Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko
Sunset di Candi Ratu Boko. Foto Ig : @aray_autis

Sunset di Candi Ratu Boko Jogja


Tenggelamnya sang mentari adalah saat yang istimewa ketika berada di sebuah tempat wisata Candi Ratu Boko di Jogja ini. Banyak orang berkunjung khusus untuk mendapatkan momen terbaik ketika semburat kuning keemasan memenuhi langit, menghasilkan latar langka yang tidak didapatkan di waktu-waktu lain. Berburu sunset memang gampang-gampang susah, apalagi jika musimnya musim hujan atau banyak awan. Disini kamu akan mendapatkan sunset yang istimewa, Siluet dari bangunan candi akan membawa nuansa eksotis tersendiri daripada background sunset yang plain atau biasa-biasa saja. Cara menikmatinya mudah, tinggal datang kesana, persiapkan seperangkat alat untuk mengabadikan momen sunset tersebut beserta fotomodelnya. Iya kamu, kamu fotomodelnya.

Biasanya sunset diburu di alam bebas. Namun momen spesial ini akan kamu dapatkan saat berkunjung di Candi Ratu Boko sekaligus ketika mengunjungi situs candi ini. Terletak di bukit yang tinggi, bangunan sejarah ini akan memberikmu spot terbaik dan eksotis untuk menikmati hamparan langit luas dari daerah sekitar Yogyakarta, seperti Candi Prambanan, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu. Kalau kamu beruntung, Kamu juga bisa menikmati pemandangan pesawat yang baru saja take-off dari Bandara Adi Sutjipto Jogja.

Candi Ratu Boko
Salah Satu Sudut Candi Ratu Boko. Foto Ig : @monchichu
Candi Ratu Boko atau lebih tepatnya Kraton Ratu Boko telah dijadikan sebagai istana sejak abad ke-8 oleh Rakai Panangkaran, sebelum Candi Borobudur dan Candi Prambanan dibangun. Meski dinamai candi, situs ini bukanlah tempat peribadatan seperti halnya Candi Prambanan atau Borobudur. Disini terdapat bangunan berupa gapura, tempat pemandian, tempat tinggal, pendopo, maupun dinding benteng yang biasanya dijumpai pada struktur kraton pada umumnya. Sehingga julukan candi menjadi kurang tepat, seharusnya adalah Keraton Ratu Boko.

Situs purbakala Ratu Boko kurang lebih luasnya sekitar 25 hektar dan berada pada ketinggian sekitar 195 meter dari permukaan air laut, Kedudukan kompleks kraton Ratu Boko yang berada diatas bukit membuat kita bertanya-tanya sekaligus takjub. Bagaimana dahulu cara membuatnya, sedangkan pada saat itu belum ada crane atau excavator, belum lagi sistem pengairan untuk kolam pemandiannya. Apalagi kalo melihat daerah sekitar kompleks Ratu Boko berada, bukitnya relatif berbatu. Nenek moyang kita sudah punya teknologi untuk itu, sekarang kewajiban kita agar menjaganya dan melestarikannya, bukan mem-vonisnya sebagai tempat kafir dan layak dihancurkan / di-bom. Semoga kalian para traveler penikmat keindahan bukan termasuk golongan yang demikian.


Candi Ratu Boko
Banyak Orang Mencari Sunset di Candi Ratu Boko. Foto Ig : @mimi_mocca

Di kompleks candi Ratu Boko terdapat 2 buah goa, yang biasa disebut Goa Lanang dan Goa Wadon.  Disitu terdapat sebuah relief yang melambangkan kelamin perempuan (simbol Yoni) di atas pintu masuknya. Goa-goa ini mungkin dulunya dipakai sebagai tempat untuk bermeditasi atau bersemedi. Kompleks keraton ini sangat luas dengan lingkungan yang masih hijau asri. Perpaduan yang tepat antara wisata sejarah, arkeologi dan wisata sunset. Kawasan ini termasuk cagar budaya dan dikelola oleh badan usaha profesional yang mengelola candi Prambanan dan Borobudur. Kalau kamu hobi camping, kamu bisa juga camping disini.
  • Jenis Lokasi : Cagar Budaya Candi
  • Wahana : Sunset, Camping Ground.
  • Penginapan Terdekat : Ada
  • Fasilitas : Resto, Toilet, Mushola, Pemandu
  • Tarif Masuk : 25.000/org
  • Tarif Sunset : 100.000/org
  • Area Parkir : Luas
  • Jam Buka : 06.00 - 17.00
  • Jarak tempuh : +/- 1 jam
  • Buat balita : tidak cocok
Untuk bisa mencapai destinasi wisata Candi Ratu Boko di Bokoharjo Prambanan ini, Kamu dapat menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda, motor atau mobil. Jika sedang malas pakai helm karena takut rambutmu kacau balau saat pemotretan sunset, kamu bisa cari rentalan atau sewa mobil di jogja yang berlimpah dan berharga murah. Tour wisata Ratu Boko di Jogja ini tidak akan membuatmu kecewa jika kamu berhasil mendapatkan momen sunset-nya.


Peta Lokasi :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar