Tour Jeep Offroad di Desa Wisata Nglinggo

Share

Tour Jeep Wisata di Desa Nglinggo.

Desa wisata Nglinggo merupakan desa yang asri, sejuk dan menenangkan. Kebun teh menghampar yang terkadang diselimuti kabut yang datang, akan membuat siapa saja yang datang kesana bisa melupakan kepenatan yang melanda selama hari-hari kerja. Letaknya di Kecamatan Samigaluh Kab Kulonprogo. Berada di ketinggian yang cukup bisa membuat tanaman teh bisa tumbuh, membuat kita perlu membawa baju hangat jika ingin bertandang kesana.

Desa ini merupakan desa juara lomba desa wisata tingkat nasional beberapa waktu lalu. Meskipun begitu, ketika kita ingin kesana, banyak yang menyarankan tidak perlu menggunakan GPS karena seringkali banyak yang kesasar. Entahlah, apakah karena cara membaca GPS yang salah atau GPS nya sendiri yang salah.

Suasana Desa Wisata Nglinggo

Yang jelas, ketika ingin pergi kesana, siapkan kondisi fisik yang baik, siapkan baju hangat jika ingin bermalam, dan juga diperlukan kondisi prima kendaraan yang akan membawa kita ke sana. Disamping jalannya cukup sempit, penerangan juga kurang kalo malam dan juga banyak tanjakan yang cukup menantang.

Di sekitar mata memandang akan terlihat jajaran Bukit Menoreh disertai hijaunya pepohonan dan kelok-kelok jalan yang menembus ketinggian. Hawanya cukup sejuk dan tentu akan menjadi dingin di kala malam hari. Udaranya segar dan bisa kamu hirup dalam-dalam. Pada waktu tertentu, kabut akan datang menutupi kebun teh yang ada di hadapanmu.

 

Desa Wisata Nglinggo

Berada di tengah-tengah Kebuh teh . Foto Ig : @idhoet_sekarlangit

Perkebunan teh menghampar di wilayah yang merupakan bagian dari Perbukitan Menoreh, sebuah perbukitan yang membentang di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Kesejukan dan kedamaian akan kamu temukan disini, sedangkan hiruk pikuk suara klakson dan knalpot tak akan kamu jumpai. Suasana desa sangat terasa kental disini. Orang-orangnya pun ramah khas pedesaan

Tour Jeep Offroad di Desa Wisata Nglinggo.

Dulu desa ini hanyalah sebuah desa terpencil dengan hamparan kebun teh saja, namun kini desa itu berubah, bersolek dan siap untuk menerima kunjungan wisatawan yang ingin refreshing, baik cuman sekedar berfoto selfie dengan latar belakang perbukitan dan hamparan kebun teh yang segar, atau malah ingin berwisata adventure offroad dengan menggunakan kendaraan jip.

Sekarang kamu sudah bisa menikmati Desa wisata Nglinggo tidak hanya sekedar berkejar-kejaran dengan kekasihmu di semak-semak kebun teh. Namun kini kamu bisa mengeksplorasi desa wisata ini dengan menunggang Jeep wisata. Kamu akan diajak touring offroad, tidak melewati jalan yang mudah, melainkan menyusuri hutan dan perbukitan di sekitar Nglinggo dengan struktur jalanan yang masih berupa tanah liat dan kalau hujan akan berubah menjadi lumpur. Bagi yang suka petualangan pasti akan sangat menantang bukan?

 

Desa Wisata Nglinggo

Offroad di Hutan Pinus. Foto Ig: @offroad.nglinggo

Harga Tour Jeep Adventure Desa Wisata Nglinggo

Syarat minimum Reservasi Tour Nglinggo

  • Sehat fisik dan mental
  • Maksimum 3 orang dalam 1 jeep
  • Memakai safety equipment

Pilihan paket wisata yang bisa kamu pilih saat ingin mencoba Tour wisata jeep Nglinggo :

Short Trip

1-2 Jam durasi perjalanan, menyusuri Desa wisata Nglinggo, Kebun teh dan Hutan pinus. Harganya kisaran 200.000-250.000

Medium Trip

2-4 jam perjalanan, menyusuri desa Nglinggo, Perkebunan teh, Hutan Pinus ditambah ke Obyek lainnya seperti Bukit Ngisis. Harga kisaran 400.000-450.000

Long Trip

4-6 jam durasi adventure, menyusuri desa wisata Nglonggo, Kebun Teh, Hutan Pinus Nglinggo, Ditambah Bukit Ngisis, Air Terjun Clanceng Putih, dan destinasi lain-nya. Harga kurang lebih 600.000-700.000

Custom Trip

Tujuan dalam trip adventure ini bisa di ubah disesuaikan dengan keinginan wisatawan. Bahkan kamu bisa meminta operator tour jeep ini melakukan perjalanan hingga sampai ke Candi Borobudur, Karena jarak ke Candi tersebut memang relatif dekat dari Desa nglinggo atau kamu bisa request trip Sunrise pada pagi hari. Melihat matahari muncul dari perbukitan Menoreh merupakan salah satu momentum yang cukup indah yang bisa kamu kenang, selain mengenang mantanmu.

Aktifitas Lain di Kebun Teh Nglinggo.

Belajar Membuat Teh atau Kopi

Karena di desa ini dikelilingi pohon teh, maka saat kamu berada disana, kamu dapat belajar untuk membuat teh. Kamu akan diajari dari mulai pemetikan daun teh, meracik komposisi teh hingga membuatnya siap minum. Beberapa tahun lalu penyanyi bernama Nugie pernah membuat lagu tentang pembuat teh, mungkin dia pernah ke sini dan belajar tentang teh.

 

kebun teh linggo

Memetik Daun Teh. ig @karta_pac

Kamu juga dapat belajar proses pembuatan kopi, karena disana juga terdapat pohon kopi yang tumbuh di dataran tinggi. Tapi mendingan sih tinggal pesan kopi/teh panas aja, nikmati setiap tegukan itu sambil memandang pemandangan hijau menghampar sembari tanganmu merangkul yang ada disebelahmu (karena kedinginan).

Menikmati Malam Sunyi

Sekarang disini sudah ada homestay yang representatif buat kamu yang ingin menghabiskan malam-malam romantis disini. Mungkin, Desa Nglinggo bisa menjadi alternatif lokasi bulan madu yang eksotis. Saat malam tiba, kamu bakalan dihujani cahaya bintang-bintang gemerlapan yang akan menambah syahdu suasana.

Bentuk homestay-nya juga cukup unik dan berkarakter. Ada yang berbentuk rumah panggung dengan bahan strukturnya dari kayu dan atap jerami. Dan tentunya kamu nggak bisa berharap sinyal 4G akan meng-cover area desa ini secara penuh.

 

rimbono homestay

Salah satu homestay bernama Rimbono. ig @homestayrimbono

Selfie di Hamparan Kebun Teh

Pada pagi harinya kamu bisa bangun pagi dan menjemput kabut yang mungkin datang menyelimuti kebun teh. Kamu akan merasa seperti berada di khayangan. Suasana seperti ini di Jogja hanya akan kamu dapatkan disini. Hampir mirip di Kebun Teh Pagilaran atau Tambi, Dieng. Seperti yang diulas diatas, Kamu bisa selfie-selfie disini sambil belajar cara memetik daun teh. Cobalah memakai caping dan membawa bakul untuk tempat pucuk daun teh yang kamu petik, lalu selfie. Pasti keren!

 

Desa Wisata Nglinggo

Gardu Pandang dengan Hamparan Kebun Teh. Foto Ig : @jogjaku

Sepedaan di belantara Kebun Teh.

Bagi pecinta gowes yang butuh tantangan, Desa Nglinggo ini bisa jadi sasaran aktualisasi. Medannya yang naik turun dan relatif masih perawan bisa menjadi lintasan yang cukup menantang. Meskipun belum ada track downhill, Kamu bisa mengeksploitasi daerah ini dengan sepeda kebanggaanmu. Susuri-lah tiap jengkal Nglinggo dengan kayuhan penuh tenaga hingga lapar melanda. Jangan khawatir, ada banyak warung yang sedia makanan disana.

 

sepedaan kebuh teh nglinggo

Jajal kemampuan jelajahmu disini. ig @andijadmiko

Setelah dari sini, Kamu bisa mampir ke Puncak Suroloyo, yang dulunya merupakan petilasan pertapaan Sultan Agung, Atau kamu bisa jalan-jalan ke Bukit Kalibiru / Pule Payung yang terkenal sangat indah pemandangannya dengan background Waduk Sermo. Namun jika kamu sudah bosan dengan perbukitan, kamu bisa melipir ke daerah selatan Kulonprogo dengan mengunjungi Pantai Glagah yang Indah.

Galeri Foto & Akses ke Desa Nglinggo.

Supaya kamu lebih mantap dengan rencana liburan kesini, berikut kami berikan gambaran mengenai Desa Nglinggo dalam Galeri Desa Wisata Nglinggo, yang merupakan cuplikan beberapa foto instagram wisatawan yang pernah kemari. Kalau udah mantap, ajak teman-teman untuk wisata ke sana. Dijamin bakalan seru dan menyenangkan.

Untuk mencapai destinasi wisata Offroad Ngglinggo, kamu bisa menggunakan tranportasi seperti sepeda, motor atau mobil. Namun untuk rombongan jumlah banyak, bus besar belum bisa sampai keatas. Jalan ke arah desa ini cukup menantang karena tidak terlalu lebar dan naik turun setelah lepas dari jalan raya Jogja-Purworejo.

Jika kamu merasa mobil matic-mu gak bakalan kuat nanjak, Mendingan kamu hubungi Rental mobil di Jogja yang mau mengantarmu kesana. Tour wisata offroad di daerah kulonprogo ini benar-benar akan membuatmu bersenang hati dalam kesejukan. Desa ini sangat cocok buat kamu yang berjiwa petualang, tentu bukan petualang cinta.

Peta Lokasi & Informasi di Desa Wisata Nglinggo

Jenis LokasiPerbukitan, Perkebunan
WahanaHiking, Offroad, Adventure, Sepedaan, Petik Teh
FasilitasWarung Kopi, Toilet, Mushola,
PenginapanHomestay
Tarif Masuk2-5K
Tarif Offroad200k-1.5K
Area ParkirCukup
Tarif Parkir5-10K/mobil.
Jam bukaHampir 24 Jam
Jarak Tempuh+/- 2 Jam
Buat BalitaFair
Peta Lokasi / Map-7.647668,110.141878

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×