Pantai Sundak Jogja : Pantai Yang Pernah Terendam

Share

Pantai Sundak Jogja yang pernah terendam air laut

Pantai Sundak merupakan salah satu dari belasan bahkan ratusan pantai yang berada di sepanjang garis Pantai Selatan Gunung Kidul, Yogyakarta. Sundak memiliki sejarah yang berkaitan dengan keindahan alamnya. Pantai ini dulunya terendam air laut. Entah kapan kemudian pantai itu muncul dari rendaman. Tidak heran jika ada banyak batu karang berlumut di sisi timur dan barat pantai. Batu karang ini pula yang memisahkan Pantai Sundak dengan pantai-pantai di sekitarnya.

Pantai Sundak Jogja

View Pantai Sundak. Foto Ig : @tanfidz_t

Seperti kebanyakan pantai di selatan Jawa, Anda tidak dapat berenang. Namun tetap dapat bermain air di perairan dangkal ketika air laut surut. Bagi yang tidak ingin bermain air, dapat duduk-duduk di gazebo yang disediakan oleh warga sekitar. Airnya jernih di kombinasikan dengan pasir putih, membuat anda akan betah disini.
Pantai Sundak Jogja
Seorang Anak kecil bermain di tepian Pantai Sundak. Foto ig : @aneke_jeney

Pemandangan alam Pantai Sundak Jogja.

Pemandangan alam Pantai Sundak tidak hanya layak dinikmati ketika siang hari. Anda dapat bermalam di sini sembari menikmati ikan bakar. Anda dapat tidur di mana saja, termasuk mendirikan tenda. Camping sudah menjadi hal biasa disini, lebih asyik camping bareng teman-teman kemudian bakar-bakar sesuatu untuk dimakan.
Camping di pantai Sundak relatif menyenangkan buat para campingers pemula, karena di daerah Sundak relatif sudah ramai dan banyak warung. Jadi kalo kamu kelaparan trus males bikin mie, minta dibikinin mie aja ama warung-warung itu.
Pantai Sundak Jogja
Dua orang sedang bercengkerama di Pantai Sundak. Foto ig : @rayrezalerianto

Kontur pasirnya berwarna krem dan butirannya sangat halus, disekeliling nampak bebatuan karang. Duduklah dipesisir pantai sambil memandangi sekitar, Kamu akan terhibur hatimu luar dalam. Asal jangan melamunkan mantan yang sudah pergi. Dan jangan lupa, ketika kamu sangat ingin bermain-main di reef untuk sekedar melihat-lihat biota laut, pakailah sandal. Juga Sunblock untuk menjaga kulitmu halus senantiasa sepanjang hari.

Pantai berpasir putih ini terletak sekitar 3 kilometer dari Pantai Kukup. Tepatnya di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul dan dekat dengan Pantai Pulang Syawal yang lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti. Jikalau sempat, kunjungilah ketiga-nya, lalu setelah pulang ke rumah ceritakan tentang indahnya gugusan pantai di Gunung Kidul ini, kepada medsos!

Informasi pendukung di Pantai Sundak Jogja

Jenis LokasiPantai
WahanaPasir Putih, Gazebo, Camping
FasilitasToilet, Mushola, Parkir, Warung Makan
PenginapanHomestay
Tarif Masuk10-25K Lokal
Tarif Sewa Tenda6-20K
Area ParkirLuas
Tarif Parkir5-10K/mobil. 15-30K/bus
Jam bukaHampir 24 Jam
Jarak Tempuh+/- 2 jam
Buat BalitaFair

Untuk mencapai Pantai Sundak, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika malas naik motor karena takut kehabisan bensin, kamu bisa cari rental mobil di jogja yang berlimpah dan berharga murah. Tour wisata pantai gunungkidul ini tidak akan membuatmu memendam lara.

Peta Lokasi :

Berikan Penilaian untuk artikel ini!

Klik pada bintang untuk menilai!

Nilai Rata-rata / 5. Jumlah Penilai :

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *