Pantai Kukup Jogja : Kembaran-nya Tanah Lot

Share

Pantai Kukup Jogja yang mirip Tanah Lot

Di Bali ada Tanah Lot, di Yogyakarta ada Pantai Kukup. Keduanya sama-sama memiliki spot unik berupa bangunan di atas batu karang yang terpisah dari daratan. Bedanya, di Tanah Lot bangunannya berupa pura berada di atas sebongkah batu raksasa, di Pantai Kukup bangunan tersebut berupa Gardu Pandang. Gardu pandang ini menjadi tempat favorit. Kamu dapat mencapainya dengan jalan setapak dan jembatan. Berhentilah sejenak di tengah jembatan dan lihat ke bawah. Pandanganmu akan menembus perairan dangkal dengan ombak menghempas.

 

Pantai Kukup

Pantai Kukup. Foto ig @fahrizaasif

Aktifitas di Pantai Kukup Jogja

Sekedar duduk di tepian sembari menatap ombak berdatangan menghempas karang agaknya tidak cukup untuk mengekspresikan untuk apa kamu tiba disini. Kamu bisa bermain air, basah-basahan, sebab bibir pantai tidak langsung berbatasan dengan laut lepas. Ada perairan dangkal yang cukup luas. Tinggi air hanya semata kaki ketika laut sedang surut.

Ketika kamu memutuskan untuk basah-basahan ya cukup dipinggir pantai saja, jangan terlalu jauh, karena, struktur landasan pantainya bukan pasir melainkan batu karang. Jadi buat kamu yang belom terbiasa main di pantai Kukup atau pantai-pantai di pesisir Jogja lainnya, Kamu harus adaptasi. Berbeda dengan kontur pantai utara yang landai dan tak ada karang. Aman saja jika kamu bermain sampai ke tengah.

Kamu juga harus berhati-hati terhadap hewan laut yang berbahaya seperti ubur-ubur. Banyak pengunjung pantai yang meremehkannya, belum tau rasanya kalo tersengat sakit dan panas bukan main, bahkan kamu bisa pingsan dibuatnya. Jika kamu tidak berada dibawah lindungan payung warna warni, pakailah sun-block agar kulitmu tak terbakar seperti jagung di alun-alun selatan.

 

Pantai Kukup Jogja

Sejumlah wisatawan menikmati Pantai Kukup. Foto Ig : @marliekejanssen

Selfie di Pinggir Pantai

Kegiatan selfie hampir pasti dilakukan semua orang pada zaman milenial ini pada saat berkunjung ke obyek wisata. Di sini, hamparan alga diatas batu karang saat laut surut adalah sebuah kekontrasan yang bisa menjadi sarana untuk membuat foto yang instagramable. Nyatanya memang hampir sebagian besar pengunjung yang berselfie disini memanfaatkan latar ini. Namun kamu harus hati-hati meskipun karang itu tegar, dia bisa menyakiti kakimu.

 

selfie di pantai

Cantik kan pantainya? ig @enny_septiawan

Menikmati Pantai Kukup dari atas Bukit Sambil Berenang.

Sekarang udah ada resort di sini plus ada kolam renang di dalamnya. Disitu kamu bisa sambil berenang dan tentunya selfie-selfie dengan background laut biru yang membentang. Duduk santai di kursi malas atau di pinggir tembok kolam, sambil minum orange squash atau wedang jeruk bisa membuatmu bernafas lega dan rileks untuk sementara waktu, sembari menunggu dapat sinyal untuk meng-upload hasil jepretanmu di media sosial.

 

resort kukup

Nongkrong di pinggir kolam. ig @rian_herwin

Menikmati Pantai Kukup dengan Seafood dan Sunset

Di sisi barat, ada sejumlah tempat duduk dan gazebo. Tidak perlu khawatir bila perut keroncongan. Penjaja kuliner seafood berjejer di satu-satunya jalan masuk dan keluar. Seafood yang dijajakan di situ merupakan hasil tangkapan nelayan lokal. Ayo makan ikan! biar sehat dan pinter kata ibu mentri kelautan dan perikanan. Beragam sajian yang disajikan seperti Ikan, Udang, Cumi, Lobster dan lain-lain, dengan harga yang masuk akal.

Ketika sore tiba, Kamu bisa menikmati sunset yang datang. Carilah momentum dan gaya yang tepat untuk mengabadikan sunset itu. Jika awan banyak bertebaran, maka pertanda sunset-mu tak akan sempurna.

 

Pantai Kukup Jogja

Sunset di Pantai Kukup. Foto Ig : @mojez_tigabelas

Bermalam di Pantai Kukup Jogja juga pilihan yang tepat. Menikmati angin laut sembari menatap bintang di langit adalah aktivitas yang tidak mungkin didapatkan di kota. Selain itu, disana cukup tersedia beberapa penginapan. Lokasinya berada di Desa Kemadang, Kec Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Akses ke Pantai Kukup Jogja.

Untuk bisa sampai ke Pantai Kukup yang jalannya tidak terlalu meliuk-liuk dan naik turun, alat tranportasi yang bisa kamu gunakan bisa berupa sepeda pinjaman, motor rental atau mobil punya tetangga. Jika kamu malas naik motor kesana karena pasti akan capek dan pulang-pulang bakalan masuk angin, mendingan kamu cari Rental mobil di jogja. Tour wisata pantai gunungkidul ini tidak akan membuatmu capek atau masuk angin, malah seneng pake banget. Lagian kamu bisa mampir-mampir di pantai-pantai di sekitar situ seperti Pantai Baron, Krakal, Drini, Indrayanti, Sundak dan Pok Tunggal.

 

Pantai Kukup Jogja

Pantai Kukup Saat Surut. Foto Ig : @trikimohamed86

Peta Lokasi & Informasi pendukung di Pantai Kukup Jogja

Jenis LokasiPantai
WahanaPasir Putih, Gardu Pandang
FasilitasToilet, Mushola, Parkir, Warung Makan
PenginapanAda
Tarif Masuk10-15K
Tarif Sewa Tenda
Area ParkirLuas
Tarif Parkir2-5K
Jam bukaHampir 24 Jam
Jarak Tempuh+/- 2 jam
Buat BalitaNo
Peta Lokasi-8.1330126,110.5540468

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×