10K/mobil. 15-30K/bus
Jam bukaSenin, Jumat, Minggu saja 09.00-16.00
Jarak Tempuh+/- 1 jam
Buat BalitaTidak Cocok

Peta Lokasi :

Berikan Penilaian untuk artikel ini!

Klik pada bintang untuk menilai!

Nilai Rata-rata / 5. Jumlah Penilai :

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *