Pantai Indrayanti Jogja : Ikonnya Gunungkidul

Share

Pantai Indrayanti Jogja

Resto Pak Indra dan Bu Yanti di Pesisir Pantai.

Pantai Indrayanti Jogja ini sebenarnya bernama Pantai Pulang Syawal, namun lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti. Karena pada saat belum terkenal, ada sepasang suami istri bernama Pak Indra dan Bu Yanti, membuka usaha rumah makan / resto, tepat di pinggir pantai tersebut, dan hal itulah yang menjadi momen terkenalnya pantai Pulang Syawal tersebut.

 

Pantai Indrayanti Jogja

Pantai Indrayanti Jogja

Meskipun pemerintah setempat sudah berusaha memindahkan image Pantai Indrayanti ke pantai Pulang Syawal atau Pantai Pulsa dengan memasang plang, penunjuk jalan dan tag-tag lainya, namun sepertinya sia-sia. Kaum awam sudah nyaman dengan nama Indrayanti yang lebih enak didengar, lebih ikonik dan lebih menjual, Kami juga lebih suka menulisnya Indrayanti.

Keindahan alamnya menjadi magnet utama yang menarik para wisatawan berkunjung. Pantai Indrayanti memiliki pasir putih creamy agak kasar dan air laut yang jernih. Disini jarang ditemukan sampah, sebab membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda. Kondisi ini membuat aktivitas menyusuri pantai semakin menyenangkan. Memang harusnya perlakuan demikian diberlakukan diseluruh destinasi wisata yang ada di Jogja, sehingga pengunjung bisa merasa sangat nyaman, dan kebiasaan buruk turun temurun membuang sampah menjadi tidak ada lagi di lingkungan kita.

(60 Destinasi Wisata Pantai Hits di Jogja)

Bermain Diatas Coral Pantai Indrayanti Jogja.

Seperti gugusan pantai di pesisir Gunungkidul lainnya, Pantai Indrayanti tidak aman untuk bermain air. Boleh bermain di tepian, tapi jangan sampai ke tengah. Di samping ombaknya cukup ganas, kontur pantai nya beralaskan karang. Sepintas terlihat aman karena banyak ganggang hidup diatasnya, tapi boleh dicoba, kakimu akan terasa sakit jika menginjaknya tanpa alas.

 

pantai pulang syawal

Pantai Indrayanti saat surut. ig @axel_ymci

Kamu juga harus berhati-hati terhadap ubur-ubur, jika tersengat kamu bisa kesakitan. Meskipun sakit bisa dijadikan alasan agar cowokmu menggendongmu sampai tempat yang aman, tapi tersengat ubur-ubur itu sangatlah menyakitkan. Jadi mendingan pura-pura sakit aja dari pada disengat hewan itu. Ingat ini kenyataan, bukan drama korea.

Setelah lelah bermain di tepian pantai, Kamu dapat beristirahat di gazebo atau menyewa payung sekaligus menikmati kuliner yang dijajakan. Olahan menu seafood dapat menjadi pilihan yang tepat ketika perutmu terasa lapar. Eh coba perhatikan, keberadaan deretan payung berwarna warni ditepi pantai, mengingatkan kita pada pantai Copacabana di Brazil. Adakah yang sudah pernah ke sana? Paling cuman liat gambar di internet ya? sama donk.

 

Pantai Indrayanti Jogja

Anak-anak bermain di pesisi pantai Indrayanti. Foto Ig : @tikajie

Trekking ke Bukit di sebelah Pantai Indrayanti.

Perbukitan karang sebagai latar belakang menambah kecantikan Pantai Indrayanti. Kamu bisa melakukan trekking ke puncak bukit sebagai alternatif bermain di sekitar pantai. Jangan takut, tidak berbahaya kok. Dari atas bukit, Panorama indah Pantai Indrayanti akan terlihat sempurna. Kamu juga bisa menantikan sunset yang indah diatas bukit ini. Saat sunset datang segera abadikan dengan handphone mu yang sedari tadi nganggur karena sinyal susah.

 

Pantai Pulang Syawal

Pemandangan dari atas bukit. ig @masadi84

Jika kamu ingin bermalam, ada penginapan unik yang bangunannya terbuat dari bambu. Penginapan tersebut dinamakan Bamboo Cottage. Cottage yang terbuat dari anyaman bambu, terlihat sangat eksotis, kamu harus mencobanya ketika memutuskan untuk menginap di sana. Suasana malam hari disana sangat sepi dan eksotis. Hanya terdengar deburan ombak dari tepi pantai.

 

Pantai Indrayanti Jogja

Pemondokan Bambu di dekat Pantai Indrayanti. Foto Ig : @bamboo.lengkung_indrayanti

Galeri Foto

Berikut sekumpulan foto yang kami rangkum dalam Galeri Pantai Indrayanti yang semoga bisa membuatmu terhasut untuk datang kesini saat liburan nanti. Jangan sampai kamu jadi satu-satunya orang yang belum pernah pergi ke pantai ini. Sangat menyesakkan dada.

Akses ke Indrayanti

Pantai Indrayanti terletak di Dusun Ngasem, Desa Tepus, Kab. Gunungkidul, Propinsi DI Yogyakarta. Dekat dengan Pantai Kukup, Drini, Pok Tunggal dan Krakal. Berada di sisi timurnya Pantai Sundak dengan dibatasi bukit karang. Untuk mencapai destinasi wisata jogja yang keren ini, Kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil.

Meski demikian, jalan ke sana agak naik turun dan berkelok. Saat liburan tiba, jalan menuju pantai bisa mirip jalanan di pintu keluar tol Jatiwaringin. Jadi memang perlu perjuangan untuk menuju pantai yang eksotis ini.

Jika kamu malas gowes ke Indrayanti karena takut gak ada tukang tambal ban di jalan, kamu disarankan mencari rental mobil di Jogja yang udah paham harga mahasiswa. Kamu akan kesusahan kalo naik angkutan umum, disamping armadanya kuno, jam keberangkatan pun tidak pasti. Tour wisata pantai di Gunungkidul ini membuatmu bahagia dalam waktu yang lumayan lama.

Peta Lokasi & Informasi pendukung di Pantai Indrayanti Jogja.

Jenis LokasiPantai
WahanaTrekking, Spot Selfie,
FasilitasWarung Makan Kuliner, Resort, Toilet, Mushola
PenginapanHomestay, Cottage
Tarif Masuk5-10k/mobil
Area ParkirLuas
Jam bukaHampir 24 jam
Jarak tempuh+/- 2 jam
Buat balitaOk
Peta Lokasi / Map-8.1507886,110.6103773

Beri Penilaianmu mengenai Pantai Indrayanti.

Review Overview
4.22
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×