Candi Sambisari Jogja yang Seperti Permadani

Share

Candi Sambisari Jogja

Candi Sambisari. Foto Ig : @ivan.silva.1990

Candi Sambisari Jogja

Candi yang dikelilingi permadani hijau

Jogja tidak hanya surga wisata alam, namun juga wisata sejarah seperti candi. Kita tentu sudah kenal dengan Candi PrambananRatu Boko, Candi Ijo, dll yang merupakan magnet wisatawan datang ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Masih banyak candi lain yang tak kalah elok dan masih relatif sepi pengunjung. Di antaranya adalah, Candi Sambisari, yang letaknya di Dusun Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Candi Hindu ini didirikan pada abad ke-9. Setelah sempat terkubur lama di bawah material vulkanik Gunung Merapi, tahun 1966 ia ditemukan kembali. Butuh waktu 21 tahun untuk melakukan rekonstruksi ulang candi hingga keanggunannya dapat dilihat kembali oleh generasi sekarang.

Candi Sambisari berada sekitar 7 meter di bawah permukaan tanah. Posisi tersebut menjadi keunikannya. Pagar batu berlapis 2 melindungi bagian dalam candi. Di dalam kompleks terdapat candi induk serta 3 candi pendamping. Rerumputan hijau tumbuh di sekitar candi, laiknya kastil yang dikelilingi permadani hijau.
Candi Sambisari Jogja
Tangga Turun Menuju Candi Sambisari. Foto Ig : @alifrizki_76

Apa yang bisa dilakukan di Candi Sambisari ini?

Selain mengagumi dan mempelajari bangunan bersejarah buah karya nenek moyang, Anda dapat berfoto-foto di sini. Termasuk menjadikannya tempat photoshoot seperti foto prewedding. Bersantai bersama teman dan kerabat sambil menikmati bekal juga alternatif kegiatan yang menarik. Kamu juga bisa membayangkan diri sedang berada di sebuah tempat yang bisa mengantarmu ke masa lampau. Atau mungkin duduk-duduk dengan pacar, membicarakan kapan tanggal lamaran.

Sedikit tambahan, anda bisa menikmati soto bathok di sebelah selatan candi, jangan tanya harganya, Kami takut anda kaget, nikmati saja.  Sotonya eksotis, mangkoknya berupa bathok kelapa. Disana juga terdapat berbagai macam kudapan yang bisa anda nikmati bebarengan dengan makan soto tersebut.

Untuk mencapai situs Candi Sambisari, Kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika kamu sedang malas naik mobil karena takut kehabisan bensin, Kamu bisa cari rental mobil di jogja yang berlimpah dan berharga murah. Tour wisata ke candi Sambisari ini tidak akan membuatmu kecewa atau terbawa ke masa lampau dan tidak kembali.

Informasi pendukung di Candi Sambisari Jogja

Jenis Lokasi Candi
Wahana Candi peninggalan sejarah
Fasilitas Toilet, Mushola, Parkir, Warung Makan
Penginapan Ada
Tarif Masuk 5-10K
Harga Soto Bathok 5K /bathok
Area Parkir Luas
Tarif Parkir 2K Motor 5K/mobil
Jam buka 09.00-16.00
Jarak Tempuh +/- 30 menit
Buat Balita Fair

Peta Lokasi :

[Total: 1    Average: 5/5]

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *