Kalibiru Jogja : Wisata Alam Bukit Hijau Membiru

Share

Kalibiru : Bukit Hijau berpadu dengan air waduk yang membiru

Kalibiru Jogja adalah Sebuah tempat eksotis dengan pemandangan yang sangat outstanding di barat kota Jogja. Dilatari deretan pepohonan hijau terhampar di Perbukitan Menoreh dan jernihnya air Waduk Sermo, eksotisme-nya semakin terasa ketika menjelang pagi atau sore hari. Terkadang kabut juga menjadi hiasan yang indah bagi bukit ini saat pagi hari menyapa.

 

Bukit Kalibiru Jogja

Lanskap Kalibiru.

 

Sebuah menara pandang berupa papan kayu ditempatkan di atas sebatang pohon, lengkap dengan tangga menuju ke atas. Dari atas sana Anda bisa berfoto atau sekedar duduk-duduk sembari menghirup udara segar dan menikmati perpaduan elok langit biru dan hutan nan hijau. Banyak orang menyebutnya kursi pohon.

Wisata Alam Kalibiru dibangun tahun 2008, dan mulai beroperasi pertengahan 2009. Kini obyek wisata ini mempunyai beragam wahana untuk  pengunjung. Ada Area outbond, camping ground, dan wahana flying fox. Disana juga terdapat beberaapa spot selfie kekinian. Area parkir cukup luas namun untuk bis besar agak kesulitan jika harus naik ke sini. Jika kamu lapar, jangan khawatir. Disini terdapat beberapa warung makan di sepanjang jalan menuju pintu masuk Kalibiru.

Sunset di Wisata Alam Kalibiru Jogja.

Momen sunset juga jadi incaran. Cahaya keemasan matahari sore hari di atas Perbukitan Menoreh menjadi saat terbaik untuk mengambil momentum. Air Waduk Sermo terlihat berwarna biru keunguan dengan kabut tipis menutupi perbukitan. Di senja hari, warna keemasaan yang sama menutupi langit dan tercermin dari waduk, menimbulkan rasa syahdu yang dalam. Tapi mohon jangan baper dengan suasananya. Kalibiru terlalu indah untuk sekedar dilewatkan dengan kebaperan.

 

Sunset Kalibiru

Sunset di kalibiru. ig @obyrezapost

Carilah momentum yang tepat untuk mengabadikan keindahan wisata alam kalibiru. Saat yang tepat berkunjung ke Kalibiru adalah saat pada musim penghujan, sehingga pepohonan dan dedaunan nampak betul betul segar. Pada musim kemarau tentu tidak bisa seindah pada musim hujan. Disamping itu pula pada saat musim penghujan, air waduk akan nampak penuh.

 

Flying Fox

Flying Fox Diatas Bukit Kalibiru. Foto Ig : @elliecnugent

Kamu bisa beraktifitas dengan berbagai wahana yang ada di Kalibiru. Bagi kamu yang males males ngantri untuk selfie di gardu pandang, Kamu bisa cobain Flying Fox. Sementara yang kamu yang punya effort tinggi untuk berpose di atas gardu pandang. Silahkan antri sesuai urutan. Budayakan antri ya.

 

Bukit Kalibiru Jogja

Gardu Pandang Kalibiru. Foto Ig : @firdauslee

Akses ke Bukit Kalibiru Jogja

Jalan menuju Kalibiru sudah relatif mulus. Navigasi-nya juga mudah. Hanya saja rutenya berkelok-kelok dan naik turun. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima saat berkunjung ke sini.  Tak ada / jarang ada angkutan umum menuju kemari, Untuk mencapai Bukit Kalibiru Kulonprogo, Kamu bisa menggunakan alat tranportasi pribadi baik berupa sepeda Gazelle, motor 2 tak atau mobil punya kantor.

Jika kamu sedang malas bepergian naik mobil karena takut kehabisan bensin sementara Pom Bensin jauh, Kamu bisa cari Rental mobil di Jogja yang mau mengantarmu kesana dan memberikan layanan yang baik. Tour wisata  Kalibiru ini akan membuatmu segar kembali menatap timeline.

 

Gantole

Terbaaaaang diatas Kalibiru. Foto insta @aliyahroslee

Peta Lokasi dan Informasi pendukung di Bukit Kalibiru

Jenis LokasiPerbukitan
WahanaFlying Fox, High Rope, Menara Pandang.
FasilitasWarung Makan, Toilet, Mushola, Homestay,
PenginapanBelum Ada (Update : Sekarang sudah ada)
Tarif Masuk5-10K/org
Area ParkirLuas
Jam buka07.00-17.00 fleksibel
Jarak tempuh+/- 2, jam
Buat balitaN
Peta Lokasi / Map-7.8073708,110.1219525
Paket WisataAda

Berikan Penilaianmu tentang Kalibiru.

Review Overview
4.13
Overall Score
Atraksi / Daya Tarik
Informasi
Fasilitas / Sarana Pendukung
SDM / Manajemen
Pelayanan / Akomodasi
Keamanan

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×