Pantai Krakal Jogja : Spot Tepat Untuk Memancing

Share

Pantai Krakal Jogja : Spot Tepat Untuk Memancing

Pantai Krakal Jogja, satu dari sederet keindahan di tepi laut selatan Gunungkidul, Yogyakarta. Garis pantainya panjang, landai bertabur pasir putih. Batu-batu karang memenuhi bibir pantai. Itu merupakan segenap keindahan yang layak Anda nikmati baik sendiri, bersama orang terkasih, ataupun ber-ramai-ramai bersama keluarga atau teman satu klub motor.

Tapi sebaiknya saat kesini janganlah sendirian, berasa kasihan banget kalo di pantai secantik ini kamu sendirian. Apalagi mancing sendirian, ntar kalo ada apa-apa nggak ada yang tahu.

 

pantai krakal jogja

Sendirian di Pantai Krakal. ig @mariastephni

(60 Destinasi Wisata Pantai Hits di Jogja)

Suasana Pantai Krakal

Pantai Krakal terasa sangat lapang, khususnya ketika pengunjung sedang sepi. Area pantai terdiri dari area yang luas. Gazebo-gazebo tertata rapi mengikuti garis pantai. Anda bisa bersantai di sini, sambil ditiupi angin pantai. Tidak hanya melihat ombak pecah ketika menghantam batu karang, namun juga melihat orang-orang mencari sesuatu di tepi pantai. Kamu juga bisa berlari-larian di sepanjang pantai, jika kamu punya tenaga ekstra atau lagi persiapan mau masuk akademi militer.

Di sebelah utaranya terdapat deretan warung-warung yang menyajikan sajian kuliner hasil laut yang didapat dari nelayan. Kamu bisa memilih lobster, udang, cumi atau ikan kakap. Nah, kami kasih info spesial buatmu. Tanyakan pada yang jual makanan seafood. Ada ikan Panjo nggak? Kalo ada segeralah memesan. Ikan itu adalah menu yang paling lezat yang pernah kami temui di pesisir pantai selatan. Ikannya berduri warna hijau kebiru-biruan. Jauh lebih enak dari ikan yang ditawarkan disitu. Cobalah, kami nggak bohong.

Krakal : Tempat hidup biota laut di atas karang.

Pantai Krakal tidak berbatasan langsung dengan laut bebas. Ia sedikit menjorok kedalam dan agak terlindung dengan barisan batu karang. Ada perairan dangkal tempat bermain beberapa hewan laut seperti ikan damsel fish dan butterfly fish. Sering juga terlihat warga sekitar sedang mencari hewan bernama Umbal yang menempel di bebatuan.

 

Pantai Krakal Jogja

Karang / Reef di pantai. Foto Ig @prata.diki

Tumbuhan berupa ganggang atau rumput juga tumbuh subur diatas karang. Saat bermain di atas karang (reef), Kamu harus memakai sandal, karena menurut pengalaman kami, karang itu menyakitkan. Dan jangan lupa pula memakai pelindung sinar ultraviolet agar kulitmu tak terbakar dan menghitam.

 

pantai krakal

Indahnya bebatuan karang di Pantai Krakal. Ig @wan_fame30

Pantai Krakal Jogja : Tempat Mancing Yang Menyenangkan

Pantai ini juga dikenal sebagai salah satu lokasi surfing. Bagi yang ingin menantang adrenalin di sini, harus membawa peralatan sendiri, sebab tidak ada yang menyewakan peralatan surfing. Selain itu, Anda juga dapat memancing. Batu-batu karang merupakan spot favorit para Mancing-mania di Krakal.

Pada musim-musim tertentu, para mancingers akan datang kesini. Mereka datang pada musim ikan merapat ke bibir pantai. Hasil pancingannya mereka jual. Nah, Saat tersebut adalah saat yang tepat bagi kalian untuk ‘menyerobot’ dan membeli ikan langsung dari para pemancing. Pasti harganya relatif lebih murah daripada saat sudah siap saji. Buktikan saja, kalo ndak caya.

Melihat perbukitan batu karst di daerah pesisir Krakal yang terjal, mestinya hal tersebut merupakan penyebab 2 hal.

  1. Sebagai tempat ikan bertelur atau berkembang biak.
  2. Sebagai zona mancing yang menyenangkan dan khidmat.

Aktifitas selain makan, mainan air, dan mancing di Krakal.

1. Selfie & Welfie

Ada sebuah batu karang besar dimana kamu bisa menaikinya melalui jembatan kayu. Dari atas batu karang itu kamu bisa sepuasnya menikmati landscape Krakal. Batu karang tersebut juga merupakan spot favorit untuk berselfi. Apalagi yang musti dibanggakan di tempat wisata selain selfi? Diatas nya terdapat tugu ikan yang bisa kamu jadikan spot foto barengan yang keren.

 

Tugu Ikan

Tugu Ikan di Krakal

2. Gathering Klub

Krakal sering dipakai untuk tujuan Gathering atau touring motor karena parkiran-nya datar dan luas. Jadi kamu ngga perlu takut motormu miring-miring saat diparkir. Krakal juga surga warung makanan, karena di beberapa pantai memang terkadang susah cari makan. Toilet juga tersedia banyak disini.

3. Wisata Malam

Oh iya, kami jujur aja, di Krakal ada fasilitas karaoke untuk pengunjung. Letaknya di sebelah barat. Karaoke tak selalu identik dengan hal negatif, karena bernyanyi itu merupakan aktualisasi jati diri. Memang sih lebih baik karaoke di rumah (kalo punya alatnya) atau zaman kekinian, karaoke cukup di Handphone, pake Smule. Bisa langsung duet dengan Via Vallen atau Nella Kharisma.

Akses & Galeri Pantai Krakal.

Untuk mencapai Pantai Krakal Jogja, Kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika malas naik mobil karena sekarang susah nyari premium (Tapi di gunungkidul banyak). Kamu bisa cari Rental mobil di Jogja yang bisa di kontak via instagram. Tour wisata Pantai Krakal di Gunungkidul ini tidak akan membuat kakimu sakit, kalau kamu memakai sandal gunung.

Berikut rangkuman foto-foto instagram disana di Galeri Pantai Krakal agar kamu yang belum pernah kesini, punya gambaran mengenai keelokan pantai ini. Datang kesini bersama teman sekelas merupakan pilihan keputusan yang baik.

Harga tiket dan Informasi pendukung di Pantai Krakal Jogja

Jenis LokasiPantai
WahanaPasir Putih, Gazebo, Gardu Pandang, Tugu Ikan, Karaoke
FasilitasToilet, Mushola, Warung Makan
PenginapanHomestay
Tarif Masuk10-15K
Tarif Sewa Alat Surfing
Area ParkirLuas
Tarif Parkir5-10K/mobil.
Jam bukaHampir 24 Jam
Jarak Tempuh+/- 2 jam
Buat BalitaOk
Peta Lokasi / Map-8.1452189,110.5964808

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×