Pantai Kukup Jogja : Kembaran Tanah Lot

Share
Pantai Kukup Jogja
Pantai Kukup Saat Surut. Foto Ig : @trikimohamed86

Pantai Kukup Jogja yang mirip Tanah Lot

Di Bali ada Tanah Lot, di Yogyakarta ada Pantai Kukup. Keduanya sama-sama memiliki spot unik berupa bangunan di atas batu karang yang terpisah dari daratan. Bedanya, di Tanah Lot bangunannya berupa pura berada di atas sebongkah batu raksasa, di Pantai Kukup bangunan tersebut berupa Gardu Pandang. Gardu pandang ini menjadi tempat favorit. Kamu dapat mencapainya dengan jalan setapak dan jembatan. Berhentilah sejenak di tengah jembatan dan lihat ke bawah. Pandanganmu akan menembus perairan dangkal nan jernih.

Sekedar duduk di tepian sembari menatap ombak berdatangan menghempas karang agaknya tidak cukup untuk mengekspresikan untuk apa kamu tiba disini. Kamu bisa bermain air, basah-basahan, sebab bibir pantai tidak langsung berbatasan dengan laut lepas. Ada perairan dangkal yang cukup luas. Tinggi air hanya semata kaki ketika laut sedang surut. Kamu bisa berlagak layaknya seorang peneliti yang sedang meng-observasi ganggang atau tumbuhan laut yang hidup di atas karang. Tapi jangan lupa untuk memakai sandal, supaya kakimu tidak sakit ketika menginjak karang.

Ketika kamu memutuskan untuk basah-basahan ya cukup dipinggir pantai saja, jangan terlalu jauh, karena, struktur landasan pantainya bukan pasir melainkan batu karang. Jadi buat kamu yang belom terbiasa main di pantai Kukup atau pantai-pantai di pesisir Jogja lainnya, Kamu harus adaptasi. Berbeda dengan kontur pantai utara yang landai dan tak ada karang. Aman saja kjika kamu bermain sampai ke tengah.

Pantai Kukup Jogja
Sejumlah wisatawan menikmati Pantai Kukup. Foto Ig : @marliekejanssen

Menikmati Pantai Kukup dengan Seafood dan Sunset

Di sisi barat, ada sejumlah tempat duduk dan gazebo. Tidak perlu khawatir bila perut keroncongan. Penjaja kuliner seafood berjejer di satu-satunya jalan masuk dan keluar. Seafood yang dijajakan di situ merupakan hasil tangkapan nelayan lokal. Ayo makan ikan! biar sehat dan pinter. Ketika sore tiba, Kamu bisa menikmati sunset bersamaan dengan air surut. Carilah momen yang tepat untuk mengabadikan sunset itu.

Pantai Kukup Jogja
Sunset di Pantai Kukup. Foto Ig : @mojez_tigabelas
Bermalam di Pantai Kukup Jogja juga pilihan yang tepat. Menikmati angin laut sembari menatap bintang di langit adalah aktivitas yang tidak mungkin didapatkan di kota. Selain itu, disana cukup tersedia beberapa penginapan. Lokasinya berada di Desa Kemadang, Kec Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
Untuk sampai ke Pantai Kukup, kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika malas naik motor kesana karena bakalan capek dan pulang-pulang masuk angin, mendingan kamu cari rental mobil di jogja. Tour wisata pantai gunungkidul ini tidak akan membuatmu capek, malah seneng pake banget.

Informasi pendukung di Pantai Kukup Jogja

Jenis LokasiPantai
WahanaPasir Putih, Gardu Pandang
FasilitasToilet, Mushola, Parkir, Warung Makan
PenginapanAda
Tarif Masuk10-15K
Tarif Sewa Tenda
Area ParkirLuas
Tarif Parkir2-5K
Jam bukaHampir 24 Jam
Jarak Tempuh+/- 2 jam
Buat BalitaNo

Peta Lokasi :

Berikan Penilaian untuk artikel ini!

Klik pada bintang untuk menilai!

Nilai Rata-rata / 5. Jumlah Penilai :

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *